Gak Melulu ke Rumah Sakit, Ini 7 Cara Atasi Insomnia yang Gampang dan Murah

cara mengatasi insomnia

Sulit tidur menjadi hal yang sangat mengganggu banget. Kalau gangguan tersebut sering berlangsung, itu tandanya kamu sedang mengalami insomnia. Terus gimana cara mengatasi insomnia ini?

Gak melulu berobat ke rumah sakit, ada beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan sendiri. Udah gitu cara-cara ini gak bakal membuat kamu keluarkan banyak uang demi bisa tidur nyenyak.

Ahli-ahli kesehatan menyebut insomnia adalah kondisi seseorang yang merasakan sulitnya tertidur sekalipun ada kesempatan buat melakukannya. Dampak buruknya tentu aja mengalami kelelahan, energi rendah, kesulitan berkonsentrasi, gangguan mood, dan turunnya kinerja.

Kamu pasti gak mau dong terkena dampak-dampak buruk dari insomnia? Supaya hal tersebut gak sampai terjadi, ada beberapa cara mengatasi insomnia nih yang bisa kamu lakukan. Apa aja? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut ini seperti yang dikutip dari Healthline.

Baca juga: Siapa Bilang Obat Stres Itu Mahal? Cara-Cara Hemat Ini Bisa Bantu Mengatasinya

1. Jalani meditasi

cara mengatasi insomnia
Meditasi. (Shutterstock)

Melakukan meditasi menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan. Asal tahu aja nih, pikiran yang gak tenang menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya insomnia.

Menjalani meditasi bisa bikin pikiranmu berangsur-angsur tenang sehingga kamu terlepas dari stres. Cara melakukan meditasi pun terbilang mudah. Kamu mengatur napas secara perlahan dan stabil sambil duduk dengan tenang.

Selain meningkatkan kualitas tidur, meditasi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan kekebalan tubuh. Makanya banyak ahli kesehatan menyarankan pentingnya melakukan meditasi.

Baca juga: Stres Dikejar Debt Collector Gara-Gara Kredit Macet? Lakukan Ini Aja

2. Rutin berolahraga

cara mengatasi insomnia
Olahraga rutin. (Shutterstock)

Dari dulu hingga sekarang, olahraga selalu dianjurkan buat orang-orang yang pengin kesehatannya tetap terjaga. Rupanya, rutin berolahraga juga menjadi cara mengatasi insomnia yang ampuh.

Menurut studi yang pernah dilakukan, orang-orang yang rutin berolahraga terhindar dari gangguan insomnia. Terus gangguan psikologis seperti depresi dan kecemasan minim sekali terjadi pada orang-orang yang rutin berolahraga.

Berolahraga ringan minimal 20 menit tiap harinya udah cukup membantu kamu lepas dari insomnia. Kamu juga bisa menambahnya dengan latihan aerobik.

Baca juga: Stres Gara-Gara Pekerjaan? Simak Tips Sukses Berkarier ala Rene Suhardono

3. Lakukan terapi pijat

cara mengatasi insomnia
Pijat. (Shutterstock)

Terapi pijat gak cuma bikin tubuh jadi rileks atau menghilangkan pegal-pegal yang terjadi. Terapi pijat ternyata bisa menjadi cara mengatasi insomnia yang bisa diandalkan lho.

Penelitian telah membuktikan, terapi pijat memberi manfaat yang salah satunya adalah peningkatan kualitas tidur. Manfaat-manfaat lainnya adalah mengurangi perasaan cemas dan depresi.

Kalau pijatan yang dilakukan profesional harus mengeluarkan biaya, kamu bisa meminta keluarga atau teman buat melakukannya. Hitung-hitung bisa hemat biaya.

Baca juga: Stres Tanggung Orangtua dan Anak? Begini Solusinya!

4. Mengonsumsi makanan mengandung magnesium

cara mengatasi insomnia
Makanan mengandung magnesium. (Shutterstock)

Cara mengatasi insomnia lainnya adalah dengan mengonsumsi magnesium. Mineral alami yang satu ini bisa bikin tubuh jadi rileks dan stres pun perlahan-lahan lenyap.

Wajar aja kalau konsumsi magnesium dianjurkan agar bisa lepas dari insomnia. Magnesium sendiri bisa diperoleh dalam bentuk obat minum ataupun dari makanan. Buat obat minum, dianjurkan buat meminum 300 – 400 miligram sekali minum.

Ada beberapa makanan yang diketahui memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Mulai dari cokelat hitam, alpukat, kacang-kacangan, kacang polong, tahu, gandum utuh, lemak ikan, hingga pisang.

5. Memanfaatkan minyak lavender

cara mengatasi insomnia
Minyak lavender. (Shutterstock)

Banyak manfaat yang diperoleh dengan menggunakan minyak lavender. Salah satunya adalah sebagai cara mengatasi insomnia.

Hasil penelitian sendiri menyebut lavender membantu dalam meningkatkan suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas tidur. Malahan, minyak lavender dianjurkan buat dikonsumsi langsung dalam bentuk kapsul agar manfaat-manfaatnya benar-benar terasa.

6. Mengonsumsi melatonin

cara mengatasi insomnia
Konsumsi melatonin. (Shutterstock)

Asalkan digunakan sesuai dengan dosisnya, melatonin berguna banget mengatasi insomnia. Orang-orang diketahui mudah tertidur setelah mengonsumsi melatonin.

Informasinya nih, kualitas tidur bisa meningkat dalam 7 – 14 hari ke depan. Dosisnya dari 1 -5 miligram dua jam sebelum tidur.

Hindari mengonsumsinya dalam jumlah besar. Sebab bisa memicu efek-efek buruk yang gak baik buat kesehatan. Mulai dari depresi, pusing, sakit kepala, rentan marah, hingga keram perut.

Kalau pengin yang alami, ada beberapa makanan mengandung melatonin yang baik buat dikonsumsi. Mulai dari kenari, salmon, susu hangat, roti tawar, hingga pisang.

7. Mandi air hangat

cara mengatasi insomnia
Mandi air hangat. (Shutterstock)

Cara mengatasi insomnia lainnya yang juga berefek banget yaitu mandi air hangat. Mandi air hangat pada waktu dua jam sebelum tidur bisa bikin tubuh jadi rileks.

Saat tubuh rileks, pikiran pun ikutan rileks. Kondisi tersebut kemudian mendorong kamu mudah mengantuk lalu tertidur. Itulah sebabnya mandi air hangat disarankan kalau pengin merasakan tidur nyenyak.

Demikian informasi cara-cara mengatasi insomnia. Asalkan disiplin menjalankannya dan dilakukan sesuai aturan, pastinya kamu bakal bebas dari insomnia. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →