Jalani Hypnotherapy, Segini Biaya yang Harus Disiapkan!

biaya hypnotherapy

Biaya hypnotherapy menjadi salah satu hal wajib yang perlu kamu ketahui sebelum mencoba metode pengobatan ini. Sebab, biaya hypnotherapy ini gak murah, beberapa klinik mematok harga dengan kisaran Rp500 ribu – Rp1 juta untuk satu kali pertemuan.

Namun, dengan memiliki asuransi kesehatan, besaran harga atau biaya hypnotherapy yang mahal tentu tidak akan menjadi beban untuk kamu, karena semua biaya medis akan di tanggung oleh perusahaan asuransi.

Hypnotherapy merupakan salah satu cara untuk mengatasi berbagai permasalahan psikologis dengan mengaplikasikan teknik hypnosis. Sedangkan teknik hypnosis merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari pengaruh sugesti terhadap pikiran bawah sadar. 

Metode hypnotherapy bisa dibilang sangat efektif untuk menyelesaikan masalah psikologis orang karena metode ini mampu menjangkau pikiran bawah sadar seseorang. Hal ini tentu bisa mengubah pikiran, perasaan hingga perilaku seseorang ke arah yang lebih baik. 

Gak hanya untuk kamu yang punya masalah, hypnotherapy juga bisa dilakukan oleh seseorang untuk memaksimalkan kemampuannya, seperti merasa minder, hingga menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga, lho!

Untuk lebih jelasnya mengenai hypnotheraphy dan biayanya, yuk ikuti penjelasan detail berikut!

Syarat melakukan hypnotherapy

Sebelum melakukan hypnotherapy, kamu perlu mengetahui beberapa persyaratan sebelum melakukan hal ini. Apa saja?

  1. Kamu harus memiliki keinginan kuat untuk sembuh atau berubah. Jangan sampai kamu mengikuti hypnotherapy karena terpaksa atau dipaksa oleh orang lain. 
  2. Pastikan bahwa kamu dalam keadaan normal, sehat, dan bisa berkomunikasi dengan baik. Sebab, hypnotherapy tidak diperuntukan bagi anak kecil yang belum bisa bicara dengan lancar, atau seseorang dengan gangguan mental yang gak bisa nyambung.
  3. Jika klien adalah anak-anak, sebaiknya datang bersama orangtua untuk membantu berkomunikasi. Nantinya, hypnotherapist akan mengajarkan mengatasi masalah anak di rumah.

Kenapa seseorang perlu melakukan hypnotherapy?

Hypnotherapy gak hanya diperuntukan untuk kamu yang sedang bermasalah, tetapi juga untuk orang yang ingin berubah menjadi lebih baik. 

Ini dia beberapa alasan kenapa kamu memang membutuhkan hypnotherapy.

1. Ada masalah yang ingin diselesaikan

Adanya masalah dalam hidup tentu membuat kamu jadi gak nyaman, gelisah, dan gak bahagia. Untuk itu, kamu harus menyelesaikan masalahmu dengan baik, salah satu caranya yakni dengan melakukan hypnotherapy.

2. Rasa gak nyaman yang terus meningkat

Jika perasaan gak nyaman kamu terus saja meningkat, itu menunjukan bahwa kamu membutuhkan terapi ini untuk mengurangi rasa nyaman tersebut.

3. Ingin hidup lebih baik

Salah satu manfaat hypnotherapy yakni memperbaiki kualitas hidup menjadi lebih baik. 

4. Butuh seseorang yang dipercaya untuk curhat

Ketika ada masalah, kamu pasti bingung memilih seseorang yang bisa kamu ajak untuk mencurahkan isi hatimu. Dengan hypnotherapy, kamu bisa menceritakan segala uneg-unegmu tanpa ada yang akan mun-judgemu atau menyalahkanmu.

5. Gak tahu caranya memaksimalkan pikiran

Jika kamu belum bisa mengontrol dan memaksimalkan pikiranmu, sebaiknya kamu datang dan bertemu dengan hypnotherapist untuk mengatasinya. 

Hal yang harus disiapkan sebelum melakukan hypnotherapy

Sebelum melakukan hypnotherapy, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Salah satunya yakni kamu harus mencari informasi sebanyak mungkin soal hypnotherapy. 

Selain itu, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu pada dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah masalahmu memang membutuhkan hypnotherapy atau tidak. 

Nantinya terapis akan melakukan wawancara, dan memastikan bahwa kamu memang siap dan memiliki niat untuk melakukan hypnotherapy.

Kamu juga harus memastikan bahwa terapis yang kamu pilih terpercaya dan sudah ada surat izin praktiknya. Sebab, ada juga terapis abal-abal yang malah membuat kamu jadi gak nyaman.

Selain itu, mengetahui kualifikasi terapis juga penting karena keahlian terapis nantinya akan berdampak pada pengalaman hypnotherapy yang kamu alami. 

Proses tahapan hypnotherapy

Ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan saat melakukan hypnotherapy:

Pre talk

Tahap pertama dilakukan dengan penggalian informasi yang dilakukan oleh hypnotherapist. Terapis akan mencari tahu hal-hal yang membuat kamu melakukan kebiasaan buruk, depresi, hingga mengalami trauma.

Saat melakukan pre talk, sebaiknya kamu harus jujur dengan masalah yang kamu hadapi. Kamu harus terbuka dan gak boleh malu untuk mengungkapkan masa lalumu. Sebab, informasi ini sangat penting bagi hypnotherapist untuk mendiagnosa masalah dan cara menyelesaikannya.

Analisis SWOT

Kamu bisa melakukan tahapan ini dengan mengetahui strengths, weakness, opportunities, dan threats diri kamu. 

Kamu harus merenungkan apa yang menjadi kekuatan dan kelemahanmu. Sebab, faktor ini bisa membuat kamu semakin yakin untuk berubah.

Pra induksi

Tahap ini, kamu akan dibawa dari gelombang alpha (sadar) menuju gelombang theta (gelombang otak pada frekuensi 3hz-8h, setengah tertidur). 

Dalam kondisi ini kamu akan setengah mengantuk, rileks, namun tetap sadar dan sugesti akan dengan mudah dimasukan dalam kondisi ini. Tahapan ini akan menjadi penentu hypnotherapy-mu berhasil atau tidak.

Tahap hypnosis

Tahap ini dilakukan dengan memasukan sugesti. Pada tahap ini tubuh juga akan merasa ringan dan dalam keadaan setengah mengantuk tetapi gak tidur sepenuhnya. 

Pada tahap ini, therapist akan memberikan sugesti satu per satu dan gak terlalu banyak.

Tahap posthypnotic suggestion

Sugesti tetap akan dilakukan setelah tahap hypnosis selesai. Tujuan dari tahap ini yakni agar perilaku pasien bisa terbentuk sesuai harapan. 

Misalnya, yang tadinya minder, pasien akan jadi bersemangat ketika melihat benda-benda di sekeliling.

Termination

Proses hypnotherapy pun diakhiri. Kamu akan dibawa kembali menuju alam sadar tetapi gak langsung di bangunkan. Ada kata-kata yang akan membuatmu bangun dengan konndisi yang lebih baik.

Efek samping hypnotherapy

Seperti yang sudah disarankan di atas, sebelum melakukan hypnotherapy kamu harus mencari tahu informasi sedetail mungkin dan penuh keyakinan. 

Pasalnya, salah satu risiko melakukan hypnotherapy yakni kembalinya ingatan tentang masa lalumu yang bisa jadi cukup mengganggu. 

Risiko lain setelah melakukan hypnotherapy yakni menimbulkan rasa pusing, mengantuk, sakit kepala, hingga rasa cemas. Kondisi yang berisiko lain yakni pasien dengan gangguan mental bisa mengalami halusinasi.

Jadi, lebih bijak untuk meminta saran dan pertimbangan dari psikiater sebelum melakukan hypnotherpy. Sebab, jika salah memilih bisa membuat kamu jadi gak nyaman. 

Adakah jaminan kesembuhan hypnotherapy?

Umumnya, tidak ada hypnotherapist yang menjanjikan kesembuhan total untuk pasiennya. Jaminan dari metode hypnotherapy yakni dilakukan dengan standar tinggi sesuai dengan Quantum Hypnotherapeutic Protocol. 

Di mana, kesembuhan dan keberhasilan ditentukan oleh kerjasama yang bagus antara pasien dan hypnotherapist. Jika tak ada kerjasama yang baik, tentu saja hasil hypnotherapy ini akan sia-sia.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentu dibutuhkan komitmen yang maksimal juga dengan melakukan setidaknya empat kali hypnotherapy.

Estimasi biaya hypnotherapy

Konsultasi dan biaya hypnotherapy biasanya didasarkan pada seberapa berat masalah pasien. Jika pasien hanya mengalami masalah ringan, mungkin cukup dengan melakukan 1-2 terapi saja.

Dilansir dari laman practo.com, untuk layanan hypnotherapy klinis di Jakarta, biaya untuk berkonsultasi dalam satu kali sesi yakni sekitar Rp600 ribu – Rp1 juta.

Untuk total biaya keseluruhan hingga empat sesi pertemuan, mungkin kamu bisa menanyakan langsung pada klinik layanan hypnotherapy. Pastikan dokter yang menangani hypnotherapy-mu sudah bersertifikat semua, ya!

Apakah layanan hypnotherapy ditanggung BPJS?

Hypnotherapy sayangnya masih belum bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun, jika kamu membutuhkan psikiater untuk membantu masalahmu, layanan ini masih ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Program JKN-KIS menjamin pelayanan untuk masalah kesehatan mental. Sehingga, kamu masih tetap bisa berkonsultasi dengan gratis. 

Jika dokter menyarankan untuk melakukan hypnotherapy, kamu harus menanggung dengan uangmu sendiri. 

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan

Mengingat biaya hypnotherapy gak murah dan gak ditanggung BPJS, penting buat kamu untuk membuat asuransi kesehatan sendiri. 

Ditambah adanya pandemi COVID-19, akan membuat kondisi keuanganmu gak stabil. Sehingga, kamu membutuhkan opsi membuat asuransi kesehatan.

Dengan asuransi kesehatan, kamu gak perlu khawatir memikirkan biaya pengobatan saat kamu atau anggota keluargamu sakit. 

Asuransi kesehatan sudah memberi manfaat untuk biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Manfaat tambahannya, kamu bisa menggunakannya untuk melahirkan, perawatan gigi, dan mata. 

Salah satu hal yang membuat asuransi kesehatan penting adalah, adanya inflasi biaya rumah sakit. Hal ini menandakan bahwa biaya rawat inap juga akan terus naik seiring naiknya inflasi tersebut.

Memiliki asuransi kesehatan juga membantu perputaran uang kita tetap stabil, sebab dana tabungan, investasi, dan aset lainnya tidak akan terganggu apabila kita sakit.  Apalagi, saat pandemi yang membuat pemasukanmu gak tentu. 

Cara memilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan 

Banyaknya asuransi kesehatan yang ada di Indonesia tentu akan membuat kamu bingung. Asuransi mana yang sebenarnya bagus dan cocok untuk kebutuhan?

Sebelum kita melihat berbagai penawaran asuransi yang ada saat ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa kriteria yang mesti kita perhatikan, di antaranya:

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan provider menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat urgent. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, kamu harus lebih cermat memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu.  

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

Bisa klaim cashless

Cobalah mencari asuransi kesehatan yang bisa menggunakan sistem klaim cashless bermodal kartu asuransi. 

Contohnya, rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement

Menanggung biaya rawat jalan

Hal penting yang harus diperhatikan adalah, pastikan bahwa asuransi kesehatanmu sudah menanggung biaya rawat inap. 

Dari rekomendasi Lifepal, asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. Kamu hanya tinggal memilih preminya saja.

Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. 

Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. 

Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini di mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Agar tidak menjadi beban, sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang biaya preminya tidak lebih dari 10 persen gaji kamu, ya! 

Kamu harus mengikuti metode 50:30:20. Di mana 50 persen gaji digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk asuransi. 

Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan sendiri. 

Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →