Biaya Ganti Packing Silinder Head Mobil yang Rusak

biaya ganti packing silinder head mobil

Salah satu penyebab mesin overheat atau oli mobil cepat habis adalah packing silinder head mobil yang rusak sehingga harus segera dibongkar dan diganti. Namun, tahukah kamu berapa biaya ganti packing silinder head mobil?

Ongkos bongkar silinder head mobil sebenarnya bervariasi, tergantung pada jenis dan tingkat kerusakannya. 

Setiap komponen pada kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, diatur agar saling berkaitan satu sama lain dan saling mendukung agar mobil memiliki performa tenaga mesin yang maksimal.

Contohnya adalah packing cylinder head atau gasket cylinder head yang berperan sebagai penghubung antara blok mesin (engine block) dan kepala silinder (cylinder head) agar kompresi dan oli mobil tidak bocor masuk ke ruang blok mesin. 

Jika sudah terjadi, maka harus segera diganti. Berikut ini rincian biaya ganti packing silinder head mobil, penyebab, sampai cara merawatnya.

Biaya perbaikan packing silinder head mobil

Bila dibandingkan dengan biaya turun mesin, sebenarnya biaya ganti packing silinder head mobil terhitung cukup murah.

Kamu bisa menyiasatinya dengan membeli komponen gasket atau packing silinder head di e-commerce atau toko online lainnya dengan rata-rata harga packing silinder head berkisar antara Rp350 ribu sampai Rp5 juta.

Usai membeli gasket cylinder head mobil, bawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk diganti dengan yang baru. Atau, kamu bisa menggantinya sendiri dengan melihat tutorial cara membongkar silinder head mobil di internet.

Namun, apabila kamu merasa kurang percaya diri, ditakutkan hanya merusak komponen mobil yang lain maka kamu bisa membawanya ke bengkel mobil terdekat. Ongkos bongkar pasang silinder head umumnya berkisar antara Rp200 ribu sampai Rp500 ribu.

Besaran biaya ganti packing mesin mobil ini tergantung dari tingkat kesulitan dan kerusakannya. Karenanya, saat melakukan konsultasi dengan mekanik di bengkel tak ada salahnya untuk memastikan berapa biaya ganti packing silinder head mobil.

Saat mendapatkan tanda-tanda packing silinder head mobil harus segera diganti sebaiknya jangan ditunda agar tidak merembet ke komponen lain. 

Kalau ditunda, bisa jadi kamu harus servis mobil karena mengalami turun mesin atau overheat. Biaya turun mesin atau overheat lebih mahal daripada biaya ganti packing silinder head mobil.

Faktor yang memengaruhi biaya ganti packing mesin mobil 

Bila dibandingkan dengan biaya ganti oli mesin mobil, justru biaya ganti packing mesin mobil terhitung cukup murah. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa biaya ganti packing silinder head mobil bisa sangat murah sampai ratusan ribu atau bisa jadi cukup mahal hingga jutaan. 

Tetapi, apakah kamu tahu apa saja faktor yang mempengaruhinya? Berikut ini penjabarannya.

1. Desakan harus segera mengganti gasket

Kejadian yang sering terjadi saat berkendara adalah ada saja komponen yang rusak yang sulit diprediksi. Karena kejadian ini sulit terprediksi, maka bisa jadi biaya servis mobil yang akan dikeluarkan bisa jadi cukup mahal.

Perkiraan biaya ganti packing silinder head mobil yang dibutuhkan di waktu mendesak sebesar Rp600 ribu sampai Rp3 juta. 

Namun, bisa jadi biaya ganti packing silinder head di bawah Rp600 ribu atau bahkan mencapai Rp5 juta tergantung dari harga packing silinder head atau tingkat kerusakan.

2. Harga packing silinder head

Faktor murah-mahalnya biaya ganti packing mesin mobil juga bisa ditentukan dari harga packing silinder head. Pasalnya, sekalipun sama-sama mobil Avanza, tetapi biaya ganti packing silinder head Avanza yang satu dengan tipe mobil Avanza yang lain bisa berbeda.

Yang mempengaruhi harga packing silinder head meliputi jenis dan tipe mobil, harga komponen gasket dari supplier, harga jual komponen, dan kualitas barang.

Jenis packing silinder head mobil untuk mobil keluaran terbaru dan keluaran tahun tua juga berbeda. Karenanya, khusus untuk kasus di mana mobil membutuhkan packing mesin khusus membutuhkan biaya ganti packing silinder head mobil yang cukup besar juga.

Oleh sebab itu, kamu perlu memberi informasi lengkap kepada mekanik seperti jenis mobil kamu, tipe mobil atau tahun produksi mobil agar mekanik bisa merekomendasikan packing silinder head mobil yang tepat.

Faktor lain yang menjadi penentu mahal-murahnya harga packing silinder head adalah ketersediaan packing silinder tersebut di bengkel. Apabila ternyata ketersediaannya terbatas, maka bisa jadi packing silinder tersebut akan dipatok dengan harga yang cukup fantastis.

Jangan hanya mengejar harga packing silinder head termurah saja tetapi kualitas komponennya jauh dari standar. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan ada beberapa produk non original yang memiliki kualitas tinggi.

3. Tingkat kerusakan gasket cylinder

Seberapa parah rusaknya gasket cylinder merupakan faktor pendukung lain yang menentukan mahal atau murahnya biaya ganti packing silinder head mobil. 

Jika oli sudah merembes bahkan menetes masuk ke ruang blok mesin maka sudah dipastikan biaya ganti packing silinder head mobil akan mahal.

4. Metode perbaikan mobil

Maksud dari metode perbaikan mobil adalah pada saat packing silinder head mobil mengalami kerusakan yang cukup berat maka kamu hanya memiliki dua pilihan, yakni melakukan perbaikan dan ganti seluruh komponen mobil atau hanya sebagian saja.

Sebagai mekanik, tentu mereka akan menyarankan kamu melakukan penggantian gasket silinder secara menyeluruh. 

Akan tetapi, bila kamu masih ragu-ragu kamu bisa hanya mengganti sebagian komponen saja untuk selanjutnya membawa mobil ke bengkel terpercaya yang jadi langganan servis mobil.

Ciri-ciri packing silinder head mobil rusak

Lakukan pendeteksian dini sebelum kerusakan pada packing silinder head mobil semakin parah. Jangan sampai kamu tidak bisa mengenali tanda packing silinder head mobil yang sudah rusak jadi harus mengeluarkan biaya ganti packing silinder head mobil mahal. 

Berikut ini ciri-ciri packing silinder head mobil rusak, di antaranya karena:

  • Keluar asap berwarna putih yang mengebul dari knalpot.
  • Mesin mobil selalu mengeluarkan suhu panas yang berlebihan atau overheating.
  • Terlihat kebocoran air radiator yang berasal dari bawah manipol.
  • Karena kebocoran tersebut yang membuat air radiator cepat habis.
  • Adanya kandungan minyak pada air radiator.
  • Terlihat gelembung udara di dalam tangki radiator.
  • Oli mesin terlihat berwarna kecoklatan dan mengental.
  • Performa dan kompresi mesin mobil menurun.

Sekalipun sebenarnya, sulit sekali mendiagnosa kerusakan packing silinder head tanpa harus melihat langsung, namun saat mendapati beberapa ciri-ciri di atas pada mobil maka segera lakukan konsultasi di bengkel mobil langganan untuk segera ditindaklanjuti.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat ganti silinder head mobil 

Setelah membahas biaya ganti packing silinder head mobil, kamu juga mesti paham beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengganti komponen ini. 

Berikut pembahasannya. 

Produk asli 

Komponen silinder head sangat penting peranannya yang jika rusak sebaiknya langsung diganti. Usahakan untuk menggantinya dengan komponen asli sesuai dengan spesifikasi dan ukuran yang tepat. 

Kamu mungkin akan membayar lebih mahal untuk komponen yang original, namun itu sepadan dengan kualitas yang akan kamu dapatkan. 

Produk KW 

Bila terpaksa menggunakan produk kw untuk menekan biaya, selalu perhatikan kualitasnya, ya. Memang ada kok, produk kw setara ori jika kamu pandai memilihnya. 

Ganti sebagian

Secara umum, packing silinder tersedia dalam satu set. Jika pemilik kendaraan ingin menggantinya, maka harus diganti satu set. 

Namun, kamu sebenarnya masih bisa bernegosiasi dengan mekanik untuk mengganti sebagian komponen saja, alih-alih semuanya. Tentu, hal ini membuat biaya ganti packing silinder head mobil jadi lebih terjangkau.

Penyebab packing silinder head rusak

Letaknya yang berada di antara blok mesin dan kepala silinder yang membuat perannya cukup vital untuk melindungi ruang mesin. Pasalnya, bila oli merembes dan masuk ke area blok mesin maka bukan tidak mungkin mobil akan mengalami overhaul atau kerusakan komponen mobil lainnya.

Walaupun sudah mengetahui tanda-tanda packing silinder head rusak, kamu mesti mengetahui juga penyebab cylinder head melengkung atau penyebab gasket silinder head bocor untuk mempersiapkan langkah antisipasi.

Berikut ini penyebab packing silinder head mobil rusak, di antaranya:

  • Karena mesin mobil kurang mendapatkan perhatian dan perawatan seperti servis mobil rutin pada umumnya,
  • Karena mesin mobil jarang dibersihkan dari kotoran, debu atau kerak oli yang menempel,
  • Karena usia pemakaian kendaraan telah melebihi 10 tahun.

Cara cek packing silinder head bocor

Sementara itu, untuk mengetahui di mana letak kerusakan atau kebocoran bisa dilakukan beberapa tahapan berikut ini:

  • Mengetahui di mana letak packing silinder head, karena letaknya yang cukup tersembunyi diperlukan pengetahuan khusus untuk mengetahui letak packing silinder head yang rusak.
  • Setelah menemukannya, pastikan bahwa buka tutup radiator mesin bersuhu dingin.
  • Lalu, hidupkan mesin mobil dan cermati air radiator mobil.
  • Apabila ada semburan air secara mendadak, maka ada tekanan kompresi ke pendingin.
  • Saat radiator kamu tutup dan ada tekanan udara yang keluar, maka sudah dipastikan bahwa packing silinder head mengalami kerusakan.

Peralatan yang dibutuhkan

Jika kamu merasa mampu untuk melakukan perbaikan dan mengetahui cara membongkar silinder head mobil di rumah, maka persiapkan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dulu untuk merusak packing silinder head mobil yang rusak. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Produk gasket cylinder head atau packing silinder head mobil berkualitas terbaik.
  • Kunci 10 mm dan 12 mm.
  • Sealant atau lem perekat khusus.
  • Kain lap bersih.

Cara ganti packing silinder head mobil

Untuk menekan biaya ganti packing silinder head mobil kamu bisa mengganti packing silinder head di rumah. Ada banyak tutorial cara membongkar silinder head mobil dan cara memasang silinder head mobil yang mudah ditemukan.

Berikut ini adalah cara ganti packing silinder head mobil, di antaranya:

  • Membuka penutup mesin.
  • Membuka koil pengapian di mesin tanpa membuka busi.
  • Membuka filter udara untuk mempermudah mengganti packing silinder head mobil dan memperlancar akses menuju silinder agak lebih luas.
  • Melepas selang pernapasan mesin (breather) dan katup positive crankshaft ventilation (PCV).
  • Melepas baut pada silinder menggunakan kunci 10 mm secara berurut sesuai nomor baut pada silinder tersebut.
  • Mengangkat cover silinder head dengan berhati-hati mengingat komponen tersebut terkait dengan selang AC, timing chain dan power steering.
  • Lihat apakah ada sobekan atau patahan di bagian cover tersebut.
  • Membersihkan residu gasket yang menempel dan kotoran lainnya pada silinder mesin dengan cara menggosoknya dari arah dalam ke luar sampai bersih, lakukan juga pada cover silinder.
  • Selanjutnya, balurkan sealant ke karet gasket cylinder head dan covernya lalu pastikan bahwa gasket tersebut telah melekat dengan benar.
  • Memasang cover dan komponen lainnya secara berurutan.
  • Memastikan bahwa semua komponen yang dilepas telah terpasang kembali dengan benar agar tidak terjadi masalah komponen dan mesin lainnya.

Cara merawat packing silinder head mobil

Setelah mengetahui penyebab cylinder head melengkung, bocor atau rusak, biaya ganti packing silinder head mobil dan cara membongkar silinder head mobil. Kamu perlu merawat packing silinder head mobil tersebut agar memiliki usia pemakaian yang cukup lama.

Cara merawat packing silinder head di antaranya adalah:

  • Rutin memanaskan mobil sebelum digunakan.
  • Rutin mengganti aki mobil.
  • Rutin melakukan servis tune up mobil.
  • Rutin memeriksa air radiator.
  • Mengendarai mobil dengan putaran mesin yang tinggi dalam beberapa waktu.

Tips dari Lifepal! Untuk mengantisipasi biaya ganti packing silinder head mobil yang mahal, sebaiknya kamu memiliki asuransi mobil. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir saat melakukan servis mobil dan mendapati biaya servis mobil yang mahal.

Kamu hanya perlu memastikan bahwa mobil telah kembali dalam bertenaga maksimal dan asuransi mobil yang akan mem-back up biaya ganti packing silinder head mobil atau biaya servis mobil lainnya sesuai dengan perjanjian yang tertulis di dalam polis asuransi.

Simak pula ulasan tentang efek PCV mobil rusak di artikel Lifepal lainnya!

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar biaya ganti packing silinder head mobil

Biaya ganti packing silinder head mobil terdiri dari harga packing silinder head dan ongkos bongkar pasang silinder head. Umumnya harga packing silinder head mulai dari Rp350 ribu sampai Rp5 juta sedangkan ongkos bongkar pasang silinder head mulai dari Rp200 ribu sampai Rp500 ribu.
Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.
Dapatkan Promo