Berapa Harga Ganti Kaca Riben Mobil? Ini Jawabannya

harga kaca riben mobil

Kebanyakan mobil hadir dengan kondisi kaca bawaan berupa kaca mobil standar. Pengguna bebas mengganti bahan kaca yang diinginkan, misalnya dengan kaca riben. Tentunya, akan ada harga ganti kaca riben mobil yang perlu dipertimbangkan.

Kaca riben sendiri merupakan tinted glass, yaitu kaca dengan bahan yang berbeda dengan kaca polos. Sehingga, tinted glass ini bisa membuat kabin mobil bebas dari sinar matahari yang terik dan menusuk.

Harga ganti kaca riben mobil 

Biaya untuk mengganti kaca riben berbeda-beda, tergantung ketebalan kaca tersebut. Umumnya, kaca ini dijual per meter, lalu nantinya akan dipotong dan disesuaikan dengan ukuran kaca jendela mobil.

Berikut ini daftar harga ganti kaca riben mobil per meter dengan ketebalan yang berbeda-beda: 

  • Kaca riben ketebalan 3 mm: mulai dari Rp72.500
  • Kaca riben ketebalan 5 mm: mulai dari Rp75.000
  • Kaca riben ketebalan 8 mm: mulai dari Rp135.000
  • Kaca riben ketebalan 10 mm: mulai dari Rp230.000
  • Harga di atas barulah harga kaca riben saja, tapi belum termasuk biaya jasa pemasangan atau penggantian kaca oleh teknisi bengkel.

    Untuk biaya jasa, biasanya berkisar mulai dari Rp100 ribu. Tapi, setiap bengkel bisa saja menetapkan biaya jasa yang berbeda-beda.

    Apa itu kaca riben mobil?

    Kaca riben mobil adalah tinted glass, yaitu kaca berwarna yang dibuat dari bahan berbeda dari kaca polos biasa. Kaca jenis ini berwarna sedikit lebih gelap dibanding kaca polos, namun tetap transparan.

    Namun, perlu diperhatikan bahwa tinted glass ini berbeda dengan kaca film. Kaca jenis ini memang dibuat dari material khusus yang membuat warna kaca menjadi lebih gelap.

    Sedangkan, kaca film biasanya berupa kaca polos yang ditempelkan dengan lapisan film untuk memberikan efek kaca yang lebih gelap.

    Pemakaian kaca riben pada mobil sebenarnya sah-sah saja, selama disesuaikan dengan ketentuan yang ada. Berdasarkan peraturan lalu lintas saat ini, tingkat kegelapan kaca mobil maksimal 80 persen saja.

    Tapi, demi keamanan dan kesehatan penglihatan, disarankan untuk menggunakan kaca dengan tingkat kegelapan 60 persen saja, sehingga masih ada sisa 40 persen untuk melihat jalanan dengan jelas.

    Fungsi kaca riben mobil 

    Ada beberapa fungsi utama dari pemasangan kaca riben. Untuk lebih jelasnya, ketahui fungsi pemakaian tinted glass pada mobil berikut ini.

    1. Melindungi dari sinar matahari

    Banyak orang menggunakan tinted glass sebagai pengganti kaca polos untuk melindungi bagian dalam kabin mobil dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

    Ini akan membuat penumpang merasa lebih nyaman dan kondisi interior mobil pun lebih terjaga. Sebab, sinar UV berlebih bisa merusak kulit pada jok mobil jika dibiarkan terlalu sering.

    2. Meningkatkan keamanan

    Pemasangan tinted glass dipercaya lebih aman bagi kondisi mobil serta penumpang di dalam mobil. Sebab, salah satu pemicu tindakan kriminal pada mobil biasanya disebabkan karena apa yang terlihat di dalam mobil.

    Pelaku kejahatan akan mengintip ke dalam mobil untuk mencari tahu apakah ada barang berharga di dalam mobil atau tidak.

    Itulah sebabnya, pemasangan tinted glass dipandang lebih aman karena mampu  mencegah orang luar untuk mengintip dengan mudah ke dalam kabin mobil. Dengan begitu, risiko kejahatan pun menurun.

    3. Memberikan privasi bagi penumpang

    Memasang kaca riben juga bisa memberikan privasi lebih bagi penumpang. Apalagi jika penumpang mobil adalah tokoh penting atau selebriti yang kerap dikelilingi publik.

    Saat ini, banyak driver online yang menggunakan kaca gelap seperti riben pada mobilnya. Hal ini dianggap menjadi salah satu poin plus dalam meningkatkan privasi penumpang.

    Berapa lama pemasangan riben mobil? 

    Tidak diperlukan waktu lama untuk mengganti kaca standar mobil dengan jenis kaca riben. Prosesnya bisa dilakukan dalam satu hari saja.

    Untuk mobil ukuran kecil, biasanya penggantian kaca riben akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Namun, untuk mobil yang berukuran lebih besar, maka durasinya sekitar 3-4 jam.

    Kamu bisa saja membayar harga ganti kaca riben mobil lebih untuk jasa teknisi. Beberapa bengkel bersedia memprioritaskan mobilmu sehingga proses pengerjaan jadi lebih cepat, tapi dengan biaya yang sedikit lebih tinggi.

    Perbedaan kaca riben dengan kaca film  

    Meskipun sama-sama memberikan efek gelap, namun kaca riben sebenarnya berbeda dengan kaca film. Lantas, apa saja perbedaan tersebut? 

    1. Beda jenis kaca

    Pada dasarnya, kaca riben sama dengan kaca biasa. Perbedaannya hanya pada komponen yang digunakan untuk membuat kaca tersebut. Ini menjadi hal utama yang membedakan antara tinted glass dengan kaca film.

    Sebab, kaca film dibuat dari bahan yang sama seperti kaca polos pada umumnya. Hanya saja, kaca tersebut ditempeli dengan lapisan film yang bisa memberikan efek gelap. 

    Jadi, bisa disimpulkan bahwa kaca film terbuat dari bahan kaca yang sama seperti kaca pada umumnya. Sementara, tinted glass terbuat dari bahan campuran tambalan metal oksidan.

    2. Beda durasi pemasangan

    Pemasangan kaca riben cenderung lebih cepat dibandingkan dengan kaca film. Sebab, riben hanya perlu dipotong sesuai ukuran jendela mobil, lalu langsung dipasangkan.

    Setelah terpasang, mobil bisa langsung dibawa pulang. Tapi, tidak demikian dengan pemasangan kaca film.

    Karena kaca film menggunakan lapisan film yang ditempelkan ke kaca, maka diperlukan waktu lebih lama untuk menunggu sampai lem benar-benar mengering.

    Jika lem kaca film belum kering tapi sudah tersentuh atau terkena kotoran, maka lapisan film tersebut berpotensi tergeser.

    Oleh sebab itu, pemasangan kaca riben hanya memerlukan waktu 2-4 jam saja, sementara diperlukan waktu sampai 3 hari untuk menyelesaikan pemasangan kaca film.

    Tips dari Lifepal! Baik kaca riben maupun kaca film memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pertimbangkan dengan matang sebelum memilih untuk memasang salah satu dari dua jenis kaca mobil tersebut.

    Harga ganti kaca riben mobil sebenarnya cenderung lebih tinggi bila dibandingkan dengan kaca film. Akan tetapi, hal ini tergantung kebijakan di bengkel tempat kamu melakukan penggantian jenis kaca.

    Selain mengganti kaca mobil, kamu bisa juga mengunjungi bengkel mobil untuk melakukan perbaikan saat mobil mengalami kerusakan. Tapi, perlu diperhatikan bahwa biaya perbaikan mobil biasanya cenderung mahal.

    Sebagai antisipasi, kamu bisa menggunakan asuransi mobil yang nantinya bisa dipakai untuk menanggung sebagian besar biaya perbaikan mobil di bengkel.

    Cari tahu asuransi mobil yang cocok untuk mobil kesayangan

    Mengendarai di jalanan tidak selamanya aman, kecelakaan ataupun benturan dengan pengendara lain bisa terjadi kapan saja. Selain keselamatan, kerugian finansial pun tak bisa dihindari. 

    Untuk itu, perlindungan finansial dari asuransi mobil sangat penting. Asuransi mobil dapat mengcover biaya perbaikan akibat kecelakaan maupun bencana alam, mulai dari kerusakan kecil hingga besar. 

    Cari asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu melalui Kuis Asuransi Mobil terbaik dari Lifepal. Dengan kuis ini, kamu bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu.

    Setelah mendapatkan rekomendasi asuransi mobil yang sesuai, coba hitung perkiraan biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil dari Lifepal berikut ini. 

    Pertanyaan seputar harga ganti kaca riben mobil

    Harga kaca riben mobil berbeda-beda, tergantung ketebalannya. Harga tersebut dihitung per meter. Berikut estimasi harganya: 

    • Kaca riben ketebalan 3 mm: mulai dari Rp72.500
    • Kaca riben ketebalan 5 mm: mulai dari Rp75.000
    • Kaca riben ketebalan 8 mm: mulai dari Rp135.000
    • Kaca riben ketebalan 10 mm: mulai dari Rp230.000

    Harga di atas barulah harga kaca riben saja, tapi belum termasuk biaya jasa pemasangan atau penggantian kaca oleh teknisi bengkel.

    Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.