17 Mobil Ini Banting Harga di Akhir 2018, Ada yang Diskonnya Sampai Rp 70 Juta!

Diskon mobil akhir tahun

Program diskon mobil akhir tahun sudah mulai bermunculan sejak akhir 2018 dan masuk tahun 2019. Dalam diskon mobil akhir tahun 2018, bakal ada beberapa mobil yang harganya dibanting. Dan, kabarnya, diskon itu mencapai puluhan juta rupiah!

Penasaran mobil-mobil baru yang bakal didiskon akhir tahun ini? MoneySmart merangkum informasi diskon mobil ini dari beberapa media. Berikut, informasi lengkapnya:

1. Honda Brio Satya – Rp 3 – Rp 5 juta

Honda Brio Satya (IG honda.prospect)
Honda Brio Satya (IG honda.prospect)

Honda Brio Satya memang baru saja hadir dalam tampilan terbarunya pada Agustus 2018. Kamu sudah bisa menikmati diskon mobil city car ini mulai Rp 3 hingga Rp 5 juta di akhir tahun.

Brio baru bentuknya lebih sporty dan dinamis, terutama di bagian belakang alias pintu bagasi. Banyak orang pasti tahu bagian belakang Brio lawas kerap dikritik karena bentuknya yang aneh. Desain terbaru Brio dipastikan bisa menghilangkan kritik tersebut.

Mobil yang harganya dibanderol mulai Rp 139 juta ini dilengkapi dengan mesin i-VTEC 1.199 cc, dan bahan bakar bensin. Sementara itu, tenaga maksimalnya di 88,7 Tk dan torsi maksimalnya di 110 Nm.

2. Datsun Go dan Go+ Panca – Rp 8 hingga Rp 9 juta

Datsun (IG id_datsun)
Datsun (IG id_datsun)

Datsun varian Go dan Go+ Panca menjadi mobil kedua yang meramaikan diskon mobil akhir tahun ini. Diskon yang ditawarkan berkisar antara Rp 8 hingga Rp 9 juta.

Mobil dengan kapasitas mesin 1.198 cc ini bisa muat tujuh orang dan dibanderol mulai Rp 119 jutaan. Performa mobil lumayan bertenaga dan irit. Pasalnya, bisa menghasilkan power maksimum hingga 50 PS pada putar mesin 5000 RPM.

3. Daihatsu Ayla – Rp 8 hingga Rp 10 juta

Daihatsu Ayla (IG daihatsu.co.id)
Daihatsu Ayla (IG daihatsu.co.id)

Untuk varian mobil murah ramah lingkungan (LCGC) empat penumpang, ada Daihatsu Ayla. Mobil ini didiskon dari Rp 8 hingga Rp 10 juta.

Selain unggul dalam harga, Daihatsu Ayla dikenal irit BBM dan memiliki desain simpel. Secara keseluruhan, mobil-mobil tersebut cocok untuk berkendara di dalam kota, terutama di tengah-tengah kemacetan jalan. Harga mobil ini dibanderol dari Rp 95 jutaan.

4. Daihatsu Sigra – Rp 8 hingga Rp 10 jutaan

Daihatsu Sigra (daihatsu.co.id)
Daihatsu Sigra (daihatsu.co.id)

Varian kedua dari Daihatsu yang masuk daftar diskon mobil akhir tahun adalah Sigra dengan besaran berkisar antara Rp 8 hingga Rp 10 juta. Di tahun 2018, Sigra memang jadi primadona Daihatsu karena berhasil menjadi yang terlaris.

Mobil dengan harga mulai dari Rp 111 juta ini menggendong mesin berkode 1KR-VE3 DOCH tiga silinder dengan kapasitas 998 cc.

Udah pasti irit banget tuh, silindernya juga cuma tiga. Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan mobil Sigra adalah 67 Tk. Sedangkan torsinya ada di angka 87 Nm.

5. Toyota Agya – Rp 11 juta

Toyota Agya (IG www.toyota.astra.co.id)
Toyota Agya (IG www.toyota.astra.co.id)

Kembaran Daihatsu Ayla ini juga didiskon Rp 11 juta di bulan November 2018. Kalau dipikir-pikir, lumayan juga karena harga barunya mulai dari Rp 135 jutaan.

Secara kapasitas mesin, mobil ini gak beda dengan Ayla. Namun, dari sisi keselamatan dan material, Agya tampaknya lebih unggul.

6. Toyota Calya – Rp 11 – Rp 12 juta

Toyota Calya (www.toyota.astra.co.id)
Toyota Calya (www.toyota.astra.co.id)

Sementara itu, untuk kembarannya Daihatsu Sigra, diskonnya juga luar biasa asyik karena bisa sampai Rp 12 juta. Dan harga mobil ini mulai dari Rp 132 juta.

Soal mesin, Calya dan Sigra memang gak jauh berbeda. Dan untuk fitur keselamatan, Calya memang lebih unggul.

7. Karimun Wagon R – Rp 15 juta

Karimun Wagon R (www.suzuki.co.id)
Karimun Wagon R (www.suzuki.co.id)

LCGC yang satu ini memang selalu didiskon gede di pameran-pameran. Diskonnya Rp 15 juta dan harganya mulai Rp 107 juta, lumayan dong? Bisa di bawah Rp 100 juta tuh.

Wagon R dinilai cukup hemat bahan bakar. Untuk satu liter bensin, dapat digunakan hingga jarak tempuh 20 kilometer. Kapasitas mesinnya 998 cc, dengan tenaga maksimal 67 tk.

8. Wuling Confero – Rp 15 juta

Wuling Confero (confero_id)
Wuling Confero (confero_id)

Di segmen low MPV, ada Wuling Confero yang juga masuk ke daftar diskon mobil akhir tahun. Asal kamu tahu, varian termurah Confero dibanderol Rp 134 jutaan.

Semua tipe Wuling Confero 1.5 dipasangi mesin 4 silinder DOHC, DVVT dengan kapasitas 1.485 cc. Sistem bahan bakarnya menggunakan direct injection.

9. Suzuki Ertiga – Rp 20 juta

Suzuki Ertiga (IG suzukiertigaallnew)
Suzuki Ertiga (IG suzukiertigaallnew)

Suzuki Ertiga didiskon. Gak tanggung-tanggung alias sampai Rp 20 juta, dan harga mobil ini mulai dari Rp 193 juta.

Suzuki New Ertiga menggendong mesin berkode K15B 1,5 liter (1.462 cc) empat silinder. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104,7 Ps di 6 ribu rpm, dan torsi maksimal 138 Nm di 4.400 rpm. Buat varian transmisi otomatisnya dibekali teknologi CVT.

10. Honda Mobilio – Rp 25 juta hingga Rp 30 juta

Honda Mobilio (IG mobilio_indonesia)
Honda Mobilio (IG mobilio_indonesia)

Low MPV yang satu ini dulu diciptakan untuk menjadi saingan Toyota Avanza. Kabar baiknya, mobil seharga Rp 193 juta ini didiskon Rp 25 hingga Rp 30 juta di akhir tahun.

Honda Mobilio menggunakan mesin berkode L15Z1 yang hampir sama dengan mobil Honda City produksi tahun 2014. Tenaga yang dihasilkan mesin mobil Mobilio adalah sebesar 118 PS pada 6.600 Rpm dengan torsi maksimal sebesar 145 Nm pada 4.600 Rpm.

11. Daihatsu Xenia – Rp 25 juta hingga Rp 27 juta

Daihatsu Xenia (IG daihatsuxenia)
Daihatsu Xenia (IG daihatsuxenia)

Daihatsu Xenia ikut banting harga di akhir tahun 2018. Diskon mobil yang harganya mulai dari Rp 183 jutaan ini sampai Rp 27 juta lho!

Salah satu mobil sejuta umat ini memang punya keuntungan di resale value-nya yang bertahan. Mesin ini berkapasitas 1.329 cc dan memiliki kapasitas maksimal tujuh orang.

12. Toyota Avanza – Rp 25 juta hingga Rp 30 juta

Toyota Avanza (www.toyota.astra.co.id)
Toyota Avanza (www.toyota.astra.co.id)

Kembaran Daihatsu Xenia udah gak mungkin gak didiskon. Avanza yang harganya mulai dari Rp 191 juta ini diskonnya bisa sampai Rp 30 juta.

Perbedaan Xenia dan Avanza memang gak terlalu signifikan. Dan, kebanyakan hal itu ada pada material mobilnya.

13. Suzuki Baleno – Rp 20 juta hingga Rp 25 juta

Toyota Baleno (IG gaadiwaadi)
Toyota Baleno (IG gaadiwaadi)

Dari segmen hatchback, Suzuki membanting harga Baleno mulai Rp 204 jutaan. Kalau didiskon sampai Rp 25 juta, pasti harganya bisa di bawah Rp 200 juta, bukan?

Kapasitas mesin mobil ini adalah 1.373 cc DOHC empat silinder, dan 16 katup. Makanya Suzuki berani mengklaim bensinnya bisa tembus 22,17 km per liter.

Varian mesin yang digunakan adalah K14B, varian mesin tertinggi untuk mobil Suzuki yang dirilis di pasaran India. Makanya, Suzuki Baleno 2017 bisa menyemburkan tenaga sebesar 91,2 HP pada 6.000 RPM dan torsi maksimal 130 NM di 4.000 RPM.

14. Honda Jazz – Rp 15 juta hingga Rp 20 juta

Honda Jazz (autocarindia)
Honda Jazz (autocarindia)

Hatchback yang sempat dinominasikan sebagai mobil dengan resale value tinggi ini juga dibanting harga sampai Rp 20 juta. Sementara itu harga barunya mulai dari Rp 236 juta.

Di Indonesia, Jazz emang sempat menjadi mobil terlaris. Secara desain, Jazz emang tergolong futuristik, dan tampilannya keren banget khas anak muda.

Sebagai mobil hatchback kompak, interiornya pun terasa lega. Dan tenaganya cukup bagus.

15. Toyota Yaris – Rp 30 juta hingga Rp 35 juta

Toyota Yaris (www.toyota.astra.co.id)
Toyota Yaris (www.toyota.astra.co.id)

Hatchback Toyota yang harganya mulai dari Rp 235 juta ini didiskon sampai R 35 juta. So, gede juga peluangmu untuk bisa bawa pulang Yaris seharga Rp 200 juta pas!

Yaris menggendong mesin 2NR yang efisien dan lumayan berperforma untuk penggunaan harian. Dengan kapasitas 1,5 liter, mobil ini juga seringkali disebut pesaing Jazz.

16. Mitsubishi Pajero Sport – Rp 25 juta hingga Rp 35 juta

Mitsubishi Pajero Sport (www.mitsubishi-motors.com.au)
Mitsubishi Pajero Sport (www.mitsubishi-motors.com.au)

Masuk ke segmen SUV medium. Pertama, SUV yang didiskon adalah Pajero Sport yang berasal dari Mitsubishi. Harganya mulai dari Rp 452 juta, dan diskonnya bisa sampai Rp 35 juta.

Mobil SUV ini menggendong mesin berkode 4D56, dan berkapasitas 2.500 cc. Meski mesinnya diesel commonrail, tampaknya sah-sah aja bagi mobil ini menenggak BBM Pertamina Dexlite alias Pertalite-nya Diesel.

Tapi, patut dicatat, meskipun penggunaan Dexlite masih bisa ditoleransi, tenaga dan performa mobil ini bakal sedikit berkurang dibanding pakai bensin yang emang dianjurkan pabrikan.

17. Toyota Fortuner – Rp 45 juta hingga Rp 70 juta

Toyota Fortuner (http://toyota.com.ph)
Toyota Fortuner (http://toyota.com.ph)

Inilah SUV terakhir yang meramaikan parade diskon mobil akhir tahun dengan potongan harga terbesar! Mari kita sambut Toyota Fortuner.

Berdasarkan informasi dari Kompas, mobil dengan harga mulai dari Rp 475 juta ini memang dibanting sampai Rp 70 juta. Namun, untuk variannya, masih belum jelas yang mana.

Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 2.393 cc, dan berbahan bakar solar. Tenaga maksimal yang bisa dimuntahkan SUV ini mencapai 149,6 tk di 3.400 RPM. Sementara itu, torsinya cukup berlimpah alias mencapai 400 nm di 1.200 RPM.

Gak sedikit selebriti atau pejabat memilih mobil ini jadi tunggangannya.

Itulah 17 mobil yang harganya dibanting di akhir tahun 2018. Tertarik membeli salah satunya? Sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet ya! (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →