Manfaat, Harga, dan Cara Pakai Obat Ciprofloxacin

harga obat ciprofloxacin

Ciprofloxacin tergolong ke dalam obat resep dari golongan antibiotik kuinolon (quinolone) yang tersedia dalam bentuk tablet, suntikan, dan tetes mata. Ada berbagai macam merek dagang dari ciprofloxacin, antara lain wiaflox, phaproxin, baquinor eye drops, dan lain-lain. 

Apa kegunaan obat ciprofloxacin dan berapa harga dari tiap mereknya? 

Ciprofloxacin obat apa? 

Ciprofloxacin adalah antibiotik untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri melalui bahan aktif ciprofloxacin Hcl. Beberapa masalah infeksi akibat bakteri yang dapat diringankan dengan obat ini adalah infeksi saluran kemih, infeksi saluran pencernaan, infeksi mata, hingga infeksi menular seksual.

Obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan virus, seperti batuk, pilek, atau flu.

Ciprofloxacin adalah obat keras yang mana hanya bisa didapatkan melalui resep dokter dan digunakan berdasarkan anjuran secara medis di klinik atau rumah sakit.

Manfaatkan perlindungan dari asuransi rawat jalan untuk menanggung biaya beli obat dan santunan tunai untuk membiayai tindakan medis di klinik dan rumah sakit.

Manfaat dan kegunaan obat ciprofloxacin

Adapun beberapa kegunaan dari obat ini yaitu dapat mengatasi beberapa jenis infeksi seperti: 

  • Infeksi saluran kemih termasuk prostatitis atau peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat.
  • Uretritis, yaitu peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada uretra.
  • Servisitis gonorrhea, yaitu peradangan yang terjadi pada serviks atau leher rahim.
  • Infeksi tulang dan sendi. 
  • Infeksi saluran pernapasan.
  • Diare.
  • Infeksi menular seksual.
  • Anthrax.
  • Infeksi lain di bagian kulit, tulang, sendi, perut, dan mata.

Harga obat ciprofloxacin 

Ciprofloxacin bisa kamu dapatkan di apotek, toko obat, dan situs e-commerce. Mengenai harga, obat ciprofloxacin dibanderol bervariasi tergantung merek dan tempat membelinya. Sebagai referensi, berikut harga obat ciproloaxacin di pasaran. 

1. Baquinor Forte

Baquinor Forte merupakan antibiotika yang digunakan untuk mengatasi infeksi pada saluran pernapasan atas, infeksi saluran kemih, saluran cerna, kulit, dan jaringan lunak. 

Kandungan Ciprofloxacin pada obat ini dapat menjadi antibiotika spektrum luas golongan fluorokuinolon generasi kedua dan aktif terhadap bakteri Gram Negatif maupun Gram Positif.  

Harga obat ciprofloxacin merk Baquinor Forte adalah Rp19.377 per tablet. 

2. Bernoflox

Bernoflox dapat digunakan untuk mengatasi infeksi yang dipicu oleh bakteri, misalnya infeksi saluran kemih, pneumonia, diare akibat infeksi bakteri, dan lain-lain. Bernoflox tersedia dalam bentuk tablet, kaplet, dan infus dengan kisaran harga berikut.

  • Bernoflox Tablet: Rp52.000 – Rp84.000 per strip.
  • Bernoflox Kaplet: Rp25.000 – Rp66.000 per strip.

3. Quinobiotic

Quinobiotic adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi infeksi pada saluran pernapasan atas, infeksi saluran kemih, dan saluran cerna.

Obat ini juga dapat mengatasi infeksi kulit dan jaringan lunak, tulang dan sendi, osteomielitis akut, infeksi sal napas bawah, hingga infeksi intra abdomen dengan komplikasi.  

Untuk harga 1 strip berisi 10 Kaplet Quinobiotic @500Mg adalah Rp222.750.

4. Tequinol

Tequinol tersedia dalam bentuk kaplet dan tablet. Obat ini memiliki kandungan Ciprofloxacin yang termasuk antibiotika gol fluoroquinolone untuk gram bakteri gram positif dan gram negatif.

Obat ini digunakan untuk pengobatan infeksi berat yg disebabkan oleh bakteri sensitif terhadap Ciprofloxacin seperti, infeksi saluran kemih, uretritis, infeksi saluran cerna, infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit dan jaringan lunak, serta infeksi tulang dan sendi.  

Berikut ini harga obat ciprofloxacin merk Tequinol yang dijual di apotek: 

  • Harga Tequinol kaplet: Rp117.600 – Rp240.000 per 500Mg 10 Kaplet.
  • Harga Tequinol tablet: Rp17.703 per tablet. 

5. Ciproxin

Ciproxin adalah antibiotika yang digunakan untuk mengatasi infeksi pada saluran pernapasan atas, infeksi saluran kemih, saluran cerna, kulit dan jaringan lunak. 

Selain itu, Ciproxin juga dapat mengatasi infeksi saluran kencing termasuk prostatitis, uretritis dan cervicitis gonorrhea, infeksi saluran pencernaan, demam tifus karena bakteri Salmonella typhosa, hingga infeksi saluran pernapasan karena bakteri Streptococcus. 

Adapun harga obat ciprofloxacin 500Mg 10 tablet berkisar Rp231.000 – Rp441.600.

6. Phaproxin

Phaproxin diproduksi oleh Phapros sebagai obat Ciprofloxacin. Obat ini biasa diresepkan oleh dokter untuk penyembuhan dan profilaksis pasca pajanan inhalasi antraks, infeksi kulit dan jaringan lunak, otitis eksterna maligna (infeksi telinga yang berpotensi kematian).

Kemudian, Phaproxin juga digunakan untuk prostatitis (inflamasi pada kelenjar prostat), pielonefritis (penyakit infeksi pada ginjal), cystitis (peradangan pada kandung kemih), demam tifoid hingga penyakit radang panggul.

Harga untuk 500Mg Phaproxin adalah Rp3.800 – Rp10.500.

7. Ciflos

Obat ini mengandung Ciprofloxacin yang digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam infeksi bakteri, seperti infeksi saluran pernapasan bawah, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran pernapasan atas, demam tifoid, infeksi prostat, infeksi tulang dan sendi. 

Cara kerja Ciflos yaitu menghentikan pertumbuhan bakteri.  

Sementara itu, untuk harga obat ciprofloxacin merk Ciflos ini sendiri yaitu Rp111.600 – Rp235.400 per 500Mg (10 Tablet).

8. Cylowam 500

Cylowam 500 diproduksi oleh Konimex. Kandungan Ciprofloxacin HCl pada obat ini digunakan untuk membantu mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. 

Infeksi yang dapat ditangani oleh Ciprofloxacin diantaranya infeksi saluran kemih termasuk peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat, uretritis, servisitis gonorrhea atau peradangan yang terjadi pada serviks atau leher rahim, serta infeksi tulang dan sendi. 

Ciprofloxacin harus ditelan dengan air secukupnya untuk mencegah kristaluria. Kristaluria adalah kristalisasi pada urine.

Harga Cylowam 500Mg yang berisi 4 kaplet dibanderol Rp29.100 – Rp48.800.

9. Kifarox

Kimia Farma memproduksi Kifarox sebagai antibiotik yang mengandung Ciprofloxacin HCl yang dapat bekerja dengan menghambat pembelahan sel bakteri. 

Kifarox biasanya digunakan untuk mengobati infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas, kulit dan jaringan lunak, tulang dan sendi, infeksi saluran cerna, osteomielitis (infeksi tulang) akut, infeksi saluran napas bawah.

Selain itu, Kifarox juga bisa menyembuhkan infeksi pada kulit dan jaringan lunak, tulang dan sendi, infeksi intra-abdomen dengan komplikasi.   

Harga 500Mg Kifarox berisi 10 Tablet antara Rp55.000 – Rp228.300. 

10. Meflosin

Meflosin dapat bekerja dengan cara membunuh atau mencegah perkembangan bakteri yang menyebabkan infeksi. Berikut ini beberapa penyakit infeksi akibat bakteri yang dapat diatasi Meflosin.

  • Infeksi pada saluran kemih.
  • Infeksi mata.
  • Infeksi karena penyakit seksual menular.
  • Infeksi pada saluran pencernaan.
  • Infeksi pada vagina.
  • Infeksi yang terjadi pada tulang dan sendi,
  • Infeksi pada kulit dan jaringan lunak.

Kamu bisa membeli Meflosin sesuai resep dokter dengan harga Rp17.131 per tablet.

Proteksi keuanganmu dengan asuransi kesehatan 

Penggunaan obat keras, seperti ciprofloxacin, tidak boleh sembarangan. Dengan kata lain harus melalui instruksi dari dokter agar terhindar dari kelebihan dosis dan komplikasi pada organ tubuh lainnya, seperti ginjal dan lambung.

Jika setelah menggunakan obat, kondisimu belum membaik juga, lebih baik kamu periksakan diri di rumah sakit untuk mendapatkan diagnosis dari dokter. Namun tentu ada biaya berobat ya.

Nah kalau kamu punya asuransi kesehatan, maka kamu tidak perlu khawatir lagi dengan biaya rumah sakit karena asuransi yang akan menanggungnya. Hal ini termasuk konsultasi dokter, biaya pembedahan, dan perawatan medis lainnya.

Sebagian produk asuransi kesehatan turut menanggung biaya pembelian obat yang diresepkan oleh dokter, namun ada juga sebagian perusahaan asuransi lain yang mengharuskan nasabahnya memiliki asuransi rawat jalan sebagai manfaat tambahan dari asuransi kesehatan.

Tapi kalau kamu hanya butuh jaminan untuk biaya membeli obat tanpa pertanggungan rawat inap, kamu tentu bisa langsung membeli asuransi rawat jalan secara mandiri.

Tidak perlu mahal, mulai dari Rp50 ribu saja sebulan sudah memberimu pertanggungan biaya rawat jalan, rawat inap, dan santunan melahirkan.

Kalau kamu butuh informasi lebih lengkap mengenai tips mengelola keuangan dan manfaat asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhanmu, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Perhatikan ini sebelum menggunakan obat ciprofloxacin

Lantaran termasuk obat resep, maka kamu tak bisa sembarangan mengonsumsi obat ini. Selain perlu resep dokter, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mengonsumsi obat ciprofloxacin, yaitu:

  • Ciprofloxacin dapat menyebabkan pusing atau mengantuk. Usahakan untuk menghindari melakukan kegiatan yang membutuhkan fokus penuh, seperti mengemudikan kendaraan.
  • Penderita gangguan jantung, myasthenia gravis, hipokalemia, gangguan tulang dan sendi, gangguan saraf, serta gangguan mental harus berhati-hati ketika mengonsumsi obat ini. 
  • Beri tahu dokter jika memiliki riwayat diabetes, hipertensi, kejang, cedera kepala, penyakit liver, dan penyakit ginjal.
  • Ciprofloxacin dapat menghambat efektivitas vaksin tertentu, terutama vaksin tifoid.
  • Penggunaan ciprofloxacin pada lansia  dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan jantung dan kerusakan pembuluh darah.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein selama mengonsumsi ciprofloxacin, karena dapat menimbulkan efek samping jantung berdebar, sulit tidur, dan gangguan kecemasan.
  • Segera hubungi dokter jika terjadi reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan ciprofloxacin.

Cara menggunakan obat ciprofloxacin dengan benar

Biar penggunaan obat ini bisa lebih efektif, maka pastikan cara mengonsumsinya pun harus benar. Obat ini biasanya diminum dua kali sehari setiap 8-12 jam. Tetapi tergantung arahan yang diberikan dokter. Berikut ini cara menggunakan obat ciprofloxacin dengan benar: 

  • Usahakan untuk makan dulu sebelum meminum obat ini untuk mencegah sakit maag. 
  • Gunakan air putih untuk menelan kapsul dan tablet ciprofloxacin secara utuh. Jangan membelah, menghancurkan, atau mengunyah kapsul atau tablet.  
  • Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. 
  • Usahakan untuk mengonsumsi ciprofloxacin pada jam yang sama setiap harinya agar obat dapat bekerja dengan maksimal.
  • Jangan berhenti mengonsumsi ciprofloxacin tanpa seizin dokter, walau gejala yang dialami telah membaik. Jika dilakukan, bakteri dapat kebal terhadap pengobatan dan risiko kekambuhan infeksi akan meningkat.
  • Simpanlah ciprofloxacin pada suhu ruangan dan di dalam wadah tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Ciprofloxacin harus ditelan dengan air secukupnya untuk mencegah kristaluria atau adanya kristal pada urin. 
  • Untuk Ciprofloxacin dalam bentuk suntik harus dilakukan oleh dokter atau pekerja medis atas instruksi dokter.  

Efek samping ciprofloxacin

Efek samping Ciprofloxacin sebagian besar bersifat ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya. Adapun efek samping tersebut yaitu: 

  • Sakit maag
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Sulit tidur
  • Vagina terasa gatal atau keputihan

Namun, pada sebagian orang, Ciprofloxacin juga dapat menyebabkan efek samping lain, seperti sakit kepala hebat, mata dan kulit berwarna kuning, sulit buang air kecil, muncul ruam kulit, sakit maag hebat, dan jantung berdebar. 

Ketika kamu mengalami gejala berat seperti hipoglikemia, gangguan saraf, perubahan perilaku, dan reaksi alergi obat, seperti pembengkakan di bagian wajah, lengan, atau tungkai, serta sesak napas. Segera hentikan penggunaan obat ini.

Persiapkan dana darurat dari sekarang

Sebagai langkah pengaman tambahan, kamu harus punya simpanan dana tersendiri untuk menghadapi situasi darurat. Sesuai kondisinya, dana darurat ini harus terpisah dari tabungan dan investasi ya.

Tapi kebutuhan dana darurat tiap orang tentu berbeda-beda, tergantung penghasilan dan tujuan. Tapi jangan cemas, coba hitung berapa dana darurat yang ideal dengan kebutuhanmu.

Setelah kamu punya perlindungan asuransi kesehatan dan simpanan dana darurat, maka kamu sudah lebih terjamin dari segi keuangan!

Mau tahu apa saja produk asuransi yang kamu bisa manfaatkan untuk melindungi keuangan pribadi dan keluarga? Temukan referensi selengkapnya cuma di Lifepal.

Tanya jawab seputar harga obat ciprofloxacin

Ciprofloxacin obat apa?

Ciprofloxacin adalah antibiotik untuk meringankan penyakit akibat infeksi bakteri. Kandungan bahan aktif ciprofloxacin Hcl pada obat ini memiliki cara kerja menghentikan perkembangan bakteri. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, suntikan, dan tetes mata.

Berapa lama minum ciprofloxacin?

Obat ini biasanya diminum dua kali sehari setiap 8-12 jam. Tetapi tergantung arahan yang diberikan dokter.

Berapa kisaran harga obat ciprofloxacin merek Kifarox?

Kisaran harga satu strip Kifarox yang berisi 10 Tablet @500Mg adalah Rp55.000 – Rp228.300.

Berapa kisaran harga obat ciprofloxacin merek Tequinol?

  • Harga Tequinol satu strip berisi 10 kaplet per 500Mg adalah Rp117.600 – Rp240.000
  • Harga Tequinol satu tablet adalah Rp17.703

Produk asuransi apa untuk menanggung biaya beli obat?

Asuransi rawat jalan adalah produk perlindungan keuangan yang tepat untuk menanggung biaya pembelian obat-obatan.

Sebagian perusahaan asuransi mewajibkan nasabahnya memiliki asuransi kesehatan dahulu untuk bisa mendapatkan asuransi rawat jalan sebagai tambahan, namun ada juga yang menawarkannya sebagai produk mandiri.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →