Biaya Ganti Karpet Dasar Mobil dan Rekomendasi Produknya

biaya ganti karpet dasar mobil

Biaya ganti karpet dasar mobil bervariasi, tergantung dari jenis mobil dan luas mobil itu sendiri. Penggunaan jenis atau bahan karpet mobil juga sangat berpengaruh terhadap biaya yang dikenakan. 

Pemilik mobil tentu tidak ingin melihat karpet dasar mobil mereka terlihat kotor, atau bahkan rusak. Apalagi jika karpet mobil jadi kotor karena terendam banjir, pastinya bau apek dan jorok sekali, bukan?

Salah satu solusi yang bisa diambil selain dengan membersihkannya sampai bersih adalah dengan mengganti karpet dasar mobil itu sendiri. 

Masalahnya pada beberapa kasus, bau apek pada karpet dasar mobil susah hilang, terutama untuk mobil bekas terendam banjir. 

Dalam artikel ini, Lifepal akan membahas tentang berapa biaya ganti karpet dasar mobil sesuai dengan jenis mobil, serta rekomendasi produk dan tips memilih karpet mobil terbaik.

Biaya ganti karpet dasar mobil

Biaya ganti karpet dasar mobil bisa dilihat dari jenis-jenis atau merek mobil berikut ini. Biaya pasang karpet dasar mobil Avanza yang merupakan mobil sejuta umat, biasanya mulai dari Rp300 ribu saja. 

Sementara itu, harga karpet dasar mobil Xenia bisa lebih murah, yakni Rp200 ribu hingga Rp550 ribuan. 

Nah, berikut ini adalah beberapa referensi mengenai biaya ganti karpet dasar mobil yang perlu kamu ketahui. 

Pasang karpet mobilHarga
Biaya pasang karpet dasar AvanzaRp300 ribu – Rp600 ribu
Biaya pasang karpet dasar AylaRp585 ribu – Rp700 ribu
Biaya pasang karpet dasar ErtigaRp195 ribu – Rp900 ribu
Biaya pasang karpet dasar JazzRp195 ribu – Rp350 ribu
Biaya pasang karpet dasar SigraRp185 ribu – Rp500 ribu
Biaya pasang karpet dasar XeniaRp200 ribu – Rp500 ribu
Biaya pasang karpet dasar mobil Brio Rp399 ribu – Rp550 ribu
Biaya pasang karpet dasar BRVRp618 ribu – Rp1,3 juta

Perlu diketahui harga pasang karpet dasar mobil di atas bisa jadi lebih mahal atau lebih murah karena ongkos pemasangan yang berbeda-beda untuk setiap bengkel. 

Sebaiknya, kamu melakukan survei secara langsung pada jasa pasang karpet dasar mobil terdekat untuk mendapatkan informasi harga yang lebih sesuai. 

Apakah mobil perlu karpet dasar?

Karpet dasar mobil merupakan bagian dari interior mobil yang berfungsi untuk melindungi lantai mobil dari kotoran, debu, atau cairan yang mungkin masuk ke dalam mobil. 

Karpet dasar juga dapat membantu menjaga suhu di dalam mobil agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, karpet dasar juga dapat memberikan kesan lebih nyaman dan estetis pada interior mobil.

Meskipun tidak wajib, memasang karpet dasar di dalam mobil merupakan hal yang disarankan agar lantai mobil tidak cepat rusak dan terlihat lebih rapi. 

Namun, pemilihan karpet dasar yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mobil juga penting agar tidak mengurangi kenyamanan atau menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Ketahui juga cara bersihkan interior mobil termasuk karpet mobil di artikel Lifepal lainnya.

Rekomendasi karpet dasar mobil yang bagus 

Ada sejumlah karpet dasar mobil yang bagus, yang tidak sekadar cantik melapisi bagian bawah mobil namun juga memiliki fungsi perlindungan. 

Perlindungan yang dimaksud adalah perlindungan terhadap karpet bawaan mobil sehingga debu atau kotoran tidak langsung mengenainya. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi karpet dasar mobil yang bagus dan tahan lama yang dapat kamu pertimbangkan saat akan mengganti karpet dasar mobil. 

1. Karpet mobil Beludru DNY

Karpet mobil Beludru DNY adalah salah satu pilihan terbaik untuk karpet mobil kamu. Karpet dasar mobil ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang tahan lama dan tahan terhadap kotoran dan debu. 

Karpet ini juga mudah dibersihkan dan memiliki tekstur yang lembut dan nyaman untuk kaki. Harga karpet dasar mobil ini berkisar antara Rp250.000 hingga Rp900.000, tergantung pada ukuran dan varian warna yang kamu pilih. 

2. Comfort Mat

Comfort Mat adalah salah satu pilihan lain untuk karpet mobil yang dibuat menggunakan bahan PVC berkualitas. 

Comfort Mat adalah pilihan yang baik untuk mempertahankan keindahan dan kenyamanan interior mobil kamu karena termasuk dalam karpet dasar mobil yang premium. 

Karpet ini juga dilengkapi fitur anti selip, anti bakteri, dan heel pad yang membuatnya lebih aman dan nyaman untuk digunakan. 

Harga Comfort Mat bervariasi tergantung pada ukuran dan varian warna yang kamu pilih, namun umumnya berkisar antara Rp1.200.000 hingga Rp1.500.000. 

3. Durable PVC Universal

Karpet mobil Durable PVC Universal terbuat dari bahan PVC rubber atau olahan getah karet yang berkualitas dan tebal. 

Karpet ini tahan lama dan cocok untuk digunakan pada mobil dengan tiga baris tempat duduk atau kapasitas di atas 5 orang.

Dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp150.000 hingga Rp350.000 saja, kamu dapat membeli Durable PVC Universal untuk mempercantik dan melindungi interior mobil. 

4. Galva Karpet Mobil

Rekomendasi selanjutnya adalah Galva yang merupakan salah satu produsen karpet dasar mobil berkualitas. 

Karpet dasar mobil Galva sangat tebal, anti slip, dan akan menempel dengan sempurna di bodi mobil. Hal ini sangat penting untuk mencegah air masuk ke lantai mobil. 

Meski kualitasnya cukup bagus, karpet mobil Galva ini dijual dengan harga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp140 ribu saja. 

5. Karpet mobil MBtech

Rekomendasi selanjutnya yakni Karpet mobil MBtech merupakan bahan pelapis sintetis yang terbuat dari bahan berkualitas. 

Produk ini memiliki extra top coating yang melindungi bahan terhadap goresan dan kotoran yang melekat, sehingga kotoran lebih mudah dibersihkan. 

Selain itu, produk ini juga memiliki backing cloth dengan double knitted sehingga tidak mudah robek, serta memiliki formula UV Protection yang menjaga agar warna tidak mudah pudar.

Harga karpet mobil MBtech mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp2 juta.

6. RJ Borre Karpet Mobil

Karpet dasar mobil ini terbuat dari bahan karet berkualitas dengan ketebalan 44 mm, yang dapat melindungi interior mobil dari kotoran yang menempel.

Produk ini tersedia dalam beberapa tipe untuk berbagai jenis mobil, dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp181 ribu.

Karpet ini tidak mudah sobek, anti selip, dan mudah dibersihkan, serta dapat digunakan untuk melindungi dan melapisi bagian lantai dasar mobil dari debu, kotoran, dan tanah yang terbawa oleh alas kaki pengguna mobil.

7. Hercules Karpet Mobil

Rekomendasi karpet dasar mobil yang tidak kalah bagusnya adalah Hercules Karpet Mobil yang terbuat dari bahan karet yang kuat. 

Karpet ini juga memiliki ketebalan yang cukup untuk digunakan sebagai bantalan kaki penumpang dan pengemudi. 

Kamu dapat membeli produk ini di berbagai e-commerce besar dengan harga mulai dari Rp56 ribu per lembar. 

8. Karpet Mobil Carinn 

Karpet mobil Carinn merupakan pilihan yang tepat untuk memberikan perlindungan maksimal bagi lantai mobil. 

Karpet dasar mobil ini terbuat dari bahan Eva karet yang anti bakteri, tidak berbau, dan bebas dari bahan toxic, serta memiliki lapisan bawah yang anti slip. 

Karpet ini terdiri dari empat lembar yang bisa melapisi seluruh bagian dalam mobil, dengan tipe pemasangan plug and play yang mudah. 

Karpet mobil Carinn ini tidak mudah sobek, tahan panas, dan cocok untuk segala tipe mobil.

9. Karpet Mobil Frontier 

Karpet mobil Frontier seri Toyota Fortuner merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna mobil Toyota Fortuner yang ingin mempercantik interior mobil dan melindungi lantai mobil dari kotoran. 

Karpet ini dirancang khusus untuk tipe mobil Toyota Fortuner sehingga mudah di pasang. Terbuat dari bahan carbon dan EVA foam berkualitas dengan ketebalan yang mumpuni, karpet ini mampu meredam suara bising di dalam maupun luar mobil. 

Satu set karpet mobil ini terdiri dari karpet bagian depan, tengah, belakang, dan bagasi, dan mudah dibersihkan dari kotoran maupun sisa cairan. Karpet ini dijual dengan harga Rp2 jutaan.

10. Bright Crown

Rekomendasi terakhir karpet mobil terbaik adalah karpet mobil Bright Crown yang memiliki tampilan sporty dan trendy, cocok untuk melindungi lantai mobil dari kotoran. 

Karpet ini terbuat dari PVC coil mat yang lembut dan empuk, dengan tekstur mie yang mampu meredam kotoran dan debu. 

Karpet ini memiliki ketebalan 18 mm yang mumpuni, sifat anti bakteri, tidak berbau, dan tidak beracun, sehingga cocok untuk mobil menerjang segala medan. 

Setelah ganti karpet mobil baru, jangan lupa untuk mengetahui cara menghilangkan bau di mobil

Tips memilih karpet mobil terbaik 

Saat memilih karpet mobil, perlu diperhatikan beberapa hal agar tidak kecewa dan tidak cocok dengan kabin mobil. 

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan saat memilih karpet mobil. 

1. Hindari karpet yang berbau 

Pilihlah karpet mobil yang tidak berbau agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara. Bau yang tidak sedap dapat berasal dari bahan yang digunakan atau bahan pengawet yang digunakan dalam proses produksi. 

Untuk menghindari membeli karpet yang berbau, sebaiknya membeli secara langsung dan mencium baunya atau membaca review dari orang lain yang sudah menggunakannya.

2. Pilih karpet yang tidak licin 

Pilihlah karpet mobil yang tidak licin agar tidak mengganggu kenyamanan di dalam kabin mobil. Karpet yang licin dapat bergeser dari posisinya sehingga terlihat tidak rapi dan mengganggu.

Selain itu, karpet yang licin juga dapat menyebabkan kesulitan dalam menjaga posisi yang nyaman saat berkendara. 

3. Pilih karpet mobil yang punya pengait

Pilihlah karpet mobil yang memiliki pengait atau perekat agar tidak bergeser dari posisinya saat dipasang di mobil. Karpet yang tidak memiliki pengait atau perekat akan mudah bergeser dari posisinya, terutama jika ukurannya tidak sesuai dengan lantai mobil. 

Karpet yang bergeser dapat menyebabkan ruang terbuka di antara karpet dan lantai, sehingga mudah untuk menempelnya kotoran atau debu. 

Selain itu, perhatikan apakah pengait atau perekat dipasang di tempat yang tepat, sehingga menghindari terjadinya kekosongan di antara karpet dan lantai mobil. 

4. Pilih karpet mobil yang elastis 

Tips selanjutnya yakni pilihlah karpet mobil yang elastis dan lentur agar lebih awet dan berkualitas tinggi. 

Karpet yang elastis dan lentur akan lebih mudah dibentuk sesuai dengan lekuk lantai mobil, sehingga tidak mudah terkelupas atau sobek. 

Di samping itu, karpet yang elastis dan lentur juga akan lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah tersumbat dengan kotoran atau debu.

5. Perhatikan motif karpet mobil

Terakhir, pilihlah karpet mobil dengan motif besar agar mudah dibersihkan. Karpet dengan motif yang terlalu rapat akan membuat pemilik kesulitan dalam membersihkannya, karena kotoran atau debu yang terjebak di antara motif tersebut sulit dibersihkan. 

Sebaliknya, karpet dengan motif yang besar akan lebih mudah dibersihkan karena kotoran atau debu yang terjebak di dalam motif tersebut akan lebih mudah diangkat. 

Pilihlah karpet dengan motif besar agar mudah dibersihkan dan tidak menyulitkan dalam pemeliharaan.

Demikianlah pembahasan mengenai biaya ganti karpet dasar mobil berbagai merek. Semoga bermanfaat, ya. 

Tips dari Lifepal! Dalam memilih karpet mobil, perlu diperhatikan beberapa hal agar tidak kecewa dan sesuai dengan kebutuhan. 

Yang paling penting, tidak berbau dan mudah dibersihkan agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Penting memiliki asuransi mobil

Memiliki mobil tentu rentan mengalami berbagai risiko kerugian, mulai dari risiko mobil baret, mobil rusak karena terperosok, atau hilang karena dicuri. 

Oleh sebab itu, sebagai proteksi finansial kamu, sebaiknya memiliki asuransi mobil. Dengan memiliki asuransi mobil, kamu jadi akan merasa lebih tenang. Sebab, kerugian yang kamu alami bisa dicover oleh pihak asuransi.

Cek asuransi mobil yang cocok buatmu di sini. 

Pertanyaan seputar biaya ganti karpet dasar mobil 

Pemasangan karpet dasar mobil sebenarnya tidak terlalu lama. Hanya butuh waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja. Lamanya waktu tergantung dari jenis mobil, bahan karpet yang digunakan dan mekanik yang mengerjakannya. Adapun biaya ganti karpet dasar mobil yakni mulai dari Rp200 ribuan.

Tentu penting. Asuransi mobil akan memberikan jaminan biaya kerugian untuk kerusakan mobil kamu, baik kerusakan ringan maupun berat.