Cara Spooring Mobil Sendiri Plus Tipsnya

cara spooring mobil

Sebagai salah satu jenis service rutin pada kendaraan, sebaiknya kamu mengetahui cara spooring mobil. 

Tetapi, spooring mobil itu apa? Singkatnya, spooring adalah proses pelurusan kembali posisi dudukan empat roda mobil ke posisi awal (alignment) sebagaimana settingan pabrik. Kemudian, supaya lebih maksimal, spooring  biasanya akan dilanjutkan dengan balancing. 

Tujuannya supaya keempat ban mobil bisa seimbang lagi. Proses spooring mobil cukup penting karena jika tidak ban tidak seimbang akan mempengaruhi performa mobil ketika dikemudikan. Biasanya, perubahan posisi dudukan roda ini disebabkan karena benturan atau kondisi ban yang sudah menipis.  

Cara spooring mobil

Cara spooring mobil ini dilakukan saat keempat ban dalam kondisi terpasang. Montir akan menyetel sudut camber dan sudut caster kedua roda depan. Sebab pada umumnya, roda bagian depan yang sering melenceng.

Jika sudut roda melenceng jauh dari setelan standar pabrikan mobil, maka montir akan melakukan cara spooring mobil. Beberapa hal yang akan disetel saat proses spooring adalah:

  • Negative/positive camber
  • Toe in/out
  • Negative/positive caster
  • Selain itu montir juga akan mengecek komponen lain yaitu tie rod, end tie rod, ball joint, dan bushing. Jika ada yang rusak, maka komponen-komponen tersebut akan diganti sebelum proses spooring.

    Cara spooring manual

    Selain dilakukan di bengkel, sebenarnya spooring bisa dilakukan sendiri di rumah, lho. Berikut ini informasi lengkap seputar cara spooring manual mobil beserta tipsnya. 

    Cara spooring manual dengan benang

    Memanfaatkan benang merupakan cara yang praktis untuk spooring manual. Caranya kamu hanya perlu membentangkan sebuah benang melingkari keempat ban untuk melihat posisi ban. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara spooring mobil manual dengan bantuan benang 

  • Siapkan benang kasur atau benang layangan dan kunci pass, kunci pass ring, dan kunci pipa ukuran 13, 14, 17, dan 19.
  • Parkir mobil pada permukaan yang rata terlebih dulu. Posisikan lingkar kemudi dengan lurus dan sejajar.
  • Jika mobilmu menggunakan dop velg maka lepaskan dulu. 
  • Selanjutnya lingkarkan benang dari roda belakang ke arah roda depan, lalu ke roda belakang yang sama pada sisi lain. Kamu bisa mengikat ujung-ujung benang pada per, sasis, atau komponen lain di bagian dalam belakang roda. 
  • Jika kamu menemukan cela pada salah satu roda depan, aturlah panjang tie rod sampai menghasilkan setelan yang sesuai. 
  • Gunakan kunci 17 atau 10 untuk mengendurkan mur baut pada tie rod
  • Gunakan kunci 13 atau 14 untuk menyetel batang tie rod.
  • Putarlah hingga sisi roda depan dan bagian belakang sudah menyentuh benang secara pas, tidak renggang maupun terlalu menekan sisi roda depan. 
  • Kencangkan kembali baut pada tie rod dengan kunci 17 atau 19.
  • Sebagai informasi tie rod ini merupakan komponen mobil yang berfungsi meneruskan setir bagian bawah sehingga dapat menggerakkan roda ke kanan dan kiri. Selama proses ini, usahakan kamu tidak memakai dongkrak mobil, ya!

    Cara spooring manual dengan meteran

    Selain dengan benang, kamu juga bisa memanfaatkan meteran untuk spooring mobil manual. Prosedurnya tidak jauh berbeda dengan menggunakan benang. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Jalankan mobil sampai kurang lebih 3 meter, lalu tarik rem tangan sehingga posisi setir menjadi lurus.
  • Siapkan meteran untuk mengukur jarak antara kedua roda depan dengan sisi depan dan belakang roda. 
  • Jika terdapat jarak yang berbeda pada roda-roda mobil, maka roda perlu di-spooring.
  • Selanjutnya kamu bisa melakukan spooring mobil manual seperti memakai benang. Sebagai catatan, penyetelan roda ini usahakan tidak sampai 1-5 mm, ya! 
  • Biaya spooring mobil

    Tak hanya secara manual, kamu juga bisa melakukannya di bengkel ban mobil atau bengkel service yang melayani jasa spooring dan balancing. Spooring ban mobil dilakukan saat ban sudah terpasang di sistem kaki-kaki mobil. 

    Sebelumnya teknisi akan mencari tahu apakah mobilmu membutuhkan spooring? Cara cek spooring mobil ini dilakukan dengan penyetelan sudut camber dan sudut caster pada roda bagian depan yang paling sering melenceng.

    Jika teknisi menemukan sudut roda melenceng jauh dari pengaturan pabrikan, maka ini menjadi tanda kalau ban perlu di-spooring.  

    Adapun biaya spooring mobil di bengkel mulai dari Rp100 ribu. Sebagian besar bengkel juga menyediakan paket spooring dan balancing seharga mulai dari Rp150 ribuan. Tarif ini bervariasi tergantung kebijakan dari masing-masing bengkel.

    Tips spooring mobil

    Biar proses spooring mobil, baik itu manual atau di bengkel bisa menciptakan hasil yang maksimal, kamu harus tahu tips-tips berikut ini. 

    Kenali gejala ban perlu di-spooring

    Terlambat melakukan spooring, bisa berbahaya, lho! Untuk itu kamu harus mengenali terlebih dahulu apa saja gejala-gejala ban mobil sudah saatnya spooring berikut ini: 

  • Terdapat aus pada salah satu ban mobil.
  • Permukaan ban, baik salah satu atau keduanya, sudah tidak rata.  
  • Rodanya terlihat miring saat diparkir, sekalipun di tempat datar.  
  • Lihat ban bagian belakangnya dengan mengambil jarak beberapa meter. Jika tidak sejajar lurus dengan bagian belakang, maka ban mobil sudah perlu di spooring. 
  • Ban mobil belakang yang bergeser dan tidak presisi dari tempatnya semula juga menandakan perlu di-spooring.
  • Terasa getaran yang mengganggu kestabilan mobil ketika dikendarai.
  • Arah stir condong ke satu sisi ketika dikendarai juga menandai ban tidak dalam posisi yang semestinya.
  • Setir terasa lebih berat dan sulit dikendalikan ketika dikendarai. 
  • Setir terasa miring padahal sedang melewati jalanan yang bagus.
  • Disarankan ban mobil di-spooring setiap 10.000 km 

    Selain melihat tandanya, kamu juga harus tahu waktu yang tepat spooring mobil. Baik spooring dan balancing memang bukanlah seperti servis berkala yang wajib dilakukan. Tetapi, sebaiknya lakukan service kaki kaki mobil secara rutin agar nyaman dan aman.

    Untuk spooring dan balancing mobil disarankan 10.000 kilometer atau 6 bulan sekali, di luar sejumlah tanda yang disebutkan di atas.

    Sebaiknya dilakukan secara rutin

    Dengan rutin melakukan spooring bisa membuat kamu lebih hemat pengeluaran karena tidak perlu membeli ban mobil baru. Adapun manfaat rutin dari spooring mobil adalah sebagai berikut:

  • Umur ban mobil lebih panjang
  • Masa pakai kaki-kaki mobil lebih lama
  • Menghindari penipisan ban mobil pada salah satu ban saja
  • Mobil jadi lebih stabil saat digunakan
  • Pengemudi bisa lebih nyaman mengendarai mobil yang rutin di service 
  • Lebih baik di bengkel atau spooring sendiri di rumah?

    Spooring mobil manual maupun di bengkel keduanya sama-sama bisa dilakukan. Jika kamu ingin cara yang mudah dan gratis, maka bisa melakukan spooring sendiri di rumah. Apalagi saat ini sudah banyak tutorial, termasuk juga tutorial cara balancing mobil, yang bisa dicontoh ketika akan melakukannya.

    Tetapi, cara ini belum tentu berhasil. Kalau kamu mau cara yang lebih aman, maka sebaiknya spooring dilakukan oleh ahlinya di bengkel servis mobil.

    Spooring balancing: haruskah bersamaan?

    Spooring balancing tidak harus dilakukan bersamaan. Kamu hanya perlu melakukan tindakan ini jika disarankan oleh pihak bengkel atau muncul gejala. Selain itu, ketika ban sudah dicopot untuk balancing, sebenarnya proses ini juga sudah termasuk spooring. 

    Ini juga berlaku saat pemilik kendaraan mengganti ban mobil baru agar roda tetap di posisi yang benar setelah proses bongkar pasang ban mobil maka perlu keduanya. 

    Namun, kalau kamu sudah meyakini posisi roda sudah benar, maka spooring tidak wajib dilakukan. Nah, kebanyakan orang mengira bahwa spooring dan balancing adalah prosedur yang sama. Padahal, keduanya berbeda.

    Meskipun sama-sama berkaitan dengan pemeliharaan dan perawatan mobil, tapi ada perbedaan spooring dan balancing yang cukup signifikan. Keduanya tidak harus dilakukan secara bersamaan.

    Manfaatkan asuransi mobil untuk perbaikan kendaraan

    Walaupun biaya spooring dan balancing cukup terjangkau, tetapi ada banyak jenis perbaikan mobil lebih memakan biaya. Maka dari itu, sangat penting memiliki asuransi mobil terbaik, supaya kamu tidak perlu keluar banyak biaya lagi. Sebab, asuransi mobil akan menanggung berbagai biaya perbaikan mobil sesuai polis.

    Yuk, cari tahu dulu asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

    Hitung sendiri juga berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

    Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

    Pertanyaan seputar cara spooring ban mobil

    Spooring adalah proses pelurusan kembali posisi dudukan empat roda mobil ke posisi awal (alignment) sebagaimana settingan pabrik. Kemudian, supaya lebih maksimal, spooring biasanya bersamaan dengan balancing.
    Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.