Anti RIbet! Ini Cara Pasang Plat Nomor Mobil Sendiri

cara pasang plat nomor mobil

Cara pasang plat nomor mobil sebenarnya tidak sulit. Bahkan, kamu bisa memasangnya sendiri di rumah. Plat nomor kendaraan sendiri merupakan identitas sebuah kendaraan, baik motor, mobil, truk, dan sebagainya. Jika masa berlakunya sudah habis, kamu wajib melakukan perpanjang dan mengganti papan nomor plat kendaraan tersebut. 

Selain bisa dilakukan sendiri, pemasangan plat nomor mobil juga bisa dilakukan di bengkel terdekat. Namun, untuk kamu yang senang mengotak-atik mobil, mungkin kegiatan pasang plat nomor mobil ini akan terasa menyenangkan.

Jika masih bingung bagaimana cara pasang plat nomor mobil, simak terus artikel ini sampai habis, ya. 

Cara pasang plat nomor mobil

Cara memasang plat nomor mobil ini hampir sama dengan memasang plat nomor motor. Kalau kamu baru saja mengganti plat nomor custom dan ingin memasangnya sendiri, maka perlu tahu caranya. Namun, jika masih bingung, kamu bisa mengikuti cara pasang plat nomor mobil berikut ini.

  1. Persiapkan alat, seperti obeng Philips atau obeng pipih, plat nomor mobil yang akan dipasang, dan sekrup untuk mengencangkan plat agar tidak mudah lepas.
  2. Buka plat nomor mobil yang lama dengan hati-hati agar tidak merusak bagian mobil. Untuk membukanya, kamu bisa menggunakan obeng yang sesuai dengan sekrup mobil.
  3. Bersihkan bagian tempat kamu akan memasang plat nomor mobil yang baru dari debu dan kotoran yang menempel.
  4. Ambil plat nomor mobil baru yang sudah dilubangi dan sejajarkan dengan bumper mobil atau tempat di mana plat nomor mobil akan dipasang.
  5. Pasang plat nomor mobil dengan menggunakan sekrup yang sebelumnya sudah kamu lepaskan. Putar sekrup searah jarum jam dan pastikan plat nomor tidak terlalu kendor ataupun kencang. 
  6. Pemasangan plat nomor mobil pun selesai. 

Mudah bukan cara pasang plat nomor mobil ini? Bahkan, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. 

Cara pasang dudukan plat nomor mobil

Sebagian mobil ada yang menggunakan dudukan untuk plat nomor mobilnya, terutama mobil pribadi. Tujuannya adalah untuk menambah nilai estetika pada mobil. 

Untuk kamu yang tertarik untuk menggunakan dudukan pada plat nomor mobil, berikut cara pasang dudukan plat nomor mobil. Namun, perlu diingat bahwa cara pasang dudukan plat nomor mobil ini untuk yang berbahan plastik. 

Manfaatkan pilihan proteksi finansial dari asuransi mobil terbaik agar kamu tak perlu menguras kantong untuk biaya perawatan dan perbaikan mobil di bengkel. Dengan memiliki asuransi mobil, kamu bisa lebih fokus untuk menyiapkan tabungan dan berinvestasi.

Sebab, terdapat berbagai jenis dudukan plat mobil yang tersedia di pasaran sehingga cara pasangnya pun bisa berbeda. 

  1. Pastikan bumper untuk menempelkan dudukan plat mobil sudah dilubangi. 
  2. Sejajarkan lubang bingkai plat nomor mobil dengan lubang di bumper mobil agar tidak terlihat miring.
  3. Jika sudah sejajar, kencangkan dengan menggunakan sekrup. Pastikan sekrup tidak terlalu kencang agar tidak merusak bagian mobil, tapi jangan terlalu longgar juga agar rangka tidak bergerak saat mobil berjalan. 
  4. Masukkan plat nomor mobil ke dalam bingkai dudukan.
  5. Pasang penahan plat nomor mobil bagian bawah, lalu masukkan sekrup sebagai pengunci agar plat nomor mobil yang sudah dipasang tidak lepas. 
  6. Kemudian tutup kembali penahan plat mobil sampai terdengar bunyi ‘klik’.
  7. Periksa apakah dudukan plat nomor mobil sudah terpasang dengan benar atau belum

Cara pasang plat nomor mobil tanpa lubang

Selain menggunakan sekrup, cara pasang plat nomor mobil juga bisa dilakukan tanpa menggunakan sekrup ataupun lubang. Caranya sangat mudah dan hanya menggunakan double tape foam

Berikut cara pasang plat nomor mobil tanpa lubang. 

  1. Bersihkan bumper mobil yang akan ditempeli plat. 
  2. Kemudian tempelkan double tape foam pada bagian belakang dudukan plat nomor mobil.
  3. Sebelum membuka bagian kertas yang menutupi double tape foam, atur posisi yang pas apakah dudukan plat nomor mobil sudah sejajar dan tidak miring.
  4. Jika posisi sudah pas, buka kertas perekat double tape foam dan tempelkan ke bumper mobil lalu tekan agar dudukan plat mobil merekat kuat di bumper mobil.
  5. Periksa apakah dudukan plat mobil sudah merekat sempurna di bumper mobil dan tidak jatuh ketika mobil berjalan. 

Cara pasang plat nomor mobil acrylic

Untuk cara pasang plat nomor mobil acrylic sebenarnya hampir sama dengan pemasangan plat nomor mobil dengan dudukan berbahan plastik ini. Bedanya terletak pada bagian penutupnya.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile

Plat mobil acrylic, bagian penutup platnya terbuat dari acrylic transparan, sedangkan plat mobil biasa, tidak memiliki penutup dan hanya ditahan oleh bingkai penutup berbahan plastik yang diikat oleh sekrup penahan saja. 

Jika masih bingung, berikut cara pasang plat nomor mobil acrylic

  1. Pasang dudukan plat nomor pada bumper mobil
  2. Kemudian tempelkan double tape foam di bagian atasnya. Double tape foam ini berfungsi sebagai perekat plat mobil yang nantinya akan ditempelkan ke dudukan plat ini
  3. Tempelkan plat nomor mobil pada dudukannya
  4. Terakhir tinggal tempelkan penutup acrylic dan selesai

Mudah, bukan? Meskipun cara pasang plat mobil ini tidak jauh berbeda dengan penutup plat nomor mobil berbingkai plastik, tapi penutup berbahan acrylic dapat memberikan kesan yang lebih mewah pada plat mobil. 

Ragam pilihan dudukan plat nomor mobil

Selain berbahan plastik dan acrylic, sebenarnya ada berbagai pilihan bahan dudukan plat nomor mobil yang tersedia di pasaran. Selain untuk melindungi, penggunaan aksesoris mobil berupa dudukan plat nomor mobil ini juga dapat menambah nilai estetika pada mobil tersebut. 

Apa saja pilihan bahan dudukan plat nomor mobil yang saat ini tersedia di pasaran? Berikut daftar lengkapnya beserta harganya. 

Bahan plastik

Dudukan plat nomor mobil berbahan plastik mungkin yang paling sering digunakan pemilik mobil. Dudukan berbahan ini bisa dibilang sebagai yang paling murah karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp10 ribuan saja. 

Meskipun harganya murah, tapi fungsinya sebagai dudukan plat nomor sangat baik. Aksesoris mobil yang satu ini terdiri dari 2 bagian, yaitu dudukan plat nomor yang ditempelkan pada bumper mobil dan penutupnya yang berupa bingkai. 

Untuk menggunakan dudukan plat nomor berbahan plastik ini, kamu tidak perlu melubangi plat nomor karena sudah tersedia lubang-lubang di dudukannya. Plat nomor akan ditahan oleh bingkai penutup yang juga berbahan plastik dan diikat atau dikunci dengan sekrup penahan. 

Bahan acrylic

Dudukan plat nomor yang satu ini memiliki bahan yang satu tingkat lebih baik dari bahan sebelumnya. Bahan acrylic ini sendiri sebenarnya terletak pada bagian penutup plat nomornya saja. 

Sementara bagian dudukan yang dipasang di bumper mobil masih terbuat dari material plastik. Untuk cara pasang plat nomor mobil acrylic ini tidak jauh berbeda dengan bahan plastik. 

Namun, dari segi estetika, penutup plat nomor mobil berbahan acrylic ini membuat mobil terlihat lebih mewah pada bagian plat nomor. Dari segi harga pun masih terjangkau, yakni berkisar antara Rp25 ribu sampai Rp50 ribuan saja. 

Bahan metal

Jika kamu membutuhkan dudukan plat nomor yang lebih kokoh, plat nomor berbahan metal ini bisa jadi pilihan yang tepat. Selain kokoh, plat nomor berbahan ini juga lebih mudah dipasang. 

Sebab, bagian penahan plat nomornya dibuat dengan model slot. Jadi, setelah dipasang bagian penutup plat nomor mobil, kamu tinggal menyelipkan plat nomornya saja.

Tak sampa di situ saja, plat nomor bahan metal juga dilengkapi dengan engsel untuk penempatan plat nomor belakang kendaraan. Hal ini tentunya memudahkan kamu sebagai pemilik kendaraan ketika harus mengganti plat nomor tanpa perlu melepas dudukannya. 

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Akan tetapi, dari segi harga plat nomor berbahan metal sedikit lebih mahal, yakni di atas Rp150 ribu. Maka dari itu, tak heran jika plat nomor bahan ini sering digunakan untuk mobil pejabat Pemerintahan. 

Model JDM (Japanese Domestic Market)

Jika beberapa pilihan dudukan sebelumnya sering digunakan pada mobil pribadi atau pejabat Pemerintahan, dudukan plat nomor model JDM ini lebih diperuntukan bagi pemilik mobil yang ingin bergaya sporty. Plat nomor model ini menempatkan plat nomor agar terlihat lebih menonjol.

Terdapat engsel yang membuat arah plat nomor cenderung menghadap ke bawah. Sementara untuk menambah kesan sportinya, dudukan plat nomor model JDM umumnya tersedia dalam motif karbon.

Meskipun terlihat mahal, tapi sebenarnya dudukan mobil Model JDM ini sangat terjangkau, yakni kisaran Rp20 ribuan saja. 

Itulah beberapa cara pasang plat nomor mobil dengan mudah dan bisa kamu lakukan sendiri. Jika bingung dan kesulitan memasangnya sendiri, kamu bisa mengunjungi bengkel terdekat. 

Utamakan asuransi kesehatan dengan sistem klaim cashless. Keuntungan asuransi kesehatan cashless akan memudahkan kamu saat mengajukan klaim. Kamu cuma perlu memberikan nomor asuransi pribadi saja dan bisa langsung dapat layanan medis saat itu juga tanpa melalui proses pemeriksaan administrasi lebih lama.

Harga dudukan mobil plat nomor mobil berbagai merek 

Berikut beberapa pilihan merek dudukan plat mobil dengan estimasi harganya yang diambil dari berbagai ecommerce. 

Merek dudukan plat mobilHarga
Tempat dudukan plat nomor mobil merek One way 9 (plastik)Rp15.000
Tatakan plat nomor mobil merek AVS Astra (plastik)Rp25.000
Dudukan tempat plat nomor mobil acrylic akrilik led merek IzyRp145.000
Dudukan plat nomor mika plat nomor mobil tanpa lampu merek AbsolutRp65.000
Frame Plat Mobil JDM Set isi 2 pcs – TRD TechnocraftRp100.000

Tips dari Lifepal! Sebaiknya kamu tidak melakukan modifikasi pada plat nomor kendaraan, apalagi sampai mengubah bentuk dan warna. Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 68, pengendara kendaraan bermotor yang memodifikasi plat nomor polisi dapat dijatuhi sanksi kurungan maksimal 2 bulan dan denda paling banyak Rp500.000.

Cari tahu asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan 

Bagi kamu para pemilik mobil baru, penting nih untuk memberikan proteksi finansial terhadap mobil yang kamu miliki dengan asuransi mobil terbaik. 

Asuransi mobil memberikan manfaat berupa penggantian biaya servis akibat kerusakan karena kecelakaan maupun bencana alam. Dengan asuransi mobil kamu tidak perlu khawatir lagi jika terjadi sesuatu dengan mobil kamu. 

Cari tahu di Lifepal daftar asuransi mobil terbaik di Indonesia yang bisa kamu pertimbangkan menggunakan kuis di bawah ini. Kemudian, hitung perkiraan biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan dengan kalkulator dari Lifepal. 

Pertanyaan seputar cara pasang plat nomor mobil 

Letak Nomor Polisi di STNK?

Letak nomor polisi di STNK cukup mudah ditemukan yakni pada bagian paling atas, tepatnya pada bagian “nomor registrasi”. Setelah nomor polisi kendaraan, kemudian diikuti nama pemilik yang teregister dan informasi lainnya.

Apa itu asuransi mobil?

Asuransi mobil adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa mobil. Dengan memiliki jaminan finansial dari asuransi mobil, pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya tagihan perawatan dan perbaikan di bengkel karena perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.

Produk asuransi mobil terbagi dua, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Asuransi all risk memberikan jaminan biaya perbaikan berskala ringan hingga berat. Asuransi TLO memberikan jaminan biaya perbaikan khusus untuk tingkat kerusakan berskala berat dan jaminan penggantian unit baru andai mobil nasabah asuransi mobil hilang akibat pencurian.

Temukan referensi kepada berbagai pilihan perusahaan asuransi mobil terbaik dan konsultasikan kebutuhan asuransimu secara gratis di Lifepal.

Letak nomor polisi di STNK cukup mudah ditemukan yakni pada bagian paling atas, tepatnya pada bagian “nomor registrasi”. Setelah nomor polisi kendaraan, kemudian diikuti nama pemilik yang teregister dan informasi lainnya.
Asuransi mobil adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa mobil. Dengan memiliki jaminan finansial dari asuransi mobil, pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya tagihan perawatan dan perbaikan di bengkel karena perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.

Produk asuransi mobil terbagi dua, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Asuransi all risk memberikan jaminan biaya perbaikan berskala ringan hingga berat. Asuransi TLO memberikan jaminan biaya perbaikan khusus untuk tingkat kerusakan berskala berat dan jaminan penggantian unit baru andai mobil nasabah asuransi mobil hilang akibat pencurian.

Temukan referensi kepada berbagai pilihan perusahaan asuransi mobil terbaik dan konsultasikan kebutuhan asuransimu secara gratis di Lifepal.