Cara Kerja Kopling Mobil, Fungsi, Hingga Cara Merawatnya!

cara kerja kopling mobil I Lifepal.co.id

Kopling merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang berfungsi menghubungkan antara poros engkol dengan gigi transmisi. Sistem kerjanya pun sederhana, yakni memutus atau menyambung tenaga dari mesin ke transmisi gigi. 

Selain itu, ada dua kondisi yang dapat membedakan cara kerja kopling mobil, yaitu saat ditekan dan tidak ditekan. Agar lebih jelas, simak yuk pelajari cara kerja, fungsi, komponen, hingga cara merawat selengkapnya di bawah ini!

Cara kerja kopling mobil

Meskipun punya sistem kerja yang sederhana, tidak semua orang dapat memahaminya. Kopling bekerja dengan menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga dari mesin ke roda penggerak, sebagai pemindah tenaga mesin ke gigi transmisi mobil. Sistem kerjanya dapat terjadi pada dua kondisi yang berbeda, yaitu:

Saat pedal ditekan

Ketika pedal ditekan, kopling akan bekerja dengan memutus aliran tenaga dari mesin ke transmisi. Mengapa demikian? Karena sistem hidrolik pada kopling menciptakan tekanan cairan yang mengalir ke area aktuator hidrolik. Tekanan tersebut menggerakkan release bearing untuk menekan bagian clutch cover.

Akibat tekanan dari release bearing, pressure plate (plat penekan) terangkat dan tidak lagi menekan clutch disc (plat kopling). Dengan terangkatnya pressure plate, clutch disc terlepas dari flywheel. Hal ini menyebabkan aliran tenaga dari mesin tidak diteruskan ke transmisi.

Singkatnya, ketika pedal kopling ditekan, tenaga mesin tidak sampai ke transmisi karena clutch disc tidak lagi terhubung dengan flywheel. Memungkinkan pengemudi untuk mengganti gigi dengan mulus tanpa merusak transmisi.

Saat pedal dilepas

Cara kedua adalah saat pedal dilepas, kopling akan kembali terhubung dan mengalirkan tenaga dari mesin ke transmisi. Nah pada kondisi ini, liquid atau cairan aktuator hidrolik akan menghilang. Alhasil, release bearing kembali ke posisi awal dan tidak ada tekanan pada release lever.

Saat pedal dilepas, pegas akan bekerja dengan menekan pressure plat kembali. Tujuannya agar pressure plat menempel pada bagian plat kopling.

Sehingga, kopling akan terjepit dan flywheel berputar. Sementara itu putarannya tersalur pada plat kopling dan transmisi.

Gigi mobil pun tidak akan bisa dipindahkan jika tidak memiliki kopling. Hal ini karena sistem transmisi tidak bekerja. Oleh sebab itulah, jika kamu ingin memasukkan gigi atau menguranginya, maka pedal perlu diinjak. Tujuannya agar terjadi pemutusan tenaga dan perpindahan gigi lebih mulus.

Fungsi dari kopling mobil

Karena masuk dalam komponen penting pada sebuah kendaraan, berikut fungsi kopling mobil yang harus kamu ketahui. 

  • Mengangkat engine saat mobil akan bergerak sehingga membuat pergerakan mobil lebih halus dan lancar
  • Menjadikan perpindahan gigi mobil halus saat mobil mulai berjalan atau digunakan
  • Menghentikan mobil tanpa harus mematikan mesin. Utamanya saat macet atau terjebak lampu merah dan jalan yang padat
  • Menunjang performa kendaraan dan mesin agar lebih optimal
  • Meningkatkan performa rem kendaraan, terutama saat pengereman yang mendadak atau bersifat darurat.
  • Komponen kopling mobil

    Setelah mengenal apa itu kopling mobil, ketahui juga komponen yang ada di dalamnya. Apa saja? Berikut penjelasannya delapan komponen kopling mobil:

    1. Pedal kopling (clutch pedal)

    Komponen satu ini berfungsi mengendalikan kopling dengan cara kerja seperti pengungkit, seperti memutus atau menyambungkan kopling.

    Pada bagian pangkal pedal, ada engsel yang menghubungkan langsung ke push rod. Nah pedal tersebut biasanya akan disesuaikan tingginya dengan kebutuhan pengendara.

    2. Master silinder kopling (master clutch)

    Cara kerja komponen satu ini berbanding terbalik dari komponen lainnya. Pasalnya komponen ini mengubah tenaga mekanik jadi hidrolik ketika pedal ditekan. Komponen ini juga memiliki dua bagian, yakni atas dan bawah.

    Pada bagian atas, komponen terhubung ke push rod sehingga mampu menerima tekanan langsung pedal kopling. Sedangkan bagian bawah menerima tekanan yang nantinya disalurkan oleh minyak kopling baru. Kemudian menyalurkan tekanan ke fork sebagai media pendorong.

    3. Clutch cover

    Komponen ini ditekan oleh release bearing. Berbentuk menyerupai tutup kopling, clutch cover atau matahari mobil berfungsi sebagai rumah dari beberapa pegas diafragma serta alat penekan.

    Tutup ini juga terhubung dengan flywheel dan ikut berputar saat flywheel bergerak. Jika bermasalah, komponen ini dapat membuat performa mobil tidak bagus. 

    Salah satu ciri ciri matahari mobil rusak adalah sulit saat hendak memindahkan gigi. 

    4. Clutch Disc

    Clutch disc adalah piringan yang terletak di antara flywheel dan pressure plate. Piringan ini memiliki lapisan gesek yang memungkinkan untuk mentransfer tenaga mesin ke transmisi.

    5. Flywheel

    Komponen satu ini merupakan sebuah plat yang memiliki dua fungsi. Pertama memberikan putaran input dari mesin mobil, kedua sebagai dudukan untuk komponen clutch cover beserta clutch disk.

    6. Pressure Plate

    Seperti namanya, plat ini berfungsi melanjutkan tekanan dari kampas kopling ke pegas diafragma.

    Pressure plat memiliki bentuk semacam piringan yang terbuat dari bahan besi dan memiliki lubang pada bagian tengahnya.

    7. Pegas kopling

    Ada dua tipe pegas kopling, yakni tipe diafragma dan tipe coil spring. Fungsinya sebagai penekan pressure plate agar terus menempel pada kopling.

    8. Release bearing

    Punya bentuk fisik seperti cincin tebal, release bearing merupakan komponen yang memiliki fungsi menyalurkan tekanan dari release fork atau actuary cylinder. Tujuannya agar tekanan yang dimaksud dapat dimanfaatkan untuk menekan pegas diafragma.

    9. Release Lever

    Komponen terakhir ini juga berbentuk plat dan memiliki fungsi sebagai pengungkit pressure plate agar bisa terlepas dari plat kopling.

    10. Release Fork

    Release fork adalah garpu yang menghubungkan release lever dengan release bearing. Garpu ini membantu mengarahkan gerakan release bearing saat pedal kopling ditekan.

    Cara merawat kopling mobil agar awet

    Setelah memahami jenis, prinsip kerja, dan fungsi kopling, serta beragam komponennya, jangan lupa untuk memperhatikan cara merawat kopling mobil agar awet ya. Merawat kopling mobil dengan benar sangat penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan umur pakai yang lebih lama. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

    1. Meminimalisir penggunaan setengah kopling

    Saat mengemudi, usahakan tidak terlalu sering menggunakan setengah kopling. Ini merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengemudi.

    Dampaknya, kampas kopling akan cepat habis. Dan jika dibiarkan tentu akan berefek buruk untuk pemakaian kopling mobil dalam jangka panjang.

    2. Jangan paksa mobil untuk menerjang banjir

    Salah satu yang dapat dengan cepat merusak komponen mobil adalah kebiasaan menerjang banjir. Selain membuat mobil kotor dan mudah berkarat, air banjir juga memiliki dampak buruk pada kopling mobil lantaran membuat sistem kopling terganggu akibat masuknya air. Apalagi jika  mobil tidak dilengkapi dengan automatic transmission.

    3. Periksa dan atur kabel atau sistem hidrolik kopling secara berkala

    Pastikan bahwa kabel kopling tidak kendor dan sistem hidrolik tidak mengalami kebocoran. Periksa dan atur ketegangan kabel atau tekanan hidrolik sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

    4. Lepas pedal kopling dengan perlahan

    Ketika melepaskan pedal kopling, lakukan dengan perlahan untuk memastikan perpindahan gigi yang mulus dan mengurangi tekanan berlebihan pada komponen kopling.

    5. Cek volume minyak pada rem

    Mengapa perlu cek secara berkala? Karena volume minyak pada rem memiliki pengaruh pada kinerja kopling mobil.

    Pastikan volume minyak ada pada kadar normal, tidak kurang ataupun lebih. Sebab, kadar yang berlebih juga memiliki efek buruk, salah satunya dapat membuat kopling mobil berlubang.

    6. Jangan biarkan mobil tak terpakai dalam waktu lama

    Mobil yang lama tidak terpakai akan lebih rentan mengalami kerusakan. Apalagi bagian kopling yang dapat mengeras, hal ini akan menyulitkan kamu saat ingin menggunakan mobil. Oleh sebab itu, perlu untuk memanaskan mobil secara berkala meskipun tidak menggunakan mobil untuk bepergian jauh.

    Simak ulasan mengenai letak kopling mobil di artikel Lifepal lainnya!

    Ciri-ciri kampas kopling mobil habis

    Kampas kopling yang habis dapat menyebabkan berbagai masalah pada kendaraan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri kampas kopling mobil habis:

  • Kopling terasa slip saat berkendara, terutama saat menanjak.
  • Perpindahan gigi menjadi sulit atau terdengar bunyi gesekan.
  • Pedal kopling terasa lebih tinggi dari biasanya.
  • Tenaga mesin terasa berkurang saat akselerasi.
  • Terdengar suara berisik dari area kopling saat pedal ditekan atau dilepas.
  • Tips dari Lifepal! Sebelum berkendara, ada banyak hal yang harus kamu pelajari, salah satunya adalah belajar kopling mobil. 

    Dengan mempelajari seluk beluk kopling mobil, kamu bisa berkendara dengan aman. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kopling mobil tetap awet dan berfungsi normal. 

    Jangan lupa juga untuk memproteksi finansial kamu dengan asuransi mobil, ya. Sebab, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran nih.

    Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

     

    Biasanya, apa sih yang jadi pertimbangan seseorang membeli asuransi mobil? Nah, satu yang jadi alasan biasanya adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan.

    Hal tersebut lantaran memiliki mobil juga memerlukan komitmen dan tanggung jawab besar. Apalagi mengingat biaya servis mobil yang terbilang mahal. Salah perhitungan sedikit, tabunganmu bisa ikut ludes.

    Selain itu, memiliki asuransi mobil juga dapat membantumu memproteksi finansial lho.

    Kok bisa? Dengan asuransi, kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah dana untuk mengcover seluruh risiko sesuai besaran premi yang kamu bayarkan. Termasuk risiko kehilangan mobil akibat pencurian.

    Oleh sebab itu, tak ada salahnya memproteksi finansialmu dengan menggunakan asuransi mobil bukan?

    Asuransi mobil dapat melindungimu dari biaya servis mobil tak terduga tersebut akibat risiko-risiko yang juga tak terduga.

    Cek besaran premi asuransi mobil dengan kalkulator premi asuransi mobil di bawah ini.

    Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan kebutuhanmu bandingkan asuransi mobil terbaik di bawah ini.

    Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

    Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

    Pertanyaan Seputar Cara Kerja Kopling Mobil

    Ya, minyak kopling harus rutin diganti. Minyak kopling yang bersih dan dalam kondisi baik sangat penting untuk memastikan sistem kopling berfungsi dengan optimal. Minyak kopling yang kotor atau terkontaminasi dapat menyebabkan penurunan kinerja kopling dan berpotensi merusak komponen hidrolik lainnya. Biasanya, penggantian minyak kopling disarankan setiap 20.000 hingga 40.000 kilometer atau sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraanmu.
    Kopling manual dapat dibedakan berdasarkan cara kerjanya menjadi tiga jenis:

    1. Kopling Mekanis, menggunakan kabel untuk menghubungkan pedal kopling dengan mekanisme kopling. Saat pedal diinjak, kabel menarik release lever untuk melepaskan kopling.
    2. Kopling Hidrolik, menggunakan sistem hidrolik yang terdiri dari master silinder dan slave silinder. Saat pedal diinjak, tekanan hidrolik dari master silinder menggerakkan slave silinder untuk melepaskan kopling.
    3. Kopling Pneumatik, Menggunakan tekanan udara untuk mengoperasikan kopling. Sistem ini biasanya digunakan pada kendaraan komersial besar.

    Biaya perawatan kopling mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil, merek, dan kondisi kopling:
    Biaya penggantian kampas kopling berkisar Rp1.500.000 hingga Rp5.000.000, tergantung pada jenis dan merek kendaraan.
    Sedangkan untuk minyak kopling berkisar Rp100.000 hingga Rp300.000, tergantung pada jenis minyak yang kamu gunakan dan biaya jasa bengkel.
    Penyetelan kopling berkisar Rp200.000 hingga Rp500.000, tergantung pada kompleksitas penyetelan dan biaya jasa bengkel.
    Penggantian kmponen lainnya (seperti release bearing, pressure plate, atau flywheel) berkisar Rp2.000.000 hingga Rp10.000.000, tergantung pada jenis komponen dan merek kendaraan. Sebaiknya kamu mendapatkan estimasi biaya dari beberapa bengkel terpercaya sebelum melakukan perawatan kopling.