12 Hal Penting Saat Cek Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

cek mobil sebelum perjalanan jauh

Cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan dan perhatikan. Tujuannya adalah untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan siap dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Memeriksa kendaraan dilakukan saat berkendara jarak dekat maupun jauh. Tentu kamu tidak ingin mobil mogok di tengah jalan, bukan? Simak selengkapnya terkait cek mobil sebelum perjalanan jauh di bawah ini.

Daftar cek mobil sebelum perjalanan jarak jauh

Persiapan perjalanan jauh dengan mobil harus dilakukan dengan benar dan seksama. Tujuan dari cek mobil sebelum perjalanan jauh ini adalah untuk memastikan mobil kamu dalam keadaan prima dan siap untuk digunakan.

Apa yang perlu dipertimbangkan dalam perjalanan? Ada banyak cek list kendaraan yang perlu kamu lakukan. Maka dari itu, kamu harus cek mobil sebelum perjalanan jauh agar aman dan nyaman saat berkendara.

Berikut beberapa cek list kendaraan sebelum perjalanan jarak jauh yang harus kamu pertimbangkan. Di antaranya adalah:

1. Air radiator

Coba cek air radiator mobil kamu, apakah dalam keadaan penuh? Atau malah sudah habis? 

Selain air radiator, cek mobil sebelum perjalanan jauh yang harus kamu perhatikan adalah selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Pastikan selang terpasang dengan baik dan tidak mengalami kebocoran.

Jangan sampai selang tersebut mengalami keretakan atau menggelembung. Jika sudah seperti itu, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru. 

Tujuan checklist mobil ini adalah untuk menghindari selang pecah saat sedang perjalanan jauh.

2. Filter

Pada mobil, filter berfungsi untuk mencegah dan menyaring kotoran serta debu agar tidak masuk ke mesin. Bagian ini harus masuk ke dalam daftar cek mobil sebelum perjalanan jauh.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek filter oli mobil, filter udara, dan juga filter bensin. Cek list kendaraan yang juga harus dilakukan adalah membersihkan filter AC mobil agar perjalanan kamu tetap nyaman.

3. Oli mesin

Hal yang perlu dicek mobil sebelum perjalanan jauh berikutnya adalah oli mesin. Kamu harus memastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Caranya adalah dengan memeriksa level pada stik oli.

Oli mesin yang memiliki volume cukup, garisnya harus berada di antara tanda L dan F. Jika kurang, maka sebaiknya tambahkan oli secukupnya. 

Checklist kendaraan yang harus kamu perhatikan adalah pemakaian batas waktu oli masih cukup untuk jarak perjalanan jauh.

4. Baterai

Cek mobil sebelum perjalanan jauh selanjutnya adalah baterai. Perhatikan apakah baut kutub aki dalam keadaan bersih atau tidak. Jika kotor, sebaiknya dibersihkan dari kotoran yang menempel.

4. Belt kipas

Melakukan perjalanan dalam mobil artinya harus menggunakan AC secara terus menerus. Maka dari itu, cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah dengan memperhatikan belt kipas.

Jika ada yang retak, maka segera ganti. Cek kendaraan lainnya yang perlu kamu lakukan adalah mengecek tegangan tension belt agar putaran kipas bisa optimal. 

Kamu bisa memperhatikan jarum penunjuk di temperature.Jika melebihi garis tengah, artinya mesin dalam kondisi panas dan masih aman untuk digunakan. 

Apabila lebih dari setengah, ada baiknya untuk berhenti dan tunggu sampai mesin dingin, kemudian periksa kondisi air pendingin dari kipas.

5. Rem

Rem menjadi salah satu komponen penting yang harus dicek sebagai persiapan perjalanan jauh naik mobil. Kamu harus memeriksa level minyak rem

Jika kurang dari batas minimal, maka kamu harus mengecek adanya kebocoran atau tidak.

6. Timing belt

Jika kamu sudah mengendarai mobil sejauh atau lebih dari 50.000 km, ada baiknya untuk mengecek kondisi timing belt mobil. 

Tapi hal yang perlu kamu lakukan untuk cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah mengganti timing belt meskipun belum ada kerusakan.

7. Ban

Persiapan perjalanan jauh naik mobil adalah dengan memeriksa kondisi ban. Cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah dengan mengecek tekanan ban mobil. Normalnya berada di sekitar 30-34 psi.

Untuk bagian yang sangat vital ini, jangan ambil risiko, ya. Pastikan kamu menggunakan merek ban mobil terbaik atau ban mobil yang disarankan oleh produsen mobil. 

8. Lampu

Memeriksa kendaraan dilakukan saat berkendara jarak dekat maupun jauh. Salah satu daftar cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah kondisi lampu mobil

Pastikan semua lampu bisa berfungsi dengan baik. Jangan lupa mengganti jika ada lampu yang mati, ya!

9. Wiper

Di musim penghujan, fungsi wiper sangat dibutuhkan. Maka dari itu, wiper masuk ke dalam daftar cek mobil sebelum perjalanan jauh. Pastikan wiper di mobil kamu bisa berfungsi dengan baik.

Cara merawat wiper mobil sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu memastikan elastisitas karet yang melapisi rangka besinya.  Selain itu, kamu perlu memastikan air wiper terisi dengan cukup. 

10. Sarana keselamatan

Sarana keselamatan yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan adalah memastikan semuanya dalam keadaan aman dan berfungsi dengan baik. Seperti seat belt, airbag, dan sarana keselamatan lainnya.

11. Kotak P3K

Salah satu sarana keselamatan yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan jauh adalah kotak P3K. Kotak keselamatan ini bisa menjadi penolong kamu disaat sedang emergency

Terutama jika kamu melakukan perjalanan jauh.

12. Kelengkapan peralatan mobil

Satu lagi daftar cek mobil sebelum perjalanan jauh adalah kelengkapan peralatan mobil. Kamu harus memastikan di mobil kamu sudah tersedia dongkrak mobil, ban mobil cadangan, dan peralatan mobil lainnya untuk keadaan emergency.

Tips dari Lifepal! Pastikan kamu sudah cek mobil sebelum perjalanan jauh agar nyaman, aman, dan tentunya selamat sampai di tujuan. Cek perjalanan jauh kamu sebelum pergi untuk mengkalkulasi kemungkinan hal-hal yang terjadi.

Demikian hal-hal terkait cek mobil sebelum perjalanan jauh. Semoga artikel ini bermanfaat!

Gunakan perlindungan dari asuransi mobil

Berkendara di jalanan bukannya tanpa risiko, kejadian seperti tabrakan atau terserempet pengendara lain bisa terjadi kapanpun. Tentunya, selain keselamatan kerugian finansial juga tidak bisa dihindari. 

Karena itu, kamu perlu memberikan perlindungan finansial dengan asuransi mobil yang dapat mengcover biaya perbaikan akibat kecelakaan. Asuransi mobil dapat memberikan penggantian biaya servis di bengkel akibat kerusakan kecil maupun besar. 

Bila kamu masih bingung dalam menentukan asuransi kendaraan yang tepat, ikuti kuis asuransi mobil dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung perkiraan biaya premi asuransinya dengan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini. . 

Pertanyaan seputar cek mobil sebelum perjalanan jauh

Beberapa komponen mobil yang harus dicek sebelum perjalanan jauh adalah filter, wiper, oli, aki, lampu, ban, rem, dan cairan radiator.
Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, bencana alam dan lain-lain. Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil yang rusak parah yang sama dengan atau lebih dari 75%