Biaya Implan Gigi Terbaru Beserta Prosedur Lengkapnya

biaya implan gigi terbaru

Biaya implan gigi yang tinggi sepertinya bukan lagi rahasia umum. Tak heran, saat ini kebanyakan orang lebih memilih memasang gigi palsu lepasan ketimbang implan gigi. 

Meskipun harus mengeluarkan kocek lebih besar, sebenarnya ada beberapa keunggulan implan gigi ketimbang pasang gigi palsu. Salah satunya gigi palsu yang harus dilepaskan kembali beberapa bulan setelah dimasukkan sementara implan gigi tidak perlu. 

Buat kamu yang berencana melakukan implan gigi, yuk simak informasi seputar pengertian implan, termasuk prosedur, efek samping, dan tentu saja biaya implan gigi terbaru. 

Pengertian implan gigi

Implan gigi adalah akar gigi buatan dengan logam berbentuk seperti baut yang ditanam pada rahang. Tujuan implan gigi untuk mengganti akar gigi yang hilang atau rusak melalui prosedur bedah implan gigi.  

Biasanya, implan gigi dibuat dari logam khusus, kebanyakan dari titanium yang akan menyatu dengan tulang rahang. Setelah menyatu dengan tulang rahang, implan akan berperan sebagai akar gigi baru. 

Mahkota gigi buatan akan dipasang berikutnya bersama abutment yang berperan sebagai penghubung antara implan gigi dengan mahkota gigi. Dengan penyatuan tulang rahang dengan implan gigi, implan gigi tidak akan berubah posisinya selama digunakan oleh pasien.

Butuh proses penyembuhan selama beberapa bulan setelah melakukan pemasangan implan gigi. 

Kapan harus melakukan implan gigi?

Operasi implan gigi adalah alternatif dari pemasangan gigi palsu dan menjadi pilihan ketika kurangnya akar gigi alami yang tidak memungkinkan memasang gigi palsu. 

Sebenarnya siapa pun bisa menjalani implan gigi saat gigi tanggal asalkan memiliki kondisi kesehatan tulang yang baik dan tidak ada masalah pada tulang rahang mulut. Kamu sebaiknya melakukan pemasangan implan gigi saat mengalami beberapa kondisi seperti berikut ini.

  • Gigi ompong dan kamu ingin mempertahankan bentuk dan struktur mulut.
  • Tidak ingin menggunakan gigi palsu.
  • Mengganti satu atau beberapa gigi yang ompong.

Sementara itu, ketentuan yang harus diperhatikan sebelum menjalani implan gigi, yaitu:

  • Kondisi kesehatan sistemik pasien.
  • Riwayat penyakit gigi pasien.
  • Motivasi pasien untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut serta menerapkan pola makan yang baik sebelum dan sesudah pasang implan gigi.
  • Mengenai biaya implan gigi yang harus dipertimbangkan sebelumnya.

Terutama mengenai poin konsultasi biaya implan gigi, tanyakan pula kejelasan tentang prosedur apa saja yang kamu akan jalani dan ketentuan terkait lainnya. Jangan sampai hanya karena kamu tidak terlalu paham, lalu menyerahkan begitu saja semuanya kepada bagian administrasi. Bijaksanalah dengan penggunaan uangmu sendiri.

Kisaran biaya implan gigi di Indonesia

Berapa sih biaya implan gigi? Sebenarnya, harga implan gigi berbeda, tergantung letak gigi, banyaknya implan yang dibutuhkan, perlu atau tidaknya cangkok tulang, jenis mahkota gigi yang dipakai, dan rumah sakit atau klinik tempat kamu melakukan operasi. 

Sebagai gambaran, berikut ini informasi biaya implan gigi pada beberapa rumah sakit di Indonesia. 

Nama Rumah Sakit

Estimasi Awal Harga Implan Gigi

Bethesda Dental CareJakarta

Rp4.000.000

MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta 

Rp5.350.000

Rumah Sakit Immanuel, Bandung

Rp5.771.000

RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta 

Rp5.750.000

Rumah Sakit Tk.II Pelamonia Makassar 

Rp7.200.000

Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta 

Rp8.000.000

Siloam Hospitals Jambi 

Rp8.000.000

RS Mitra Bangsa Pati 

Rp9.680.000 

Klinik Gigi Joy Dental Purwokerto 

Rp10.000.000

Siloam Hospitals Lippo Cikarang  

Rp11.000.000

FDC Dental Bogor, Bogor 

Rp11.900.000

Siloam Hospitals Bekasi Timur

Rp13.000.000

Rumah Sakit Citra Arafiq, Depok 

Rp15.000.000

RS Mustika Medika Mustikajaya, Bekasi 

Rp17.500.000

RS Awal Bros Makassar 

Rp18.000.000

Primaya Hospital Tangerang  

Rp18.000.000

Siloam Hospitals Manado 

Rp19.260.000

Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta 

Rp19.620.000

RS Islam Jemursari Surabaya

Rp20.000.000

Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin 

Rp20.000.000

Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci, Tangerang 

Rp21.186.000

Klinik Brawijaya Kemang, Jakarta

Rp25.500.000 

Biaya implan gigi dari beberapa rumah sakit di atas merupakan jumlah kisaran. Tiap rumah sakit memiliki ketentuan tersendiri mengenai biaya administrasi tambahan dan biaya terkait lainnya.

Prosedur implan gigi

Pemasangan implan gigi, dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis, baik itu spesialis bedah mulut, spesialis prostodonsia, atau spesialis periodonsia. 

Buat kamu yang ingin melakukan implan gigi, ada beberapa tahap yang harus kamu lalui, antara lain:

1. Konsultasi dengan dokter gigi

Konsultasi penting dilakukan sebelum kamu melakukan implan gigi. Saat konsultasi kamu harus menjelaskan mengenai kondisi gigimu, riwayat kesehatan, hingga alergi. Misalnya, bagi pasien yang menderita penyakit jantung atau sedang menggunakan implan ortopedi akan disarankan mengonsumsi antibiotik oleh dokter untuk mencegah infeksi. 

Jika diperlukan, pasien akan diminta untuk mengatur konsumsi makanan dan minuman, beberapa hari sebelum pemasangan implan.

2. Perencanaan implan gigi

Setelah melakukan konsultasi awal, dokter gigi atau ahli bedah mulut akan melakukan evaluasi penuh dan menyeluruh untuk mengetahui kondisi gigi dan mulut kamu. 

Biasanya, ada beberapa tahapan persiapan sebelum melakukan implan gigi, seperti: 

  • Melakukan Rontgen, CT scan, dan/atau panoramic film untuk menilai kualitas dan kuantitas rahang kamu. Selain itu, rontgen juga bertujuan untuk memastikan  gigi yang ditanam akan sama dengan gigi alami kamu. 
  • Memeriksa kondisi tulang rahang untuk mengetahui berapa banyak gigi yang akan diganti dengan implan. Proses perencanaan ini dapat melibatkan beberapa jenis spesialis gigi (termasuk ahli bedah maksilofasial dan periodontitis).
  • Berdiskusi mengenai jenis anestesi bedah yang terbaik selama prosedur. Tim bedah juga akan memiliki daftar saran dan pantangan yang harus kamu patuhi menjelang operasi.

Tahapan perencanaan yang kamu dapatkan dari dokter tentu berbanding luruh dengan biayanya. Jadi jangan segan untuk menanyakan biaya implan gigi beserta tarif penunjang lainnya agar kamu mendapatkan kejelasan jumlahnya.

3. Proses pemasangan implan gigi

Setelah pemeriksaan dan semua siap, implan gigi dilakukan oleh ahli bedah mulut dengan membuka gusi dan mengekspos tulang. Sering kali, tempat yang akan dipasang implan masih terdapat sisa gigi yang telah rusak. Untuk mempersiapkan penempatan implan, gigi sisa yang rusak perlu diekstraksi (diambil).

Kemudian lubang dibor ke dalam tulang di mana sekrup logam tanam gigi akan dipasang. Sekrup tersebut berfungsi sebagai akar gigi yang akan ditanamkan ke dalam tulang. Setelah tulang sudah dipastikan kuat, implan siap dilakukan. 

Selama prosedur bedah berlangsung, kamu biasanya diberikan anestesi lokal untuk mematikan area bedah serta obat penenang lainnya yang diperlukan untuk kenyamanan dan kecemasan.  

Pada penunjukan penempatan implan, implan gigi ditempatkan ke tulang dengan bor khusus dan peralatan. Healing cap ditempatkan di atas implan, gusi dijahit, dan fase penyembuhan dimulai.

4. Masa penyembuhan

Seluruh proses implan gigi bisa memakan waktu berbulan-bulan dari awal hingga selesai. Sebagian besar waktu khusus untuk penyembuhan dan menunggu pertumbuhan tulang baru di rahang. Tergantung kondisi gigi, prosedur khusus yang dilakukan atau bahan yang digunakan. 

Setelah proses penyembuhan, implan diuji untuk menentukan apakah itu berhasil diambil oleh tulang sekitarnya. Setelah itu, barulah memasang penghubung antara implan gigi dengan mahkota gigi yang akan dipasang berikutnya atau disebut juga abutment yang terhubung ke implan gigi melalui sekrup. Abutment akan berfungsi untuk menahan gigi pengganti atau mahkota.

Gusi yang sembuh akan memberikan gambaran bagaimana mahkota gigi buatan dibentuk agar mirip dengan aslinya.  

Setiap selesai melakukan operasi bertahap untuk pemasangan implan gigi, dokter akan menjahit gusi yang dibuka pada masing-masing tahapan operasi menggunakan benang jahit yang menyatu dengan gusi maupun yang tidak menyatu.  

Perawatan setelah implan gigi

Agar terhindar dari risiko komplikasi,  penting untuk selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi setelah melakukan implan gigi, dengan cara:

  • Menghindari kebiasaan yang dapat merusak gigi, seperti menggigit benda keras, merokok, dan minum kopi.
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut. Bisa menggunakan sikat gigi khusus untuk membersihkan gigi palsu dan implan gigi.
  • Meminum obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Melakukan perawatan rutin kepada dokter gigi, terutama bila implan gigi tergerus.

Melakukan perawatan menjadi langkah pendukung yang penting untuk dilakukan secara kontinu. Jangan sampai pengeluaranmu atas biaya implan gigi yang mahal menjadi sia-sia karena kamu tidak konsisten dalam melakukan perawatan mulut dan gigi pascaoperasi implan gigi.

Ini risiko medis yang kamu bisa alami usai implan gigi

Kamu mungkin akan merasakan ketidaknyamanan di daerah mulut usai melakukan implan gigi. Selain itu, pada beberapa orang, ada beberapa efek samping yang akan kamu alami usai operasi, seperti:

  • Perdarahan ringan.
  • Pembengkakan pada gusi dan pipi.
  • Lebam dan memar pada daerah kulit dan gusi dekat lokasi pemasangan implan.
  • Nyeri pada lokasi implan.

Seperti juga proses bedah lainnya, pemasangan implan gigi pun memiliki risiko dan potensi komplikasi. Beberapa risiko yang mungkin saja terjadi antara lain:

  • Menimbulkan masalah sinus yang disebabkan oleh implan gigi pada rahang bagian atas yang kemudian menonjol hingga mengganggu rongga sinus.
  • Kerusakan saraf.
  • Kerusakan yang mengakibatkan rasa sakit, sensasi kesemutan pada gigi, gusi, bibir, dagu.
  • Cedera atau rusak pada struktur di sekitar implan, seperti pembuluh darah atau gigi lain di sekitar implan.
  • Terdapat risiko terjadinya infeksi pada lokasi implan gigi. 

Keuntungan implan gigi dibanding pasang gigi palsu

Implan gigi terlihat dan terasa seperti gigi alami karena tanam gigi ini dirancang untuk menyatu dengan tulang, sehingga menjadi permanen. Selain itu, ada beberapa keuntungan implan gigi yang bisa kamu rasakan, di antaranya:

  •  Pemasangan implan gigi atau tanam gigi akan memudahkan saat berbicara tanpa khawatir gigi akan terlepas. Berbeda dengan gigi palsu yang bisa saja suatu waktu terlepas jika tidak pas. 
  • Gigi palsu yang bergeser bisa menyebabkan kesulitan dalam mengunyah makanan. Sementara implan gigi berfungsi seperti gigi alami Anda sendiri, yang memudahkan untuk makan dengan percaya diri dan tanpa rasa sakit.
  • Implan gigi atau tanam gigi tidak perlu mengurangi gigi lainnya, karena gigi di dekatnya tidak diubah untuk mendukung implan. Hal ini mempermudah peningkatan kebersihan mulut.
  • Memasang dan merawat implan gigi tidak serumit gigi palsu, karena tidak harus melepas-pakai dan menggunakan perekat seperti pada gigi palsu.
  • Jika pasang gigi palsu harus dicopot dalam beberapa waktu, implan gigi sangat tahan lama dan akan bertahan bertahun-tahun. Bahkan, jika perawatannya baik, dan biasanya implan bertahan seumur hidup.
  • Kalau kamu memasang implan, maka akan meningkatkan rasa percaya diri karena tak perlu khawatir gigi akan copot suatu waktu.  

Apakah biaya implan gigi ditanggung BPJS?

Menurut ketentuan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 Ayat 1, perawatan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan sebagai berikut.

  • Administrasi pelayanan, meliputi biaya pendaftaran pasien dan juga biaya administrasi lainnya yang terjadi selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien.
  • Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis yang berhubungan dengan kesehatan gigi.
  • Premedikasi, pemberian obat-obatan yang dilakukan sebelum tindakan anestesi atau pembiusan sebelum operasi.
  • Kegawatdaruratan oro-dental.
  • Pencabutan gigi sulung dengan anestesi topikal atau infiltrasi.
  • Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit.
  • Obat-obatan pasca pencabutan gigi (ekstraksi).
  • Penambalan dengan bahan komposit atau GIC.
  • Pembersihan karang gigi atau scaling gigi setahun sekali.

Selain itu, BPJS kesehatan juga memiliki layanan tambahan berupa tanggungan untuk seseorang yang akan melakukan pembuatan gigi palsu. Namun, tidak semua pembuatan gigi palsu ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Hanya pada kondisi tertentu saja BPJS dapat menanggung pembuatan gigi palsu. Terdapat batasan karena dana yang digunakan berbentuk subsidi.

Jadi apakah biaya implan gigi turut ditanggung BPJS Kesehatan? Ya, adapun pertanggungan atas biaya implan gigi akan diberikan oleh BPJS Kesehatan dalam wujud dana subsidi dengan jumlah yang disesuaikan berdasarkan ketentuan yang telah diatur. Besarnya subsidi yang diberikan tergantung pada jumlah gigi palsu yang dipasang.

Untuk pemasangan gigi palsu, BPJS Kesehatan hanya akan menanggung tarifnya sebesar maksimal Rp1 juta dengan ketentuan tarif untuk masing-masing rahang maksimal Rp500 ribu.

Cari tahu informasi selengkapnya tentang manfaat BPJS Kesehatan di Lifepal.

Asuransi gigi, solusi mahalnya biaya implan gigi

Mengingat tingginya biaya implan gigi dan tanggungan BPJS Kesehatan yang sangat minim, maka kamu bisa memanfaatkan asuransi gigi sebagai solusi finansialmu. 

Asuransi gigi adalah produk perlindungan finansial yang akan menjamin kamu dari tagihan perawatan gigi yang mahal. Umumnya, perlindungan dari asuransi gigi bisa didapatkan dalam bentuk asuransi tambahan (rider). 

Dengan memiliki asuransi gigi, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami masalah pada organ tubuh ini. Pasalnya asuransi gigi biasanya menanggung berbagai pengeluaran, meliputi:

  • Biaya tambal gigi.
  • Pembersihan karang gigi.
  • Cabut gigi.
  • Perawatan gigi yang kompleks akibat kecelakaan dan penyebab lainnya, termasuk implan gigi. 

Jenis-jenis asuransi gigi

Supaya tidak salah memilih jenis perawatan yang tepat dengan kondisimu sehingga tidak terjebak dengan tagihan yang terlalu mahal, berikut jenis-jenis perawatan gigi yang biasanya ditawarkan di rumah sakit atau klinik gigi.

1. Perawatan dasar (Basic Care)

Jenis perawatan gigi ini merupakan hal yang paling umum dilakukan oleh masyarakat biasanya. Perawatan tersebut dilakukan tidak hanya pada saat mengalami kerusakan pada gigi sehingga kamu bisa melakukan kunjungan rutin kapan saja.

Perawatan basic care ini bisa berupa penambalan gigi, pembersihan karang gigi, perbaikan akar gigi, atau pencabutan gigi.

2. Perawatan kompleks (Major Care)

Perawatan ini dikhususkan bagi yang sudah memiliki masalah pada gigi dan membutuhkan perlindungan khusus secara finansial karena membutuhkan biaya yang sangat banyak. Jenis perawatan ini terdiri dari pembedahan gigi dan implantasi gigi.

Perawatan ini juga bisa dilakukan untuk kamu yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan perawatan terhadap gigi karena membutuhkan penanganan khusus.

3. Pemasangan gigi palsu

Penggunaan gigi palsu tidak boleh sembarangan karena harus melakukan persetujuan dari dokter gigi. Dalam hal ini, pastikan kamu sudah memiliki resep atau surat pengantar dari dokter untuk melakukan klaim asuransi untuk pemasangan gigi palsu.

Kalau kamu ingin memiliki asuransi tetapi bingung dengan pilihan dan jenis asuransinya, kamu bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis dari Lifepal, lho. Kamu bisa menanyakan asuransi gigi terbaik yang bisa menanggung biaya implan gigi. 

Itulah informasi mengenai biaya implan gigi. Semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin melakukan implan gigi. Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang anggaran? Lihat pertanyaan populer seputar anggaran di Tanya Lifepal.

Pertanyaan seputar biaya implan gigi

Harga implan gigi berbeda-beda, yaitu tergantung kepada letak gigi, banyaknya implan yang dibutuhkan, perlu atau tidaknya cangkok tulang, jenis mahkota gigi yang dipakai, dan rumah sakit atau klinik tempat kamu melakukan operasi.

Di rumah sakit di Indonesia, implan gigi dipatok mulai dari Rp4 juta hingga puluhan juta.

Kamu mungkin akan merasakan ketidaknyamanan di daerah mulut usai melakukan implan gigi. Selain itu, pada beberapa orang, ada beberapa efek samping yang akan kamu alami usai operasi, seperti:

  • Perdarahan ringan.
  • Pembengkakan pada gusi dan pipi.
  • Lebam dan memar pada daerah kulit dan gusi dekat lokasi pemasangan implan.
  • Nyeri pada lokasi implan.
Pemasangan gigi palsu diberikan oleh BPJS Kesehatan dalam wujud dana subsidi dengan jumlah yang disesuaikan berdasarkan ketentuan yang telah diatur.Besarnya subsidi yang diberikan tergantung pada jumlah gigi palsu yang dipasang.
Jika pasang gigi palsu harus dicopot dalam beberapa waktu, implan gigi sangat tahan lama dan akan bertahan bertahun-tahun. Bahkan, jika perawatannya baik, dan biasanya implan bertahan seumur hidup.
Untuk gigi palsu yang dibuat segera, dapat langsung dipasang setelah pencabutan gigi, namun karena tulang dan gusi akan mengecil selama proses penyembuhan pasca pencabutan gigi, gigi palsu lengkap jenis ini perlu disesuaikan kembali ukurannya agar nyaman dipakai.
Gigi tanam adalah implan gigi yang berupa pemasangan akar gigi buatan berbentuk seperti baut yang ditanam pada rahang pasien untuk mengganti akar gigi yang hilang.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →