Biaya Tune Up Mobil Terbaru di Bengkel Resmi dan Umum

biaya tune up mobil

Tune up adalah proses perawatan rutin yang dilakukan pada sebuah mobil untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Umumnya, biaya tune up mobil di bengkel resmi (bengkel beres) dan bengkel umum mulai dari Rp350.000 hingga Rp3 jutaan.

Tune up secara umum mencakup penggantian beberapa komponen pada mobil berdasarkan masa pakai efektifnya. Beberapa komponen yang perlu dicek tersebut antara lain busi, filter udara dan filter oli, kampas rem dan masih banyak lainnya.

Yuk, kita cari tahu ongkos tune up mobil di bengkel umum dan bengkel resmi serta bagaimana prosedurnya supaya performa mobil tetap awet.

Biaya tune up mobil di bengkel resmi dan umum

Biaya tune up mobil di bengkel resmi dan bengkel umum berbeda. Biasanya, biaya tune up mobil di bengkel resmi lebih mahal daripada di bengkel umum.

Biasanya, ini terkait dengan harga suku cadang yang perlu diganti. Bengkel resmi umumnya menyediakan suku cadang original dari pabrikan, sementara bengkel umum bisa memberikan opsi suku cadang lain yang lebih terjangkau.

Selain jenis bengkelnya, model kendaraan juga akan berpengaruh terhadap biaya tune up mobil. Jadi memang, biaya tune up mobil harus dilihat case by case-nya.

Biaya tune up mobil di bengkel resmi

Biaya tune up mobil di bengkel resmi jauh lebih mahal daripada di bengkel umum, di mana rata-rata akan mencapai Rp3 juta atau lebih. Namun untuk tune up mobil ringan, cukup murah seperti biaya tune up mobil di Auto2000 yang mulai dari Rp300 ribu saja.

Pengerjaan dan mekanik yang melakukan tune up di bengkel resmi adalah orang yang tentu mengetahui seluk beluk mobil tersebut. Itu membuat pengecekan kendaraan lebih memakan waktu, tapi juga lebih baik.

Menjalani tune up di bengkel resmi akan ada banyak sekali hal yang dicek mekanik. Sementara itu, khusus untuk filter dan busi biasanya hanya akan dilakukan pembersihan saja.

Jika memang kondisinya sudah parah, maka bengkel akan menyarankan untuk diganti sekaligus diberikan estimasi harga. Sehingga, kamu akan dapat memilih untuk diganti atau tidak.

Selain itu, jika dikerjakan di bengkel resmi umumnya akan dilakukan full tune up. Itulah alasan yang membuat biaya pengerjaannya di bengkel resmi jadi lebih mahal.

Biaya tune up mobil di bengkel umum

Berbeda dengan biaya tune up mobil di bengkel resmi yang bisa mencapai jutaan rupiah, biaya tune up mobil di bengkel umum jauh lebih murah.

Sebab, bengkel umum tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi, sehingga bisa memangkas biaya untuk tune up. Biasanya kamu cukup menyiapkan uang Rp350.000 hingga Rp500.000 untuk sekali melakukan tune up ringan di bengkel umum.

Itu belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang memang dianggap sudah tidak layak pakai yang bisa menjadi penyebab mobil mogok.

Biaya tune up mobil di Dokter Mobil

Dokter mobil adalah salah satu bengkel spesialis untuk AC mobil dan tune up. Cabang Dokter Mobil tersebar luas di kota-kota di Pulau Jawa dan Sumatera bahkan sampai Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sebagai gambaran, berikut biaya tune up Dokter Mobil, salah satu bengkel terpercaya di Indonesia.

Jenis tupe up mobilContoh Pengerjaan Biaya tune up mobil
Perawatan ringanCheck dan tune up mobil AC mobilMulai di harga Rp100.000
Perawatan sedangCheckup keseluruhan dan ganti suku cadangRp500 ribu sampai Rp1 Juta-an
Perawatan tingkat tinggiCheckup keseluruhan dan ganti suku cadangSesuai dengan suku cadang yang diganti. 

Biaya tune up di Auto2000

Auto2000 merupakan bengkel resmi untuk kendaraan bermerek Toyota. Auto2000 memiliki paket servis bertema Toyota Flexi Services yang bisa kamu manfaatkan dengan promo sehingga lebih hemat.

Dengan biaya tune up mobil mulai dari Rp336 ribu saja, kamu bisa mendapatkan fasilitas servis yang lengkap mulai dari pemeriksaan busi, sensor mesin, komponen bahan bakar seperti tutup tangki dan pipa gas buang.

Avanza merupakan salah satu merek mobil Toyota yang paling laris dan rupanya banyak yang penasaran berapa biaya tune up untuk mobil Avanza. 

Agar lebih jelas, berikut biaya tune up mobil Avanza dan mobil Toyota lainnya di bengkel umum seperti yang dikutip dari Otopedia.com

Merek mobilBiaya tune up
Toyota Agya Rp207.000
Toyota Calya Rp207.000
Toyota Avanza Rp247.500
Toyota Innova Rp289.000
Toyota Yaris Rp289.000
Toyota Vios Rp289.000
Toyota Fortuner Rp362.000
Toyota Harrier Rp362.000
Toyota Alphard Rp465.000
Toyota Vellfire Rp465.000

Kenapa biaya tune up mobil di bengkel umum lebih murah daripada di bengkel resmi?

Biaya tune up mobil bisa berbeda-beda sesuai jenis mobil dan daerahnya. Pilihan bengkel yang dituju juga turut memengaruhi alasan biaya tune up mobil bisa mahal.

Salah satu alasan biaya tune up mobil di bengkel resmi lebih mahal daripada di bengkel umum adalah bengkel umum tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi. Beda dengan bengkel resmi yang sudah menetapkan profit karena beragam alasan.

Hal ini dilatari oleh upaya menjaga kualitas layanan yang sangat ditekankan pada bengkel resmi.

Selain itu, jenis pekerjaan yang dilakukan di bengkel umum tidak sedetail pekerjaan di bengkel resmi.

Salah satunya, pekerjaan scanning sistem injeksi tidak akan dilakukan oleh bengkel umum lantaran alat atau mesin scanning tersebut biasanya hanya dimiliki bengkel resmi yang dioperasikan oleh montir bersertifikat.

Gak cuma pekerjaan scanning sistem injeksi, pekerjaan lain seperti pembersihan injektor juga tidak selalu dilakukan di bengkel umum.

Satu lagi penyebab biaya tune up mobil di bengkel resmi lebih mahal karena spare part yang digunakan berkualitas orisinal. Berbeda dengan sebagian bengkel umum yang menawarkan spare part tidak asli sehingga lebih murah.

Komponen yang diperiksa saat tune up mobil

Tune up dapat mengembalikan performa kendaraan, mencegah kerusakan, dan memeriksa apakah komponen-komponen pada kendaraan masih dalam kondisi baik.

Saat melakukan tune up, terdapat beberapa komponen yang diperiksa. Kalau kamu penasaran apa yang dilakukan saat tune up, berikut ini komponen yang akan diperiksa:

1. Filter udara

Komponen pertama yang akan diperiksa pada saat melakukan tune up adalah filter udara. Jika tidak begitu kotor, teknisi hanya akan membersihkan filter udara.

Namun, teknisi menyarankan pemilik kendaraan untuk menggantinya dengan filter udara yang baru jika keadaannya sangat kotor.

Beberapa hal yang menyebabkan filter udara ini sangat kotor adalah sering melewati lingkungan yang kotor, area pabrik, jalanan berdebu dan lain sebagainya. Bisa juga karena intensitas penggunaan yang terlalu sering.

2. Karburator dan throttle body

Pemeriksaan karburator dilakukan pada mobil non injeksi. Setelah dilakukan pemeriksaan karburator, RPM mobil akan disetel ulang.

Sedmentara itu, pada mobil injeksi, pemeriksaan hanya dilakukan pada throttle body. Bila diperlukan tindakan seperti pembersihan, maka carbu cleaner akan digunakan.

Carbu cleaner adalah produk kimia yang digunakan untuk membersihkan karburator pada mesin bensin. Penggunaan carbu cleaner dapat memperpanjang umur mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Simak pula ulasan mengenai pembersihan karburator di artikel Lifepal lainnya!

3. Celah busi

Pengecekan celah busi dilakukan dengan cara melihat api yang keluar. Normalnya, api akan terlihat tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Jika celah terlalu kecil, busi akan sulit menghasilkan api yang cukup untuk menyalakan campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder. Sementara itu, jika celah terlalu besar, busi akan mengeluarkan terlalu banyak api yang dapat menyebabkan terbakarnya campuran bahan bakar secara tidak sempurna.

Umumnya celah busi telah diset dari pabrikan. Namun, interaksi busi dengan tekanan kompresi dapat mengakibatkan celah busi berubah.

4. Celah katup

Pemeriksaan celah katup dilakukan pada mobil yang memiliki sistem katup konvensional. Pada mobil tipe ini, celah katup akan disetel sehingga kembali pada posisi standar.

Kesalahan dalam penyetelan posisi celah katup dapat mengakibatkan mobil menjadi berisik dan tenaga berkurang. Selain itu, terjadi kebocoran pada kompresi juga bisa saja terjadi.

Untuk mobil-mobil modern celah katup tidak perlu diperiksa. Pasalnya, dalam mobil modern ada sistem Hydraulic Lash Adjuster (HLA) yang membuat celah katup diatur secara otomatis berkat tekanan oli mesin.

5. Aki

Tegangan aki juga harus diperiksa. Untuk aki regular, dilakukan pemeriksaan elektrolit untuk mengetahui keadaan aki apakah masih bagus atau sudah lemah.

Aki adalah komponen penting pada sistem kelistrikan mobil yang berfungsi untuk menyimpan dan menghasilkan arus listrik. Baterai yang lemah dapat mengakibatkan mesin mobil sulit menyala, sehingga perlu diperiksa secara berkala.

Itulah komponen-komponen yang perlu dicek saat tune up mobil. Sebenarnya, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, meski cukup merepotkan tentu saja. Buat kamu pemilik mobil Innova, kamu bisa simak artikel Lifepal mengenai cara tune up toyota Innova bensin.

Manfaat dan fungsi tune up mobil secara berkala

Ada beragam manfaat tune up mobil yang akan diperoleh pengguna kendaraan ketika rutin menjalaninya, yaitu:

1. Performa mesin mobil lebih maksimal

Manfaat tune up mobil atau fungsi utama tune up adalah untuk memaksimalkan performa mesin mobil. Karena itu, jika tidak pernah dirawat rentan mengalami kerusakan, seperti penurunan performa yang akan mengganggu kenyamananmu selama berkendara.

Nah, jika masalah ini sudah parah, tidak menutup kemungkinan mesin tiba-tiba mati di tengah jalan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan melakukan servis secara berkala secara sendiri atau mendatangi bengkel langganan.

2. Menghindari kerusakan pada kendaraan sehingga biaya tune up mobil tidak tinggi

Kamu pasti tidak ingin mobil kesayangan mengalami kerusakan. Karena itu, manfaat tune up mobil sangat penting untuk menghindari kerusakan kendaraan.

Kalau kamu membiarkan mobil dalam waktu lama tanpa perawatan, kerusakan yang semula ringan dapat berubah jadi kerusakan parah. Selain menambah biaya pengeluaran, hal ini pun meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Cara terbaik untuk menghindari kejadian itu dengan rutin merawat mesin mobil dan melakukan tune up minimal setiap setahun sekali.

3. Menjaga kondisi mesin mobil

Manfaat tune up mobil lainnya yang tidak kalah penting adalah menjaga kondisi mesin mobil. Mesin mobil merupakan salah satu komponen yang paling penting.

Jika mesin mengalami kerusakan karena tidak pernah dirawat, hal ini akan berpengaruh buruk pada performa dan komponen lainnya.

Dengan melakukan tune up, kondisi mesin mobil dapat terpantau. Sekalipun terjadi kerusakan, kamu akan lebih mudah memperbaikinya.

4. Memastikan fungsi saringan udara berfungsi baik

Salah satu fungsi tune up untuk memastikan saringan udara berfungsi dengan baik dan optimal. Jika saringan udara rusak, suhu udara akan meningkat sehingga menyebabkan penurunan performa mesin mobil.

Filter udara yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan mobil hilang tenaga saat digas, lho.

Jika rutin melakukan perawatan, kamu dapat mengantisipasi terjadinya kerusakan pada saringan udara dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

5. Memastikan seluruh komponen dalam kondisi stabil

Fungsi lain dari tune up adalah memastikan seluruh komponen mobil dalam kondisi yang bagus dan stabil.

Manfaat tune up mobil juga dapat membuat kinerja komponen mobil lebih optimal. Sehingga, mobil akan terasa lebih nyaman saat digunakan.

Dengan kondisi kendaraan yang lebih aman dan nyaman, tentu saja juga akan membuat emisi gas buang lebih terjaga.

Perbedaan servis mobil dan tune up

Servis mobil dan tune up adalah dua hal yang berbeda karena memiliki tujuan dan tinkat perawatan yang berbeda pula. Secara umum, perbedaan antara servis mobil biasa dengan tune up dapat dilihat dari jenis perawatan dan waktunya.

Berikut adalah perbedaan tune up dengan servis biasa.

Perbedaan waktu servis dan tune up

Dari segi jangka waktu, tune up biasanya dilakukan setiap 30.000-50.000 km atau setiap 12-24 bulan. Itu pun jika mobil sudah mencapai 120 kilometer pertamanya.

Sementara itu, untuk servis mobil biasa jarak waktunya lebih pendek yakni setiap 10.000-15.000 km. Pada 1.000 km pertama, mobil perlu dilakukan servis rutin. Selanjutnya pada 30.000 km, 50.000 km dan 70.000 km untuk mengcek komponen seperti mesin, oli, dan ban.

Jenis servis yang dilakukan

Pada servis mobil, para mekanik melakukan pengecekan pada semua komponen secara menyeluruh. Sementara ketika kita melakukan tune up, pengecekan dititikberatkan pada kinerja mesin agar performanya kembali mantap.

Tune up lebih terfokus pada perawatan mesin untuk menjaga kinerja mesin dan meningkatkan efisiensi bahan bakar, sedangkan servis biasa lebih terfokus pada perawatan seluruh komponen mobil untuk memastikan bahwa mobil dapat berfungsi dengan baik dan aman.

Ketika mendapati kondisi komponen yang rusak akan segera bisa diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Karena alasan itulah, biaya tune up mobil jauh lebih mahal dibandingkan biaya servis mobil biasa.

Bengkel tune up mobil terdekat

Jika sudah mengetahui harga tune up mobil di pasaran, sekarang saatnya mencari bengkel tune up mobil terdekat. 

Di Jakarta, kamu dapat memanfaatkan layanan dari bengkel seperti Dokter Mobil yang telah memiliki reputasi bagus dalam hal AC mobil dan tune up. Berikut informasi bengkel tune up mobil. 

Bengkel tune up mobil di Jakarta

Berikut bengkel tune up mobil yang ada di Jakarta.

Nama bengkelAlamatNo HP 
Dokter Mobil – Tune Up & AC ServicesBlok QJ3 No, Jl. Boulevard Raya No.24, RW.12, Kelapa Gading Bar, Kec. Kelapa. Gading, Kota Jakarta Utara.0878-8088-4576
VARIA 2000 KosambiAlamat: No.63, Jl. Raya Duri Kosambi No.2, RT.7/RW.2, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. (021) 54393787
Bengkel Mobil Raja ServiceJl. Radio Dalam Raya No.54, RT.5/RW.14, Gandaria Utara, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan(021) 7264734
BRS Autoservice mobilJl. Radio Dalam Raya No.54, RT.5/RW.14, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan,(021) 7264734

Bengkel tune up mobil di Depok 

Berikut bengkel tune up mobil yang ada di Depok.

Nama bengkelAlamatNo HP 
Andala Auto Care CinereAlamat: Jalan Cinere Raya No. 468, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok(021) 7548350
Mobeng CinereJalan Cinere Raya No.11A, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok(021) 7539616
Arena NissanPasar Segar Cinere Blok OBA No. 23, Jalan Raya Cinere, No. 145, Cinere, Kec. Cinere, Kota Depok(021) 29503339
Carfit Auto GarageRuko Griya Cinere II Jalan Cinere-Limo Raya Blok 49 No.37, Limo, Kec. Cinere, Depok08561224988

Bengkel tune up mobil di Tangerang 

Berikut bengkel tune up mobil yang ada di Tangerang.

Nama bengkelAlamatNo HP 
CARfix KarawaciJl. Imam Bonjol Kel No.26, RT.001/RW.002, Karawaci, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Banten(021) 55727769
Dokter Mobil Soekarno Hatta – Tune Up & Service AC TerbaikJl. Marsekal Suryadarma No.5, RT.004/RW.008 Neglasari, Kec. Neglasari, Kota Tangerang, Tangerang, Banten.0853-3872-8241
Mahardika Speed Engineering ( Bengkel Mobil Tune Up & Perawatan Mobil )Jl. Raden Saleh Gg. Daud, RT.004/RW.002, Karang Mulya, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang.0821-1213-9597

Bengkel tune up mobil di Bekasi

Berikut bengkel tune up mobil yang ada di Bekasi.

Nama bengkelAlamatNo HP 
Bengkel Domo Narogong – Specialist Tune Up, Ac Mobil & Ganti OliJl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bekasi. 0812-1179-0821
Radin Inten MotorJl. Zamrud Utara No.132, Cimuning, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi. 0813-8854-9179
DM 999 tune upJln terusan, Jl. I Gusti Ngurah Rai kel No.160, RT.005/RW.004, Bintara, Kec. Bekasi Bar., Bekasi barat0821-2209-8557

Demikianlah pembahasan mengenai biaya tune up mobil, bengkel mobil tune up terdekat, fungsi dan manfaat tune up mobil serta komponen apa saja yang diperiksa. Semoga dapat menambah wawasan kamu tentang perawatan mobil, ya. 

Tips dari Lifepal! Lakukan tune up mobil setiap enam bulan sekali secara rutin untuk menjaga performa mobil kamu. Selain menjaga performa, penting juga untuk memastikan keselamatan berkendara saat di jalan.

Simak pula ulasan mengenai bengkel Mitsubishi Medan, dan juga biaya tune up mobil diesel di artikel Lifepal lainnya!

Lengkapi dengan proteksi dari asuransi mobil

Agar performa kendaraanmu tetap prima, kamu harus rutin merawatnya. Selain itu, jangan lupa untuk memproteksi dirimu dari risiko pengeluaran mendadak yang efeknya bisa menguras tabungan.

Kamu bisa berikan proteksi asuransi mobil untuk kendaraanmu dari biaya ganti rugi perbaikan yang sifatnya tidak terprediksi. Misalnya, kerusakan akibat benturan saat berlalu lintas maupun kejadian-kejadian yang sifatnya kelalaian pribadi.

Tidak cuma biaya perbaikan, kamu juga bisa dapat ganti rugi jika mobilmu hilang dicuri dan pertanggungan keuangan andai kamu dituntut ganti rugi oleh pihak ketiga.

Ada dua polis asuransi mobil yang kamu bisa pilih, yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Keduanya menawarkan syarat dan manfaat yang berbeda-beda.

Kalau kamu bingung mau pilih polis asuransi mobil mana yang sesuai dengan bujetmu, temukan jawabannya menggunakan kuis asuransi mobil berikut ini.

Hitung juga besaran premi asuransi mobil yang harus kamu bayar dengan kalkulator premi asurasi mobil berikut ini.

Pertanyaan seputar biaya tune up mobil

Biasanya untuk tune up di bengkel resmi rata-rata akan mencapai Rp3 juta atau lebih. Sedangkan di bengkel umum Rp350.000 hingga Rp500.000, itu belum termasuk biaya penggantian spare part atau komponen yang memang dianggap sudah tidak layak pakai yang bisa menjadi penyebab mobil mogok.

Keduanya memiliki perbedaan antara lain, apabila servis biasa maka kendaraan akan dilakukan pengecekan kondisinya. Sementara tune up bertujuan untuk membuat kondisi komponen-komponen pada kendaraan dalam kondisi yang prima atau baru. Proteksi keungan kamu dari mahalnya biaya servis dan tune up dengan pilihan asuransi mobil terbaik.

Dapatkan Promo