Cara Menghidupkan Mobil Start Engine Manual yang Aman

cara menghidupkan mobil start engine manual

Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif kian pesat. Di masa lampau, kebanyakan mobil masih menggunakan kunci untuk menghidupkan mesin. Kini, cara menghidupkan mobil start engine manual melalui tombol menjadi hal mendasar yang harus diketahui pengendara mobil.

Faktanya, telah banyak mobil yang mengusung teknologi tombol start/stop engine untuk menggantikan kunci sebagai komponen untuk menstarter mobil. Meski sudah mengusung teknologi kekinian, cara menghidupkan mobil start engine manual tetap harus diperhatikan.

Namun, sebelum itu, kalian juga perlu memahami start engine artinya apa, agar tidak keliru dalam penggunaannya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

Definisi start engine

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas di atas, engine start/stop button merupakan inovasi yang signifikan dalam industri otomotif. 

Buat kalian yang penasaran dengan definisinya, menurut situs Auto 2000, start engine artinya adalah implementasi dari fasilitas otomotif bernama keyless ignition system, yang juga dikenal dengan sebutan keyless start, keyless push-button start, intelligent key, dan smart key. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menyalakan mesin mobil tanpa harus merogoh kunci di saku atau tas.

Sistem yang satu ini pertama kali mulai muncul pada mobil produksi pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, dan seperti banyak fitur teknologi dan kenyamanan, awalnya hanya tersedia pada model mewah dan kendaraan kelas atas lainnya.

Namun, kini, teknologi ini sudah bisa mulai ditemukan pada kendaraan kelas lainnya sebagai cara untuk memberikan kemudahan bagi pemilik mobil. Karena itu, cara menghidupkan mobil start engine manual menjadi satu hal yang harus dikuasai pengendara mobil saat ini.

Cara kerja start engine

Keyless ignition system atau engine start/stop button dilengkapi dengan kunci free on board (FOB) yang dapat disimpan di saku, dompet, tas kerja, atau di mana saja di dekat penerima di dalam kendaraan.

FOB mengirimkan sinyal frekuensi rendah yang unik ke sistem komputer mobil, yang kemudian memvalidasi bahwa sinyal yang benar telah dikirim dan memungkinkan kalian menekan tombol di dasbor atau konsol untuk menghidupkan mesin.

Cara mematikan mobil dengan start stop engine juga sama mudahnya, yakni pengemudi cukup tekan tombol start/stop. Selain kunci kontak yang tidak memerlukan kunci, sebagian besar sistem juga menyertakan entri pintu mobil tanpa kunci, yang memungkinkan kalian masuk ke mobil tanpa memasukkan kunci atau menekan tombol di FOB.

Meskipun teknologi engine start/stop button sudah tersedia secara luas, bahkan pada kendaraan yang harganya terjangkau, sistem ini belum mencapai status kebutuhan otomotif layaknya power window dan kunci pintu.

Namun, faktor kenyamanan merupakan nilai jual bagi banyak pembeli mobil. Hal ini bisa sangat membantu bagi pengemudi dengan arthritis atau cacat lainnya yang menghambat kemampuan mereka untuk menggenggam dan memutar kunci.

Manfaatkan asuransi mobil syariah untuk menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat dan turut diawasi oleh MUI.

Keamanan terkait cara menghidupkan mobil start engine manual

Keyless ignition system sebenarnya memiliki pengaman untuk memastikan mobil tidak hidup pada waktu yang salah. Pemeriksaan keselamatan pra-start oleh komputer mobil memastikan bahwa kendaraan dalam keadaan parkir, serta kaki pengemudi harus menginjak rem sebelum bisa menekan tombol untuk menyalakan mobil.

Untuk keamanan tambahan, beberapa desain mengharuskan pengemudi untuk menjentikkan atau memutar saklar sebelum menekan tombol mulai. Dan dalam kebanyakan kasus, kunci FOB harus berada di dalam kendaraan agar mesin dapat berjalan.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Cara menghidupkan mobil start engine manual ini juga dirancang untuk bisa meningkatkan pencegahan dari pembobolan dan pencurian kendaraan. Karena komputer mobil hanya akan mengenali sinyal dari FOB yang sesuai. Sehingga para pencuri akan kesulitan masuk dan menghidupkan mesin.

Tanpa adanya kunci logam yang dapat disalin dan tidak ada kunci kolom kemudi mekanis yang bisa dipaksa untuk menyalakan kendaraan, maka para pencuri akan kesusahan dalam mencoba untuk mencuri kendaraan kalian.

FOB dapat tetap aman dan nyaman di saku setiap saat. Namun, beberapa sistem cukup pintar untuk tidak membiarkan pintu terkunci ketika kalian meninggalkan FOB di dalam kendaraan. Beberapa lagi bahkan akan bisa mengirim peringatan yang dapat didengar jika kalian mencoba menutup pintu atau tutup bagasi dengan FOB yang masih ada di dalam.

Cara menyalakan mobil manual dengan tepat

Meski sudah mengusung teknologi kekinian, cara menghidupkan mobil start engine manual tetap harus diperhatikan. Cara menghidupkan mobil start engine manual pada dasarnya cukup mudah. Langkah awal yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menekan tombolnya satu kali.

Menekannya satu kali memiliki fungsi yang sama seperti posisi ACC mobil dengan kontak manual. Saat posisi ini, radio tape dan aksesoris kelistrikan akan menyala.

Sedangkan untuk penekanan tombol yang kedua akan berguna membuat seluruh kondisi kelistrikan pada mobil. Baik untuk bagian mesin atau aksesoris lain dalam posisi ON dan siap untuk dinyalakan.

Selanjutnya, diperlukan pula menekan tiga kali menekan engine start/stop button. Namun saat menerapkan cara menghidupkan mobil start engine manual, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu.

Ada dua tipe mobil yang berbeda. Pada mobil transmisi otomatis sebelum menekan tombol untuk yang ketiga kali, pastikan posisi tuas persneling dalam kondisi parkir atau netral.

Injak rem dan tekan tombol start engine. Kemudian jika sudah dilakukan, mesin starting nyala. Berbeda pada tipe mobil transmisi manual.

Sebelum menekan tombol start/stop engine, tekan dan tahan pedal kopling kemudian start engine. Dengan demikian, mesin starting dan hidup.

Ketika langkah penekanan tombol tersebut, kalian tidak menekan pedal kopling atau menekan rem mobil matic. Posisi kunci pun pada posisi awal atau OFF. Maka dari itu penting bagi kalian untuk memastikan tombol pada posisi ON. Selanjutnya bisa sesuaikan dengan tipe kendaraan itu sendiri, manual atau matic.

Meski sekilas mudah, tapi cara menghidupkan mobil engine start memiliki beberapa tahap, yaitu:

  • Sebelum menekan tombol start engine, pastikan posisi tuas transmisi dalam kondisi netral atau di tengah untuk mobil manual. Untuk mobil matic, pastikan tuas transmisi berada di posisi P atau Parking.
  • Kemudian, cara menghidupkan mobil start stop engine adalah dengan menginjak pedal terlebih dahulu. Injak pedal rem untuk mobil matic dan pedal kopling untuk mobil manual, lalu tekan tombol engine start.
  • Tunggu putaran mesin menjadi normal dan tidak mati tiba-tiba. Setelah itu baru mobil bisa dijalankan.

Jadi, itu tadi cara menyalakan mobil dengan tombol start/stop engine. Akan tetapi, ada hal yang harus diperhatikan sewaktu menstarter mesin mobil adalah menyesuaikan dengan tipe kendaraan.

Sebab, tipe mobil yang berbeda juga memiliki cara pengaplikasian penggunaan fitur start stop engine yang berbeda pula. Hanya saja ada hal yang perlu kalian perhatikan.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Sebaiknya hindari menyalakan mobil dengan fitur tersebut secara kasar. Misalnya dengan menekan pedal rem dan menstarter mesin secara cepat. Cara ini justru akan merugikan kalian. Misalnya, airbag tidak bisa kalian gunakan pada sistem kelistrikan.

Cek asuransi mobil yang cocok 

Saat sedang berkendara, kita tidak pernah tahu risiko apa yang akan terjadi, seperti mobil baret karena tersenggol pengendara lain atau mesin mati tiba-tiba dan tidak bisa dihidupkan.

Jika tidak memiliki proteksi finansial seperti asuransi mobil, tentu hal ini akan memberatkan kamu karena biaya perbaikan kerusakan mobil tidak murah, bisa mencapai jutaan rupiah.

Sebelum tabunganmu terkuras habis, sebaiknya segera beli asuransi mobil. Beli asuransi mobil di Lifepal ada diskon hingga 25%! Coba kuis asuransi mobil terbaik berikut ini biar kamu enggak salah beli.

Tips dari Lifepal! Meski mobil kamu sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan serba modern, namun kamu tetap harus memahamu saat akan menghifupkan start engine manual.

Sebab, jika instruksinya tidak tepat, bisa membuat mobil kamu jadi tidak berfungsi dengan baik. Kamu bisa mengikuti cara-cara di atas untuk menyalakan start engine, ya. Simak pula ulasan mengenai cara menyalakan mobil matic di artikel Lifepal lainnya!

FAQ seputar cara menghidupkan mobil start engine manual 

Engine start/stop button merupakan inovasi yang signifikan dalam industri otomotif. Start engine artinya adalah implementasi dari fasilitas otomotif bernama keyless ignition system, yang juga dikenal dengan sebutan keyless start, keyless push-button start, intelligent key, dan smart key. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menyalakan mesin mobil tanpa harus merogoh kunci di saku atau tas.

Bagaimana cara menghidupkan mobil start engine manual?

Meski sekilas mudah, tapi cara menghidupkan mobil engine start memiliki beberapa tahap. Mulai dari memastikan posisi tuas transmisi dalam kondisi netral atau di tengah untuk mobil manual. Kemudian, menginjak pedal terlebih dahulu dan tunggu putaran mesin menjadi normal dan tidak mati tiba-tiba. Setelah itu baru mobil bisa dijalankan.


Engine start/stop button merupakan inovasi yang signifikan dalam industri otomotif. Start engine artinya adalah implementasi dari fasilitas otomotif bernama keyless ignition system, yang juga dikenal dengan sebutan keyless start, keyless push-button start, intelligent key, dan smart key. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk menyalakan mesin mobil tanpa harus merogoh kunci di saku atau tas.

Meski sekilas mudah, tapi cara menghidupkan mobil engine start memiliki beberapa tahap. Mulai dari memastikan posisi tuas transmisi dalam kondisi netral atau di tengah untuk mobil manual. Kemudian, menginjak pedal terlebih dahulu dan tunggu putaran mesin menjadi normal dan tidak mati tiba-tiba. Setelah itu baru mobil bisa dijalankan.