Apa Itu DOHC, Fungsi, dan Cara Kerjanya

dohc adalah

DOHC adalah salah satu jenis mesin pada kendaraan bermotor. Kepanjangan DOHC adalah Double Over Head Camshaft. 

DOHC adalah jenis Camshaft yang mempunyai Over Head Double. Lebih jelasnya, yakni mesin yang mempunyai dua pasang over head dalam satu piston. Karenanya, mesin tersebut mempunyai empat klep. 

Dua klep fungsinya untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep lainnya untuk mengatur gas keluaran atau gas yang dibuang melalui knalpot.

Mengingat ada empat katup, otomatis sistem kerja mesin DOHC membuat ada lebih banyak komponen yang bergerak dibanding tipe lainnya yakni Single Over Head Camshaft (SOHC).

Fungsi DOHC

DOHC berguna untuk perputaran campuran bensin dan udara di dalam mesin. Katup masuk (intake) berfungsi untuk mengatur masuknya bahan bakar dan udara, sedangkan katup keluar (exhaust) fungsinya untuk membuang sisa gas pembakaran.

Cara kerja mesin DOHC

Mekanisme katup DOHC sedikit berbeda dengan katup SOHC. Piston bergerak dari titik mati atas ke titik mati bawah dengan posisi katup masuk terbuka dan katup keluar tertutup. 

Hal ini membuat udara atau gas terhisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses gas atau udara pada saat sebelum masuk ke ruang bakar dapat dilihat pada sistem pemasukan.

Proses berikutnya, piston bergerak dari titik mati bawah menuju titik mati atas dengan posisi katup masuk dan keluar sama-sama tertutup. 

Proses ini mengakibatkan udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Beberapa saat sebelum piston sampai pada posisi titik mati atas, terjadi waktu penyalaan (timing ignition)  pada mesin bensin berupa nyala busi.

Gas yang terbakar dalam ruang bakar  akan meningkatkan tekanan dalam ruang bakar, mengakibatkan piston terdorong dari titik mati atas ke titik mati bawah. Proses ini akan menghasilkan tenaga.

Piston kemudian bergerak dari titik mati bawah dan titik mati atas dengan posisi katup masuk tertutup dan katup keluar terbuka. Dengan adanya proses ini, sisa gas pembakaran terdorong menuju katup keluar yang sedang terbuka untuk diteruskan ke lubang pembuangan.

Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, dana tabungan dan investasimu jadi aman.

Perbedaan DOHC dan SOHC

SOHC adalah jenis mesin lain yang hanya memiliki satu Camshaft atau biasa disebut noken as. Kepanjangan SOHC adalah Single OverHead Camshaft. 

Hanya terdapat satu noken as dengan 2 katup pada setiap silinder. Dua katup tersebut yakni katup isap atau intake valves yang berfungsi menghisap campuran bahan bakar dan udara. Lalu katup buang (exhaust valves) yang berfungsi sebagai menghisap sisa pembakaran lalu mengalirkannya ke knalpot.

Perbedaan antara SOHC dan DOHC terletak pada jumlah overhead camshaft di dalamnya. Pada SOHC, hanya terdapat 1 overhead atau noken as yang di dalamnya memiliki 2 klep  dengan masing-masing fungsi untuk memasukan gas atau intake dan buangan gas atau exhaust.. Sedangkan DOHC atau Double Over Head Camshaft memiliki 2 noken as yang berfungsi untuk 2 klep yaitu klep intake dan exhaust pada masing-masing nokennya.

DOHC dan SOHC memiliki fungsi dan prinsip yang sama, yaitu untuk mengatur buka tutup klep dalam hal pembakaran bahan bakar. Untuk memperoleh tenaga dan torsi maksimal, DOHC dan SOHC dipengaruhi sejumlah variabel lain seperti besaran diameter klep, diameter dan panjang langkah piston, besaran sudut payung klep dan sebagainya.

Dapat disimpulkan bahwa tidak ada yang lebih diunggulkan baik DOHC maupun SOHC. Perbedaannya terletak pada di kendaraan jenis apa mesin ini akan dipasang.

Kalau kamu menginginkan motor harian yang irit dan mudah perawatannya, mesin jenis SOHC solusinya. Tapi kalau kamu ingin kendaraanmu powerful dengan top speed tinggi, menggunakan mesin DOHC akan lebih mendukung. 

Berikut perbedaan secara keseluruhan mesin DOHC dan SOHC.

SOHCDOHC
Hanya memiliki 2 klep dan 1 noken as (meskipun ada yang memiliki 4 klep).Umumnya tenaga yang dihasilkan lebih besar (karena memiliki 4 klep dan 2 noken as).
Top speed tidak terlalu tinggi karena Rotasi per Minute (RPM) lebih rendah.RPM dan top speed lebih tinggi.
Biaya perawatan lebih murah.Biaya produksi dan perawatan lebih mahal.
Suku cadang lebih sederhana dan mudah didapat.Suku cadang dan proses reparasi lebih rumit.
Relatif irit bahan bakar.Relatif lebih boros bahan bakar.
Mesin lebih ringan.Mesin lebih berat yang disebabkan torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power).

Dicermati dari tabel di atas, terlihat bahwa performa mesin DOHC lebih unggul dibandingkan dengan mesin SOHC. Hal ini karena DOHC memiliki 4 klep yang dilengkapi dengan 2 noken as, sehingga tenaga yang dihasilkan untuk menggerakkan piston ketika fase masukan gas (intake) dan membuang gas (exhaust) akan semakin besar.

Perlu diketahui, banyaknya jumlah klep yang dimiliki sebuah mesin akan membuat beban mesin yang ditanggung menjadi lebih berat. Inilah yang terjadi pada motor dengan mesin DOHC.

Motor yang menggunakan mesin DOHC akan bekerja dengan lebih baik apabila dipacu dengan kecepatan yang tinggi. Sebaliknya, motor dengan mesin jenis SOHC cenderung bekerja lebih baik pada kecepatan rendah sebab tarikan lebih pendek untuk mencapai top speed.

Keunggulan dan kelemahan DOHC

Dengan adanya 4 klep, dua klep untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep untuk mengatur keluaran gas buang, maka mesin DOHC menggunakan dua noken as yang berada pada kepala silinder.

Karena lebih banyaknya klep, sistem kerja mesin DOHC membuat lebih banyak komponen bergerak dibanding tipe SOHC. Mesin jenis SOHC memiliki 1 overhead/noken as yang di dalamnya terdapat 2 klep.

Keunggulan mesin DOHC adalah memberikan putaran mesin lebih ringan terutama di putaran atas. Hal ini dikarenakan intake dan exhaust mempunyai camshaft-nya masing-masing. Sehingga mesin lebih ringan untuk menggerakkan camshaft. 

Tenaga yang keluar dari crankshaft tidak terbuang banyak untuk menggerakkan camshaft, sehingga sistem ini akan memberikan keuntungan mesin DOHC yaitu tenaga yang lebih besar.

Kelemahan DOC adalah biaya untuk mesinnya lebih tinggi karena konstruksi head engine lebih besar. Kekurangan berikutnya adalah mesin berjenis DOHC lebih boros dalam mengonsumsi bahan bakar. 

Selain itu, harga pembuatan dan perbaikan untuk mesin DOHC pun lebih mahal. Suku cadang yang dibutuhkan pun lebih banyak. Di samping itu, mesin jenis DOHC bobotnya lebih berat dibanding mesin dengan jenis lain.

Penting punya asuransi mobil

Asuransi mobil memberikan jaminan atau biaya pertanggungan atas risiko berbagai kerusakan mobil, baik yang ringan hingga berat.

Finansial kamu pun akan aman karena risiko-risiko yang dialami akan segera dialihkan pada pihak asuransi mobil. 

Kamu bisa cek besaran premi asuransi mobil kamu menggunakan kalkulator di bawah ini. 

Tips dari Lifepal! Selalu jaga performa mesin mobil. Cek secara berkala kondisi mesin dan perhatikan apabila ada gejala tidak umum. Sebab, tak jarang kerusakan mobil dimulai dari kerusakan-kerusakan kecil yang tidak segera diperbaiki.

Asuransi mobil akan menanggung biaya perbaikan apabila mobil perlu diservis mesin. Kamu bisa berkonsultasi gratis untuk memilih asuransi mobil terbaik dengan ahlinya di Tanya Lifepal, ya!

Simak pula ulasan mengenai fungsi camshaft di artikel Lifepal lainnya!

FAQ seputar DOHC

Apa itu DOHC?

DOHC atau Double Overhead Camshaft adalah jenis mesin yang mempunyai dua pasang over head dalam satu piston. Mesin ini mempunyai empat klep. Dua klep fungsinya untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep lainnya untuk mengatur keluaran gas buang menuju knalpot.

Karena memiliki 4 buah katup, asupan bahan bakar yang masuk melimpah berkat tenaganya yang besar. Sehingga power pada mesin pun jauh lebih besar dan stabil pada putaran mesin yang lebih tinggi. Kendaraan pun mencapai top speed dengan mudah.

Apa saja manfaat asuransi mobil?

Asuransi mobil memiliki banyak manfaat. Utamanya adalah melindungi finansial kamu dari risiko-risiko yang tak terduga seperti kerusakan atau kehilangan mobil.

Dengan memiliki asuransi mobil, beban finansial kamu akan berkurang karena semua biaya perbaikan akan ditanggung oleh asuransi mobil.

DOHC atau Double Overhead Camshaft adalah jenis mesin yang mempunyai dua pasang over head dalam satu piston. Mesin ini mempunyai empat klep. Dua klep fungsinya untuk mengatur masukan bahan bakar dan dua klep lainnya untuk mengatur keluaran gas buang menuju knalpot.

Karena memiliki 4 buah katup, asupan bahan bakar yang masuk melimpah berkat tenaganya yang besar. Sehingga power pada mesin pun jauh lebih besar dan stabil pada putaran mesin yang lebih tinggi. Kendaraan pun mencapai top speed dengan mudah.

Asuransi mobil memiliki banyak manfaat. Utamanya adalah melindungi finansial kamu dari risiko-risiko yang tak terduga seperti kerusakan atau kehilangan mobil.

Dengan memiliki asuransi mobil, beban finansial kamu akan berkurang karena semua biaya perbaikan akan ditanggung oleh asuransi mobil.