Harga Dinamo Starter Mobil Beserta Cara Memperbaikinya

harga dinamo starter

Harga dinamo starter mobil menjadi hal penting diketahui. Dinamo starter merupakan bagian penting pada sebuah mobil.

Fungsinya untuk membantu efisiensi saat mobil dihidupkan. Jika dinamo starter mobil mulai melemah, tentu akan membuat mobil sulit dihidupkan. Apabila dinamo starter mobil rusak, bisa saja mobilitas kamu bisa terhambat.

Rusaknya dinamo starter mobil ternyata bisa memicu kerusakan bagian mobil lainnya, lho. Lebih parahnya, hal tersebut bisa jadi penyebab mobil mogok atau mati mendadak saat dijalankan. 

Sebagai pemilik mobil, perlu bagi kamu untuk mengetahui komponen yang satu ini dari cara kerjanya, ciri-ciri kerusakan dan cara memperbaikinya. Berikut informasinya!

Daftar harga dinamo starter mobil

Memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak bisa dilakukan di rumah. Kalau memang kerusakan mengharuskan kamu mengganti dinamo starter tersebut, jangan lupa survei harga dinamo starter di pasaran.

Inilah daftar harga dinamo starter mobil dari berbagai merk mobil dan variannya:

Merk Dinamo Starter MobilHarga
GP Dinamo Starter Mobil for Toyota 4KRp1 juta
GP Dinamo Starter Mobil for Daihatsu Grand MaxRp8 juta
GP Dinamo Starter Mobil for Toyota 2F DieselRp2,5 juta
GP GO Dinamo Starter Mobil for Toyota Corolla 1.8Rp1 juta
Sport Shot Dinamo Starter for Daihatsu TarunaRp621,5 ribu
GP Dinamo Starter Mobil for Isuzu D-Max New 2008-2017 or D-Max Double Cabin 2005Rp2,2 juta
OEM Dinamo Starter Suzuki Futura 1.3 1.5 – APV – Futura InjectionRp472,5 ribu
Dinamo starter mitsubishi ps120 4d34Rp1,2 juta
GP Dinamo Starter Mobil for Mitsubishi T-120SS Injection or Mazda Cronos “G Type”Rp9 ribu
GP Dinamo Starter Mobil for Toyota Innova Bensin or Kijang 7K Capsul 2.0Rp9 ribu

Cara kerja dinamo starter mobil

Secara umum, cara kerja dinamo starter mobil dimulai saat starter switch atau kunci kontak dengan kondisi start dan arah aliran arus pull in coil menarik bagian terminal 30 dengan terminal C.

Selain itu, hal tersebut didukung dengan tidak adanya jalur yang diputus pull in coil dan ground. Selanjutnya, cara kerja dinamo starter mobil merujuk pada poin-poin di bawah ini:

Terdapat carbon brush yang ditempatkan sebelum maupun sesudah armature dan memungkinkan pull in coil dan starter motor tidak akan hidup.

  • Saat carbon tersebut hidup maka biasanya akan terdengar hubungan relay starter.
  • Pada keadaan normal, pull in coil akan menarik kontak plunger dan shift lever dengan melakukan dorongan bagian pinion agar dapat terciptanya putaran motor starter dengan flywheel secara elektrik.
  • Ketika solenoid dan terminal C sudah saling terhubung, maka pull in coil berhenti bekerja mengingat tegangan antara terminal 50 dan terminal C hampir seimbang.
  • Saat motor starter mulai memutar roda gila maka hold in coil akan menahan kontak menghubungkan terminal 30 dan terminal C.
  • Komponen ini sekaligus menahan gigi pinion untuk memutar flywheel sehingga mesin dapat menyala.

Cara kerja dinamo starter mobil memang sekilas agak rumit. Tapi, tenang saja, penjelasan ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak di bawah ini pasti gampang dicerna.

Ciri-ciri dinamo starter mobil rusak

Sebenarnya kerusakan dinamo starter mobil mudah dideteksi karena berbagai indikasi permasalahannya yang akurat. 

Berikut ini adalah indikasi atau tanda kerusakan pada dinamo starter:

1. Bunyi desingan dan gertakan

Bunyi desingan dan gertakan terjadi akibat adanya kaitan antara gigi pinion gear dengan gigi pada ring gear mesin.

Jika 2 gear tersebut rusak atau aus, tentu akan menimbulkan suara yang gemeretak. Saat suaranya semakin keras, itu artinya kerusakan sudah sangat parah.

Selain gertakan, faktor lainnya adalah bunyi desingan saat mobil distarter. Bunyi ini terjadi saat bearing one way bagian pinion gear mengalami kerusakan.

Permasalahan tersebut akan berdampak pada poros armature berputar dengan sendirinya atau starter loss yang seharusnya memberikan putaran untuk pinion gear.

2. Mobil sulit distarter saat kondisinya panas

Tanda yang kedua dari dinamo starter mobil yang rusak adalah membuat mesin mobil susah dihidupkan saat habis pakai atau saat kondisi mobil sedang panas.

Jika kamu mengalaminya, sudah barang tentu hal tersebut dikarenakan adanya resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar.

Saat mesin yang panas mengenai bagian solenoid, nilai tahanan dalam kumparannya akan membesar. Dampaknya adalah arus listrik akan tertahan dan tidak bisa mengalir dengan maksimal ke bagian kumparan.

Saat kondisi arus listrik seperti itu, mesin akan menjadi lebih sulit dihidupkan.

3. Mesin tidak bereaksi saat di starter

Saat mobil tidak bereaksi saat distarter, itu adalah salah satu pertanda kalau dinamo starternya sudah rusak.

Kemungkinan besar penyebabnya adalah sekring yang putus pada dinamo. Alhasil, jalur distribusi kelistrikan akan mengalami korsleting atau lebih parahnya hangus terbakar.

Korsleting tersebut akan memicu munculnya carbon brush dan gulungan tembaga yang akan ikut terbakar.

4. Aki soak

Tanda yang sangat mudah dideteksi pada dinamo starter rusak adalah performa aki atau baterai. Aki yang soak dan mulai habis berdampak pada lambatnya respons starter mobil karena tidak ada yang memacu sistem perapian.

Mungkin sebagian dari kamu familiar dengan suara starter yang abnormal atau putus-putus. Nah, hal inilah tanda kalau voltase aki tidak cukup dan minim.

Cobalah cek bagian aki mobilnya apakah sambungan baterainya kotor, korslet atau bahkan habis. Jika aki sudah habis, maka segeralah menggantinya.

5. Carbon brush habis

Habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter menyebabkan dinamo starter tidak dapat berfungsi. Tanda yang muncul biasanya putaran dinamo yang melemah dan memunculkan suara aneh saat mobil mulai distarter.

Jika kamu merasa ada masalah pada dinamo starter, jangan sampai luput memeriksa dinamo starter. Bagian ini bisa saja biang keroknya. Kalau habis, langsung service dinamo starter mobil di bengkel.

Cara memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak

Dinamo starter mobil yang rusak seringkali menyebabkan mobil mogok bahkan mati total. Memperbaiki dinamo starter mobil yang rusak bisa dilakukan sendiri atau membawanya ke bengkel. Berikut cara memperbaikinya:

1. Memeriksa bagian soket

Jika starter mobil tidak berfungsi dengan baik, coba perhatikan lampu indikator pada dashboard yang menyala dan berkedip. Dalam kasus ini, ada beberapa langkah memperbaikinya:

  • Periksa bagian soket yang ada pada dinamo starter yang berupa kabel kecil yang terhubung ke bagian dinamo starter.
  • Pastikan kondisi kabel soket tidak terputus atau terlepas.
  • Selain itu, periksa juga sekring di bagian agian relaynya. Saat kamu starter relay tersebut dan berbunyi “klek”, maka kemungkinan besar sekering ini tidak rusak.
  • Jika rusaknya terlalu parah dan kamu tidak bisa memperbaikinya, segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk penanganan yang lebih maksimal.

Ada cara lain yang bisa dilakukan apalagi saat keadaan darurat yaitu dengan menyalakan mesin mobil dengan mendorongnya dari belakang. Cara ini pastinya akan membutuhkan tenaga lebih dan melelahkan.

2. Memeriksa kleman kabel aki

Saat menyalakan mobil dan kamu mendengar bunyi menggelitik yang cukup keras, maka tanda tersebut menunjukkan kondisi aki mobil yang lemah. Aki tersebut tidak bisa menyalurkan arus listrik dengan maksimal.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bunyi tersebut biasanya akan diiringi dengan berkedipnya lampu kontrol dashboard. Cara memperbaikinya adalah:

  • Periksa bagian kleman kabel aki pada terminal positif dan negatif.
  • Perhatikan bagian komponen mobil untuk memastikan baut terpasang kuat dan tidak longgar.
  • Jika menemukan baut yang longgar atau kotor, itulah tanda kalau kondisi aki mobil kamu sedang kurang baik dan perlu cari bengkel mobil terdekat.
  • Cara lainnya adalah menjumper aki dengan mendorongnya. Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa kamu lakukan pada mobil gigi. Ketahui dulu cara pasang aki.

3. Memastikan kabel aki terhubung

Jangan lupa lakukan pemeriksaan setrum mobil untuk mengetahui apakah kabel aki bekerja dengan baik atau tidak.

Memeriksa kabel aki sebaiknya dilakukan secara rutin. Ingat ya kalau kabel yang ada di mobil mempengaruhi timbulnya permasalahan pada sebuah mobil.

Dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk bisa melakukan pemeriksaan kabel dengan baik dan tepat.

Bengkel dinamo starter mobil terdekat

Berikut beberapa lokasi bengkel dinamo starter mobil di beberapa kota besar di Indonesia.

Bengkel dinamo starter mobil di Jakarta

Service dinamo starter alternator 24 jam

  • Alamat: Jl. Raya Pulo Gebang Jl. Masnaga Raya No.124, RT.12/RW.6, Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13950, Indonesia
  • No tlp: +62 813-8043-4665

Bengkel Dinamo Acong

  • Alamat: Jl. K.H. Mas Mansyur No.91A, RW.5, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230, Indonesia
  • No tlp: +62 818-854-890

Bengkel Dinamo Pasar Minggu Arif Karya Teknik

  • Alamat: Jl. Pejaten Raya No.39B, RT.10/RW.5, Pejaten Bar., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510, Indonesia
  • No tlp: +62 878-8186-9192

Juara Dinamo

  • Alamat: Jl. Hadiah No.7, RT.7/RW.3, Jelambar, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11460, Indonesia
  • No tlp: +62 21 5637704

Bengkel Dinamo dan Radiator Ryan

  • Alamat: Jl. Raya Condet No.06, RT.5/RW.1, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13530, Indonesia
  • No tlp: +62 878-8937-2208

Tasik Dinamo

  • Alamat: Danau Sunter Dll, Jl. Industri Raya No.10, RW.10, Danau Sunter Dll, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410, Indonesia
  • No tlp: +62 822-1704-0790

Bengkel dinamo starter mobil di Bogor

Ds Dinamo Radiator

  • Alamat: Jalan Achmad Adnawijaya No. 8-9, Ciparigi, Bogor Utara, Cibuluh, RT.01/RW.06, Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • No tlp:+62 859-2505-9153

Bengkel Service Dinamo Mobil Eka Abadi

  • Alamat: Sebrang woocare, RT.01/RW.05, Cibadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat 16161, Indonesia
  • No tlp:+62 812-9682-6671

Bengkel Dinamo Sapei

  • Alamat: Jl. Curug Induk No.20, RT.01/RW.08, Semplak, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16114, Indonesia
  • No tlp: +62 858-9218-3818

Bengkel dinamo starter mobil di Depok

Bengkel Mobil Sinar Jaya (Perbaikan Dinamo Dan Radiator)

  • Alamat: Jl. Radar Auri No.54, RT.01/RW.07, Cisalak Ps., Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16452, Indonesia
  • No tlp: +62 813-9846-5464

Amir Service

  • Alamat: Jalan Nusantara Raya, Jl. Sulawesi Jl. Nusa Tenggara No.49, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16421, Indonesia
  • No tlp: +62 821-1898-3399

Dinamo Cinere Ujang Anugrah Putra Tasik

  • Alamat: Jl. Cinere Raya No.9c, Cinere, prihatin, Kota Depok, Jawa Barat 16514, Indonesia
  • No tlp: +62 812-8166-1119

Bengkel dinamo starter mobil di Tangerang

Cahaya Service Dinamo Mobil

  • Alamat: Jl. Danau Klp. Dua Raya, RT.001/RW.04, Klp. Dua, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810, Indonesia
  • No tlp: +62 812-8281-8632

Bengkel Dinamo Mobil Cahaya Teknik 88

  • Alamat: Jl. KH Hasyim Ashari No.88 B, RT.002/RW.016, Poris Plawad Indah, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15141, Indonesia
  • No tlp: +62 813-9983-9358

Bengkel Dinamo & Radiator Latif Jaya Mandiri (buka 24 jam)

  • Alamat: Rawa Mekar Jaya, Serpong Sub-District, South Tangerang City, Banten 15310, Indonesia
  • No tlp: –

Bengkel dinamo starter mobil di Bekasi

Kurnia Dinamo Bekasi

  • Alamat: Jl. Irigasi, RT.001/RW.017, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17148, Indonesia
  • No tlp: +62 878-8886-8880

Bengkel Dinamo Mobil Mang Ooy

  • Alamat: Rawalumbu, Jl. Pramuka No.1, RT.004/RW.002, Sepanjang Jaya, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17114, Indonesia
  • No tlp: –

Bengkel Servis Dinamo Radiator (Karya Guna)

  • Alamat: Jl. HM. Joyo Martono Jl. Sabre No.1, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113, Indonesia
  • No tlp: +62 813-1050-1859

Bengkel dinamo starter mobil di Bandung

Bengkel Dinamo Mobil D2

  • Alamat: Jl. A. Yani No.906, Cicaheum, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat 40282, Indonesia
  • No tlp: +62 811-2311-728

Bengkel Dinamo Dua Saudara

  • Alamat: Jl. Cisaranten Baru No.7, Cisaranten Kulon, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40293, Indonesia
  • No tlp: +62 811-249-976

Bengkel Mobil Montir Panggilan 24 jam BANDUNG – CIMAHI (ASEP DYNAMO BANCEUY)

  • Alamat: Jl. Suniaraja No.23, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111, Indonesia
  • No tlp: +62 813-2052-9285

Tips dari Lifepal! Dinamo starter merupakan komponen penting pada sebuah mobil. Jika bermasalah, kamu akan kesulitan untuk menyalakan mobil.

Apalagi jika mobilmu jenis matic yang tidak bisa didorong, tentu starter yang tidak bekerja akan semakin merepotkan.

Maka dari itu, jika starter rusak dan jelas masalah terdapat pada dinamo, segera bawa ke bengkel resmi atau bengkel spesialis dinami di atas.

Jenis asuransi yang cocok untuk proteksi kendaraan kamu

Memang paling tepat kalau memberikan proteksi ke mobil kesayangan kamu dengan asuransi kendaraan. Jadinya tak perlu khawatir kalau ada kerusakan pada mobil karena berbagai penyebab tertentu.

Jangan lupa untuk memastikan agar bengkelnya adalah bengkel resmi

Meskipun sudah berhati-hati saat berkendara dan selalu melakukan servis rutin, tapi tetap saja ada risiko yang tidak dapat sepenuhnya kamu cegah.

Risiko ini termasuk kecelakaan, bencana alam, huru-hara, hingga pencurian dan tindak kejahatan lainnya.

Yuk, coba cari tahu asuransi mobil di Lifepal yang telah bekerjasama dengan sejumlah rekanan perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia dan 4000+ bengkel mobil serta 250+ kantor cabang rekanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Untuk memperkirakan biaya premi asuransi mobil, kamu bisa menghitungnya menggunakan kalkulator premi asuransi mobil dari Lifepal berikut ini.

Pertanyaan seputar harga dinamo starter mobil