Gigi Mundur Mobil Macet, Ini Penyebab dan Solusinya

gigi mundur mobil

Gigi mundur mobil merupakan salah satu teknik yang harus dikuasai bagi kalian pemula dalam mengemudi mobil manual. Baik gigi mundur mobil matic dan gigi mundur mobil manual kalian harus harus memposisikan tuas persneling ke R (Reverse). Reverse adalah nama gigi mundur mobil dalam simbol persneling. 

Namun khusus gigi mundur mobil manual biasanya jauh lebih repot dibanding gigi mobil matic. Hal ini karena pada saat melakukan gigi mundur mobil manual kerap terganggu.

Untuk memberikan insight mengenai penyebab gigi mundur mobil susah masuk, berikut ada solusi yang  yang bisa kamu lakukan beserta cara memasukan gigi mundur pada mobil.

Penyebab gigi mundur susah masuk

Ketika tengah berkendara, ada kalanya saat ingin mundur tapi gigi mundur tidak bisa masuk. Hal ini tentu membuat panik terlebih jika kejadian gigi mundur susah masuk saat tengah berada di jalanan yang ramai.

Lalu apa sih yang jadi penyebab gigi mundur mobil susah masuk? Berikut beberapa penyebab gigi mobil susah masuk khususnya gigi mundur mobil. 

Kampas mobil mulai terkikis

Jika gigi mundur mobil susah masuk dipastikan yang jadi penyebabnya adalah terkikisnya dan habisnya kampas kopling mobil, sehingga kabel tuas transmisi macet.

Masuk angin pada bagian master kopling

Tidak hanya itu, kadang juga penyebab gigi mundur mobil susah masuk karena ada angin masuk di bagian master kopling untuk tipe hidrolik.

Secara umum memang konstruksi dari transmisi mobil manual pada gigi mundurnya tidak terdapat komponen yang namanya synchromesh. Melainkan langsung antara dua gigi yang bersinggungan.

Oleh karena itu, pada proses perpindahan tuas transmisi ke gigi mundur ini memiliki perlakuan yang berbeda dengan jika kita memasukkan gigi perseneling ke gigi 1, 2, 3, 4, 5.

Karena itulah ketika melakukan pengoperan ke gigi mundur disaat yang tidak tepat, dalam artian posisi antar gigi tersebut belum sejajar, maka bisa dipastikan gigi mundur tidak bisa masuk di posisi R.

Oli transmisi sudah lama tidak diganti (pada mobil manual)

Penyebab gigi mundur mobil susah masuk lainnya adalah oli transmisi yang sudah lama tidak diganti atau bisa jadi karena salah pilih oli. Oli transmisi pada mobil manual memang internal penggantiannya lebih lama daripada mobil matic.

Namun jika kualitasnya sudah jelek, maka hal itu dapat menjadi penyebab gigi mundur mobil susah masuk, keras, seret atau macet.

Ketahui juga tanda kopel mobil rusak agar segera diperbaiki.

Cara mengatasi gigi mundur susah masuk

Pada kondisi normal, kalian mungkin mengalami gigi mundur tidak bisa masuk. Maka, cara memasukan gigi mundur pada mobil adalah cukup dengan memposisikan gigi persneling pada posisi netral.

Kemudian lepas pedal kopling dan kembali menekannya sembari memindahkan tuas yang semula pada posisi netral ke gigi mundur.

Selanjutnya, jika cara memasukan gigi mundur pada mobil tadi sudah kalian lakukan. Maka hal penting harus diperhatikan, pastikan menunggu kendaraan sampai berhenti dengan sempurna terlebih dahulu.

Injak rem, baru kemudian memindahkan gigi perseneling dari posisi gigi selain mundur ke gigi mundur. Cara gigi mundur mobil ini, bertujuan agar putaran mesin berhenti secara sempurna dan mempermudah dalam perpindahan tuas persneling ke gigi mundur,

Selain itu agar menjaga roda gigi di dalam transmisi tidak rompal atau aus.

Jika cara gigi mundur mobil di atas masih tidak bisa, alias masih susah, maka cara cara gigi mundur mobil manual yang lain adalah dengan memasukkan terlebih dahulu tuas transmisi ke gigi 1.

Kemudian ulangi langkah diatas yakni menekan pedal kopling dengan kuat dan mengoperkan tuas perseneling ke gigi mundur lagi.

Itulah cara gigi mundur mobil manual yang lain yang bisa kalian praktekan.

Namun jika kejadian ini terus terusan terulang ketika hendak memindahkan perseneling ke gigi mundur namun selalu saja gagal.

Lalu seperti terasa ada yang mengganjal, atau saat memasukan gigi mundur mobil bunyi. Bisa saja memang ada masalah pada sistem transmisi mobil.

Misalnya saja, seperti kanvas kopling yang sudah tipis, atau setelan pedal kopling yang kurang pas.

Sehingga menyebabkan saat masuk gigi mundur bunyi, dan gigi mundur sulit dipindahkan, terus berulang ulang.

Cara memasukan gigi mundur pada mobil

Menyoal tekniknya, sebenarnya tidak ada yang berbeda antara mengoper ke gigi maju atau gigi mundur. Sama-sama memerlukan keselarasan antara melepas kopling dan menginjak pedal gas.

Hanya saja, saat mengoper ke gigi mundur, seringkali pengemudi dihadapkan pada sulitnya gigi tersebut masuk dengan halus dan sempurna.

Biasanya, saat hendak menggeser tuas ke posisi gigi R, sering terasa ada yang mengganjal dan membuat gigi tak bisa masuk.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh pengemudi? Biasanya penyebab gigi mundur mobil bunyi atau sulit dipindahkan karena gigi mundur bertemu langsung dengan gear reverse idler sehingga terganjal.

Jadinya ketika digeser, keduanya bertumpu dan bertemu langsung pada ujung gigi namun pada badan giginya.

Kemudian ketika melakukan perpindahan ke gigi mundur, seharusnya antara gigi pemutar dan alur gigi berada pada posisi yang sama dan presisi.

Jika kedua komponen itu tidak berada pada posisi yang sama dan presisi, otomatis akan meleset dan bertemu dengan badan gigi, akibatnya akan terasa keras atau seperti ada yang mengganjal dan masuk gigi mundur bunyi bising.

Untuk itu ada dua cara mengatasinya bagi pengemudi yang mengalami hal ini.

1. Netralkan dahulu

Cara memasukan gigi mundur pada mobil yang giginya terganjal, maka netralkan dahulu transmisi.

Untuk lebih jelas, berikut langkah-langkahnya yang bisa kalian lakukan.

  •       Netralkan tuas transmisi
  •       Injak kembali pedal kopling
  •       Pindahkan tuas transmisi ke posisi R atau gigi mundur
  • 2. Masukan gigi 1

    Cara gigi mundur mobil manual yang kedua ketika kalian kesulitan adalah dengan langsung masukan gigi 1.

    Berikut langkah yang harus kalian lakukan dalam melakukannya.

  •       Netralkan tuas transmisi
  •       Injak pedal kopling
  •       Masukkan ke gigi 1
  •       Biarkan mobil sedikit maju lalu injak rem
  •       Geser tuas transmisi ke gigi R sambil tetap menginjak pedal kopling
  • Dari semua cara ini, hal paling utama adalah selalu berhati-hati sebelum memundurkan mobil.

    Perhatikan situasi di sekitar dan jangan lupa untuk melihat kaca spion serta menoleh sesekali ke belakang.

    Gigi mundur transmisi manual tak semua sama

    Perlu diketahui juga, pada beberapa mobil pabrikan Eropa model transmisi gigi mundur ke arah depan memang sudah menjadi ciri khasnya.

    Berbeda dengan konsumen otomotif yang selama ini menggunakan model MPV terutama produk jepang, posisi gigi mundur biasanya berada pada sisi kanan bawah, tepat pada posisi berlawanan gigi lima.

    Namun kini, mobil Jepang juga sudah sudah memakai model cincin untuk memasukkan gigi mundurnya. Tentunya bukan Avanza, karena penyebab gigi mundur avanza susah masuk bisa kalian temukan artikelnya di atas.

    Lalu mobil apa saja yang memiliki transmisi manual yang berbeda?

    1. Toyota Sienta

    Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia punya pilihan transmisi manual dengan enam percepatan dan CVT (continuously variable transmission) 7-speed sport sequential shiftmatic.

    Nah, umumnya transmisi manual hanya memiliki lima percepatan dengan gigi mundur (R) ke pojok kanan bawah tepat di bawah gigi kelima, dengan pilihan kanan bawah menjadi gigi enam.

    Lalu bagaimana dengan gigi mundur? Cara gigi mundur mobil manual Sienta yaitu, posisi transmisi R di pojok kiri atas, sebelah gigi kesatu.

    Pada bagian tuas transmisi, terdapat ring atau menyerupai cincin berwarna senada. Setelah itu, tarik cincin ke atas.

    Kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung atas. Dan mobil itu bisa mundur.

    2. Chevrolet Spin

    Selanjutnya ada mobil pabrikan Amerika yang juga menggunakan tuas gigi ala mobil Eropa.

    Transmisi mundur pada mobil Chevrolet Spin LTZ manual berada di sebelah kiri depan, bukan sebelah kanan belakang.

    Hampir sama dengan mobil Toyota Sienta, ketika ingin memundurkan mobil, harus menarik cincin pengaman di tuas transmisi terlebih dahulu sambil dipindahkan ke gigi mundur.

    3. Mitsubishi Xpander

    Mitsubishi Xpander memiliki posisi gigi mundur atau reverse di kiri atas.

    Sehingga untuk memasukkan gigi mundur tersebut, pengemudi harus menarik cincin yang berada di bawah knob transmisi ke arah atas lalu arahkan tuas ke posisi paling kiri untuk kemudian arahkan maju ke depan.

    4. Kia Rio

    Mobil ini pun sama, cara menggunakan gigi mundurnya dengan tarik cincin ke atas, kemudian geser tuas ke arah kiri hingga mentok dan arahkan ke ujung kiri atas.

    Cincin pengaman tersebut sebenarnya berfungsi melindungi pengemudi agar tidak canggung ketika harus mengoper ke gigi rendah, sehingga tuas gigi akan pindah ke gigi mundur hanya jika cincin pengamannya ditarik.

    Antisipasi persneling mobil susah masuk

    Untuk menghindari persneling mobil susah masuk, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut setidaknya dua hal penting untuk mengantisipasi gigi persneling susah masuk. 

    Ganti oli transmisi secara berkala

    Langkah antisipasi yang bisa kamu lakukan sebagai cara memperbaiki persneling mobil yang keras atau susah masuk adalah dengan mengganti oli secara berkala. Oli yang dimaksud di sini adalah oli transmisi manual atau oli girboks.

    Imbauan bagi para pemilik mobil, rajinlah mengganti oli transmisi di interval 10 ribu km. Atau bisa juga mengganti oli transmisi setiap dua kali penggantian oli mesin. Sehingga kalian tidak kesulitan saat masuk gigi mundur maupun maju dan lain sebagainya.

    Ganti juga secara rutin oli gardan

    Oli girboks atau oli transmisi juga merupakan salah satu komponen yang wajib dilakukan pengecekan. Selain oli transmisi, usahakan juga pengendara tersebut mengganti oli gardan.

    Khusus untuk mobil berpenggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD), oli gardan juga wajib diganti pada interval waktu yang sudah ditentukan.

    Cek bagian transmisi dan kopling

    Kendati rajin mengganti oli transmisi, jangan melupakan pengecekan di bagian transmisi dan kopling. Bagian transmisi dan kopling juga wajib mendapat sentuhan setidaknya setiap 20 ribu km.

    Cek komponen seperti pelat kopling, matahari, hingga synchromesh ring. Untuk komponen sincromesh ring memang perlu diketahui lebih dalam.

    Bagian ini berfungsi untuk menyamakan putaran antara roda gigi transmisi. Putaran yang sama akan membuat proses perpindahan gigi menjadi lebih mudah dan halus.

    Ketika synchromesh ring ini mengalami aus, maka proses untuk menyamakan kecepatan antara masing-masing roda gigi akan semakin sulit dan menjadi penyebab transmisi macet pada salah satu gigi. 

    Penyebab gigi mundur bunyi krek 

    Selain gigi mundur susah masuk atau mobil tidak bisa masuk gigi, masalah lainnya yang kerap dialami oleh pengemudi mobil adalah gigi mundur bunyi krek.

    Kenapa mobil pas mundur bunyi? Berikut beberapa alasannya. 

    1. Oli transmisi kurang 

    Penyebab pertama dari gigi mundur mobil bunyi krek yang patut kamu curigai adalah minimnya oli transmisi yang disebabkan karena beberapa hal seperti adanya kebocoran. 

    Untuk memastikannya, kamu perlu melihat ke kolong mobil dan melihat apakah ada tetes oli atau tidak. Jika memang benar terjadi kebocoran oli mobil, sebaiknya kamu segera membawa mobil ke bengkel mobil terdekat. 

    2. Kopel memiliki masalah 

    Baik mobil transmisi manual maupun mobil transmisi otomatis, keduanya memiliki komponen yang disebut kopel. Salah satu komponen dalam kopel mobil ini adalah karet yang bisa saja rengat, aus atau sobek. 

    Jika karet yang menjadi komponen kopel ini bermasalah, dapat menjadi penyebab mobil bunyi saat mundur. Karet kopel yang aus ini bisa menjadi rusak karena faktor usia maupun kotor. 

    Disarankan untuk mengecek bagian kolong mobil melakukan pengecekan secara detail. 

    3. Kopling sudah aus

    Penyebab gigi mundur mobil bunyi krek lainnya yakni sisi kampas kopling maupun komponen pendukung lainnya yang sudah aus. Saat kampas kopling aus, maka akan terasa sekali saat mengalihkan gigi mobil. 

    Gigi mobil akan terasa berat untuk dialihkan dan gigi mundur mobil bunyi krek. 

    4. Tuas transmisi hancur 

    Penyebab masuk gigi mundur bunyi krek lainnya yakni tuas transmisi yang mengalami kerusakan. Pada transmisi matic, transmisi yang bermasalah ini akan terasa jika pengendara mengalihkan tuas D ke R saat mobil baru dinyalakan. 

    Tips dari Lifepal! Gantilah komponen di area transmisi dan kopling yang sudah mulai rusak, dan yang terpenting adalah cara berkendara juga sangat mempengaruhi keawetan kopling dan transmisi. Simak juga ulasan mengenai penyebab persneling mobil keras dan bunyi saat ganti gigi mobil di artikel Lifepal lainnya!

    Gunakan perlindungan dari asuransi mobil

    Berkendara di jalanan bukannya tanpa resiko, kejadian seperti tabrakan atau terserempet pengendara lain bisa terjadi kapanpun. Tentunya, selain keselamatan kerugian finansial juga tidak bisa dihindari. 

    Karena itu, kamu perlu memberikan perlindungan finansial dengan asuransi mobil yang dapat mengcover biaya perbaikan akibat kecelakaan. Asuransi mobil dapat memberikan penggantian biaya servis di bengkel akibat kerusakan kecil maupun besar. 

    Cari tahu di Lifepal rekomendasi asuransi mobil terbaik dan bandingkan sendiri manfaat pertanggungan yang ditawarkan. Dapatkan diskon hingga 20% dan layanan gratis untuk klaim. 

    Bila kamu masih bingung dalam menentukan asuransi kendaraan yang tepat, ikuti kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung perkiraan biaya premi asuransinya dengan kalkulator. 

    Pertanyaan seputar gigi mundur mobil 

    Dalam persneling mobil matic, gigi mundur mobil disimbolkan dengan oleh huruf R yang berarti Reverse. Sementara Netral (N) adalah kondisi ketika mesin dan transmisi tidak terhubung.
    Asuransi mobil adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan yang menimpa mobil. Dengan memiliki jaminan finansial dari asuransi mobil, pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi dengan mahalnya tagihan perawatan dan perbaikan di bengkel karena perusahaan asuransi yang akan menanggungnya.

    Produk asuransi mobil terbagi dua, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Asuransi all risk memberikan jaminan biaya perbaikan berskala ringan hingga berat. Asuransi TLO memberikan jaminan biaya perbaikan khusus untuk tingkat kerusakan berskala berat dan jaminan penggantian unit baru andai mobil nasabah asuransi mobil hilang akibat pencurian.

    Temukan referensi kepada berbagai pilihan perusahaan asuransi mobil terbaik dan konsultasikan kebutuhan asuransimu secara gratis di Lifepal.