Biaya Operasi Lambung Bocor, Prosedur, hingga Efek Sampingnya

biaya operasi lambung bocor

Biaya operasi lambung bocor tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan karena akan membebani pasien dengan harga yang relatif mahal dalam satu tindakan pembedahannya.

Seringkali, biaya tersebut masih belum termasuk dengan rangkaian pemeriksaan dokter sebelumnya, diagnosis dan obat-obatan yang harus ditanggung.

Karena itulah penting untuk melakukan riset perbandingan harga terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

Tujuannya agar dapat menyiapkan anggaran yang telah disesuaikan serta lengkap dengan berbagai informasi fasilitas yang akan diterima. Sebab, setiap rumah sakit mematok bedah lambung yang berbeda-beda.

Jika kamu sedang mencari informasi mengenai apa itu lambung bocor dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk menangani operasi tersebut, yuk simak penjelasannya pada artikel ini!

Pengertian lambung bocor dan penyembuhannya

Lambung bocor adalah sebuah penyakit kronis lambung yang terjadi karena adanya lubang pada lambung yang menyebabkan infeksi berkelanjutan.

Terlebih, lambung sobek ini seringkali diperparah dengan adanya tukak, infeksi hingga maag yang jarang diobati.

Lambung bocor ini tentu membutuhkan penanganan medis yang cepat karena dapat mengancam nyawa penderitanya.

Ada beberapa cara untuk menyembuhkan lambung bocor ini mulai dari:

  • Perbaikan kondisi secara umum dengan menggunakan selang oksigen dan alat monitor tekanan darah, pernafasan serta kadar oksigen di dalam tubuh.
  • Lalu terdapat pemberian obat untuk meredakan rasa sakit yang diderita sekaligus obat untuk mengurangi asam lambung serta antibiotik untuk mengurangi infeksi.
  • Jika sudah dalam kondisi yang darurat, maka tindakan terakhir yang harus dilakukan yaitu adalah operasi bedah lambung untuk dapat mengatasi penyebab munculnya penyakit tersebut langsung pada sumber utamanya.

    Sebab, apabila tidak ditangani dengan baik maka isi lambung akan keluar melewati rongga perut hingga menyebabkan terjadinya peritonitis yang berakibat sangat fatal bagi keseluruhan tubuh.

    Karena itulah, mengetahui gejala lambung bocor atau lambung sobek menjadi hal penting yang harus diperhatikan agar dapat dengan segera ditangani sehingga kemungkinan sembuh masih lebih tinggi.

    Apa gejala lambung bocor?

    Gejala lambung bocor kerapkali serupa dengan usus bocor sehingga keduanya hampir memiliki perlakukan dan pengobatan yang sama. 

    Walaupun tidak ada gejala pasti ketika terjadi lambung bocor namun ada beberapa hal yang wajib kamu waspadai, diantaranya adalah:

  • Diare kronis, sembelit dan kembung yang mengakibatkan sakit perut parah.
  • Kelelahan kronis yang disertai dengan detak jantung yang meningkat.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah atau buruk.
  • Radang sendi atau nyeri sendi.
  • Tukak lambung
  • Maag Kronis
  • Sering sesak nafas atau infeksi saluran pernapasan.
  • Biaya operasi lambung bocor

    Jika memang sudah dalam keadaan yang darurat, maka tindakan bedah lambung untuk mengatasi kebocoran menjadi hal yang harus disiapkan. 

    Namun perlu diingat jika biaya operasi lambung bocor tidaklah murah yaitu sekitar Rp 20,1-40 Juta tergantung dari rumah sakit dan fasilitas yang diberikannya. 

    Biaya ini hanya biaya operasinya saja dan tidak termasuk dengan biaya diluar tindakan tersebut mulai dari pemeriksaan dokter hingga endoskopi. Dimana biaya endoskopi lambung ini berkisar antara Rp. 2,1-5,4 Juta .

    Walaupun biaya operasi lambung bocor memang cukup mahal, namun kabar baiknya berbagai asuransi baik swasta maupun BPJS memiliki menjadikan penyakit ini sebagai salah satu plafon yang akan ditanggung biaya pengobatannya.

    Bahkan untuk BPJS Kesehatan, seluruh biaya operasi lambung bocor dapat ditanggung sepenuhnya jika terdapat rekomendasi langsung dari dokter yang bertugas.

    Prosedur operasi lambung bocor

    Ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan saat kamu hendak melakukan operasi lambung bocor di rumah sakit. Beberapa prosedur yang harus dilalui tersebut antara lain adalah:

    1. Melakukan serangkaian pemeriksaan medis

    Sebelum melakukan bedah lambung, tentu pasien harus melalui serangkaian pemeriksaan medis untuk memastikan keadaan yang sesungguhnya. Mulai dari elektrokardiogram (EKG), tes fungsi paru, rontgen dada hingga tes darah.

    2. Konsultasi dengan dokter 

    Setelah didapatkan hasil tes, maka dokter akan menyimpulkan sebuah tindakan yang harus segera dilakukan. 

    Jika itu adalah operasi lambung bocor, maka pasien akan mendiskusikan dengan dokter terkait jenis bius apa yang hendak diaplikasikan dan bagaimana inti dari prosedur bedah tersebut.

    3. Berpuasa sebelum operasi

    Prosedur bedah lambung akan dilakukan pada organ pencernaan sehingga umumnya para pasien dianjurkan untuk berpuasa terlebih dahulu sebelum operasi dilangsungkan. Tujuannya agar mempermudah proses operasi menjadi lebih lancar.

    4. Operasi dilakukan

    Pada tahap konsultasi sebelumnya, dokter akan memberikan gambaran keadaan lambung pasien dan operasi jenis apa yang harus dilakukan. Operasi lambung bocor ini sebenarnya terbagi ke dalam dua jenis yaitu:

  • Laparotomi: Pembedahan yang dilakukan secara terbuka dengan langsung melakukan sayatan pada bagian atas perut agar dengan mudah mendapatkan akses ke lambung.
  • Laparoskopi (Bedah minimal invasif): Bedah lambung bocor yang satu ini dilakukan dengan memasukkan laparoskop ke dalam bagian perut pasien sehingga terdapat menampilkan kondisi langsung dari saluran pencernaannya.
  • Perawatan pasca operasi lambung bocor

    Setelah sukses melakukan operasi, tentu perawatan pasca operasi menjadi hal penting untuk menjaga agar lambung tetap dalam kondisi yang sehat dalam waktu yang lama.

    Terlebih seusai operasi antara 7-10 hari, memperhatikan pola makan adalah hal yang dapat kamu lakukan. Pastikan juga untuk makan di jadwal yang tetap karena lupa makan dan minum akan memicu munculnya asam lambung.

    Tidak hanya itu juga, penting untuk menghindari makanan bersoda, tinggi lemak, tinggi tingkat keasaman, serta minuman yang berkafein agar terhindar dari munculnya asam lambung di badan.

    Kemudian, setelah memasuki pekan ke-8 hingga ke 12 pasca operasi, maka tetap jaga untuk tidak memberi tekanan pada bagian perut seperti melakukan olahraga sit up dan juga mengangkat beban yang lebih dari 2,5 kilogram.

    Selain itu, pastikan juga untuk istirahat yang cukup dan rutin merawat luka pasca operasi tentu akan memudahkan proses penyembuhannya.

    Efek samping operasi lambung bocor

    Nyatanya, setelah operasi lambung bocor ini akan menimbulkan efek samping yang kadang berbeda-beda setiap orangnya. Bahkan jika tidak dirawat dengan benar malah akan menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lainnya, mulai dari:

  • Pusing, mual dan muntah akibat reaksi dari obat bius pasca operasi
  • Pendarahan di sekitar bagian tubuh yang dioperasi
  • Rasa nyeri pasca operasi yang sangat wajar terjadi
  • Adanya kemungkinan infeksi di sekitar area perut jika tidak dirawat dengan baik
  • Tips dari Lifepal! Biaya operasi lambung bocor umumnya dipatok dengan harga yang cukup mahal sehingga penting untuk mencari tahu informasinya terlebih dahulu antara satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya terhadap fasilitas yang diterima.

    Kisaran biaya operasi lambung bocor ini juga cukup beragam yaitu Mulai dari Rp. 20 Juta hingga yang paling mahal Rp. 50 Juta. Harga ini masih diluar biaya lainnya seperti endoskopi yang dipatok sekitar Rp. 2,1-5,4 Juta tergantung dari rumah sakitnya.

    Jagalah selalu kesehatan tubuh, sebab biaya pengobatan kamu tidaklah murah. Oleh karena itu, mari mulai melakukan gaya hidup sehat. Selain itu, kamu pun tetap harus menjaminnya dengan memiliki asuransi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat!

    Pentingnya memiliki asuransi kesehatan

    Biaya operasi lambung bocor yang begitu besar tentu akan menanggu rencana finansial kamu terlebih jika itu adalah untuk tujuan jangka panjang. 

    Akan tetapi jangan khawatir, dengan memiliki asuransi kesehatan maka biaya penanganan medis dan konsultasi dokter untuk operasi lambung bocor dapat ditanggung sesuai dengan polis yang berlaku.

    Hal ini tentu akan menimbulkan rasa yang lebih tenang, aman dan damai karena kamu tidak perlu takut untuk dibebankan biaya medis yang besar selama memiliki asuransi kesehatan.

    Pertanyaan seputar biaya operasi lambung bocor

    Umumnya, proses penyembuhan operasi lambung bocor akan membutuhkan waktu sekitar 8 minggu walaupun nyeri perutnya akan hilang dalam waktu beberapa hari saja.

    Walaupun begitu, pastikan untuk meminum obat telah yang diresepkan hingga habis agar infeksi yang terjadi dapat sepenuhnya mereda. Yuk, cek info selengkapnya di artikel ini.

    Komplikasi lambung bocor dapat mengancam nyawa hingga menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan baik. Sebab, lambung bocor ini akan menambah komplikasi penyakit mulai dari sepsis hingga infeksi bakteri yang dapat mengganggu kerja dari organ pencernaan.
    Artikel Terkait Lainnya
    Artikel terkait tidak ditemukan