Heksa Insurance: Asuransi Jiwa dengan Konsep Unit Link

Term Life Insurance

Heksa Insurance merupakan perusahaan asuransi di Indonesia yang bergerak di bidang asuransi jiwa. Perusahaan yang resmi didirikan pada tahun 1988 ini sudah bekerjasama erat dengan pihak individu, bank, dan beberapa lembaga keuangan atau nonkeuangan.

Perusahaan ini memiliki perjalanan cukup panjang yang membentuknya menjadi salah satu perusahaan asuransi yang diakui di Indonesia. Lalu, bagaimana asal mula terbentuknya perusahaan ini?

Dibentuk oleh INKOPPABRI

Kehidupan bisnis

Sebelum perusahaan ini terbentuk, asuransi Heksa berdiri dengan nama Unit Usaha Iuran Jasa Keuangan yang dibentuk oleh INKOPPABRI (Induk Koperasi Purnawirawan dan Warakawuri Tentara Nasional Indonesia Polisi Republik Indonesia). Kemudian nama tersebut berganti menjadi Heksa Eka Life Insurance,  setelah merger dengan PT Ongko Life Insurance pada tahun 2002.

PT Heksa Eka Life Insurance berganti nama lagi menjadi Heksa Solution Insurance pada bulan Maret 2016. Pergantian nama ini bertujuan untuk mengikuti perkembangan potensi pasar asuransi yang kerap berkembang. Hal ini juga diikuti dengan bergantinya kepemilikan saham pada saat itu.

Hingga saat ini, banyak sekali pencapaian yang diraih. Salah satunya adalah predikat “sangat bagus” atas kinerja keuangan selama tahun 2016 oleh Infobank. Heksa Insurance juga menjadi peraih peringkat pertama dalam kategori aset keuangan asuransi di bawah Rp1 triliun pada tahun 2017.

Ulasan Asuransi Jiwa Heksa Insurance

Asuransi Jiwa Heksa Insurance

Heksa Insurance menghadirkan produk asuransi jiwa unit link yang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia. Produk asuransi jiwa tersebut diberi nama HeksaLink Pos Assurance Extra Care.

Perlindungan yang diberikan, mulai dari santunan terhadap risiko 52 penyakit kritis dan cacat tetap karena kecelakaan. Selain perlindungan jiwa, Anda juga mendapatkan keuntungan tambahan berupa dana investasi asuransi yang diperoleh dari premi yang dibayarkan.

Berikut manfaat utama yang ditawarkan oleh produk asuransi jiwa ini.

  • Meninggal yang disebabkan bukan karena kecelakaan mendapatkan UP (Uang Pertanggungan) sebesar 100 persen ditambah dengan akumulasi dana investasi.
  • Meninggal yang disebabkan karena kecelakaan mendapatkan UP sebesar 200 persen ditambah dengan akumulasi dana investasi.
  • Kematian karena penyakit kritis mendapatkan UP sebesar 200 persen ditambah dengan akumulasi dana investasi.
  • Terdiagnosis penyakit kritis mendapatkan UP sebesar 100 persen.
  • Cacat tetap yang disebabkan oleh kecelakaan mendapatkan UP sebesar 100 persen.
  • Manfaat akhir masa pertanggungan mendapatkan manfaat akumulasi dana investasi.

Syarat dan Premi Asuransi

Syarat dan hak

Untuk mendapatkan manfaat asuransi jiwa Pos Assurance Extra Care dari Heksa Insurance, ada beberapa kriteria yang harus Anda penuhi. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Usia pemegang polis minimal 17 dan maksimal 70 tahun.
  • Usia tertanggung mulai dari 6 bulan hingga 59 tahun.
  • Pilihan masa pembayaran premi jangka pendek atau jangka panjang: mulai tiga sampai 99 tahun.
  • Membayar premi berkala yang dibayarkan dalam hitungan bulanan atau tahunan dengan minimal bulanan adalah Rp400 ribu dan tahunan adalah Rp4,8 juta.
  • Pilihan top up secara berkala atau sekaligus dengan bulanan berjangka adalah Rp100 ribu, tahunan berjangka adalah Rp1,2 juta, dan sekaligus adalah Rp500 ribu sekali transaksi.
  • Minimal UP yang diterima sebesar Rp7,5 juta atau setara dengan lima kali premi berkala.

Untuk unit link dari asuransi jiwa ini, Anda diberikan tiga pilihan investasi seperti Fixed Income Fund (Dana Investasi Jangka Menengah dan Panjang), Balanced Fund (Dana Investasi Jangka Pendek), dan Equity Fund (Reksadana Saham). Jadi, Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan Anda.

Inovasi Heksa Insurance

Inovasi Heksa Insurance

Heksa Insurance juga sadar bahwa peran generasi milenial saat ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan pasar. Oleh karena itu, Heksa Insurance bekerja sama dengan bank BRI agar memperluas pasar mereka dan menambah pendapatan premi. Produk kerja sama tersebut adalah Asuransi Jiwa Kredit (AJK) BRIguna dan KUpedes.

Dengan fitur produk yang minimalis, yaitu produk tunggal dengan fitur manfaat yang banyak, Heksa Insurance mampu menghasilkan profit yang sangat memuaskan. Pada bulan Mei 2018, performa Heksa Insurance meningkat 140 persen dengan jumlah total nasabah 1,3 juta jiwa.

Itulah sekilas profil perusahaan asuransi jiwa Heksa Insurance. Perusahaan ini boleh dikatakan belum terlalu populer namun produk asuransi jiwa dari Heksa ini layak jadi pertimbangan. Sebab, preminya cukup terjangkau dengan manfaat yang cukup komplit.

Atau, Anda masih mencari rekomendasi asuransi jiwa lainnya? Jangan ragu untuk menghubungi tim Lifepal untuk berkonsultasi mengenai produk asuransi jiwa terbaik untuk Anda dan keluarga.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →