Harga Mobil Kia Rio Baru dan Bekas, Pajak dan Spesifikasi

harga kia rio

Harga Kia Rio tergolong murah untuk kelas mobil hatchback dan city car. Mobil pabrikan Korea Selatan ini dikenal dengan desainnya yang mewah, tidak kalah dengan mobil keluaran Eropa seperti mobil VW atau mobil BMW.

Mobil ini sangat cocok dikendarai di perkotaan mengingat konsumsi bahan bakarnya yang irit. Selain itu, Kia Rio terkenal dengan kestabilannya saat dipacu di jalan bebas hambatan. Tertarik dengan mobil Kia Rio? Yuk, baca informasi tentang mobil Kia Rio di bawah ini!

Harga Kia Rio terbaru  

Mobil pabrikan yang satu ini termasuk mobil murah. Hadir dengan dua varian, perbedaan kisaran harganya harga terpaut sekitar Rp2 jutaan saja. Berikut harga mobil Kia Rio terbaru dua varian, manual dan otomatis:

  • Kia Rio EX M/T: Rp276.600.000
  • Kia Rio EX A/T: Rp291.900.000

Harga Kia Rio bekas

Setelah mengetahui harga barunya, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui berapa harga bekas Kia Rio dan besaran pajaknya. 

Di sektor mobil bekas, Kia Rio termasuk mobil yang murah, beberapa di antaranya harganya di bawah Rp100 juta. Berikut ini adalah daftar harga bekas Kia Rio dan pajaknya termasuk harga mobil Kia Rio 2015:

VarianTahunHarga BekasPajak
Kia Rio 1.4 MT/AT SE2011Rp90 juta – Rp95 jutaRp1.700.000 – Rp1.800.000
Kia Rio 1.4 PLATINUM AT2011Rp95 juta – Rp105 jutaRp1.700.000 – Rp1.800.000
Kia Rio 1.4 MT/AT SE2012Rp103 juta – Rp 110 jutaRp1.800.000 – Rp1.900.000
Kia Rio 1.4 PLATINUM AT2012Rp110 juta – Rp 118 jutaRp2.000.000 – Rp2.100.000
Kia Rio 1.4 MT/AT SE2013Rp113 juta – Rp115 jutaRp2.100.000 – Rp2.200.000
Kia Rio 1.4 PLATINUM AT2013Rp115 juta – Rp 120 jutaRp2.300.000 – Rp2.400.000
Kia Rio 1.4 MT/AT SE2014Rp120 juta – Rp125 jutaRp2.400.000 – Rp2.500.000
Kia Rio 1.4 PLATINUM AT2014Rp125 juta – Rp128 jutaRp2.500.000-Rp2.600.000
Kia Rio 1.4 MT/AT SE2015Rp130 juta – Rp135 jutaRp2.700.000 – Rp2.800.000
Kia Rio 1.4 PLATINUM AT2015Rp135 juta – Rp140 jutaRp2.900.000 – Rp3.000.000

Harga aksesoris Kia Rio

Melengkapi mobil Kia Rio dengan aksesoris tidak menjadi masalah asalkan kamu tahu kebutuhannya. Sebagai pemilik, kamu berhak mempercantik mobil agar semakin nyaman dan man saat dikendarai. Sebelum membeli, ada baiknya cek dulu harga aksesoris Kia Rio.

AksesorisHarga
Switch Bagasi Kia New RioRp150.000
Body Cover/Sarung Mobil KIA Rio Polyester WaterproofRp132.500
Aki Mobil KIA Rio Incoe Mf AstraRp769.000
Sarung Kondom Silikon Remote Kunci Mobil KIA RioRp29.900
Filter Udara Ferrox KIA RioRp775.000
Karet Tombol Kunci Remote Rubber Keypad Mobil KIA RioRp27.500
Shock Breaker Belakang All New KIA RioRp450.000
Filter Udara Ac Mobil KIA RioRp120.000
Wiper KIA Rio – Bosch Clear AdvantageRp129.000

Spesifikasi Kia Rio

Penasaran seperti apa spesifikasi Kia Rio? Yuk, cek selengkapnya berikut ini. 

Eksterior Kia Rio

Walaupun Kia Rio adalah mobil pabrikan Korea Selatan, mobil hatchback milik Kia ini eksteriornya di desain dengan gaya khas Eropa yang elegan. Grille depan yang berkelis piano black diapit aksen chrome dan diapit lampu berteknologi LED dengan kemampuan Bi-Beam.

Fasia depan dibuat lebih kalem tanpa lekukan yang tegas. Bagian bumper bawah, Kia memasang kelir piano black dengan grille untuk mengalirkan udara ke kap mesin. Lampu kabut disisipkan pada sisi samping dengan lekukan yang menuju ke bumper bawah.

Bagian samping Kia Rio dibuat proporsional. Hal ini menjadikan Kia Rio sebagai hatchback pertama di segmennya dengan velg 17 inci. Ground clearance berukuran 165 mm membuat siapapun merasa nyaman saat berkendara dengan mobil di jalanan kota.

Menambah kesan manis, sisi sampingnya disertai dengan window lining beraksen chrome. Fitur baru dalam mobil dilengkapi dengan hadirnya tombol keyless entry di gagang pintu yang warnanya menyatu dengan bodi sehingga mempermudah akses keluar masuk ke dalam mobil.

Pindah ke bagian belakang, lampu mengadopsi teknologi LED. Walaupun tanpa embel-embel aksen, bumper belakang juga terkesan mewah. Pengguna akan dimudahkan saat membuka pintu bagasi karena hadirnya gagang pintu elektrik.

Interior Kia Rio

Desain dashboard dipenuhi dengan material plastik keras dengan sedikit sentuhan aksen chrome di bagian tengah sebagai pemain. Jika dibandingkan dengan pesaingnya, head unit dengan layar digital bergaya floating dibuat lebih kecil. Sebagian besar sistem pengaturan mobil ini masih menggunakan tombol konvensional termasuk tombol knop AC mobil di sisi bawah head unit.

Sistem audio adalah salah satu kelebihan yang patut dibanggakan pada mobil ini. Benar saja, head unit berukuran 7 inci pada Kia Rion sudah berkompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto. Rio juga dilengkapi 4 speaker dengan 2 tweeter. Alhasil, kualitas audionya cukup baik.

Konsol tengah terbagi menjadi pilihan transmisi manual dan otomatis. Namun, terdapat saku kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan uang receh atau kartu parkir. Tak ketinggalan Kia Rio juga memiliki sistem AUX dan USB yang bisa diakses dengan mudah dari baris depan.

Kelengkapan fitur dalam kabin Kia Rio patut dipertimbangka. Varian New Kia Rio sudah dilengkapi fitur sunroof yang memberikan kemewahan dan ruang yang lebih lapang di dalam kabin. Inilah fitur yang tidak dimiliki oleh mobil hatchback lainnya.

Sebagai citycar, Kia Rio mempunyai empat cupholder pada door trim dan satu cupholder pada konsol tengah. Armrest konsol bagian tengah juga bisa dibuka tutup sehingga berguna untuk menyimpan barang-barang kecil seperti ponsel.

Setir mobil ini masih berlapis kulit dengan tetap menjunjung tinggi kualitas. Pada bagian tengah setir terdapat tombol pengaturan yang cukup baik karena mengadopsi teknologi tilt dan teleskopik.

Dimensinya yang kompak, membuat ruang kaki dan ruang kepala menjadi terasa terbatas. Oleh karenanya, Kia membuat kursi belakang agak rebah sehingga mampu memberikan ruang kepala yang cukup baik. Tak ketinggalan, seatbelt dan tiga headrest melengkapi jok di baris kedua.

Seperti halnya mobil model hatchback berukuran kompak lainnya, kapasitas bagasi Kia Rio masih kalah jika dibandingkan dengan model yang lebih besar. Namun, bangku di baris belakang bisa direbahkan secara rata dengan lantai sehingga ruang penyimpanan bisa lebih luas.

Fitur Kia Rio

Walaupun tidak selengkap dan secanggih pesaingnya seperti mobil pabrikan Jepang Toyota Yaris, Kia Rio sudah dilengkapi fitur keselamatan untuk mencegah cedera saat terjadi kecelakaan yaitu sistem pengereman ABS dan EBD pada semua tipe dan Dual airbag.

Fitur keselamatan untuk varian New Kia Rio sudah mengadopsi 48% Advanced High Strength Steel (AHSS) sert Press-Hot Stamped yang berguna untuk meredam benturan dengan performa lebih baik dari generasi sebelumnya.

Mesin Kia Rio

Mesin Kia Rio tergolong baru dengan kode Kappa berkapasitas 1.4L. Dengan kapasitas tersebut, Kia Rio mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 100 PS pada putaran 6.000 rpm. Torsi maksimal yang bisa dikeluarkan mencapai 133 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Penggunaan mesin baru ini mampu menghadirkan performa berkendara yang lebih baik apalagi jika mobil dipacu di putaran tinggi. Kia Rio termasuk mobil dengan bahan bakar yang lebih hemat. Saat digunakan di perkotaan, suara yang dihasilkan Kia Rio tergolong halus dan tidak berisik.

Ada dua sistem transmisi mobil Kia Rio yaitu manual dan otomatis di mana keduanya sama-sama menggunakan 6-percepatan untuk mendistribusikan tenaga ke roda depan sehingga sangat baik dalam meminimalisir hilangnya tenaga.

Performa dan handling Kia Rio

Dimensi dan bobot Kia Rio tidak begitu berat mengingat tenaga yang dihasilkan tidak begitu besar. Walaupun demikian, hal tersebut masih bisa diterima apalagi performanya masih cukup baik jika dipacu di jalanan perkotaan yang mendatar. Berbeda ketika digunakan di jalan menanjak, mesin akan mudah kelelahan.

Mesin baru yang digunakan cukup mengangkat pengalaman berkendara menjadi lebih agresif walaupun masih kurang maksimal dalam kondisi stop and-go. Selain itu, Kia Rio juga tidak terlalu nyaman untuk diajak bermanuver. Inilah efek dari kurangnya sistem bantuan berkendara seperti kontrol traksi atau kontrol stabilitas.

Konsumsi bahan bakar Kia Rio

Kia Rio bisa dibilang mobil irit bahan bakar di kelas mobil perkotaan. Hal tersebut terjadi lantaran penggunaan mesin Kappa berkapasitas 1.4L. Meski tidak seefisiensi mobil lain saat digunakan, Kia Rio mampu menempuh 11 km hingga 12 km dengan menghabiskan satu liter bensin saja.

Ketika mobil ini dipakai di jalanan bebas hambatan, kecepatan akan lebih stabil dengan mencatatkan konsumsi rata-rata 17 km/L. Catatan yang cukup baik dibandingkan sebagian model hatchback yang ditawarkan di Indonesia.

Kelebihan dan kekurangan Kia Rio

Sangat tepat sebelum membeli mobil Kia Rio, kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan sebagai bahan pertimbangan. Dengan begitu, kamu tahu apakah mobil ini sesuai dengan yang diinginkan atau memenuhi kebutuhan atau tidak. Inilah kelebihan dan kekurangan Kia Rio:

Kelebihan mobil Kia Rio

  • Desain stylish dan elegan layaknya mobil Eropa
  • Dimensinya kompak dengan desain yang cantik dari luar hingga kabin dalam
  • Kabin dan bagasi lapang
  • Ruang belakangnya mampu menampung banyak barang
  • Suspensinya empuk sehingga memberikan kenyamanan
  • Kualitas material dan build quality Kia Rio bisa dibilang sangat baik dengan tampilan interior yang ergonomis guna memudahkan pengendaraan.
  • Handling yang presisi
  • Setir dilengkapi dengan fitur tilt dan teleskopik

Kekurangan mobil Kia Rio

  • Nama mobil merek Kia kurang dikenal dan tidak populer di Indonesia
  • Harga mobil bekas Kia Rio yang terkesan jatuh dari harga baru
  • Fitur keselamatan kurang
  • Spare part sulit ditemukan

Pentingnya asuransi untuk mobil kesayangan

Percayakan kepada Lifepal jika kamu mau merawat setiap komponen pada mobil dan mesinnya melalui asuransi mobil terbaik. Termasuk murah, dengan biaya premi per bulan mulai dari Rp35, kamu sudah bisa menikmati layanan di lebih dari 4 ribu bengkel mobil yang sudah bekerja sama dengan Lifepal.

Kamu bisa dapatkan garansi spare part mobil, pertanggungan kerugian total hingga penggantian kunci atas hilangnya kendaraan hingga Rp25 juta. 

Sebagai gambaran, berikut ini estimasi premi asuransi mobil yang harus kamu bayarkan. Hitung dengan kalkulator dari Lifepal ini.

Harga Kia Rio termasuk murah untuk segmen mobil hatchback dan citycar. Harga tersebut tentunya sepadan dengan mesin, fitur, tampilan, dan konsumsi bahan bakar mobil ini. Apakah kamu tertarik membeli mobil Kia Rio?

Pertanyaan seputar harga Kia Rio