Harga Tesla Model 3 di Indonesia, Review dan Spesifikasinya

harga tesla model 3

Tesla Model 3 merupakan model Tesla paling terjangkau di pasar Indonesia. Harga Tesla model 3 untuk varian standar range plus yakni Rp1,5 miliar. 

Tesla Model 3 pertama kali dikenalkan tahun 2016. Sejak kemunculannya, mobil ini laris manis di pasaran hingga tembus 100.000 unit tembus sejak Oktober 2018. 

Bahkan, mobil asal Amerika Serikat ini selalu masuk dalam jajaran 3 besar penjualan mobil listrik di dunia. 

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran karena memang nyatanya biaya perawatan mobil tidaklah murah. Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Tesla Model 3 ini hadir dengan 3 varian, yakni Standar Range Plus, Long Range dan Performance. Berikut ini daftar harga Tesla model 3, review dan spesifikasinya.

Harga dan varian Tesla Model 3

Tesla Model 3 hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan jenis mobil listrik Tesla lainnya. Dengan spesifikasi yang luar biasa, Tesla model 3 memiliki 3 varian yang berbeda. 

Tesla Model 3 Facelift dihadirkan Gran Cipta Cemerlang (GCC), importir umum mobil premium yang juga anak perusahaan dari Mitra Properti Sukses (MPS). Harga Tesla model 3 termurah sekitar Rp1,5 miliar untuk on the road.

Berdasarkan info Otodriver, mobil listrik besutan Elon Musk ini dihadirkan dengan tiga jenis yang dibanderol harga berbeda. Berikut ini, harga Tesla Model 3 di Indonesia untuk tahun 2021. 

Varian Tesla Model 3Harga
Standard Range Plus Rp1,5 miliar
Long RangeRp2,5 miliar
PerformanceRp 2,7 miliar

Spesifikasi Tesla Model 3

Tesla Model 3 memang didapuk sebagai mobil keluaran Tesla dengan harga paling terjangkau. Namun demikian, spesifikasi yang disuguhkan cukup menggiurkan pengendara. 

Bahan untuk kelas tertingginya dari Tesla Model 3 ini, yakni Tesla Model 3 Performance memiliki top speed hingga 261 km/h yang setara dengan supercar asal Italia. 

Dari segi daya tempuh, Tesla Model 3 tentu tak bisa diragukan lagi. Varian Standard Range Plus misalnya, dapat menempuh 386 km hanya dalam satu kali pengisian data. Sementara varian Long Range dan Performance dapat menempuh jarak hingga 499 km. 

Dengan harga Tesla model 3 yang mencapai miliaran tersebut, memangnya apa saja sih kelebihan dari mobil listrik yang satu ini? Berikut ini spesifikasi dasar dari tiga jenis Tesla Model 3. 

Varian Tesla Model 3Spesifikasi dasar
Standard Range Plus Baterai 75 kwh, 300 hp, penggerak belakang
Long RangeBaterai 80 kwh, 350 hp, all wheel drive
PerformanceBaterai 100 kwh, 450 hp, 650 Nm, top speed 261 km/jam

Jika melihat spesifikasi dasar saja sudah cukup menghadirkan keinginan untuk berkendara di atasnya. Berikut ini spesifikasi mendetail dari Tesla Model 3 yang bisa bikin kamu semakin ingin memilikinya. 

Performa

  • Jenis Bahan Bakar: Listrik
  • Akselerasi: 5.6 s
  • Kecepatan maksimum: 225 kmph
  • Tenaga Penggerak Listrik: 283 hp

Dimensi & Kapasitas

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile
  • Kapasitas Tempat Duduk: 5 Kursi
  • Kapasitas Bagasi: 651 L
  • Panjang: 4694 mm
  • Lebar: 1850 mm
  • Tinggi: 1443 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 2875 mm

Suspensi & Rem

  • Suspensi Depan: Double Wishbone
  • Suspensi Belakang: Multi-Link

Transmisi

  • Girboks: Single Speed
  • Jenis Transmisi: Otomatis
  • Jenis penggerak: RWD

Detail Mesin

  • Kapasitas Baterai: 54 kWh
  • Estimated Regular Charging Time: 5:39 hrs (wall charger)
  • Tipe Penggerak Listrik: Single Permanent Magnet Synchronous
  • Cells and Modules: 2976 cell, 4 module
  • Voltase Baterai: 360 V
  • Estimated Fast Charging Time: 30 mnt (80 %)

Velg & Ban

  • Ukuran Velg Alloy: 18 Inch
  • Jenis Ban: Run Flat
  • Ukuran Velg: ZR18

Bagian Kemudi

  • Jenis Kemudi: Electric Power
  • Kolom Kemudi: Tilt & Telescopic
  • Steering Gear Type: Rack & Pinion
  • Radius putar: 5.9 m
  • Bisa lakukan pengaturan Posisi Stir

Fitur Tesla Model 3

Tesla Model 3 merupakan mobil listrik yang hadir di Indonesia. Meski harganya menyentuh miliaran, namun mobil ini tetap memiliki penggemarnya. 

Apalagi, untuk mobil dari Merek Tesla, Model 3 ini merupakan mobil dengan harga paling terjangkau namun dibekali spesifikasi yang tidak kalah hebat. 

Fitur dari Tesla Model 3 didapuk dengan sistem-sistem dan konsep yang mengagumkan. Bahkan 3 fiturnya sangat futuristik. Berikut ini fiturnya yang sangat mengagumkan. 

Head unit 15 inci

Fungsi dari Head Unit 15 inci layar sentuh ini memudahkan pengoperasian mobil. Kamu hanya perlu menyentuhnya untuk bisa mengoperasikan semua fitur yang ada di di interior mobil. 

Mobil ini tampil tanpa tombol di sekujur dasbornya, sehingga kamu perlu melihat tuas transmisi dan sein yang melingkar di kemudi, sedangkan sisanya diatur dengan Head Unit ini. 

Fitur keyless entry

Fitur ini akan membuat pecinta otomotif terpukau. Kamu dimudahkan dengan hadirnya kunci yang tidak berbentuk kunci, melainkan kartu. 

Untuk kamu yang agak pelupa, fitur ini sungguh menyenangkan. Fitur canggih ini bisa kamu gunakan untuk masuk dan menghidupkan mobil. 

Dengan teknologi RFID pada kartu chip bawaannya, kamu hanya perlu mendekatkan kartu ke sensor yang disediakan. 

Bahkan menariknya, jika kamu lupa membawa kartu ini, kamu tetap bisa membuka kendaraan dengan bantuan aplikasi ‘Tesla’ di smartphone. So, selamat tinggal kunci mobil konvensional! 

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Fitur Auto Pilot

Salah satu fitur Tesla Model 3 yang paling mengagumkan adalah hadirnya auto pilot. Bahkan, fitur ini juga telah hadir di sebuah model Tesla termasuk untuk range yang standar. 

Untuk menghidupkan mode autopilot, kamu cukup mengaktifkan fitur navigasi dan tentukan lokasi yang ingin dituju.

Selanjutnya, tekan tombol navigate on auto pilot. Maka fitur Traffic-Aware CruiseControl dan Auto-Steer akan aktif secara otomatis.

Menariknya lagi, kamu bisa mengatur kecepatan dan jarak berkendara melalui tombol kemudi. 

Untuk keamanan, tidak perlu diragukan lagi. Tesla akan memberitahu kamu jika ada kendaraan di sekitar kamu dengan jarak kurang aman. 

Tesla juga akan memberi peringatan jika kamu tidak berada dibalik kemudi hingga waktu yang ditentukan. Sistem autopilot akan segera berhenti dan kamu harus menghidupkannya kembali jika kamu tidak menyentuh kemudi dalam waktu tertentu. 

Fitur lainnya yang cukup menarik,banyak pilihan hiburan, termasuk Netflix, YouTube, dan sejumlah game arcade. 

Untuk sistem bantuan pengemudi, Tesla Model 3 memiliki set fitur terbaik di industri dengan operasi yang lancar dan kemampuan yang mengesankan. 

Varian warna Tesla Model 3

Warna memiliki kesan tersendiri untuk sebuah kendaraan. Karakter pengendara juga bisa terlihat dari warna dan desain mobil yang dikendarainya. Termasuk saat menggunakan Tesla Model 3. 

Tesla Model 3 hadir dengan 5 varian warna. Berikut ini pilihan warna yang dihadirkan.

  • Pearl White
  • Solid Blcak 
  • Deep Blue Metallic
  • Silver Metallic
  • Red Mica

Kelebihan dan kekurangan Tesla Model 3

Fitur Autopilot Tesla
Fitur Autopilot Tesla (Shutterstock)

Kelebihan dan kekurangan sudah menjadi hal yang pasti menyertai setiap produk termasuk kendaraan mobil. Tak terkecuali, mobil merek Tesla. 

Dengan harga Tesla Model 3 yang mahal, mobil ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Tesla Model 3

  • Desain eksterior modern dan aerodinamis

Tampilan desain eksterior dari Tesla Model 3 terlihat modern dan aerodinamis. Fitur eksteriornya cukup lengkap, seperti misalnya headlamp yang sudah menggunakan jenis lampu LED, fog lamp yang menggunakan jenis lampu LED. Kemudian side mirror, sudah mendukung fitur power folding.

  • Ukuran kabin cukup lega

Tesla Model 3 dirancang dengan gaya sangat minimalis. Mobil ini tampil dengan menghilangkan semua panel-panel dan menyajikan panel multifungsi. 

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Dengan begitu, interior Tesla Model 3 terlihat begitu kosong. Apalagi, pada bagian tengah hanya tersedia layar berukuran 15 inci yang sudah mendukung fitur layar sentuh sebagai pusat kendalinya.

  • Memiliki fitur autopilot

Fitur masa depan ini memudahkan kamu berkendara. Untuk keamanan tidak perlu diragukan lagi. Fitur ini akan otomatis berhenti jika kamu ternyata tidak ada dibalik kemudi dan tidak menyentuh kemudi dalam waktu tertentu.

Selain memanjakan penggunanya, fitur autopilot juga beberapa kali menyelamatkan pengendaranya dari kecelakaan, loh. Ini tidak lepas dari sensor dan kecerdasan buatan yang ditanamkan oleh Tesla.

Kekurangan Tesla Model 3

  • Charging station

Meskipun kini semakin banyak hadir charging station di Indonesia, namun tidak menutup jumlahnya yang masih kurang. Apalagi, kehadirannya biasanya hanya ada di kota-kota besar saja. 

  • Perawatan cukup sulit

Perawatannya cukup sulit, dikarenakan semua komponen yang bekerja pada Tesla Model 3 dengan sistem komputerisasi menjadikan tidak semua bengkel dapat memperbaiki apabila terjadi kesalahan atau error pada mobil listrik tersebut. 

  • Tidak dilengkapi kickstarter

Beberapa hal yang disayangkan dari mobil listrik mewah ini adalah belum dilengkapinya dengan kick starter.

Kesimpulan

Tesla Model 3 merupakan varian mobil Tesla yang paling terjangkau. Harga mobil Tesla model 3 di Indonesia yakni Rp1,5 miliar.

Sebagai icon industri mobil listrik, Tesla Model 3 dibekali mesin dengan daya jelajah dan kecepatan yang luar biasa. Untuk varian Long Range dan Performance, kedua mobil ini bahkan bisa menempuh jarak 499 km hanya dalam sekali pengecasan. 

Fitur paling mengagumkan dari mobil Tesla adalah fitur autopilot yang memungkinkan penggunanya hanya duduk manis dan tak perlu menyetir. Tetapi yang paling penting, fitur autopilot ini menghindarkan penggunanya dari kecelakaan.  

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar Tesla Model 3

Berapa lama charge mobil Tesla?

Untuk mobil Tesla Model 3 Long Range, perlu waktu sekitar 10 jam untuk mengisi daya dari 0 hingga 100 persen bila menggunakan perangkat 240V.

Mengapa perlu mengasuransikan mobil?

Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.

Untuk mobil Tesla Model 3 Long Range, perlu waktu sekitar 10 jam untuk mengisi daya dari 0 hingga 100 persen bila menggunakan perangkat 240V.
Asuransi mobil dapat melindungi keuanganmu dari biaya perbaikan dan perawatan kendaraan yang harganya cukup mahal. Dengan mengasuransikan kendaraan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya saat servis mobil di bengkel rekanan perusahaan asuransi.