Cara Mematikan Sensor Mobil yang Nyala Terus

cara mematikan sensor mobil

Kini, banyak kendaraan yang telah dilengkapi oleh fitur keamanan seperti alarm mobil dan sensor mobil yang sangat sensitif terhadap getaran atau bunyi kencang. Sehingga ada kalanya sensor ini terus menyala. Lalu, bagaimana cara mematikan sensor mobil yang menyala terus?

Sensor yang terus menyala bisa saja terjadi karena kesalahan pada remote, sensor yang rusak atau terlalu sensitif,dan lain sebagainya. 

Fungsi utama sensor mobil memang sebagai pengaman dari pencurian, sehingga volume suara dari sensor ini memang cukup besar. Suara alarm sensor mobil ini dapat sangat mengganggu jika tidak segera dimatikan. 

Kalau kamu sedang mengalami masalah ini, jangan panik! Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara untuk mematikan sensor mobil yang menyala terus berikut ini!

Penyebab sensor mobil menyala terus

Sebelum kamu mengetahui cara mematikan sensor alarm mobil, kamu perlu tahu dulu beberapa penyebab yang menjadi alasan sensor mobil menyala terus berikut ini:

1. Sensitifitas alarm yang tinggi

Sensor alarm mobil ini biasanya terletak di bagian panel mobil seperti tuas pembuka pintu atau bagian pengunci pintu mobil. Jika pada saat ada sedikit getaran atau sentuhan alarm sudah berbunyi, maka ini bisa jadi pertanda sensitifitas alarm yang kamu gunakan sangat tinggi.

Hal ini bisa menjadi hal yang bagus namun juga bisa mengganggu jika ternyata tidak ada tanda bahaya serius.

2. Baterai habis

Alarm sensor mobil ini memiliki baterai yang terletak di central lock door. Jika baterai habis dan sensor mobil dalam kondisi menyala, tentunya akan bunyi terus menerus. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuka central lock door secara manual.

3. Frekuensi terganggu

Terakhir, penyebab sensor alarm mobil menyala terus menerus adalah karena frekuensi sinyal yang terganggu. 

Hal ini bisa terjadi pada saat kamu secara tidak sadar menaruh remote atau kunci di dekat TV, radio, router, dan alat elektronik lainnya.

Dapatkan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu terjamin dari mahalnya biaya servis dan perbaikan di bengkel. Berkat asuransi mobil, tabungan dan investasimu tetap aman.

Cara mematikan sensor mobil

Jika sudah mengetahui hal-hal di atas, sekarang kamu bisa menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mematikan sensor mobil yang terus menyala.

1. Nyalakan mobil seperti biasa

Langkah paling awal dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mematikan sensor mobil yaitu dengan membuka pintu mobil lalu nyalakan mesin mobil seperti biasa. Cara ini bisa membuat sensor mati pada saat mesin menyala.

2. Gunakan kunci mobil untuk membuka pintu

Sama seperti cara pertama, jika remote sensor alarm mobil tidak bisa digunakan, kamu bisa membuka kunci mobil secara manual untuk membuka pintu. 

Caranya mudah, kamu hanya perlu masukkan kunci mobil ke pintu, lalu putar ke posisi mengunci. Lalu, putar untuk membukanya beberapa kali. Alarm akan menerima sinyal untuk segera mematikan bunyinya jika mobil dikunci dengan benar.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

3. Matikan dengan memasukkan kunci ke mesin

Cara ampuh lain untuk mematikan sensor mobil adalah dengan memasukkan kunci mobil, menyalakan mesin mobil, lalu langsung matikan. 

Cara ini akan mengubah posisi alarm ke disarm yang ditandai dengan bunyi yang semakin cepat hingga akhirnya mati. Lampu yang tadinya juga berkedip pun akan mati juga. Ini tandanya proses mematikan alarm mobil sudah selesai.

4. Reset aki mobil

Cara selanjutnya, kamu bisa mereset kelistrikan mobil dari aki mobil yang ada pada mesin. Caranya adalah dengan melepas kabel terminal negatif dari aki dengan kode (-) saja.

Jika alarm sudah mati, pasang kembali kabel terminal negatif tadi. Namun kamu perlu berhati-hati jika belum pernah mencoba cara ini karena dapat mereset komponen audio hingga ECU.

5. Lepas sekring alarm

Pada buku panduan alarm, kamu dapat menemukan segala informasi terkait produk tersebut. Termasuk komponen-komponen yang ada. Melepas sekring alarm juga dapat membuat sensor berhenti menyala.

Sekring alarm biasanya terletak di wadah mesin atau kabin. Kamu bisa menggunakan tang untuk melepasnya. Hal ini secara otomatis akan membuat alarm berhenti.

Apa fungsi sensor alarm mobil?

Sesuai dengan namanya, fungsi dari sensor alarm mobil adalah sebagai alat yang bisa menyensor atau mendeteksi getaran, sentuhan pada gagang pintu mobil, atau suara keras dari petir dan lainnya.

Pada alarm sensor mobil, terdapat 3 komponen utama, yaitu sensor, control unit, dan sirine yang dapat bekerja sama lain untuk menghasilkan bunyi pada saat sensor mendeteksi sesuatu.

Tidak hanya itu saja, beberapa fungsi dari sensor alarm mobil lainnya, yaitu:

1. Mencegah Pencurian

Fungsi utama dari sensor alarm mobil adalah tentu saja untuk mencegah pencurian unit mobil. Alarm yang berbunyi kencang saat mendeteksi adanya sentuhan pada pintu mobil saat mobil dalam keadaan mesin mati dan dikunci akan menyala.

Hal ini bisa meminimalisir risiko pencurian karena pada saat alarm menyala, pencuri akan merasa panik dan mengurungkan niatnya.

2. Sebagai sistem keamanan

Sama seperti fungsi nomor satu, alarm mobil tentunya bisa menjadi sistem keamanan tambahan pada mobil kamu. 

Pencuri mobil tidak hanya akan mengambil mobil kamu, namun juga akan berusaha untuk membobol bagian kursi. Maka dari itu, alarm sensor mobil juga dapat menjadi sistem keamanan mobil.

3. Dapat menemukan letak kendaraan

Terakhir, alarm sensor mobil yang terhubung dengan kunci mobil dapat memudahkan kamu untuk menemukan letak kendaraan di keramaian dan luas.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Penting punya asuransi mobil

Biaya servis mobil dan perawatannya tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan di bengkel.

Kamu bisa memilih dua tipe asuransi sesuai dengan kebutuhan yaitu, Asuransi TLO (Total Loss Only) yang memberikan manfaat ganti rugi untuk nilai kerugian mencapai 75 persen harga kendaraan. 

Kemudian ada juga asuransi All Risk yang bisa memberikan ganti rugi lebih lengkap untuk kerusakan ringan maupun parah, serta risiko kehilangan akibat pencurian mobil.

Jadi, jangan ragu untuk memiliki asuransi mobil, selain terjamin, manfaat asuransi mobil bisa menjadi solusi finansial lebih aman ketika terjadi kerusakan yang tidak diinginkan.

Supaya tidak bingung menentukan pilihan asuransi mobil yang paling sesuai kebutuhan, coba kuis asuransi mobil terbaik berikut.

Tips dari Lifepal! Ketika sensor mobil kamu terus berbunyi, sebaiknya segera periksakan apakah ada masalah dengan sensor mobil kamu. Sebab, sensor mobil yang terus berbunyi tentunya menganggu orang lain.

Jika memang iya, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara yang sudah disebutkan di atas. Namun, jika belum betul juga, maka sebaiknya kamu bawa ke bengkel terdekat. 

Pertanyaan seputar cara mematikan sensor mobil

Apa fungsi dari alarm sensor mobil?

Beberapa fungsi sensor alarm mobil adalah untuk mencegah pencurian, sistem keamanan, dan mengetahui letak kendaraan dengan mudah.

Bagaimana cara mematikan sensor alarm mobil?

5 cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk mematikan sensor alarm mobil:

  • Menyalakan mobil seperti biasa,
  • Menggunakan kunci mobil untuk membuka pintu,
  • Menyalakan mesin,
  • Reset aki mobil, dan
  • Lepas sekring alarm.

Beberapa fungsi sensor alarm mobil adalah untuk mencegah pencurian, sistem keamanan, dan mengetahui letak kendaraan dengan mudah.

5 cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk mematikan sensor alarm mobil:

  • Menyalakan mobil seperti biasa,
  • Menggunakan kunci mobil untuk membuka pintu,
  • Menyalakan mesin,
  • Reset aki mobil, dan
  • Lepas sekring alarm.