Daftar Biaya Medical Check Up, Apakah Ditanggung BPJS?

Biaya medical check up

Biaya medical check up yang relatif mahal bagi sebagian orang memang menjadi permasalahan guna mendeteksi dini berbagai penyakit yang membayangi masyarakat seperti diabetes, stroke, kanker hingga serangan jantung.

Gak aneh kenapa istilah medis satu ini baru familiar di kuping masyarakat ketika seseorang lulus dari bangku sekolah atau perguruan tinggi karena menjadi salah satu prosedur dalam proses rekrutmen sebuah perusahaan.

Padahal, medical check up sangat penting dilakukan setiap beberapa tahun sekali untuk memantau kondisi tubuh secara berkala.

Jadi, meski pun sudah menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga tetap perlu melakukan tindakan medis satu ini.

Mulai tertarik untuk melakukannya? Yuk langsung saja kita simak ulasan lengkap penjelasannya, dan daftar biaya medical check up terbarunya berikut ini:

Apa sih medical check up?

Medical check up adalah serangkaian tes yang dilakukan untuk mengecek kondisi tubuh seseorang yang penting untuk dipantau.

Dengan dilakukannya metode tersebut, nantinya hasil pemeriksaan bisa menunjukkan apakan kondisi kesehatan seseorang itu baik atau terdapat penyakit.

Bila didiagnosis memiliki penyakit tertentu maka medical check up juga bisa menentukan langkah penanganan yang tepat ke depannya.

Umumnya beberapa tes yang akan dijalani seseorang adalah tes darah, tes urin, tes umum, pemeriksaan gigi, mata, kuping, tenggorokan, paru-paru, tinggi badan dan berat badan.

Namun, gak menutup kemungkinan ada pemeriksaan lainnya yang lebih lengkap tergantung paket pemeriksaan yang kamu pilih.

Melihat banyakanya tes yang dijalani, jadi bisa dimaklumi kalau biaya medical check up memang cenderung mahal.

Keadaan yang memerlukan medical check up

  • Persiapan sebelum menikah, medical check up diperlukan untuk mengetahui kesehatan pasangan masing-masing.Beberapa wilayah bahkan mewajibkan medical check up ini sebagai syarat wajib sebelum mendaftar di KUA. Medical check up bagi calon pengantin ini biasa disebut

    pre-marital check up.Fungsinya untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan terkait kebutuhan reproduksi keduanya. Di beberapa wilayah misalnya di Jakarta tes ini gratis hanya dengan menunjukan KTP Jakarta. Namun, ada pula yang mengeluarkan biaya yang tidak begitu mahal.

 

  • Persiapan sebelum masuk kerja atau sekolah. Melampirkan hasil tes kesehatan bagi para pelamar kerja biasanya dibutuhkan untuk mengetahui penyakit dan kelemahan fisik calon pekerja.Hal ini agar ketika ditempatkan di lokasi kerja, fisik kamu dirasa kuat dan terhindar dari kecelakaan kerja. Sementara untuk anak sekolah, dokumen cek kesehatan diperlukan selain untuk daftar sekolah atau mengikuti ujian.

 

  • Persiapan sebelum bepergian ke luar negeri atau dinas jauh, medical check up ini juga biasanya diperlukan.Hal ini karena tubuh kita akan beradaptasi dengan cuaca, suhu dan makanan yang berbeda sehingga ketangguhan fisik sungguh harus dicek kekuatannya.

Persiapan sebelum berangkat haji atau umroh juga diperlukan medical check up. Biasanya disertai dengan suntik vaksin agar imun lebih kuat sehingga ibadah bisa lebih khusyuk dan pulang dalam keadaan selamat.

Prosedur atau langkah tes medical check up

Untuk bisa melakukan tes medis ini kamu gak bisa seenaknya dateng ke klinik atau rumah sakit tertentu guna mengetahui kondisi kesehatan.

Ada beberapa prosedur yang harus kamu persiapkan serta lakukan sebelum dimulai. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Mendaftar ke klinik laboratorium atau rumah sakit
  2. Jadwalkan waktu yang ditentukan
  3. Melakukukan puasa makan selama 8 sampai 12 jam sebelum medical check up dilakukan
  4. Banyak minum air putih
  5. Istirahat cukup
  6. Buang air kecil sebelum tes
  7. Menunggu hasil selama 1 hingga 5 hari setelah medical check up.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar hasil pemeriksaan bisa keluar dengan baik.

Selanjutnya, yuk kita simak berapa kisaran biaya medical check up di beberapa klinik serta rumah sakit Tanah Air

Biaya medical check up di Indonesia

Pasti sebagian besar dari kamu sudah penasaran dengan uang yang perlu disiapkan guna melakukan medical check up? Berikut ini adalah daftar harganya.

DKI Jakarta

Nama rumah sakit Kisaran biaya
RS St. Carolus, Jakarta Pusat Rp 675.000 – Rp 2.111.000
RS Husada, Jakarta Pusat Rp 550.000 – Rp 7.800.000
RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat Rp 255.000 – Rp 8.290.000
RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan Rp 255.000 – Rp 5.191.520
RSUP Persahabatan, Jakarta Timur Rp 757.000 – Rp 2.019.000
RS Mulyasari, Jakarta Utara Rp 450.000 – Rp 1.600.000

Bodetabek

Nama rumah sakit Kisaran biaya
RS Universitas Indonesia, Depok Rp 500.000 – Rp 3.000.000
RS EMC Sentul, Bogor Rp 350.000 – Rp 3.200.000
RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan Rp 450.000 – Rp 8.100.000
RS Mitra Keluarga, Bekasi Rp 1.220.000 – Rp 3.255.000

Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur

Nama rumah sakit Kisaran biaya
RS Awal Bros Tangerang, Banten Rp 545.000 – Rp 3.996.000
RS Immanuel Bandung, Jawa Barat Rp 1.997.000 – Rp 4.400.000
RS Telogorejo Semarang, Jawa Tengah Rp 590.000 – Rp 8.972.000
RS Premier Surabaya, Jawa Timur Rp 800.000 – Rp 7.500.000

Klinik

Nama klinik laboratorium Kisaran biaya
Klinik CITO Rp 199.000 – Rp 6.455.000
Klinik Prodia Mulai dari Rp  500 ribuan

Itulah daftar biaya medical check up di beberapa wilayah di pulau Jawa. Harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dan paket yang digunakan oleh konsumen.

Apakah BPJS atau Asuransi Kesehatan bisa meng-cover biaya medical check up?

Untuk kamu yang memegang kartu BPJS Ketenagakerjaan ataupun BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan pasti bertanya-tanya, apakah bisa menggunakannya untuk meng-cover biaya medical check up?

Sayangnya, untuk BPJS Ketenagakerjaan maupun Kesehatan gak meng-cover biaya tes medis kesehatan yang satu ini.

Begitu pun dengan asuransi kesehatan. Umumnya para pemegang polis harus mengeluarkan kocek sendiri apabila kondisi kesehatannya dinyatakan sehat.

Namun, apabila didiagnosis mengalami penyakit tertentu, ada beberapa perusahaan asuransi yang meng-cover biaya tes medical check up tersebut beserta penanganan medis lainnya.

Tips melakukan medical check up

Supaya hasil medical check up bisa optimal, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Terutama buat kamu yang akan mengikuti proses rekrutmen di sebuah perusahaan agar bisa keterima:

1. Makan makanan bergizi

Hal utama yang paling penting agar hasil tes berbuah manis adalah makan makanan bergizi. Dengan begitu, kondisi tubuh kamu seperti kadar kolesterol, gula darah dan urin bisa normal.

2. Rajin olahraga

Selain makan makanan bergizi, kamu juga harus rajin olahraga untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Olahraga juga bermanfaat untuk menyeimbangkan berat badan yang kurang ideal.

3. Minum susu murni

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu perlu melakukan puasa makan sekitar 10 jam sebelum melakukan tes.

Di waktu yang bersamaan juga ada baiknya minum susu murni Bear Brand agar racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar saat Buang Air Kecil (BAK) pagi harinya. Kalau gak ada susu murni, air putih juga bisa sebagai penggantinya.

Apa yang harus dilakukan usai medical check up dan kapan harus balik lagi?

Banyak kemungkinan yang terjadi ketika melakukan medical check up. Jika hasilnya tidak bagus, kamu harus menjalani hidup yang lebih sehat dari sebelumnya.

Konsumsilah banyak makanan bergizi ataupun minum beberapa suplemen untuk mengatasi beberapa masalah dalam tubuh.

Namun, jika evaluasi kesehatan hasilnya baik, kamu harus tetap menjalankan pola hidup sehat, mulai dari makan makanan sehat, makan sayur buah, hingga kurangi makanan yang mengandung kolesterol jahat. Terus sebaiknya rutin berolahraga dan berhenti merokok.

Jika sudah melakukannya sekali, kamu sebaiknya rutin melakukan medical check up. Untuk kamu yang berusia 18 – 40 tahun, lakukan medical check up lima tahun sekali. Sementara untuk usia 40 tahun ke atas, lakukan sebanyak 1 – 3 tahun sekali.

Nah, itulah sedikit ulasan lengkap tentang biaya medical check up sampai tips menjalankannya. Semoga informasi di atas bisa membantumu dalam mencari referensi tempat medical check up yang tepat ya!

Selain mengecek kondisi kesehatan diri sendiri, sebaiknya memiliki proteksi diri dan keluarga berupa asuransi kesehatan.

Selain memberikan perlindungan kesehatan, keluarga dan aset, memiliki asuransi juga meningkatkan kedisiplinan finansial pada saat usia produktif.

Nah, itulah sedikit ulasan lengkap tentang biaya medical check up sampai tips menjalankannya. Semoga informasi di atas bisa membantumu dalam mencari referensi tempat medical check up yang tepat ya!

Selain mengecek kondisi kesehatan diri sendiri, sebaiknya memiliki proteksi diri dan keluarga berupa asuransi kesehatan.

Selain memberikan perlindungan kesehatan, keluarga dan aset, memiliki asuransi juga meningkatkan kedisiplinan finansial pada saat usia produktif. (Editor: Chaerunnisa)