Biaya Pasang Kaca Film Mobil Terbaru dan Rekomendasi Terbaik

biaya pasang kaca film mobil - Lifepal

Biaya pasang kaca film mobil umumnya tidak terlalu mahal, sebab proses pemasangannya memang tidak terlalu rumit. Biasanya harganya akan mengikuti merek atau jenis kaca film mobil yang kamu pilih.

Ada banyak alasan mengapa kita perlu mengganti kaca film mobil, misalnya seperti penyebab kaca mobil yang menjadi retak atau lapisannya sudah mulai mengelupas dan pudar. Bagi kamu yang berencana melakukannya, simak ulasan mengenai biaya pasang kaca film depan mobil ataupun samping, berikut dengan rekomendasi merek plus tips memilih.

Berapa Biaya Pasang Kaca Film Mobil?

Kaca film mobil merupakan salah satu aksesoris pelengkap yang penting pada sebuah mobil. Selain dapat melindungi pengendara dari pantulan sinar UV, kaca film mobil dapat membuat permukaan menjadi lebih kuat sehingga lebih aman saat terjadi benturan.

Kaca film mobil umumnya memiliki umur yang cukup panjang, namun juga membutuhkan penggantian apabila sudah terlihat kusam atau baret. Bisa juga disebabkan oleh kaca mobil yang pecah atau retak akibat kecelakaan maupun benturan.

Umumnya, biaya pasang kaca film mobil akan bergantung pada jenis atau merk kaca film yang akan digunakan oleh pemilik mobil. Selain itu, ukuran dan jenis mobil juga akan berpengaruh pada biaya pasang kaca film mobil.

Harga yang diberikan oleh bengkel kaca mobil biasanya merupakan harga untuk kaca film sekaligus dengan biaya pasang kaca film mobil. Biaya pemasangan kaca film mobil biasanya berkisar antara Rp400 ribuan hingga Rp1 jutaan.

Posisi kaca juga dapat menentukan besaran harganya. Misal mengganti kaca film mobil bagian depan akan lebih murah ketimbang penggantian bagian samping dan belakang.

Lama penggantian kaca film mobil juga tergantung dari jenis dan ukuran mobil. Semakin besar ukuran mobilnya, maka bisa memakan waktu lebih lama, bahkan hingga mencapai 3-4 jam.

Sebaiknya sebelum kamu melakukan penggantian kaca film pada mobil kesayangan, tanyakan terlebih dahulu biaya pemasangannya ke bengkel. Selain itu, pastikan juga kamu sudah memilih merk kaca film yang terbaik yang sesuai dengan jenis mobil yang dimiliki.

Rekomendasi Merk Kaca Film Mobil dan Harganya

Di Indonesia terdapat berbagai jenis dan merk kaca film mobil dengan harga yang cukup bervariasi juga. Sebagai gambaran besaran biaya pasangnya, cek daftar harga kaca film mobil dari beberapa merk berikut:

1. Kaca film 3M

Rekomendasi kaca film mobil yang pertama adalah 3M. Merek ini punya banyak keunggulan, salah satunya kualitas yang tinggi mengingat 3M sudah dipatenkan sejak tahun 1966.

Film kaca mobil ini memberikan kelebihan seperti mampu menolak sinar inframerah dari matahari sehingga suasana di dalam tetap nyaman. Tak hanya itu, kaca ini juga mampu menangkal sinar UV buruk sehingga interior mobil tetap terasa dingin dan menjaga pandangan penumpang maupun pengemudi tetap baik.

Material kaca 3M dibuat dengan lebih dari 200 lapisan teknologi nano yang cukup tipis. Kaca film merk 3M punya dua jenis produk yaitu Crystalline dan Black Beauty, berikut daftar harga terbarunya.

  • Small Car: Rp 3,8 juta
  • Medium Car: Rp 4,2 juta
  • Large Car: Rp 5,2 juta
  • Extra Large Car Rp 5,5 juta
  • Daftar harga untuk kaca film 3M Black Beauty:

  • Small Car: Rp 1,5 juta
  • Medium Car: Rp 1,7 juta
  • Large Car: Rp 1,9 juta
  • Extra Large Car Rp 2,3 juta
  • 2. Harga kaca film Wincos

    Untuk harga kaca film Wincos umumnya akan disesuaikan dengan ukuran dan jenis mobilnya. Misalnya saja untuk mobil kecil seperti Toyota Agya, Honda Brio, Daihatsu Ayla dan mobil sejenis lainnya akan dikenakan biaya sebesar Rp3,3 juta.

    Sedangkan untuk mobil-mobil berukuran sedang seperti misalnya Toyota Kijang Innova Reborn, Toyota Rush, Suzuki Ertiga, Avanza dan sejenisnya akan dikenakan biaya sekitar Rp 3,8 juta. Khusus bagi mobil besar seperti misalnya Toyota Alphard, Hyundai Starla dan sejenisnya, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp4,5 juta.

    3. Kaca film V-Kool

    Salah satu merk kaca film mobil yang bagus dan banyak digunakan di Indonesia adalah merk V Kool. Ada beberapa produk dari V Kool, misalnya saja VIP, V-Kool 40 serta V-Kool 70.

    Untuk harganya sendiri V-Kool sudah menetapkan beberapa tarif untuk pemasangan kaca filmnya sekaligus, seperti:

  • Toyota Fortuner Full : Rp6,5 juta
  • Camry Full : Rp7,1 juta
  • Toyota Sienta Full : Rp 6,7 juta
  • Innova Full : Rp6,7 juta
  • Honda Mobilio Full : Rp7,6 juta
  • BRV Full : Rp6,8 juta
  • Honda Jazz Full : Rp7,8 juta
  • 4. Kaca film Solar Gard

    Jika dibandingkan dengan merk V-Kool maupun 3M, Solar Gard memang lebih ramah di kantong. Sebagai salah satu merek kaca film mobil terbaik dan mendunia, kaca film buatannya menggunakan multi sputtering technology plus sembilan lapis metal.

    Teknologi mutakhir tersebut mampu menolak panas secara maksimal dari luar sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi. Kaca film mobil terbaik ini juga menyematkan teknologi Advance Nano Ceramic yang punya warna kaca hitam.

    Solar Gard premium ditawarkan dalam berbagai jenis, yakni Black Phantom 05, Black Phantom 15, hingga Black Phantom 50 yang punya karakteristik sendiri-sendiri. Merk ini juga menetapkan harga sesuai dengan ukuran mobil, seperti di antaranya:

    Tipe Best Performance:

  • Small Rp4,4 juta
  • Medium Rp4,7 juta
  • Large Rp5 juta
  • Tipe Premium Black Phantom Series :

  • Small Rp2,9 juta
  • Medium Rp3,2 juta
  • Large Rp3,5 juta
  • Tipe Platinum Performance:

  • Small Rp2,9 juta
  • Medium Rp3,2 juta
  • Large Rp3,5 juta
  • Disclaimer: Harga film kaca mobil di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung toko maupun bengkel tempat kamu membelinya. Pastikan terlebih dahulu ke pihak toko maupun bengkel sebelum membelinya ya!

    Fungsi Kaca Film pada Mobil

    Tak hanya untuk mempercantik tampilan mobil, kaca film juga memiliki fungsi lainnya seperti misalnya:

    1. Melindungi dari paparan sinar UV

    Salah satu fungsi dari kaca film adalah untuk mengurangi paparan cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Dengan kata lain adanya kaca film juga dapat mengurangi paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

    Selain memberikan rasa nyaman, penggunaan kaca film juga dapat menghindarkan kamu dari masalah kesehatan kulit terutama jika sering berkendara di siang hari yang terik.

    2. Menjaga keamanan terutama saat terjadi benturan

    Keberadaan kaca film juga dapat membantu kaca mobil menjadi lebih kuat, terutama saat terjadi benturan. Sebab dalam produksinya sejumlah kaca fim menggunakan bahan polyester, lapis logam, dan perekat khusus.

    Ketika terjadi benturan pada kaca, perekat ini akan menimbulkan reaksi sehingga kaca mobil tidak langsung pecah. Tentu saja ini dapat mengurangi resiko cedera ketika mobil tanpa sengaja mengalami kecelakaan atau tabrakan.

    3. Menjaga privasi

    Dengan adanya kaca film maka pengendara dari luar umumnya akan memiliki visibilitas yang kurang jelas pada area dalam mobil. Hal ini tentu sangat membantu jika kamu adalah orang yang sangat menginginkan privasi saat berkendara.

    4. Efisiensi energi

    Hal ini berkaitan dengan kurangnya paparan cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin. Semakin sedikit cahaya matahari yang masuk, maka kenaikan suhu dalam kabin juga tidak akan terlalu tinggi.

    Dengan begitu kinerja AC atau pendingin ruangan juga tidak akan terlalu berat, sehingga penggunaan energi juga jadi lebih irit.

    Tips Memilih Kaca Mobil Terbaik

    Kaca film mobil memang didesain untuk memberikan perlindungan terhadap kaca mobil dan juga memberikan rasa nyaman terhadap pengendara terutama saat berkendara di siang hari. Umumnya, semakin gelap kaca film mobil maka akan semakin menurun juga efek silau dari pancaran sinar matahari dan sinar UV.

    Akan tetapi, dalam memilih kaca film mobil tak bisa sembarangan dan asal gelap saja, sebab jika terlalu gelap pun dapat membahayakan karena dapat mengurangi visibilitas terutama ketika malam hari. Penggunaan kaca film mobil ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkatan Jalan dan PP nomor 55 Tahun 2012 tentang kaca film mobil.

    Lalu, bagaimana cara memilih kaca film mobil yang tepat baik untuk kaca depan mobil, kaca belakang maupun kaca samping? Simak tipsnya berikut ini.

    1. Memilih kaca film untuk kaca depan mobil

    Kaca depan mobil merupakan area utama bagi pengemudi untuk melihat kondisi jalan ketika sedang berkendara. Kaca depan sebaiknya jangan terlalu gelap, sebab dapat mengganggu penglihatan terutama saat berkendara di malam hari.

    Untuk kaca depan mobil kamu bisa menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 20 persen atau maksimal 40 persen jika masih terlalu terang. Hindari juga penggunaan kaca film dengan tingkat kegelapan di atas 40 persen, ya!

    2. Cara memilih kaca film untuk kaca belakang mobil

    Nah sama halnya dengan kaca depan mobil, pengemudi biasanya menggunakan kaca belakang mobil untuk memantau kondisi di area tersebut, misalnya ketika akan melaju mundur atau menyalip.

    Karena itu tingkat kegelapan untuk kaca film belakang mobil tidak boleh lebih dari 40persen juga. Itu pun kamu harus memastikan bahwa pada bagian tengah kabin sudah dilengkapi dengan spion rayben atau riben mode. Cek di sini untuk mengetahui berapa harga ganti kaca riben mobil!

    3. Memilih kaca film untuk kaca samping mobil

    Kaca film untuk kaca samping mobil sebaiknya pilih dengan menyesuaikan pemilihan tingkat kegelapan pada kaca depan mobil.  Misalnya saja jika kamu memilih kaca film depan mobil dengan tingkat kegelapan 20%, maka sebaiknya tingkat kegelapan untuk kaca samping adalah sekitar 40 persen.

    Hal ini bertujuan untuk membantu mata pengemudi agar lebih cepat dan mudah menangkap bayangan yang ada pada spion mobil yang terletak di samping kanan dan kiri mobil.  Jika kaca film bagian samping mobil terlalu gelap, maka mata pengemudi akan semakin sulit menangkap bayangan apalagi setelah melihat ke area depan yang lebih terang, hal ini tentu sangat berbahaya saat digunakan berkendara.

    Tips dari Lifepal! Itulah dia ulasan mengenai berapa biaya pasang kaca film mobil depan, samping maupun belakang. Jika kamu berencana memasang kaca mobil, pastikan untuk menggunakan kaca film mobil dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen.

    Jika terlalu gelap, selain menghalangi pandangan kamu saat berkendara, ini juga bisa membahayakan orang lain. Jadi, sebaiknya gunakan kaca film mobil dengan persentase tidak lebih dari 40 persen, ya.

    Baca juga artikel menarik lainnya dari Lifepal terkait kaca mobil seperti cara menghilangkan goresan pada kaca mobil akibat wiper di Lifepal!

    Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil

    Salah satu fungsi pokok dari asuransi adalah mengalihkan kerugian atas risiko yang terjadi dari pihak Tertanggung (nasabah) kepada pihak Penanggung (perusahaan asuransi).

    Dalam asuransi mobil maka risiko yang ditanggung adalah kerusakan atau kerugian yang berkaitan dengan mobil, misalnya tabrakan, tergelincir, terperosok, rusak akibat bencana alam, huru-hara, atau bahkan kehilangan. Manfaat pertanggungan asuransi mobil bisa berbeda, tergantung pada jenis produk yang akan dipilih.

    Misalnya saja untuk asuransi mobil all risk dapat menanggung semua jenis kerusakan yang ringan hingga berat. Sedangkan asuransi mobil TLO akan menanggung kerusakan jika sudah lebih dari 75 persen atau kehilangan.

    Dengan adanya asuransi mobil ini kamu tak perlu pusing memikirkan kerugian apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan. Selama penyebab kerugian masih ditanggung dalam polis, maka kerugian tersebut akan diganti rugi oleh pihak perusahaan asuransi.

    Pertanyaan Seputar Biaya Pasang Kaca Film Mobil

    Umumnya biaya pasang kaca film mobil akan bergantung pada jenis atau merk kaca film yang akan digunakan oleh pemilik mobil. Selain itu ukuran dan jenis mobil juga akan berpengaruh pada biaya pasang kaca film mobil.

    Saat ini biaya pasang kaca film mobil berkisar antara ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

    Daftar harga untuk kaca film 3M Crystalline:

    • Small Car: Rp 3,8 juta
    • Medium Car: Rp 4,2 juta
    • Large Car: Rp 5,2 juta
    • Extra Large Car Rp 5,5 juta

    Daftar harga untuk kaca film 3M Black Beauty:

    • Small Car: Rp 1,5 juta
    • Medium Car: Rp 1,7 juta
    • Large Car: Rp 1,9 juta
    • Extra Large Car Rp 2,3 juta
    Asuransi mobil adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa mobil. Dengan memiliki jaminan finansial dari asuransi mobil, pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya tagihan perawatan dan perbaikan di bengkel karena perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.

    Customer Service

    call me
    whatsapp