Biaya Operasi Bibir Sumbing Beserta Tujuan dan Prosedurnya

biaya operasi bibir sumbing

Bibir sumbing adalah salah satu cacat lahir bawaan pada bayi dan bisa segera diatasi dengan  cara operasi. Tentunya, kamu perlu tahu berapa biaya operasi bibir sumbing.

Bayi dan anak dengan bibir sumbing umumnya punya gejala yang sama, yakni adanya celah pada bibir dan langit-langit mulut bagian atas.

Diduga penyebab bibir sumbing adalah faktor genetik atau keturunan, baik dibawa oleh ibu maupun ayah. Bibir dan langit-langit mulut sumbing juga bisa disebabkan oleh faktor gaya hidup orangtua. 

Bayi yang lahir dengan kondisi adanya celah pada bibir sebaiknya harus segera menjalani operasi bibir sumbing.

Sebelum mengetahui tentang biayanya, simak juga penjelasan mengenai bibir sumbing dalam ulasan berikut! 

Tujuan operasi bibir sumbing 

Operasi bibir sumbing adalah pengobatan paling utama jika bayi baru lahir mengalami bibir sumbing. Sebab, hanya dengan cara ini bayi bisa disatukan kembali celah bibirnya.

Operasi ini juga bertujuan untuk memperbaiki celah pada bibir dan langit-langit yang terbentuk. Dengan operasi, maka fungsi otot pada bagian wajah bisa bekerja dengan seharusnya dan penampilan wajah juga menjadi normal.

Bukan hanya untuk tujuan estetika, operasi bibir sumbing juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan makan, berbicara, dan mendengar secara normal. 

Oleh karena itu, diharapkan nantinya perkembangan bahasa bayi bisa berjalan dengan seharusnya serta makan dengan mudah. Operasi celah bibir pada bayi baru lahir dan anak juga bisa membantu mencegah gangguan pertumbuhan gigi.

Kamu juga perlu tahu bahwa anak dengan langit-langit sumbing berisiko mengalami penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Jika dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan infeksi telinga dan bahkan gangguan pendengaran bayi. 

Oleh karena itu, penting juga bagi mereka untuk memeriksakan telinganya sekali atau dua kali dalam setahun.

Biaya operasi bibir sumbing

Biaya operasi bibir sumbing sebenarnya akan berbeda-beda di setiap rumah sakit. Sebab biaya akan mencakup banyak hal, seperti biaya tindakan, konsultasi, obat-obatan, dan rawat inap

Menurut berbagai sumber, di beberapa rumah sakit swasta yang ada di Indonesia, biaya operasi bibir sumbing bisa dimulai dari Rp9.500.000 hingga lebih dari Rp35.000.000. 

Namun, sangat dianjurkan untuk mempersiapkan dana lebih guna kebutuhan tambahan yang tidak terduga, yakni sekitar 20 hingga 30 persen dari biaya yang diperkirakan. 

Sebab, biaya ini juga pastinya akan dibutuhkan untuk transportasi dan akomodasi selama mengantar dan menemani anak selama berada di rumah sakit.

Prosedur operasi bibir sumbing

Setelah mengetahui biaya operasi bibir sumbing, maka kini saatnya kamu memahami prosedurnya. Biasanya, tindakan operasi bibir sumbing akan dilakukan oleh tim dokter yang terdiri dari beberapa spesialisasi. 

Misalnya seperti dokter gigi spesialis bedah mulut, dokter gigi spesialis anak, dokter spesialis bedah plastik, hingga dokter spesialis anestesi. Namun, tidak semua operasi dilakukan oleh tim dokter yang sama karena ini semuanya tergantung kondisi anak.

Jika usia anak sudah cukup dan kondisi kesehatannya cukup baik, maka dokter dapat memulai operasi bibir sumbing. Selama operasi, anak akan mendapatkan anastesi atau bius umum agar tidak merasakan sakit atau tidak berada dalam keadaan sadar selama prosedur berlangsung.

Secara umum, prosedur yang dilakukan pada operasi bibir sumbing adalah

Perbaikan celah bibir

Untuk menutup celah pada bibir yang sumbing ini, dokter akan membuat sayatan di kedua jaringan bibir yang terpisah. Kemudian potongan jaringan tersebut akan dijahit menjadi satu bersama otot bibir. Teknik ini akan membuat wajah anak kembali terlihat normal dan sekaligus mengembalikan struktur dan fungsi bibir dengan baik.

Perbaikan celah di langit-langit mulut

Operasi bibir sumbing juga akan dilakukan jika celah terbentuk di langit-langit mulut. Prosedur yang digunakan untuk menutup celah dan memperbaiki bentuk langit-langit mulut ini bisa bervariasi, tergantung dari kondisi anak.

Namun secara umum, sama seperti langkah untuk menutup celah di bibir, dokter akan melakukan pengirisan jaringan pada kedua sisi celah langit-langit mulut dan kemudian kedua jaringan tersebut akan dikaitkan atau dijahit menjadi satu. 

Operasi pendukung lainnya

Selain operasi bibir sumbing, operasi pendukung seperti peletakan tabung telinga (ear tubes) juga akan diperlukan untuk anak dengan celah di langit-langit mulut. 

Ear tubes ini memiliki fungsi untuk mencegah penumpukan cairan di telinga, yang jika dibiarkan bisa menyebabkan infeksi telinga berulang. Jika tidak ditangani, pada akhirnya ia akan mengakibatkan kehilangan fungsi pendengaran.

Operasi tambahan juga dilakukan untuk merekonstruksi penampilan dan memperbaiki bentuk mulut, bibir, dan hidung juga mungkin dilakukan pada anak dengan bibir sumbing, untuk memberikan tampilan yang lebih baik.

Setelah operasi selesai, maka dokter akan memberikan instruksi untuk menjaga luka operasi tetap bersih dan terhindar dari infeksi. Selain itu, luka operasi juga tidak boleh teregang atau tertekan selama masa pemulihan. 

Masa pemulihan bisa berjalan selama sekitar 3 hingga 4 minggu. Kamu harus menjaga agar tangan anak tidak menyentuh dan mengganggu jahitan operasi, dan dengan begini, pemulihan bisa dapat berlangsung dengan maksimal.

Risiko operasi bibir sumbing

Sama halnya dengan pembedahan lainnya, operasi bibir sumbing juga pastinya memiliki efek samping. Beberapa efek samping tersebut bisa berupa perdarahan, infeksi, dan bekas luka. 

Bahkan, bayi atau anak juga bisa mengalami gangguan sementara atau permanen pada saraf, pembuluh darah, atau struktur tubuh lainnya.

Jadi, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dulu ke dokter untuk mendapatkan saran jenis operasi celah pada bibir jenis apa yang tepat untuk bayi atau anak. 

Selain operasi, anak juga akan diberikan perawatan lanjutan, seperti misalnya terapi bicara, serta perawatan telinga.  

Tujuannya adalah supaya anak bisa kembali berbicara dengan lancar dan mampu beradaptasi dengan baik setelah menjalani operasi.

Selain mengetahui biaya operasi bibir sumbing, penting juga untuk memiliki asuransi kesehatan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, biaya operasi bibir sumbing memakan biaya yang tidak sedikit. Karenanya, penting untuk memiliki asuransi kesehatan.

Dengan adanya asuransi kesehatan, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan mahalnya biaya pengobatan di rumah sakit, termasuk biaya operasi bibir sumbing.

Pasalnya, asuransi kesehatan bisa memberikanmu pertanggungan biaya medis hingga mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Mengingat mahalnya biaya pengobatan, sebaiknya kamu persiapkan dana darurat untuk jaga-jaga. Kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan kalkulator berikut:

Pertanyaan seputar biaya operasi bibir sumbing