Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet Biar Tidak Ditolak

cara klaim asuransi mobil lecet

Cara klaim asuransi mobil lecet perlu diketahui pemilik kendaraan roda empat. Pasalnya, cara klaim asuransi mobil lecet dapat dilakukan ketika sesuatu hal tak terduga terjadi pada kendaraan kita. 

Bayangkan, berapa uang yang akan kamu keluarkan jika mobil rusak akibat kecelakaan? Selain merogoh kocek untuk perbaikan mobil, kamu masih harus mengeluarkan uang untuk biaya rutin yang lain.

Karena hal itu, penting bagi kita memiliki asuransi mobil agar terhindar dari pengeluaran yang terlalu besar untuk memperbaiki mobil kita yang lecet, baret, dan jika mengalami peristiwa tidak diinginkan lainnya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tips mengenai cara klaim asuransi mobil lecet, kita dapat mengingatnya dengan singkatan LIDIKU. Simak pemaparan berikut ini ya!

Cara klaim asuransi mobil lecet tips LIDIKU

Penasaran dengan makna LIDIKU, coba simak ulasan dari Lifepal berikut.

  • Lampirkan bukti foto
  • Isi formulir pengajuan klaim
  • Dokumen harus lengkap
  • Informasikan dan ceritakan kronologi kejadian dengan jelas
  • Kontak pihak asuransi
  • Upayakan menggunakan jasa bengkel rekanan

1. Lampirkan bukti foto sebagai cara klaim asuransi mobil lecet

Pihak asuransi tentu tidak akan langsung mengabulkan klaim asuransi karena dibutuhkan bukti-bukti yang bisa menunjukkan kerusakan. Dalam hal ini, foto dari kondisi mobil atau kendaraan yang lecet akibat kejadian tidak terduga, yaitu seperti kecelakaan atau disenggol pengendara lain.

Bukti foto ini penting guna merekam kondisi riil dari kendaraan kita pascakecelakaan, terutama apabila kecelakaan atau benturan menyebabkan kendaraan rusak parah. Foto dapat pula turut disertakan ke pihak kepolisian apabila dibutuhkan.

2. Isi formulir pengajuan klaim

Walaupun terkadang kita tidak begitu menyukai persoalan administrasi, tetapi pengisian formulir pengajuan klaim adalah salah satu hal utama. Pasalnya, klaim asuransi tersebut berdasarkan kelengkapan administrasi sehingga formulir merupakan hal yang mendasar.

Formulir tersebut biasa turut memuat pertanyaan mengenai apa yang dialami tertanggung, jadi pastikan mengisi formulir dengan teliti dan sesuai fakta yang terjadi. Pastikan mengisi semua hal yang tertera pada formulir dan tidak ada yang terlewat.

Semakin lengkap kita mengisinya, semakin jelas dan detail informasi yang diberikan pada pihak asuransi. Dengan begitu, klaim yang diajukan pun semakin mudah untuk diproses secepatnya.

3. Agar cara klaim asuransi mobil lecet tidak ditolak, dokumen harus lengkap

Saat mengajukan klaim asuransi mobil lecet, pihak asuransi akan meminta nasabahnya menyiapkan dokumen penting sebagai syarat. Perhatikan dalam langkah yang satu ini karena jika ada kesalahan, maka klaim yang diajukan akan sulit untuk dikabulkan oleh pihak asuransi. 

Kelengkapan dokumen tersebut di antaranya formulir klaim, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan Surat Keterangan Polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan, serta dokumen pertanggungjawaban pihak ketiga terkait kecelakaan jika ada.

4. Informasikan dan ceritakan kronologi kejadian dengan jelas

Berikan informasi selengkap mungkin dan runut dari sisi kronologi kejadian pemicu lecet pada badan kendaraan. Bisa jadi selain melalui formulir dan kelengkapan, guna mendukung klaim tersebut, kita akan diwawancarai sehingga pastikan keterangan diberikan dengan sejelas-jelasnya dan sesuai kronologi kejadian yang sebenarnya.

5. Kontak pihak asuransi untuk memuluskan cara klaim asuransi mobil lecet

Sebenarnya, mengontak pihak asuransi adalah hal pertama yang mesti dilakukan. Bagaimanapun, klaim hanya dapat dilakukan terhadap asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kendaraan kita. 

Namun, selain asuransi kamu juga dapat mengontak pihak kepolisian apabila kendaraanmu lebih dari sekadar lecet atau mengalami kecelakaan. Yang jelas, pihak asuransi menjadi salah satu pihak pertama yang mengetahui kejadian tersebut.

6. Upayakan menggunakan jasa bengkel rekanan agar cara klaim asuransi mobil lecet tidak ditolak

Ini yang kadang tidak benar-benar diperhatikan oleh nasabah asuransi kendaraan bermotor. Agar tidak rugi, pilih bengkel rekanan perusahaan asuransi kita untuk melakukan perbaikan. Umumnya setelah melakukan pelaporan, biasanya nasabah ingin segera membawa mobil ke bengkel terdekat atau langganan saja.

Nah, khusus perkara ini, kita harus bersabar karena jika sudah selesai melapor, pihak asuransi akan melakukan survei atas klaim yang diajukan baru ditindaklanjuti dengan jadwal perbaikan kendaraan.

Hal ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran klaim serta melihat kondisi mobil yang rusak. Setelah itu, pihak asuransi akan mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) sebagai surat pengantar untuk melakukan perbaikan di bengkel. 

Tahap ini sebaiknya ditindaklanjuti oleh nasabah dengan mengikuti instruksi terkait ke bengkel rekomendasi manakah mobil kita sebaiknya dibawa untuk diperbaiki, yaitu ke bengkel yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi.

Tiap pengajuan klaim asuransi, wajib bayar biaya own risk

Perlu diketahui bahwa walaupun asuransi akan menanggung biaya perbaikan mobilmu, tapi kamu tetap diwajibkan membayar biaya own risk.

Biaya own risk atau deductible adalah sejumlah uang yang dibayar nasabah asuransi mobil tiap kali mengajukan klaim di bengkel rekanan. Biaya ini umumnya berjumlah Rp300 ribu.

Biaya ini untuk mengantisipasi jaminan biaya perbaikan di bengkel yang terlalu rendah. Misalnya mobil kamu lecet sedikit dan hanya butuh perbaikan dengan biaya Rp150 ribu saja. Maka dengan adanya biaya deductible yang lebih tinggi, maka kamu lebih baik mengurusnya sendiri tanpa klaim asuransi.

Hal-hal yang harus diperhatikan agar cara klaim asuransi mobil lecet diterima

Namanya hidup, apa yang terjadi gak melulu lurus dan baik-baik saja. Begitu juga dengan pengajuan klaim asuransi kendaraan, kasus mobil lecet khususnya, yang gak selamanya bisa mulus langsung diterima.  

Ini dia hal wajib diperhatikan biar klaim diterima:

  • Kerusakan terjadi sebelumnya
  • Polis lapse
  • Melanggar aturan
  • Polis tidak dalam masa tunggu
  • Rusak karena disengaja
  • Aksesori kendaraan
  • Dokumen tidak lengkap

1. Kerusakan terjadi sebelumnya

Sesuai UU Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian, klaim asuransi tidak bisa didapatkan kalau kerusakan/kerugian yang dialami terjadi di masa-masa awal sebelum adanya kesepakatan polis asuransi.

2. Polis lapse

Keadaan polis lapse yang non-aktif otomatis akan membuat klaim ditolak. Hal tersebut biasanya terjadi karena adanya tunggakan di bulan sebelumnya. Dalam kondisi seperti ini, otomatis pengajuan klaim asuransi kamu ditolak mentah-mentah oleh perusahaan penyedia asuransi.

3. Melanggar aturan

Tahu gak sih kalau pengajuan klaim bakal ditolak kalau mobil rusak atau lecet karena ulah pengemudi yang ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas. Selain itu, lokasi kejadian juga punya pengaruh besar.

Klaim akan disetujui kalau lokasi berada di area tertentu dan tidak termasuk dalam kontrak kesepakatan yang ada di polis. Begitu juga sebaliknya, kalau kecelakaan terjadi di luar jangkauan wilayah yang tercatat, maka klaim ditolak.

4. Polis tidak dalam masa tunggu

Masa tunggu yang dimaksud di sini adalah waktu sekitar satu bulan setelah diterbitkannya polis asuransi. Dalam masa ini, kamu gak bisa mengajukan klaim. Jadi kalau mobil kamu lecet, biaya perbaikannya tidak akan ditanggung polis.

5. Rusak karena disengaja

Kondisi kerusakan yang disengaja tidak akan mungkin bisa disetujui seperti menabrakkan mobil ke mobil lain, memukul kendaraan agar ringsek dan rusak, dan sengaja menerjang banjir.

Saat banjir, disarankan untuk menghindari area terdampak. Hal yang patut dilakukan adalah menghubungi call center perusahaan asuransi. Jangan coba-coba menyalakan mesin dan tunggulan instruksi perusahaan asuransi.

6. Aksesori kendaraan

Dengan melampirkan nilai pertanggungannya, aksesori mobil mestinya dilaporkan ke perusahaan asuransi agar saat klaim, aksesori mobil kamu bisa mendapatkan manfaat.

Sebaliknya, jika kamu luput memasukkan aksesori, kemungkinan besar klaim ditolak. Jangan lupa untuk melaporkan setiap aksesori tambahan agar mendapat perlindungan.

7. Dokumen tidak lengkap

Dokumen yang lengkap sudah pasti akan memuluskan jalan kamu mendapatkan manfaat asuransi kendaraan. Jangan lupa perhatikan batas waktu klaim asuransi juga karena kalau melebihi batas waktu, klaim akan ditolak.

Jenis-jenis asuransi mobil

Jenis asuransi mobil tidak cuma satu sebagaimana pertanggungannya dibedakan dengan premi yang dibayarkan oleh nasabah. Secara umum, jenis asuransi mobil terdiri atas dua jenis, yakni asuransi kendaraan all risk dan Total Lost Only (TLO). 

Kita sebagai nasabah asuransi mobil bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan dan tingkat risiko yang ditanggung.

Lantas, apa perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO?

1. Asuransi TLO

Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa asuransi mobil TLO hanya melindungi tertanggung dari risiko kerugian akibat kehilangan total. 

Artinya, kehilangan total di sini ketika kondisi mobil mengalami kerusakan minimal 75 persen atau kehilangan akibat pencurian. Premi asuransi jenis ini biasanya lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil all risk.

Jadi, jika mobil kita mengalami benturan yang mengakibatkan terjadinya lecet pada badan mobil, sayangnya tidak bisa ditanggung oleh jenis asuransi ini.

2. Asuransi all risk

Asuransi ini memiliki keunggulan selain melindungi pemilik dari kerugian akibat kehilangan total, sebagaimana asuransi mobil all risk menanggung risiko atas segala jenis kerusakan, mulai dari ringan hingga berat, termasuk kerusakan lecet pada badan mobil.

Dengan sudah mengetahui langkah-langkah klaim asuransi mobil ini semoga kita dapat memahaminya dan bisa melaksanakan tips tadi ketika benar-benar mengalami hal yang tidak diinginkan, ya.

Jangan lupa, jika risiko mobil kita lebih tinggi untuk mengalami lecet karena tertabrak tembok atau tersenggol motor karena padatnya lalu lintas, lebih baik pilih asuransi all risk yang dapat menanggung semua skala kerusakan.

Kalau masih bingung harus pilih asuransi yang mana, cari tahu aja informasinya dengan mengikuti kuis asuransi mobil yang cocok berikut ini.

Kalau kamu sudah dapatkan referensi yang tepat, tinggal cari tahu berapa premi yang kamu harus bayar tiap tahunnya.

Perluasan pertanggungan

Asuransi TLO dan all risk punya kemungkinan menambah manfaat atau perluasan perlindungan. Manfaat tersebut bisa saja didapatkan dalam situasi di Jakarta yang sering terjadi unjuk rasa dan kamu takut mobilmu kena imbas dirusak pendemo.

Biayanya gak mahal, hanya 0,05 persen untuk asuransi all risk dan 0,35 persen untuk asuransi TLO. Besaran tersebut tergantung perusahaan penyedia asuransi dan premi minimum disesuaikan dengan peraturan OJK.

Gak cuma saat demo saja, perluasan bisa dirasakan untuk melindungi kendaraan dari bencana alam, sabotase, terorisme, dan kecelakaan diri penumpang yang biasanya tidak ditanggung asuransi kendaraan bermotor.

Biar makin paham, yuk, lihat contoh berikut.

Kamu ingin menambah perluasan pertanggungan bencana banjir dengan biaya premi 0,35 persen, jadi biaya preminya dikalikan Rp220 juta menjadi Rp770 ribu. Jumlah biaya asuransinya menjadi Rp6,6 juta dikalikan Rp770 ribu hasilnya Rp.7,3 juta.

Kita gak pernah tau kapan tertimpa musibah, risiko kecelakaan pun bisa terjadi beberapa kali. Tau gak kalau manfaat lainnya adalah kalau mobil diharuskan menginap. Maka bisa dapat mobil pengganti selama waktu tertentu. Biasanya sih 3×24 jam setelah mobil kecelakaan dan masuk bengkel.

Pentingnya melengkapi mobil dengan perlindungan terbaik

Cara klaim asuransi mobil lecet dapat memudahkan kamu saat kendaraan roda empat mengalami sesuatu hal yang tak terduga. 

Karena alasan itu, jangan lupa untuk memproteksi dirimu dari risiko pengeluaran mendadak yang bisa menguras tabungan. Yaitu, risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal akibat serangan penyakit atau risiko kerugian finansial akibat kecelakaan saat bekerja yang mengakibatkan ketidaksanggupan untuk bekerja lagi karena mengalami musibah cacat tetap. 

Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan asuransi jiwa. Berkat manfaat dari asuransi jiwa, kamu dan keluargamu bisa terlindungi dari beban finansial akibat tidak ada pemasukan lagi.

Kamu juga bisa memproteksi kendaraanmu dari mahalnya biaya perbaikan fisik kendaraanmu akibat benturan baik yang terjadi saat berlalu lintas maupun kejadian-kejadian yang sifatnya kelalaian pribadi.

Kalau kamu punya motor juga, sekalian lebih baik memanfaatkan asuransi motor untuk mendapatkan jaminan finansial yang sama. Yuk, cari tahu selengkapnya tentang produk asuransi lainnya dan konsultasikan kebutuhan asuransimu di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar cara klaim asuransi mobil lecet

Bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet?

  • Lampirkan bukti foto
  • Isi formulir pengajuan klaim
  • Dokumen harus lengkap
  • Informasikan dan ceritakan kronologi kejadian dengan jelas
  • Kontak pihak asuransi
  • Upayakan menggunakan jasa bengkel rekanan.

Apa jenis-jenis asuransi mobil?

Secara umum, jenis asuransi mobil terdiri atas dua jenis, yakni asuransi kendaraan all risk dan Total Lost Only (TLO). Asuransi mobil TLO hanya melindungi tertanggung dari risiko kerugian akibat kehilangan total, sementara asuransi all risk menanggung risiko atas segala jenis kerusakan, mulai dari ringan hingga berat, termasuk kerusakan lecet pada badan mobil.

Apa hal-hal yang harus diperhatikan agar cara klaim asuransi mobil lecet diterima?

  • Kerusakan terjadi sebelumnya
  • Polis lapse
  • Melanggar aturan
  • Polis tidak dalam masa tunggu
  • Rusak karena disengaja
  • Aksesori kendaraan
  • Dokumen tidak lengkap.

Berapa kali bayar premi asuransi mobil?

Pembayaran premi asuransi mobil dilakukan sekali saja untuk mendapatkan pertanggungan selama setahun.

Apa itu biaya own risk?

Own risk atau deductible adalah sejumlah uang yang diwajibkan untuk dibayar tiap pengajuan klaim asuransi mobil. Umumnya biaya ini berjumlah Rp300 ribu. Tujuannya menjelaskan bahwa perusahaan asuransi tidak menanggung biaya perbaikan sepenuhnya.

Apa saja prosedur melakukan klaim asuransi mobil?

Agar klaim asuransi dapat segera diproses, pahami prosedur yang benar dalam melakukan klaim asuransi mobil. Berikut ini rinciannya:

  • Buat laporan lengkap ke pihak asuransi
  • Buat laporan lengkap ke kepolisian
  • Jalani survei dari pihak asuransi
  • Isi formulir klaim dengan lengkap.

Apakah mobil bekas bisa diasuransikan?

Asuransi mobil bisa menanggung mobil baru dan mobil bekas. Perusahaan asuransi mobil memberikan batas usia mobil yang bisa ditanggung, umumnya paling lama 10-12 tahun.
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →