Cara Kerja Kopling Mobil dan Fungsinya yang Harus Dipahami

cara kerja kopling mobil

Belakangan ini, masih banyak yang belum tahu cara kerja kopling mobil. Padahal, kopling merupakan salah satu bagian penting pada mobil yang berfungsi menghubungkan antara poros engkol dengan gigi transmisi.

Sistem kerja kopling mobil pun sederhana, yakni memutus atau menyambung tenaga dari mesin ke transmisi gigi. Selain itu, ada dua kondisi yang dapat membedakan cara kerja kopling mobil. Pertama saat kopling ditekan, dan kedua saat kopling tidak ditekan.

Karena memiliki peran yang cukup besar,kopling punya beragam jenis lho. Mulai dari kopling manual, otomatis, plat ganda, plat tunggal, kopling kering, dan gesek. Meski demikian, semua variasi tersebut memiliki cara kerja yang hampir sama.

Cara kerja kopling mobil

Kopling mobil punya sistem kerja yang meski terdengar sederhana, tidak semua orang dapat memahaminya.

Memiliki fungsi sebagai pemindah tenaga mesin ke gigi transmisi mobil, sistem kerja kopling mobil sendiri dapat terjadi pada dua kondisi yang berbeda:

1. Saat kopling mobil ditekan

Kopling akan bekerja pertama kali saat pedal ditekan. Pada kondisi ini, kopling mobil akan memutus putaran dari mesin ke transmisi.

Mengapa demikian? Karena pada saat kopling diinjak, hidrolik yang ada pada kopling akan menciptakan tekanan cair  ke area aktuator hidrolik.

Dalam kondisi ini, release bearing menekan bagian clutch cover. Akibatnya, plat penekan terangkat dan tidak bisa menekan clutch disc.

Singkatnya, hal ini yang membuat tenaga mesin tak sampai ke transmisi. ke push rod sehingga mampu menerima tekanan langsung pedal kopling.

2. Saat kopling mobil tidak ditekan

Cara kedua adalah saat kopling mobil tidak ditekan atau dilepaskan. Nah pada kondisi ini, liquid atau cairan aktuator hidrolik akan menghilang. Alhasil, release bearing kembali ke posisi awal dan tidak ada tekanan pada release lever.

Saat pedal kopling dilepas, pegas kopling akan bekerja dengan menekan pressure plat kembali. Tujuannya agar pressure plat menempel pada bagian plat kopling.

Nantinya, kopling akan terjepit dan flywheel berputar. Sementara itu putarannya tersalur pada plat kopling dan transmisi.

Gigi mobil pun tidak akan bisa dipindahkan jika tidak memiliki kopling. Hal ini karena sistem transmisi tidak bekerja. Oleh sebab itulah, jika kamu ingin memasukkan gigi atau menguranginya, maka kopling perlu diinjak. Tujuannya agar terjadi pemutusan tenaga dan perpindahan gigi lebih mulus.

Cara kerja kopling manual

Saat menekan pedal kopling, itu artinya kamu mengaktifkan fungsi kopling manual. Pada cara kerja kopling manual, tenaga putar dari mesin akan terputus.

Namun, sistem kopling tidak hanya berfungsi menyambungkan kembali tenaga mesin sekenanya, tapi juga harus bisa bekerja secara cepat, halus, dan efisien.

Nah prinsip kerja kopling manual sendiri adalah dengan memanfaatkan gesekan antara dua jenis plat yang permukaannya sama sekali tidak licin, sehingga saat kedua plat ditempelkan, yang terjadi adalah putaran perpindahan.

Cara kerja kopling mobil otomatis

Kopling satu ini diatur oleh tinggi rendahnya putaran mesin dari mobil. Tak jauh beda dari kopling manual, kopling otomatis juga memiliki kedudukan poros engkol dan poros primer.

Cara kerja sistem kopling otomatis pun nyaris sama dengan prinsip kerja kopling manual. Hanya saja, bedanya terletak pada alat khusus yang dipakai untuk menggantikan perlengkapan handle.

Komponen kopling mobil

Setelah mengenal apa itu kopling mobil, ketahui juga komponen yang ada di dalamnya. Ada 8 komponen pada kopling. Apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Pedal kopling (clutch pedal)

Komponen satu ini berfungsi mengendalikan kopling dengan cara kerja seperti pengungkit, seperti memutus atau menyambungkan kopling.

Seperti diketahui, pada bagian pangkal pedal ada engsel yang dihubungkan langsung ke push rod. Nah pedal tersebut biasanya akan disesuaikan tingginya dengan kebutuhan pengendara.

2. Master silinder kopling (master clutch)

Cara kerja komponen satu ini bisa dibilang berbanding terbalik dari komponen lainnya. Pasalnya komponen ini mengubah tenaga mekanik jadi hidrolik ketika pedal ditekan. Komponen ini juga memiliki dua bagian, yakni atas dan bawah.

Pada bagian atas, komponen dihubungkan ke push rod sehingga mampu menerima tekanan langsung pedal kopling. Sedangkan bagian bawah menerima tekanan yang nantinya disalurkan oleh minyak kopling baru kemudian tekanan disalurkan ke fork sebagai media pendorong.

3. Release bearing

Punya bentuk fisik seperti cincin tebal, release bearing merupakan komponen yang memiliki fungsi menyalurkan tekanan dari release fork atau actuary cylinder. Tujuannya agar tekanan yang dimaksud dapat dimanfaatkan untuk menekan pegas diafragma.

4. Clutch cover

Komponen ini ditekan oleh release bearing. Berbentuk menyerupai tutup kopling, clutch cover atau matahari mobil berfungsi sebagai rumah dari beberapa pegas diafragma serta alat penekan.

Tutup ini juga terhubung dengan flywheel dan ikut berputar saat flywheel bergerak. Jika bermasalah, komponen ini dapat membuat performa mobil tidak bagus. 

Salah satu ciri ciri matahari mobil rusak adalah sulit saat hendak memindahkan gigi. 

5. Flywheel

Komponen satu ini merupakan sebuah plat yang memiliki dua fungsi. Pertama memberikan putaran input dari mesin mobil, kedua sebagai dudukan untuk komponen clutch cover beserta clutch disk.

6. Pressure Plate

Seperti namanya, plat ini berfungsi melanjutkan tekanan dari kampas kopling ke pegas diafragma.

Pressure plat memiliki bentuk semacam piringan yang terbuat dari bahan besi dan memiliki lubang pada bagian tengahnya.

7. Pegas kopling

Ada dua tipe pegas kopling, yakni tipe diafragma dan tipe coil spring. Fungsinya sebagai penekan pressure plate agar terus menempel pada kopling.

8. Release Lever

Komponen terakhir ini juga berbentuk plat dan memiliki fungsi sebagai pengungkit pressure plate agar bisa terlepas dari plat kopling.

Fungsi kopling mobil

Karena masuk dalam komponen penting pada sebuah kendaraan, berikut fungsi kopling mobil yang harus kamu ketahui. 

  • Mengangkat engine saat mobil akan bergerak sehingga membuat pergerakan mobil lebih halus dan lancar
  • Menjadikan perpindahan gigi mobil halus saat mobil mulai berjalan atau digunakan
  • Menghentikan mobil tanpa harus mematikan mesin. Utamanya saat macet atau terjebak lampu merah dan jalan yang padat
  • Menunjang performa kendaraan dan mesin agar lebih optimal
  • Meningkatkan performa rem kendaraan, terutama saat pengereman yang mendadak atau bersifat darurat.
  • Cara merawat kopling mobil agar awet

    Setelah memahami jenis kopling, prinsip kerja kopling, fungsi kopling, serta beragam komponennya, jangan lupa untuk memperhatikan cara merawat kopling mobil agar awet ya.

    Dengan merawat kopling, sama saja dengan memperpanjang umur kopling serta memastikan performanya tetap konsisten. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

    1. Meminimalisir penggunaan setengah kopling

    Saat mengemudi, usahakan tidak terlalu sering menggunakan setengah kopling. Ini merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengemudi.

    Dampaknya, kampas kopling akan cepat habis. Dan jika dibiarkan tentu akan berefek buruk untuk pemakaian kopling mobil dalam jangka panjang.

    2. Jangan paksa mobil untuk menerjang banjir

    Salah satu yang dapat dengan cepat merusak komponen mobil adalah kebiasaan menerjang banjir. Selain membuat mobil kotor dan mudah berkarat, air banjir juga memiliki dampak buruk pada kopling mobil lantaran membuat sistem kopling terganggu akibat masuknya air. Apalagi jika  mobil tidak dilengkapi dengan automatic transmission.

    3. Cek volume minyak pada rem

    Mengapa perlu dicek berkala? Karena volume minyak pada rem memiliki pengaruh pada kinerja kopling mobil.

    Pastikan volume minyak ada pada kadar normal, tidak kurang ataupun lebih. Sebab, kadar yang berlebih juga memiliki efek buruk, salah satunya dapat membuat kopling mobil berlubang.

    4. Lakukan penyetelan pada celah kopling.

    Celah kopling mobil dapat berubah, tergantung seberapa rutin mobil digunakan dan kondisi kopling yang juga sering berubah.

    Caranya cukup mudah, cukup putar mur penyetel (letaknya persis di bagian master silinder bawah) ke arah yang diinginkan.

    5. Jangan biarkan mobil tak terpakai dalam waktu lama

    Mobil yang jarang digunakan lebih rentan mengalami kerusakan, apalagi bagian kopling yang dapat mengeras dan tentunya menyulitkan saat mobil akan digunakan. Oleh sebab itu, perlu untuk memanasi mobil secara berkala meskipun tidak menggunakan mobil untuk bepergian jauh.

    Tips dari Lifepal! Sebelum berkendara, ada banyak hal yang harus kamu pelajari, salah satunya adalah belajar kopling mobil. 

    Dengan mempelajari seluk beluk kopling mobil, kamu bisa berkendara dengan aman. Selain itu, kamu juga bisa menjaga kopling mobil tetap awet dan berfungsi normal. 

    Jangan lupa juga untuk memproteksi finansial kamu dengan asuransi mobil, ya. Sebab, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran nih.

    Jadi, finansial kamu akan ikut aman karena perusahaan asuransi menanggung biaya-biaya atas resiko yang sudah disebutkan sebelumnya.

    Simak ulasan mengenai letak kopling mobil di artikel Lifepal lainnya!

    Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

     

    Pentingnya punya asuransi mobil

    Biasanya, apa sih yang jadi pertimbangan seseorang membeli asuransi mobil? Nah, satu yang jadi alasan biasanya adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan.

    Hal tersebut lantaran memiliki mobil juga memerlukan komitmen dan tanggung jawab besar. Apalagi mengingat biaya servis mobil yang terbilang mahal. Salah perhitungan sedikit, tabunganmu bisa ikut ludes.

    Selain itu, memiliki asuransi mobil juga dapat membantumu memproteksi finansial lho.

    Kok bisa? Dengan asuransi, kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah dana untuk mengcover seluruh risiko sesuai besaran premi yang kamu bayarkan. Termasuk risiko kehilangan mobil akibat pencurian.

    Oleh sebab itu, tak ada salahnya memproteksi finansialmu dengan menggunakan asuransi mobil bukan?

    Asuransi mobil dapat melindungimu dari biaya servis mobil tak terduga tersebut akibat risiko-risiko yang juga tak terduga.

    Cek besaran premi asuransi mobil dengan kalkulator premi asuransi mobil di bawah ini.

    Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

    Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

    Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

    Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

    Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung.

    Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

    Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

    Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

    FAQ seputar cara kerja kopling mobil

    Berikut jenis kopling manual yang dikelompokkan berdasar cara kerjanya: Kopling magnetic, kopling gesek, dan kopling fluida atau hidrolik. Kemudian jenis kopling menurut jumlah plat kopling: Plat kopling tunggal, dan plat kopling ganda.
    Karena jadi komponen penting dalam mobil, servis kopling mobil juga wajib dilakukan. Untuk biaya servis, kisaran harganya beragam, Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Tergantung pada jenis mobil dan transmisinya. Untuk manual, harga di kisaran Rp 900 hingga Rp 3 jutaan. Sementara matik mulai dari Rp 1,1 hingga Rp 4 jutaan. Harga tersebut belum termasuk tarif jasa bengkel ya.
    Memiliki asuransi mobil penting untuk melindungi finansial kamu atas risiko kerusakan atau kehilangan mobil. Kamu bisa memilih produk asuransi All Risk yang bisa menanggung segala jenis kerusakan mobil, mulai dari mobil lecet, baret, rusak karena bencana alam, hingg mobil hilang karena dicuri.