Mengenal Operasi Polip Hidung [Plus Biayanya]

biaya operasi polip hidung

Biaya operasi polip hidung tentu saja gak murah. Biaya operasi polip hidung memang lumayan mahal karena dilakukan prosedur untuk menghilangkan pertumbuhan lunak pada lapisan saluran hidung atau sinus.

Jika polip hidung gak segera ditindak, bisa menimbulkan gangguan karena peradangan kronis seperti asma, infeksi berulang, alergi, sensitivitas obat, hingga gangguan kekebalan. 

Kalau pertumbuhannya semakin membesar, polip akan menutup saluran pernapasan yang menyebabkan kesulitan bernapas.

Polip hidung dapat terjadi karena adanya pertumbuhan jaringan lunak yang menyerupai anggur di bagian dalam hidung. Penyakit polip hidung ini bisa menyerang siapa saja, namun seringnya menyerang orang dewasa.

Meski bisa dikendalikan dengan obat, tindakan operasi dianggap lebih baik agar polip gak mengganggu jalannya organ lain. Biaya operasi polip di beberapa rumah sakit di Jakarta umumnya beragam yakni dari kisaran Rp4 juta hingga Rp12 juta. 

Gejala polip hidung

Gangguan polip hidung biasanya berhubungan dengan peradangan pada selaput hidung dan sinus yang berlangsung selama lebih dari 12 minggu. 

Gangguan ini biasanya juga disebut dengan sinusitus kronis. Bila gangguannya masih ringan, biasanya kamu gak menyadari hal tersebut. 

Agar segera ditangani, berikut gejala polip hidung yang wajib kamu ketahui:

  • Pilek
  • Hidung tersumbat dalam waktu lama
  • Indera penciuman berkurang fungsinya
  • Kehilangan indera perasa
  • Nyeri wajah
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada bagian gigi atas
  • Rasa tertekan di dahi dan wajah
  • Mendengkur saat tidur
  • Ingus menetes di bagian belakang rongga hidung ke tenggorokan
  • Mimisan
  • Gatal di sekitar mata.

Operasi polip hidung

Saat dilakukan operasi polip hidung

Selain dengan obat, operasi polip hidung dianggap efektif menghilangkan polip hidung secara permanen. 

Prosedur operasi polip hidung disebut operasi sinus endoskopi, yakni dokter bedah akan memasukan endoskop atau tabung dengan kamera ke lubang hidung untuk melihat sinus atau polip hidung.

Gak perlu khawatir, sebab operasi polip hidung gak perlu dilakukan pembedahan seperti operasi pada umumnya.  Keuntungan lainnya dari prosedur ini yakni gak invasif dan gak akan terjadi pengangkatan jaringan yang normal. 

Kabar baiknya, menjalani operasi sinus hidung gak membuat kamu harus menjalani rawat inap dan bisa langsung pulang setelahnya. 

Perawatan lanjutan setelah prosedur dilakukan

Setelah menjalani operasi, kamu pun membutuhkan perawatan, salah satunya menggunakan semprotan kortikosteroid hidung untuk mencegah tumbuhnya polip hidung. Dokter juga biasanya menyarankan penggunaan air salin untuk mempercepat proses penyembuhan.

Sebaiknya konsumsi juga makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup setelah operasi agar semakin cepat pulih. 

Estimasi biaya polip hidung 2020

Mengingat biaya operasi polip hidung gak murah, kamu pun harus mulai mempertimbangkan dengan mencari rumah sakit yang bagus dengan harga terjangkau.

Berikut ini estimasi biaya operasi polip hidung 2020 di beberapa rumah sakit di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya seperti dilansir dari Alodokter.com:

1. Biaya operasi polip hidung di Jakarta

Biaya operasi polip hidung di Jakarta cukup variatif, dengan range yang lumayan jauh. Rumah Sakit Sumber Waras di Jakarta termasuk rumah sakit yang memberikan harga cukup terjangkau yakni Rp4,375 juta, disusul dengan RS Siloam Asri Mampang dengan kisaran harga Rp4,9 juta. RS Mayapada memberikan biaya yang cukup mahal yakni Rp12 juta.

2. Biaya operasi polip hidung di Bandung

Berdasarkan laman alodokter.com, RS di Bandung yang menerima operasi polip hidung hanya RS Immanuel dengan kisaran biaya Rp3,9 juta.

3. Biaya operasi polip hidung di Yogyakarta

Biaya operasi polip hidung di Yogyakarta gak jauh berbeda dengan di Jakarta dan Bandung yakni sekitar Rp3,6 juta. Kamu bisa mendatangi RS Siloam Yogyakarta untuk mengetahui prosedur operasi polip hidung.

4. Biaya operasi polip di Surabaya

Jika kamu tinggal di Surabaya, kamu bisa mendatangi RS Mitra Keluarga Surabaya atau RS Premier Surabaya untuk melakukan operasi polip hidung. Biaya operasi polip hidung yang harus kamu siapkan yakni sekitar Rp3,8 juta.

Apakah biaya operasi polip hidung ditanggung bpjs?

Untuk berhemat, kamu juga bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk melakukan operasi polip hidung. 

Berdasarkan pedoman pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), yaitu Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No. 28 Tahun 2014, segala operasi yang dilakukan untuk pengobatan akan ditanggung BPJS Kesehatan. 

Jenis-jenis operasi yang ditanggung antara lain:

  • Operasi jantung
  • Operasi Caesar
  • Operasi kista
  • Operasi miom
  • Operasi tumor
  • Operasi odontektomi
  • Operasi bedah mulut
  • Operasi usus buntu
  • Operasi batu empedu
  • Operasi mata
  • Operasi bedah vaskuler
  • Operasi amandel
  • Operasi katarak
  • Operasi hernia
  • Operasi kanker
  • Operasi kelenjar getah bening
  • Operasi pencabutan pen
  • Operasi penggantian sendi lutut
  • Operasi timektomi

Jadi, kamu hanya tinggal meminta rujukan pada faskes pertama dan kamu akan ditujukan menuju RS rujukan yang bisa menangani operasi polip hidung. 

Pentingnya punya asuransi kesehatan

Biaya operasi polip hidung yang gak murah, membuat kamu harus memiliki alternatif lain agar finansialmu tetap stabil dengan membuat asuransi kesehatan. 

Meski sudah ada BPJS, gak ada salahnya mencari asuransi kesehatan lain dengan premi yang terjangkau. Sebab, gak semua penyakit atau bisa ditanggung BPJS, jadi kamu perlu berjaga-jaga. 

Dengan asuransi kesehatan, kamu gak perlu khawatir memikirkan biaya pengobatan saat kamu atau anggota keluargamu sakit. 

Asuransi kesehatan sudah memberi manfaat untuk biaya rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan medical check-up. Manfaat tambahannya, kamu bisa menggunakannya untuk melahirkan, perawatan gigi, dan mata. 

Salah satu hal yang membuat asuransi kesehatan penting yakni adanya inflasi biaya rumah sakit. Hal ini menandakan bahwa biaya rawat inap juga akan terus naik seiring naiknya inflasi tersebut.

Memiliki asuransi kesehatan juga membantu perputaran uang kita tetap stabil, sebab dana tabungan, investasi, dan aset lainnya tidak akan terganggu apabila kita sakit.  Apalagi disaat pandemi yang membuat pemasukanmu gak tentu. 

Cara memilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan

Banyaknya asuransi kesehatan yang ada di Indonesia tentu akan membuat kamu bingung. Asuransi mana yang sebenarnya bagus dan cocok untuk kebutuhan?

Sebelum kita melihat berbagai penawaran asuransi yang ada saat ini, sebaiknya ketahui dulu beberapa kriteria yang mesti kita perhatikan, di antaranya:

  • Jaringan rumah sakit yang luas. Bagi yang sering ke luar negeri, pastikan provider menjangkau rumah sakit di luar negeri.
  • Fasilitas cashless karena praktis apalagi di saat urgent. Sehingga kita cukup menggesekkan atau cukup menunjukkan kartu asuransi saja.
  • Limit pertanggungan dan premi sesuai. Tidak selalu asuransi kesehatan murah akan lebih baik, tetapi asuransi yang bagus juga tidak selalu mahal.

Dengan ratusan pilihan polis dan brand, kamu harus lebih cermat memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu.  Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli proteksi kesehatan: 

Bisa klaim cashless

Cobalah mencari asuransi kesehatan yang bisa menggunakan sistem klaim cashless bermodal kartu asuransi. Contohnya, rekomendasi pilihan di atas yaitu Allianz, AXA Mandiri, Prudential, Manulife, BCA, BNI Life, dan Cigma semuanya memiliki manfaat asuransi cashless dan reimbursement

Menanggung biaya rawat jalan

Hal penting yang harus diperhatikan adalah, pastikan bahwa asuransi kesehatanmu sudah menanggung biaya rawat inap. Dari rekomendasi Lifepal, asuransi kesehatan AXA Mandiri, Cigna, dan Manulife menanggung biaya rawat jalan sebagai manfaat dasar asuransi. Kamu hanya tinggal memilih preminya saja.

Manfaat pengembalian premi

Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi atau no claim bonus apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

Beberapa pilihan rekomendasinya adalah asuransi kesehatan Cigna, Prudential, dan Allianz juga memberikan manfaat no claim bonus bahkan ada yang setiap setahun. 

Limit/plafon sesuai premi

Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan medis di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-Rp15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil

Jika memungkinkan, sebaiknya pilih yang menanggung biaya medis sesuai tagihan rumah sakit (as charged), seperti Manulife, Prudential, dan BNI Life. 

Iuran premi tidak lebih 10 persen dari gaji

Agar tidak menjadi beban, sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang biaya preminya tidak lebih dari 10 persen gaji kamu, ya. Kamu harus mengikuti metode 50:30:20. Di mana 50 persen gaji digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk hiburan, 10 persen untuk investasi, dan 10 persen untuk asuransi. 

Beli melalui broker asuransi

Broker yang telah terdaftar resmi dapat membantu nasabah mengajukan klaim. Ingat, ketika sedang mengalami risiko medis, pengajuan klaim akan sangat sulit dilakukan sendiri. 

Belum lagi jika pengajuan klaim nasabah ditolak karena alasan tertentu. Broker asuransi seperti Lifepal dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah klaim tersebut. 

Itulah informasi tentang biaya operasi polip hidung yang gak murah dan bagaimana solusi untuk menghadapinya. Semoga informasi tadi bermanfaat! (Editor: Chaerunnisa)