Penyebab Pneumonia dan Biaya Sedot Cairan Paru-Paru

biaya sedot cairan di paru paru

Menjaga kesehatan itu penting banget, karena biaya saat sakit sering kali nggak murah. Seperti biaya sedot cairan paru-paru yang bisa menelan biaya hingga jutaan rupiah. 

Sedot cairan paru-paru adalah istilah masyarakat awam yang merujuk pada tindakan medis untuk mengobati paru-paru basah. 

Paru-paru basah atau pneumonia adalah kondisi ketika ada kelebihan cairan di pleura, yaitu selaput tipis yang melapisi dinding rongga dada. Penyebabnya beragam, seperti infeksi virus dan bakteri. 

Gangguan kesehatan ini terbilang umum di Indonesia, dan termasuk jenis penyakit yang tidak menular. Meski nggak menular, paru-paru basah bisa semakin parah kalau gak segera diobati.

Namun untuk melakukan tindakan medis sedot cairan paru-paru, kira-kira berapa ya biaya yang harus dikeluarkan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan Lifepal berikut ini! 

Apa itu pneumonia dan penyebabnya 

Sebelum membahas mengenai biaya sedot cairan paru-paru, ada baiknya kita ketahui dahulu apa itu pneumonia dan apa yang menyebabkannya. 

Pneumonia atau bahasa lainnya paru-paru basah adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. 

Infeksi tersebut menyebabkan paru-paru meradang, sehingga kantung udara di paru-paru terisi cairan atau nanah. 

Dampaknya pasokan oksigen ke paru-paru menjadi terhambat dan tak bisa tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. 

Gejala saat seseorang memiliki cairan berlebih di paru-paru

Untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang memiliki cairan berlebih di paru-parunya, tentu saja harus melalui pemeriksaan dokter. 

Namun, beberapa gejala berikut ini dapat kamu curigai sebagai paru-paru basah untuk dikonsultasikan dengan dokter nantinya: 

  • Mengalami batuk kering 
  • Nyeri dada yang bisa bertambah sakit saat batuk
  • Mengalami kesulitan bernapas. 
  • Sesak nafas atau napas yang terasa berat bahkan saat sedang istirahat
  • Demam
  • Jantung sering terasa berdebar
  • Mudah kelelahan dan tidak berenergi.

Beberapa gejala paru-paru basah lainnya mungkin saja tidak termasuk dalam daftar di atas. 

Karena itu, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter maupun tenaga medis lainnya. 

Apakah penumpukan cairan di paru-paru bisa disembuhkan?

Pleura, atau lapisan tipis yang melapisi paru-paru memang secara alami punya cairan yang bertugas melumasi paru-paru saat bernapas. 

Cairan ini menjadi masalah saat jumlahnya berlebihan sehingga menyebabkan penumpukan.  

Penumpukan cairan di jaringan paru paru inilah yang menyebabkan penyakit pneumonia atau yang lebih dikenal sebagai paru paru basah. 

Pneumonia sendiri menyebabkan peradangan paru akibat infeksi.

Penumpukan cairan pada paru-paru basah pada kasus tertentu dapat hilang atau berkurang dengan sendirinya. Ini bisa terjadi saat penyebab paru-paru basah sudah dapat ditangani. 

Tetapi, bila gejala-gejala paru paru basah di atas dirasakan semakin parah maka perlu dilakukan tindakan medis. 

Langkah medis cara menghilangkan cairan di paru-paru

Paru-paru basah dapat diobati dengan beberapa metode pengobatan tergantung apa penyebabnya. 

1. Obat-obatan

Paru paru basah yang disebabkan oleh bakteri seperti streptococcus pneumoniae dapat diobati dengan memberikan antibiotik. 

Sementara yang disebabkan oleh pneumonia virus bisa ditangani dengan obat antivirus. 

Dokter juga akan memberikan obat lainnya untuk meredakan batuk, demam, maupun rasa nyeri yang umumnya dirasakan penderita pneumonia.

2. Water seal drainage (sedot cairan paru)

Selain kedua penyebab, itu paru paru basah bisa juga diakibatkan karena infeksi jamur terutama pada orang dengan masalah kesehatan kronis. 

Bila metode antibiotik dan antivirus tak membuahkan hasil, cara yang dapat ditempuh selanjutnya adalah memasang drainase pleura. 

Metode drainase pleura atau water seal drainage (WSD) dilakukan untuk menguras atau menyedot cairan berlebih di paru paru dengan memasukkan tabung kecil ke pleura. 

Tabung kecil itu akan akan dipasang untuk membantu cairan, darah atau nanah keluar dari paru paru. 

3. Operasi

Pada kasus yang lebih serius, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan operasi paru. Prosedur ini berlaku untuk pasien dengan paru paru basah atau disebabkan oleh kanker.  Dokter akan memasukkan tabung kecil ke dalam rongga dada lalu mengalirkan cairan berlebih itu melalui perut. 

Pantangan setelah sedot cairan paru

Sebenarnya tidak ada pantangan bagi mereka setelah melakukan tindakan medis sedot cairan paru-paru.

Namun, pasien dengan penyakit paru-paru basah juga harus menjaga gaya hidup yang sehat. Seperti makan-makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna, dan olahraga yang teratur. 

Selain itu, di masa pandemi covid-19 ini, para pengidap paru-paru basah juga diharuskan untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan selalu mencuci tangan. 

Pasalnya, virus covid-19 juga menyerang sistem pernapasan dan paru-paru. Itu sebabnya mereka yang telah terkena paru-paru basah sangat rentan pula terkena covid-19. 

Jadi perlu hidup lebih hati-hati, sambil menunggu vaksin covid-19 mulai diedarkan ke seluruh masyarakat. 

Lalu, berapakah estimasi atau perkiraan biaya tindakan medis sedot cairan paru-paru? 

Estimasi biaya sedot cairan paru-paru

Metode sedot cairan paru paru menggunakan drainase pleura atau WSD dapat dilakukan di rumah sakit milik pemerintah maupun swasta terdekat. 

Besaran biaya yang dibutuhkan untuk masing-masing rumah sakit tentu berbeda. 

Di RSUP H Adam Malik, Medan biaya tindakan medis untuk WSD adalah Rp1.600.000 dengan rincian Jasa Sarana (JS) sebesar Rp660.000 dan jasa pelayanan (JP) Rp940.000. 

Sementara itu di Rumah Sakit Universitas Brawijaya Malang biaya sedot cairan paru-paru dengan water seal drainage tercatat sebesar Rp1.000.000.

Di RSUD Blambangan Banyuwangi, biaya sedot cairan paru-paru dengan pemasangan WSD ditetapkan sebesar Rp600.000 untuk kelas 3, Rp800.000 untuk kelas 2, dan Rp1.000.000 untuk kelas 1. 

Di RUSD Jakarta biaya sedot cairan paru-paru paling murah yakni sekitar Rp300.000 saja.

Besaran biaya sedot cairan paru-paru tersebut mungkin ada tambahan lagi seperti biaya administrasi dan konsultasi dokter. 

Kamu sebaiknya menghubungi langsung rumah sakit yang terdekat dengan kamu.  

Sedot cairan paru-paru ditanggung BPJS Kesehatan

Beruntung, biaya sedot cairan paru untuk mengatasi paru-paru basah masuk dalam tindakan medis yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Melalui JKN-KIS, biaya sedot cairan di paru-paru maupun operasi dapat ditanggung sepenuhnya bila sesuai dengan prosedur yang berlaku. 

Pentingnya punya asuransi 

Namun, kamu gak perlu pusing memikirkan biaya sedot cairan paru-paru yang lumayan jika memiliki produk asuransi kesehatan

Pasalnya, biaya tindakan medis seperti sedot cairan paru-paru akan ditanggung oleh asuransi.

Banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan saat memiliki asuransi kesehatan. Manfaat utamanya tentu saja penggantian biaya pengobatan seperti biaya rawat inap dan rawat jalan. 

Berikut beberapa alasan mengapa punya asuransi itu sangat penting.

1. Proteksi diri dan keluarga

Coba deh kamu renungkan, kira-kira sampai usia berapa kamu bisa tetap produktif. Pada usia 50-an nanti, tentu kamu ingin sekali menikmati masa pensiun dengan tenang meski nggak seproduktif saat muda.

Masa pensiun itu menjadi lebih tenang saat kamu punya asuransi yang menjamin biaya perawatan kamu dan keluarga sehingga tak perlu mengeluarkan uang lagi saat sakit. 

2. Mengamankan tabungan dan investasi

Pastinya kamu enggak mau dong tabunganmu terkuras habis hanya karena membayar biaya perawatan kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, keuanganmu di masa depan termasuk tabungan dan investasi akan tetap terjaga dengan baik

3. Disiplin mengatur uang

Memiliki asuransi membantu kamu yang masih memakai gaji bulanan untuk hal-hal yang konsumtif saja agar lebih bijak lagi mengatur keuangan. 

Membayar premi setiap bulan secara disiplin membantu kamu memprioritaskan pengeluaran yang lebih penting.

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik 

Salah besar bila kamu berpikir bahwa asuransi itu mahal. Banyak kok asuransi yang menawarkan premi murah sehingga terjangkau di kantong kita. 

Perusahaan yang menawarkan asuransi di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Mungkin itu akan membuat kamu bingung memilihnya. 

Pada dasarnya, ambillah setiap keputusan finansial dengan tujuan dan target manfaat yang jelas. Ini berlaku pula saat kita memilih produk asuransi. Pilihlah asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. 

Berikut beberapa hal yang bisa kamu masukkan dalam daftar pertimbangan saat memilih asuransi. 

Jenis klaim 

Secara umum ada dua jenis klaim dalam asuransi reimbursement dan cashless. Klaim reimbursement mengharuskan kamu membayar biaya perawatan sendiri kemudian baru diajukan klaim ke perusahaan asuransi sesuai dengan perjanjian polis. 

Sementara pada klaim cashless, kamu cukup menunjukkan kartu asuransi pada rumah sakit untuk mendapat pelayanan kesehatan. 

Cek kebutuhan

Saat membeli produk asuransi, pastikan kamu telah memahami proteksi apa aja yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. 

Kamu mungkin sudah memiliki asuransi yang ditanggung oleh perusahaan sehingga tak perlu membeli asuransi serupa. 

Buatlah daftar proteksi yang kamu inginkan dan cari produk yang sesuai. 

Cek kredibilitas perusahaan asuransi

Bersikap waspada penting sekali dilakukan untuk setiap hal termasuk dalam membeli produk asuransi. 

Sebaiknya jangan mengambil risiko dengan membeli produk asuransi karena ditawari oleh sales. Pilihlah perusahaan asuransi karena memang kamu yakin terpercaya dan kredibel. 

Demikianlah informasi penting mengenai biaya sedot cairan paru-paru. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar asuransi, bisnis, hingga keuangan, tanyakan ke para ahli di Tanya Lifepal!  

Pertanyaan-pertanyaan seputar sedot cairan paru-paru

Berikut ini sejumlah pertanyaan seputar sedot cairan paru-paru yang perlu kamu ketahui. 

Apa penyebab adanya cairan di paru-paru?

Cairan yang ada di paru-paru itu berupa nanah. Nanah itu muncul akibat radang paru-paru atau infeksi paru-paru yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Infeksi tersebut mengakibatkan pasokan oksigen ke paru-paru dan ke seluruh tubuh menjadi terhambat.

Berapa biaya sedot cairan paru-paru?

Tindakan medis sedot cairan paru atau WSD tentu berbeda-beda antara satu rumah sakit dengna rumah sakit lainnya. Apabila kamu ingin lebih murah, kamu bisa melakukan tindakan tersebut di rumah sakit umum daerah.

Seperti misalnya di RSUD di Jakarta, estimasi tindakan medis tersebut menelan biaya Rp300 ribu. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya rawat inap dan administrasi lainnya ya.

Tapi tenang saja, untuk pemegang kartu BPJS Kesehatan biayanya gratis alias ditanggung.

Apakah cairan di paru-paru bisa hilang?

Tentu saja bisa dihilangkan dengan penanganan medis yang tepat. Ada beberapa metode untuk menghilangkan cairan tersebut, salah satunya adalah dengan tindakan sedot cairan paru.

Apakah paru-paru yang ada cairannya apakah menular?

Penumpukan cairan paru-paru tidak menular.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →