Biaya Scaling Gigi di Indonesia 2020 [Plus Cara Hematnya]

biaya scaling gigi untuk membersihkan karang

Scaling gigi adalah prosedur medis untuk membersihkan plak yang menjadi penyebab gigi kuning. Plak dan karang gigi ini sulit dihilangkan jika hanya dengan menyikat gigi.

Asal tahu aja nih, plak gigi lama-kelamaan bisa menjadi mengeras karena bercampur dengan air liur dan berubah menjadi karang gigi atau tartar. 

Plak dan karang gigi mengandung banyak sekali bakteri dalam mulut. Jika tidak dibersihkan secara rutin, dapat menyebabkan kerusakan gigi, infeksi pada gusi (periodontitis), atau bahkan gigi copot.

Nah beruntung kalau kamu punya asuransi kesehatan karena biaya untuk scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang akan ditanggung. Jadi dengan kata lain kamu gak perlu bayar tindakan medis ini.

Lalu kira-kira berapa ya biaya scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi di rumah sakit?

Biaya scaling gigi di Indonesia

Meski terkesan sederhana, rupanya biaya scaling gigi tidak sedikit lho. Kisaran rata-rata mulai dari Rp500 ribu – Rp700 ribu. Ini pun tergantung dengan alat yang digunakan, juga berapa banyak gigi yang akan dibersihkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar biaya scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi di berbagai rumah sakit swasta Indonesia seperti yang dikutip dari Alodokter

Rumah sakit

Biaya scaling gigi Lokasi
Rumah Sakit FMC Bogor Rp300.000 Bogor
Mayapada Hospitals Jakarta Selatan Rp700.000 Jakarta
RSU Bunda Margonda Rp500.000  Depok
RS Medika Dramaga Bogor Rp150.000 Bogor
Rumah Sakit Banyumanik Rp350.000 Semarang
RS Bhayangkara Makassar Rp150.000 Makassar
RS Mulia Pajajaran  Rp200.000 Bogor
Rumah Sakit Balimed Denpasar Rp509.000 Denpasar
Rumah Sakit Husada Rp195.000 Jakarta
RS Evasari Awal Bros Rp500.000 Jakarta
FDC Dental Klender Rp120.000 Jakarta
RS Rahman Rahim Rp120.000 Sidoarjo
RSIA Mitra Family Rp173.000 Karawang
Siloam Hospitals Balikpapan Rp338.000 Balikpapan
Primaya Hospital Tangerang Rp590.000 Tangerang
Kalau kamu punya pertanyaan terkait perencanaan keuangan lainnya sekaligus mendapatkan berbagai tips mengelola kebutuhan finansial, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Apa itu scaling gigi dan apa manfaat melakukannya?

Scaling gigi adalah tindakan medis untuk membersihkan plak dan karang gigi di seluruh permukaan gigi, termasuk juga di bagian bawah gusi. Tindakan medis ini biasa dilakukan dengan pengikis manual atau ultrasonik.

Saat melakukan scaling gigi, kamu pun bisa melakukan prosedur root planning atau menghaluskan permukaan akar gigi sehingga gigi dan gusi bisa dapat menempel dengan baik.

Scaling gigi minimal dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun atau enam bulan sekali. Namun, kalau kamu menggunakan kawat gigi. Kamu harus melakukan scaling gigi lebih sering yaitu 1 – 2 bulan sekali setiap kali kamu melakukan kontrol.

Hal ini tidak lain disebabkan potensi karang gigi terbentuk lebih mudah karena banyaknya sela gigi yang sulit dibersihkan sehingga menjadi lebih cepat kotor.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, manfaat utama scaling gigi adalah untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Namun, scaling gigi pun memiliki manfaat lain, yaitu:

  • Mengurangi asam dan enzim berlebih produksi dari bakteri di dalam mulut.
  • Mengurangi risiko perdarahan atau pembengkakan jaringan akibat respons imun terhadap bakteri di plak. 
  • Mencegah penyakit periodontitis atau infeksi gusi yang dapat merusak jaringan lunak maupun tulang penyangga gigi.
  • Memelihara kesehatan dan tulang gigi. 

Scaling gigi untuk siapa?

Meski setiap orang berpotensi untuk memiliki plak dan karang gigi, entah mereka orang dewasa atau anak-anak. Namun, ada beberapa kelompok tertentu yang lebih rentan terhadap kondisi ini, yaitu: 

  • Perokok aktif.
  • Penyuka makanan manis dan berbahan dasar tepung, seperti permen, cokelat, dan kue. 
  • Penyuka kafein, teh dan kopi, serta soda.
  • Yang malas membersihkan gigi secara rutin.
  • Pasien periodontitis.

Prosedur scaling gigi

Scaling gigi umumnya dilakukan bersamaan dengan konsultasi dengan dokter. Namun, sebelumnya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu, seperti pemeriksaan riwayat kesehatan, kondisi gigi dan mulut.

Dari pemeriksaan tersebut, dokter akan mengetahui apakah kamu memiliki riwayat penyakit atau alergi tertentu. Dokter pun melakukan identifikasi lokasi plak dan karang gigi melalui pemeriksaan ini. 

Scaling gigi bisa diselesaikan hanya dalam satu kali kunjungan. Durasi tindakannya pun tidak lama, sekitar 30 – 120 menit tergantung kondisi dan jumlah plak serta karang gigi. 

Saat scaling gigi dimulai, kamu akan disuntikkan anestesi lokal sebagai penghilang rasa nyeri. Kemudian karang gigi akan dibersihkan menggunakan pengikis ultrasonik yang mengeluarkan getaran.

Scaling gigi akan mengeluarkan asap dingin dari air yang berfungsi untuk membersihkan sisa plak dan karang gigi. 

Setelah pembersihan pertama, dokter akan membersihkan plak dan karang gigi di tempat-tempat yang belum atau sulit terjangkau dengan menggunakan pengikis manual.

Pengikis yang satu ini memiliki ujung yang runcing sehingga bisa menjangkau sampai ke sela-sela gigi. 

Selama proses ini dilakukan, dokter akan meminta kamu berkumur dan membuangnya agar sisa plak dan karang gigi bisa keluar dengan sempurna dan tidak lagi tertinggal.

Terakhir, gigimu akan dipoles dokter dengan menggunakan pemoles yang berujung lembut terbuat dari karet. 

Pentingnya memiliki asuransi gigi

Asuransi gigi adalah salah satu program dari asuransi kesehatan yang dirancang khusus untuk menanggung biaya perawatan gigi secara rutin.

Manfaat yang bisa kamu nikmati jika memiliki asuransi gigi adalah semua biaya perawatan gigi dan mulut ditanggung asuransi. Tentu saja biaya scaling untuk membersihkan plak dan karang gigi termasuk dalam pertanggungan. 

Umumnya asuransi gigi adalah bagian dari asuransi kesehatan sehingga kamu memiliki asuransi kesehatan terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaat perawatan giginya.

Asuransi gigi juga kerap dijadikan manfaat tambahan atau rider dari asuransi kesehatan. Kamu pun harus membayar sedikit lebih banyak untuk bisa mendapatkan manfaatnya.

Meski begitu, ada juga asuransi gigi yang bisa kamu miliki secara mandiri tanpa perlu membeli asuransi kesehatan lebih dulu. Kamu hanya perlu sedikit teliti. 

Memiliki asuransi gigi menjadi penting untuk kamu dan keluarga karena adanya manfaat yang lengkap.

Mulai dari pertanggungan biaya perawatan dasar (basic care) yang mencakup tanggungan untuk penambalan gigi, perawatan pembengkakan, scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang, perbaikan akar gigi, dan pencabutan gigi.

Selain itu, ada pula perawatan kompleks (major care) yang terdiri atas pembedahan gigi, implantasi gigi, dan perawatan gigi lainnya akibat kecelakaan.

Semua sudah termasuk dengan pengenaan biaya administrasi dan obat-obatan.

Bagaimana memilih asuransi gigi yang tepat?

Memilih asuransi gigi yang tepat tidak hanya mengandalkan harga premi yang murah saja. Namun, juga beberapa kriteria yang menjadikan asuransi tersebut baik dan tentunya menguntungkan untuk kamu.

Sementara, menurut Chief Distribution Officer Cigna Indonesia, Herlin Susanto, biaya perawatan gigi selalu mengalami kenaikan sebesar 7 – 10 persen setiap tahunnya. Oleh karena itu, kamu perlu cermati beberapa kriteria asuransi gigi berikut ini.

  • Plafon dan biaya premi
  • Metode klaim cashless 
  • Kebijakan renewal guarantee 
  • Masa tunggu

1. Plafon dan biaya premi

Sebelum memilih asuransi gigi, kalkulasikan terlebih dahulu biaya premi yang harus dibayarkan dengan plafon atau manfaat yang akan didapatkan nantinya.

Rata-rata premi asuransi gigi adalah sekitar Rp140 ribu – Rp300 ribu. Jika skema asuransi yang ditawarkan terlalu rendah, tidak mustahil saat melaksanakan perawatan gigi kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan karena kurangnya plafon yang diberikan.

2. Metode klaim cashless 

Metode klaim cashless adalah yang paling favorit dibandingkan yang lainnya. Selain memudahkan, kamu pun tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk mendapatkan perawatan gigi di rumah sakit rekanan.

Hanya dengan membawa kartu peserta asuransi kesehatan yang kamu miliki, kamu pun bisa mendapatkan perawatan gigi sesuai dengan keluhan yang dimiliki. 

3. Kebijakan renewal guarantee 

Sebuah kebijakan yang mana perusahaan asuransi menjamin perpanjangan polis sehingga kamu tidak perlu khawatir jika masa akhir polis semakin dekat. 

4. Masa tunggu 

Asuransi yang baik ialah yang memberlakukan masa tunggu tidak lebih dari satu bulan apabila terjadi keluhan yang sama di waktu lain. 

Dengan memiliki asuransi gigi, perawatan rutin gigi pun tidak akan terlewat lagi.

Dalam hal ini, kamu juga tidak perlu khawatir lagi soal biaya scaling untuk membersihkan plak dan karang gigi.

Hanya perlu datang untuk melakukan pengecekan serta tindakan medis yang dibutuhkan dan kesehatan mulutmu pun senantiasa sehat. 

Perlindungan terbaikmu pun dapat disediakan Lifepal melalui rekomendasi terbaiknya. Jangan ragu untuk mencari tahu produk asuransi lainnya di Lifepal.

FAQ seputar biaya scaling gigi

Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi adalah tindakan medis untuk membersihkan plak dan karang gigi di seluruh permukaan gigi, termasuk di bagian bawah gusi.

Apa manfaat menjalani scaling gigi?

  • Mengurangi asam dan enzim berlebih produksi dari bakteri di dalam mulut.
  • Mengurangi risiko perdarahan atau pembengkakan jaringan akibat respons imun terhadap bakteri di plak. 
  • Mencegah penyakit periodontitis atau infeksi gusi yang dapat merusak jaringan lunak maupun tulang penyangga gigi.
  • Memelihara kesehatan dan tulang gigi.

Berapa biaya scaling gigi?

Scaling gigi untuk membersihkan plak dan karang gigi di beberapa rumah sakit besar Indonesia berkisar antara Rp120 ribu hingga Rp700 ribu.

Asuransi apa untuk menanggung biaya scaling gigi?

Asuransi kesehatan adalah produk perlindungan yang cocok untuk menanggung biaya perawatan gigi.

Sebagian produk asuransi kesehatan sudah mencakup perlindungan gigi. Namun sebagian lainnya mensyaratkan penambahan premi asuransi untuk mendapatkan perlindungan gigi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →