Harga Ganti Kaca Depan Mobil Agya, Jenis, dan Tips Memilihnya

Harga Ganti Kaca Depan Mobil Agya, Jenis, dan Tips Memilihnya

Harga ganti kaca depan mobil Agya biasanya mulai dari Rp800 ribu, belum termasuk lem kaca dan biaya jasa pemasangannya. Harga tersebut merupakan harga kaca depan Agya original. 

Kalau kamu ke bengkel umum yang menyediakan kaca mobil non ori, mungkin harganya bisa lebih murah lagi. 

Kaca depan mobil merupakan bagian penting yang berfungsi sebagai penahan angin, kotoran, dan cahaya matahari saat berkendara. Namun, kaca depan juga bisa rusak atau pecah karena faktor usia atau faktor eksternal seperti terkena kerikil atau kecelakaan di jalan. 

Jika terjadi kerusakan pada kaca depan mobil, seperti kaca mobil retak, maka penggantian kaca depan menjadi solusi yang tepat.

Harga ganti kaca depan mobil Agya

Untuk harga kaca depan mobil, biasanya dibandrol mulai dari Rp800 ribuan. Namun, harganya belum dengan ongkos pemasangan. 

Adapun besar kecilnya ongkos pemasangan, tergantung pada bengkel masing-masing, ya. Tetapi biasanya, biaya pasang kaca depan mobil Agya sekitar Rp600 ribuan. Ditambah dengan lem untuk pemasangan sekitar Rp200 ribu. 

Jadi, harga ganti kaca depan mobil Agya lengkap dengan biaya pemasangannya sekitar Rp1, 6 juta. 

Sebagai informasi, berikut Lifepal tampilkan harga kaca depan mobil Agya dan harga kaca mobil lainnya. 

Spare part yang digantiHarga
Harga kaca depan mobil Toyota Agya Rp790 ribu
Harga pintu depan mobil Toyota AgyaRp250,000
Harga pintu belakang mobil Toyota AgyaRp250,000
Harga kaca belakang mobil Toyota AgyaRp 550.000

Harga kaca depan mobil merek lainnya

Sebagai perbandingan, kamu mungkin perlu juga untuk mengetahui harga kaca depan mobil merek lainnya. 

Berikut adalah daftar harga kaca depan mobil untuk berbagai merk yang dikutip dari Car Glass Indonesia, termasuk biaya ganti kaca depan Innova.

Merk MobilHarga Kaca Depan
AvanzaRp 1.904.439
APVRp 2.209.683
AylaRp 1.844.391
BrioRp 2.238.456
Carry Pick UpRp 2.014.527
ErtigaRp 2.133.372
Grand LivinaRp 2.283.492
InnovaRp 2.311.014
L300Rp 2.137.959
MobilioRp 2.238.456
RushRp 2.134.623
SigraRp 2.087.085
TeriosRp 2.233.452
XeniaRp 1.904.439
XpanderRp 2.569.971

Berapa lama mengganti kaca depan mobil?

Lama pemasangan kaca depan mobil tergantung pada jenis mobil, tipe kaca yang dipasang, serta kemampuan mekanik yang melakukan pemasangan. 

Biasanya, pemasangan kaca depan mobil memakan waktu sekitar 1-2 jam. 

Namun, ada juga kasus dimana pemasangan kaca depan mobil memakan waktu lebih lama, tergantung pada kondisi kendaraan dan kesulitan yang dihadapi mekanik dalam melakukan pemasangan. 

Ketahui juga biaya pasang kaca film mobil di artikel Lifepal.

Jenis-jenis kaca mobil

Kaca depan mobil merupakan bagian yang penting dari sebuah mobil yang berfungsi sebagai pelindung dari cuaca ekstrem dan debu serta sebagai bagian pengaman dari kecelakaan. 

Ada beberapa jenis kaca depan mobil, diantaranya adalah kaca laminated, kaca tempered, dan kaca partially tempered. Berikut pembahasannya. 

1. Kaca laminated 

Kaca laminated memiliki tekstur yang sangat keras sehingga tidak mudah pecah meskipun terkena benturan. Biasanya, kaca laminated digunakan pada bagian depan mobil sebagai bagian pengaman terhadap kecelakaan. 

Kaca ini juga memiliki kelebihan lain yaitu tahan terhadap gesekan, tidak mudah tergores, dan memiliki tingkat transparansi yang tinggi.

Kaca laminated terdiri dari dua lapisan kaca dengan tebal 2 mm yang diikat bersama oleh selembar film Polyvinyl Butiral (PVB). Ini membuatnya kokoh dan mampu menahan sinar UV hingga 96%. 

2. Kaca partially tempered

Kaca tempered merupakan jenis kaca yang telah diolah dengan cara pemanasan dan pendinginan cepat sehingga menjadi lebih kuat dan tahan terhadap benturan. 

Kaca ini memiliki kekuatan 5 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan kaca laminated karena memiliki tebal 5 mm dan mampu menerima benturan hingga 1.500 Kg/Cm2. 

Kaca tempered memiliki tekstur yang sangat keras sehingga tidak mudah pecah meskipun terkena benturan. Biasanya, kaca tempered digunakan pada bagian samping dan belakang mobil sebagai pelindung terhadap kecelakaan. 

3. Kaca laminated

Kaca laminated merupakan jenis kaca yang sangat kuat dan mampu meredam benturan. Biasanya, kaca jenis kaca mobil ini ini digunakan pada bagian depan mobil untuk mengurangi risiko pecahnya kaca saat terkena benturan. 

Meski terlihat kokoh, jika kaca laminated mengalami keretakan, maka retakannya akan cepat menyebar. 

Oleh karena itu, jika terjadi keretakan pada kaca laminated, segeralah menggantinya dengan yang baru untuk menjaga keamanan berkendara.

Tips memilih kaca depan mobil terbaik 

Setelah mengetahui informasi harga ganti kaca depan mobil Agya, penting juga untuk kamu mengetahui tips dalam memilih kaca mobil, khususnya kaca depan yang bagus. 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan dalam memilih kaca depan mobil:

1. Tentukan tipe kaca yang sesuai 

Ada beberapa tipe kaca depan mobil yang tersedia di pasaran, diantaranya adalah kaca laminated, kaca tempered, dan kaca partially tempered. Masing-masing jenis kaca mobil memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Sebaiknya, konsultasikan dengan mekanik di bengkel yang terpercaya untuk mengetahui jenis kaca mobil apa yang cocok untuk kendaraan kesayanganmu. 

2. Cari tahu mengenai kekuatan kaca mobil

Cari tahu informasi tentang kekuatan dan keamanan kaca. Kaca yang memiliki kekuatan dan keamanan yang tinggi akan lebih baik digunakan pada bagian depan mobil sebagai pelindung terhadap kecelakaan. 

Pastikan untuk memperhatikan informasi tentang kekuatan dan keamanan kaca sebelum memutuskan untuk membelinya.

3. Perhatikan tingkat transparansi kaca

Tingkat transparansi merupakan tingkat kejernihan kaca yang dapat mempengaruhi pandangan saat berkendara. 

Kaca yang memiliki tingkat transparansi tinggi akan memberikan pandangan yang lebih jelas dan tidak mengganggu, sehingga lebih baik digunakan pada bagian depan mobil. 

Kaca depan sebaiknya hanya memiliki tingkat kegelapan 20-40 persen, sedangkan kaca samping sebaiknya memiliki tingkat kegelapan yang lebih rendah dari kaca depan dengan selisih 20 persen.

Sementara itu untuk kaca belakang, sebaiknya memiliki tingkat kegelapan yang lebih tinggi jika spion tengah belum dilengkapi dengan rayben mode, atau sebaliknya jika sudah dilengkapi dengan rayben mode

Agar pemasangan kaca bagus, jangan lupa untuk memilih bengkel kaca mobil terbaik dan terpercaya. 

Demikianlah pembahasan mengenai harga ganti kaca depan mobil Agya. Semoga bermanfaat, ya. 

Tips dari Lifepal! Mengingat fungsinya yang sangat penting, pastikan kamu memilih kaca depan mobil terbaik demi keselamatan dan kenyamanan berkendara. 

Pastikan juga mobil kesayangan kamu sudah dilengkapi dengan asuransi mobil yang dapat meng-cover risiko kerusakan mobil akibat kecelakaan maupun bencana alam. 

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu tidak perlu khawatir lagi soal mahalnya biaya perbaikan di bengkel dan bisa lebih fokus untuk menabung dan berinvestasi. 

Cek asuransi mobil yang cocok denganmu

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni asuransi mobil All Risk dan asuransi TLO.

Jika masih bingung menentukan asuransi mobil mana yang paling bagus, kamu bisa memeriksanya dengan mengikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Pertanyaan seputar harga ganti kaca depan mobil Agya

Untuk kaca depan mobil, tingkat kegelapan kaca film sebaiknya hanya 20 persen. Namun jika dirasa masih terlalu terang, kamu bisa meningkatkannya menjadi sekitar 40 persen saja. Jangan lebih dari 40 persen, ya.

Penting. Asuransi mobil merupakan produk yang bisa memproteksi finansial kamu dari berbagai risiko yang mungkin terjadi, sehingga kerugian yang kamu alami akan lebih minim. 

Asuransi mobil akan mengcover biaya kerusakan mobil dari yang ringan hingga yang berat. Jadi, kamu akan lebih aman.