Pengin Hilangkan Benjolan di Tubuh? Segini Biaya Operasi Lipoma

biaya operasi lipoma

Mau menghilangkan benjolan akibat lipoma? Cek dulu besaran biaya operasi lipoma dan opsi tindakan medis lainnya. Pasalnya, ada beberapa metode lain untuk menghilangkan lipoma selain operasi, lho

Sebelum membahas biaya operasi lipoma, cari tahu dulu yuk apa sih lipoma itu? Menurut laman Alodokter, lipoma adalah benjolan akibat adanya lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Lipoma ini sering dialami oleh orang tua yang berusia paruh baya, antara 40-60 tahun. 

Lipoma tidak terasa sakit saat dipegang atau ditekan-tekan dan cenderung lunak. Disebut juga tumor jinak jaringan lemak yang dapat tumbuh di bagian tubuh manapun. Secara umum, lipoma tidak perlu dikhawatirkan karena tidak berbahaya bagi tubuh. 

Namun, lipoma mungkin perlu ditangani saat bertambah besar atau menimbulkan rasa sakit. Ada sejumlah tindakan medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lipoma. 

Tindakan medis untuk hilangkan lipoma

Lipoma sebenarnya tidak memerlukan penanganan medis yang khusus karena dianggap tidak berbahaya. Namun, jangan menyepelekannya begitu saja, karena bisa jadi itu bukan lipoma. 

Yup, ada kemungkinan benjolan di area tubuh itu tumor ganas atau kista yang berbahaya bila dibiarkan berlarut-larut. Karena itu, bila ada benjolan baik keras maupun lunak disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Untuk memastikannya, dokter biasanya melakukan metode pengecekan seperti USG, CT Scan, MRI atau biopsi. Bila terbukti kanker berbahaya, dokter tentu akan menyarankan tindakan medis lebih lanjut. 

Bila terbukti lipoma dan pasien ingin mengangkatnya, berikut beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan: 

Operasi pengangkatan lipoma

Operasi lipoma biasanya dipilih saat benjolan sudah cukup besar. Keunggulan dari metode ini yaitu kecilnya kemungkinan benjolan tumbuh kembali. Cara yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil pada area benjolan. Dokter akan mengangkat tumor jinak tersebut dan menutupnya kembali dengan jahitan. 

Sebelumnya, dokter akan melakukan pembiusan lokal terlebih dahulu pada area sekitar benjolan agar saraf-saraf di sekitarnya menjadi baal. Namun, bila benjolan dianggap terlalu besar, dokter akan melakukan pembiusan regional. 

Seperti dilansir dari SehatQ, operasi pengangkatan lipoma masuk dalam kategori operasi sederhana sehingga tidak perlu penanganan khusus setelahnya. Dokter hanya meminta pasien untuk istirahat bila pasien memilih bius regional atau bius total sampai efeknya hilang. 

Bila hanya memakai bius lokal, pasien biasanya diperbolehkan langsung pulang. Untuk jahitannya bisa lepas sendiri atau menyatu dengan daging kok. Hanya perlu menunggu beberapa minggu saja. 

Liposuction atau sedot lemak

Metode ini biasanya dipakai untuk menghilangkan lemak yang tidak diinginkan, termasuk dalam hal ini adalah lipoma. Namun, metode sedot lemak hanya disarankan bila lipoma yang terdapat pada area tubuh pasien masih tergolong kecil. 

Liposuction atau sedot lemak masuk dalam kategori tindakan medis untuk kecantikan. Prosedurnya adalah dengan menyuntikkan jarum lalu menyedot lemak yang ada di benjolan. Sama dengan metode operasi, metode sedot lemak juga memakai bius sehingga pasien tidak akan merasakan sakit. 

Suntikan steroid

Metode suntik steroid dapat mengecilkan lipoma namun tidak benar-benar menghilangkannya. Metode ini dilakukan dengan menyuntikkan steroid pada daerah yang berlemak. 

Kenali gejala tumor jinak jaringan lemak

Penyebab munculnya lipoma dalam dunia medis masih belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa gejala berikut ini dapat dijadikan indikator untuk mengetahui apakah itu lipoma atau bukan. 

  • Tidak merasakan nyeri apapun saat benjolan dipencet-pencet.
  • Teksturnya lembek atau lunak dan dapat berpindah dengan mudah saat ditekan. Beberapa orang bahkan tidak menyadari adanya benjolan ini. 
  • Tidak berwarna
  • Biasanya sudah tumbuh lama. 

Estimasi biaya operasi lipoma

Biaya operasi lipoma sangat bergantung pada kebijakan masing-masing rumah sakit. Menurut situs informasi harga produk dan layanan, harga.web.id, biaya operasi lipoma adalah Rp6.000.000 – Rp20.000.000. Tentu biaya berobat yang mahal ini tidak akan menjadi beban jika memiliki asuransi kesehatan yang bagus.

Harga operasi lipoma akan terkait dengan fasilitas dan tindakan medis yang dipilih oleh pasien. Berikut informasi biaya operasi lipoma dari sejumlah rumah sakit seperti yang dilansir dalam situs spesialisbedah.com.   

Nama Rumah Sakit Lokasi Biaya
Rumah Sakit Bedah Surabaya Surabaya, Jawa Timur Rp10.000.000
Rumah Sakit Premier Surabaya Surabaya, Jawa Timur Rp 4.000.000 hingga Rp 10.000.000
Rumah Sakit St. Carolus Jakarta Rp15.000.000
Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Rp9.000.000 – Rp20.000.000
Rumah Sakit Siloam TB Simatupang Jakarta Rp 15.000.000
Rumah Sakit Mayapada Jakarta, Tangerang, dan Bogor Rp 15.000.000 hingga Rp 20.000.000 
Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Rp 20.000.000
Rumah Sakit Mitra Sejati Medan Medan Rp 7.700.000
Rumah Sakit Telogorejo Semarang Rp 30.000.000 

Apakah biaya operasi lipoma di-cover BPJS?

Beruntung bila kamu adalah pengguna BPJS karena biaya operasi lipoma yang termasuk ke dalam jenis tumor jinak ditanggung oleh BPJS. Ini seperti dialami oleh seorang pasien bernama Fatimah di Banjarmasin

Sang pasien memiliki tumor jinak di bagian dada dan menurut rekomendasi dokter sebaiknya segera diangkat. Sesuai prosedur yang berlaku, biaya operasi Fatimah dijamin oleh BPJS Kesehatan. 

Pentingnya punya asuransi

Seperti yang dialami oleh Ibu Fatimah di atas, seperti dilansir dalam situs BPJS, memiliki asuransi sangat penting untuk membantu biaya pengobatan. Bila tidak dengan asuransi, Ibu Fatimah mungkin tidak akan sanggup membayar biaya pengangkatan tumor jinak yang cukup mahal itu. 

Untuk kamu yang belum punya asuransi, coba lihat deh pentingnya memiliki asuransi berikut ini. 

Proteksi biaya medis

Memiliki asuransi kesehatan membantu kamu memiliki proteksi keuangan untuk masalah kesehatan yang bisa saja terjadi. Dengan asuransi, kamu enggak perlu khawatir lagi harus menguras kantong untuk membiayai pengobatan.

Asuransi membantu kamu menyiapkan masa tua secara lebih baik. Saat usia sudah tidak lagi produktif, kamu masih bisa tenang karena biaya kesehatan sudah ada yang menjamin. 

Mengamankan dana tabungan dan investasi

Setiap orang tentu ingin punya tabungan dan investasi untuk menambah kekayaan. Tetapi, apa jadinya bila tabungan dan investasi tersebut harus terkuras cukup dalam untuk membiayai pengobatan. 

Tentu, kejadian seperti ini tidak ada yang menginginkan bukan? Dengan asuransi, kamu dapat mengamankan alokasi biaya kesehatan sehingga kamu bisa fokus menabung dan berinvestasi. 

Disiplin mengatur keuangan

Menyetor iuran asuransi juga salah satu metode untuk mengatur keuangan, loh. Dengan mengalokasikan secara rutin pendapatan untuk asuransi, kamu sudah selangkah lebih maju dalam usaha manajemen keuangan pribadi. 

Bagaimana memilih asuransi kesehatan terbaik?

Selain BPJS Kesehatan, ada banyak banget produk asuransi di luar sana. Dari yang menawarkan premi murah sampai daftar layanan yang dicover oleh pihak asuransi. 

Terkadang, memilih asuransi menjadi hal yang membingungkan. Nah, berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangan saat memilih asuransi. 

Jenis klaim 

Ada dua jenis klaim dalam asuransi yaitu reimbursement dan cashless. Klaim reimbursement mengharuskan kamu membayar biaya perawatan sendiri kemudian baru diajukan klaim ke perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian polis. 

Sementara pada klaim cashless, kamu cukup menunjukkan kartu asuransi pada rumah sakit untuk mendapat pelayanan kesehatan. 

Cek kebutuhan

Saat membeli produk asuransi, pastikan kamu telah memahami proteksi apa aja yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Kamu mungkin sudah memiliki asuransi yang ditanggung oleh perusahaan sehingga tak perlu membeli asuransi serupa. Buatlah daftar proteksi yang kamu inginkan dan cari produk yang sesuai. 

Cek kredibilitas perusahaan asuransi

Bersikap waspada penting sekali dilakukan untuk setiap hal termasuk dalam membeli produk asuransi. Sebaiknya jangan mengambil risiko dengan membeli produk asuransi karena ditawari oleh sales. Pilihlah perusahaan asuransi karena memang kamu yakin terpercaya dan kredibel. 

Beli lewat broker

Memilih asuransi jadi nggak pusing lagi saat kamu punya daftar perusahaan dan produknya secara lengkap. Di broker asuransi, hal itu bisa dilakukan melalui platform marketplace asuransi yang terintegrasi. 

Lifepal membantu kamu memilih produk asuransi yang tepat melalui fitur perbandingan dan ulasan yang membantu. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →