Kenali Efek PCV Mobil Rusak, Gejala dan Fungsinya!

efek pcv mobil rusak

Efek PCV mobil rusak tentu akan sangat membahayakan bagi para pemilik mobil sehingga harus diminimalisir secepat mungkin agar dapat kembali berkendara dengan nyaman. 

Sebab, PCV Valve merupakan komponen penting yang terlibat dalam sistem pembakaran mobil untuk menyalurkan gas dari hasil pembakaran ke dalam ruang bakar kembali.

Hal ini tentu akan membantu gas supaya dapat dibakar kembali agar polusi udara bisa berkurang. 

Oleh sebab itulah penting untuk menjaga PCV mobil agar tidak rusak karena akan menimbulkan efek samping yang mengganggu. Simak penjelasannya pada artikel ini!

Efek PCV mobil rusak

Seperti yang kita tahu bahwa setiap pembakaran di dalam ruang akan akan menghasilkan gas buang dalam bentuk emisi.

Gas ini akan dikeluarkan dari exhaust valve, akan tetapi ternyata tidak semua gas dikeluarkan. Masih ada gas sisa yang tertinggal di blok mesin dan mengandung polutan yang sangat tinggi dan disebut blow by gas.

Supaya tidak memberikan kelebihan tekanan di dalam blok mesin, gas yang tersisa ini nantinya akan dibuang langsung ke udara.

Namun sayangnya, gas ini mengandung polutan yang sangat tinggi akibat adanya hidrokarbon yang belum terbakar dan uap oil yang berbahaya bagi lingkungan.

Jadi, akan sangat berbahaya apabila dilepas ke udara sehingga PCV akan menyalurkan gas tersebut di intake ruang bakar agar bisa dibakar kembali.

Oleh sebab itu, efek pcv mobil rusak tentu akan sangat berbahaya tidak hanya bagi mobil namun juga lingkungan karena dapat mengakibatkan:

  • Tingkat polutan dari gas buang yang dilepaskan ke udara menjadi sangat tinggi sehingga mengganggu keselamatan lingkungan.
  • Meningkatkan efek polusi udara.
  • Penumpukan sludge (endapan kotoran di dalam mesin)
  • Potensi kebocoran oli yang lebih tinggi sehingga berbahaya bagi para pengemudi.
  • Penggunaan bahan bakar yang lebih boros.
  • Kerusakan pada bagian mesin yang ada disekitarnya.

Gejala PCV mobil rusak

Semua PCV mobil rusak untungnya dapat dikenali dengan melihat berbagai indikator mesin yang berada pada bagian dashboard.

Jadi, apabila terlihat indikator tersebut mulai menyala maka perlu segera kamu lakukan pengecekan untuk menghindar terjadinya efek yang tidak diinginkan.

Namun selain melihat indikator di dashboard, ada beberapa gejala PCV valve rusak lainnya yang perlu diwaspadai dan perlu untuk segera dilakukan perbaikan, diantaranya adalah:

1. Katup yang tersumbat

Gejala PCV valve rusak yang pertama diakibatkan karena adanya katup yang tersumbat. Hal ini dapat dirasakan dengan tekanan mesin internal yang menjadi lebih meningkat dari sebelumnya. 

Bahkan katup PCV yang tersumbat ini juga akan menyebabkan oli bocor, tertutup oleh kotoran yang ada di dalam mobil serta asap hitam yang muncul pada mesin penggerak sehingga mobil sering ngebul secara tiba-tiba.

Pastikan untuk segera mengecek bagian PCV mobil ketika sudah terlihat mengalami hal tersebut.

2. Katup PCV yang macet

Selain itu, gejala PCV valve rusak yang lainnya yaitu juga bisa timbul karena katupnya yang macet. Apabila katup mengalami kemacetan maka vakum bisa mengalami kebocoran.

Selain itu, katup macet ini juga seringkali diakibatkan karena kurangnya cairan udara di dalam mesin dan oli berada di katup PCV sehingga penggunaan mesin menjadi jauh lebih boros.

Pada keadaan ini PCV valve mengalami campuran udara dari bahan bakar dan oli bisa meler di bagian selang PCV. Hal ini tentu akan membuat  penggunaan mesin menjadi jauh lebih boros bahan bakar.

Lebih parahnya, katup PCV yang macet juga bisa mengakibatkan mesin menjadi sangat keras sehingga tidak dapat menyala.

Apabila mesin kosong dan tidak aktif tentu akan menjadi sangat berbahaya karena berpotensi untuk menimbulkan kecelakaan.

3. Katup yang terbuka

Gejala PCV valve terakhir yang mudah untuk dikenal yaitu saat kondisi katup yang terbuka. Cara mengetahuinya pun cukup mudah yaitu hanya dengan indikator check engine yang menyala.

Jadi, pastika untuk langsung melakukan pengecekan segera apabila lampu indikator tersebut mulai menyala.

Fungsi PCV valve mobil

Sistem pembakaran pada mobil akan melibatkan PCV valve sebagai salah satu komponen utamanya. Sebab, PCV valve mobil ini memiliki fungsi utama untuk mengeluarkan uap gas yang gagal melalui proses pembakaran.

Gas yang tersisa ini akan mengandung polutan yang sangat tinggi sehingga berbahaya bila dilepaskan kelingkungan.

Oleh karena itulah, PCV valve akan mengembalikan gas tersebut ke dalam silinder mesin supaya dapat terbakar dengan baik.

Selain itu dalam sistem PCV valve memiliki katup yang memiliki fungsi untuk mengontrol jumlah uap dan gas yang masuk di dalam ruang mesin serta intake manifold.

Fungsi yang krusial inilah yang membuat efek PCV valve rusak tentu menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan karena tidak hanya berpengaruh untuk kenyamanan pengemudi namun juga kendaraan dan orang lain yang ada disekelilingnya.

Tips dari Lifepal! Efek pcv mobil rusak tentu akan sangat berbahaya tidak hanya bagi mobil namun juga lingkungan.

Oleh sebab itu, penting untuk dilakukan pengecekan rutin dan segera melakukan tindakan apabila telah muncul gejala-gejala pada mesin agar dapat kembali berkendara dengan nyaman.

Simak pula ulasan mengenai biaya ganti packing silinder head mobil, gejala throttle body mobil rusak, dan juga gejala rantai keteng mobil rusak di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Apa pentingnya asuransi mobil ketika PCV mobil rusak?

Selain kenyamanan dan harga, hal utama yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan adalah melindungi asetnya tersebut dengan asuransi mobil.

Sebab, asuransi mobil akan memberikan jaminan proteksi berupa ganti rugi atas segala resiko yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Beberapa resiko yang akan ditanggung ganti ruginya oleh asuransi mobil adalah kerusakan akibat kecelakaan, kebakaran, huru-hara dan juga bencana alam. 

Selain itu, asuransi mobil juga akan menjamin perlindungan atas resiko kehilangan akibat tindak pencurian serta bantuan tanggung jawab hukum pihak ketiga apabila dibutuhkan.

Seluruh perlindungan ini akan disesuaikan dengan polis perjanjian yang telah dilakukan.

Semua manfaat ini tentu akan membuatmu lebih tenang dan fokus saat sedang berkendara dan tidak perlu khawatir resiko yang menimpa akan mengganggu rencana kondisi finansial kamu yang telah dipersiapkan.

Biaya servis mobil dan perawatan juga tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Pertanyaan seputar efek PCV mobil rusak

PCV memiliki fungsi utama untuk menyalurkan gas buang kembali ke intake manifold sehingga harus dijaga kualitasnya.

Sebab, bila PCV mengalami kerusakan maka akan terjadi penumpukan sludge dan juga memicu terjadinya kebocoran oli. Selain itu, efek pcv mobil rusak adalah bahan bakar yang menjadi lebih boros serta berpotensi tinggi untuk merusak bagian komponen mesin yang lainnya.

Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan saat memeriksa PCV Valve yaitu dengan menutup jari tepat pada bagan PCV valve yang terbuka agar dapat memeriksa kevakuman udara yang ada dari manifold. Cek sedotan udara tersebut dan rasakan pada bagian jari. Apabila dirasa tidak ada kevakuman, maka kemungkinan besar PCV valve sedang berada dalam kondisi yang mampet atau buntu.
Dapatkan Promo