Mengenal Injeksi Mobil, Cara Kerja Serta Tips Perawatannya

injeksi mobil

Sebagian orang mungkin belum tahu apa itu sistem injeksi mobil dan apa perbedaannya dengan mobil non-injeksi. 

Namun, sebagian orang mungkin sudah tau, bahwa secara umum terdapat dua jenis sistem pembakaran pada mesin mobil, yaitu mobil dengan sistem injeksi dan non-injeksi atau mobil yang menggunakan karburator.

Disini kita akan membahas lebih jauh mengenai cara kerja, apa saja kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana cara perawatan yang benar. Selengkapnya, simak terus artikel di bawah ini.

Apa itu injeksi mobil?

Injeksi pada mobil adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam sistem pembakaran pada mesin mobil.

Suplai bahan bakar pada sistem injeksi adalah dengan disemprot. Pada mobil injeksi juga terdapat teknologi Engine Control Module yang berfungsi mengatur jumlah volume bahan bakar, dan mengatur sistem pengapian secara otomatis.

Teknologi injeksi memungkinkan untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum dibakar pada ruang pembakaran mesin. Pencampuran ini menjadikan mesin lebih bertenaga dibandingkan dengan penggunaan karburator.

Selain itu, teknologi injeksi juga membuat bahan bakar tercampur dengan lebih baik, serta membuat bahan bakar tercampur dalam proporsi yang tepat dan seragam.

Bagian-bagian utama dalam injeksi mobil

Seperti pada komponen lain pada mobil, injeksi mobil juga memiliki beberapa bagian utama yang memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa bagian tersebut adalah :

Fuel pump

Fuel Pump adalah sebuah pompa yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke injektor

Fuel pressure regulator

Komponen ini berfungsi untuk mengatur seberapa besar volume bahan bakar yang dialirkan pada injektor

Electronic Control Unit (ECU)

Komponen ini bisa dibilang adalah otak dari mesin injeksi. Komponen ini berfungsi mengatur beberapa fungsi pada mesin injeksi secara otomatis. Seperti waktu pengapian mobil injeksi dan campuran bahan bakar.

Sensor

Fungsi sensor pada mobil injeksi adalah untuk memberikan input kepada ECU, agar ECU dapat menyesuaikan pengaturannya berdasarkan kondisi yang diterima dari sensor. Dalam sebuah mesin injeksi, terdapat banyak sensor di dalamnya.

Wiring harness

Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan input dari sensor ke ECU.

Kelebihan dan kekurangan sistem injeksi mobil

Disini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan sistem injeksi pada mobil, yang juga menjadi perbedaan mobil injeksi dan karburator.

KelebihanKekurangan
Lebih ramah lingkunganSangat bergantung pada aki mobil
Bahan bakar lebih iritMesin kurang responsif
Mesin lebih bertenagaPerlu pengetahuan dan peralatan modern
Perawatan lebih mudahTidak bisa menggunakan sembarang bahan bakar

 

Kekurangan dari sistem ini menjadi kelebihan dari mobil yang menggunakan sistem karburator.

Selain itu, perbedaan mobil injeksi dan karburator juga dapat dilihat pada sistem kerja keduanya. Sistem injeksi pada mobil menggunakan alat elektronik berupa injektor, sedangkan karburator masih mengandalkan gerakan hisap piston.

Mobil-mobil keluaran terbaru, banyak yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Sangat jarang menemui mobil keluaran terbaru yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator. 

Tips merawat injeksi mobil

Karena perannya yang cukup penting dalam sebuah mobil, maka komponen ini juga perlu dilakukan perawatan agar tidak mengalami kerusakan. Simak tips perawatan ini agar mobil kamu terhindar dari kerusakan.

Jaga kebersihan komponen-komponen pada injeksi mobil

Beberapa komponen dalam sistem injeksi mobil perlu dibersihkan secara berkala. Jika beberapa komponen ini kotor, maka dapat menghambat kinerja dari setiap komponen tersebut.

Beberapa komponen yang perlu dibersihkan secara berkala adalah, Throttle Body, sensor, dan filter bensin dan udara.

Merawat nozzle injector

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah dapat menyumbat lubang nosel dengan kotoran yang dibawa bahan bakar kualitas rendah tersebut. Hal ini dapat mengganggu fungsi dari nosel injector.

Maka dari itu, kamu harus merawat kondisi nosel injector, dengan menyemprotkan cairan pembersih ke dalam tangki bensin. 

Campuran antara bensin dan cairan pembersih ini nantinya dapat mengikis kotoran yang menyumbat nosel injector.

Mengukur karbon monoksida

Pengukuran karbon monoksida (CO) cukup penting. Kamu bisa mengukurnya menggunakan engine analyzer. Pengukuran ini berfungsi untuk mengetahui proses pembakaran pada mesin. 

Idealnya, proses pembakaran yang baik akan berada di bawah 1%. Jika hasil yang Kamu dapat lebih dari 1%, maka Kamu perlu menyetel ulang sistem pasokan bensin, pengapian, dan udara mobil Kamu.

Cek berkala kondisi aki mobil

Sistem injeksi mobil sangat bergantung pada aki sehingga dapat ikut bermasalah akibat pasokan listrik yang tidak maksimal.

Tips dari Lifepal! Salah satu perbedaan mobil injeksi dan karburator yang paling terlihat adalah, mobil injeksi jauh lebih hemat bahan bakar daripada mobil karburator. 

Maka dari itu, bagi Kamu yang ingin memiliki mobil yang hemat bbm, sebaiknya Kamu memilih mobil tipe injeksi!

Simak pula ulasan mengenai cara kerja karburator mobil Toyota di artikel Lifepal lainnya!

Sementara untuk pengecekan dan perawatan berkala kamu bisa memanfaatkan keuntungan dari asuransi mobil yang memiliki bengkel rekanan dengan reputasi baik dan bisa diandalkan.

Lifepal memiliki berbagai pilihan asuransi mobil terbaik agar kamu bisa mendapatkan benefit yang maksimal dengan premi terjangkau. Ditambah lagi, Lifepal telah bekerjasama dengan lebih dari 4000 rekanan bengkel mobil se-Indonesia. 

Ikuti kuis asuransi mobil di bawah ini untuk menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Cek premi, pilih yang cocok dan sesuai kebutuhanmu dengan bantuan fitur-fitur mudah atau tim dari Lifepal. 

Pertanyaan seputar injeksi mobil

Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Kamu bisa cek, dapatkan, dan bandingkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal.

Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.

Artikel Terkait Lainnya
Artikel terkait tidak ditemukan