Jenis Jenis Dongkrak Mobil – Fungsi, Cara Kerja, dan Harganya

jenis jenis dongkrak

Dongkrak mobil biasa digunakan untuk ganti ban atau mengecek komponen mobil bagian bawah. Ternyata, ada jenis jenis dongkrak mobil yang masing-masing memiliki kegunaannya tersendiri, loh

Cek apa saja macam macam dongkrak mobil, cara kerja, fungsi dongkrak mobil, serta jenis jenis dongkrak apa yang harus ada di mobil atau garasi kamu. 

Apa itu dongkrak mobil?

Dongkrak mobil adalah alat otomotif dengan satu fungsi yaitu untuk mengangkat mobil. Seseorang membutuhkan dongkrak mobil untuk mengecek bagian bawah mobil atau memudahkan dalam proses mengganti ban mobil

Cara kerja dongkrak mobil dengan mekanisme pengungkit, jadi kamu hanya memerlukan tenaga lebih kecil untuk mengangkat benda yang berat. Alat bantu ini tentu dapat mempermudah proses pengecekan atau perbaikan mobil. 

Jenis Jenis dongkrak mobil berdasarkan sistem gaya

Ada macam macam dongkrak dengan fungsi yang sama untuk mengangkat benda berat, namun memiliki spesifikasi dan cara kerja berbeda. Berdasarkan dari sistem gaya dongkrak, ada dua tipe dongkrak yaitu: 

1. Dongkrak mekanik 

Dongkrak mekanik bekerja menggunakan gaya yang berpusat pada roda gigi. Gaya pada roda gigi akan diteruskan dan diperbesar ke bagian batang dongkrak untuk kemudian mempermudah dalam mengangkat benda berat. 

2. Dongkrak hidrolik 

Dongkrak mobil hidrolik adalah alat bantu untuk mengangkat benda berat yang bekerja dengan sistem hidrolis. Ini berpusat pada gaya yang diteruskan dengan perantara zat cair di bagian dalam dongkrak, kamu cukup memompanya dengan tuas untuk mengangkat mobil.  

Jenis dongkrak hidrolis biasanya digunakan untuk tipe mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dan MPV (Multi Purpose Vehicle) bahkan jadi alat bantu otomotif bawaan yang kamu dapat dari dealer saat membelinya. 

Fungsi dan macam macam dongkrak mobil terbaik 

Selain itu, ada daftar jenis jenis dongkrak lainnya untuk kebutuhan dan situasi berbeda, di antaranya: 

1. Dongkrak gunting (scissor jack)

Dongkrak gunting menggunakan mekanisme pengungkit sekrup yang menghubungkan antara dua sisi dongkrak mobil yang bentuknya menyerupai lengan gunting. Fungsi dongkrak gunting untuk mengangkat mobil. 

Cara pakainya dengan membuka/mengencangkan atau menutup/mengendorkan sambungan sekrup untuk menaikan dan menurunkan benda berat di atasnya. Kamu butuh sedikit tenaga lebih besar untuk memutar poros sekrup, namun ini cukup mudah digunakan. 

Bentuknya dongkrak gunting kecil, portable atau mudah dibawa-bawa, bisa dipasang di ruang kecil. Harga dongkrak gunting cukup murah yakni mulai dari Rp100 ribuan saja. Ini adalah jenis dongkrak tradisional yang perlu dimiliki oleh pengguna kendaraan roda empat. 

2. Dongkrak buaya (trolley jack/floor jack)

Fungsi dongkrak buaya untuk memudahkan kamu saat mengangkat mobil. Dongkrak buaya bekerja dengan sistem hidrolis untuk menggerakan lengan angkat dalam proses mengangkat beban.

Cara menggunakan dongkrak buaya:

  • Posisi dongkrak mobil yang benar, di bawah mobil pada permukaan yang rata. 
  • Putar pengunci hidrolik menggunakan ujung tangkai dongkrak ke arah kanan untuk mengunci hidrolik. 
  • Pindahkan tangkai dongkrak ke tuas pemompa hidrolik. 
  • Pompa terus untuk mengangkat mobil.
  • Putar pengunci hidrolik ke arah kiri untuk menurunkan hidrolik. 
  • Dongkrak buaya memiliki roda sehingga mudah dipindahkan, mudah digunakan tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga, dan lebih aman. 

    Tersedia dalam kapasitas 1,5 ton, 2 ton, 2.5 ton, 3 ton, hingga  20 ton. Berikut tabel harga untuk dongkrak buaya. 

    Kapasitas dongkrak buayaHarga
    Harga dongkrak buaya 2 tonRp300 ribu hingga Rp500 ribu
    Harga dongkrak buaya 3 tonRp1,5 juta hingga Rp2 juta
    Harga dongkrak buaya 5 tonmulai dari Rp1,5 juta

    3. Dongkrak botol (hydraulic bottle jack)

    Bentuknya seperti botol dan mudah digunakan. Cara kerja dongkrak botol dengan sistem hidrolis. 

    kamu hanya perlu menaik-turunkan tuas (gerakan memompa) untuk mengangkat mobil. Pastikan juga kamu sudah mengencangkan katup kecil di sebelah tuas agar sistem hidrolis berjalan. 

    Dongkrak botol mobil tersedia mulai dari kapasitas 2-12 ton yang ideal untuk mobil besar (berat 20 ton ke atas). Harga dongkrak botol kapasitas 2 ton mulai dari Rp100 ribu. Berikut tabel harga dongkrak botol. 

    Kapasitas dongkrak botolHarga
    Harga dongkrak botol 2 tonmulai dari Rp100 ribu
    Harga dongkrak botol 5 tonmulai dari Rp150 ribu
    harga dongkrak botol 10 tonmulai dari Rp250 ribu
    Harga dongkrak botol 20 tonmulai dari Rp350 ribu

    4. Dongkrak transmisi 

    Ini adalah jenis dongkrak untuk memasang, melepas, mengangkat, atau memindahkan transmisi pada berbagai jenis kendaraan. Memiliki kapasitas mulai dari 0,2-1,8 ton, umumnya terbuat dari bahan baja berat.

    Harga dongkrak transmisi cukup mahal (mulai dari 900 ribuan hingga jutaan rupiah), biasanya digunakan di bengkel resmi atau garasi profesional. 

    5. Dongkrak kereta (high lift jack

    Bentuknya seperti rel kereta, jadi disebut dongkrak kereta. Ini adalah dongkrak yang dipakai untuk mengangkat mobil yang butuh daya angkat tinggi.

    Biasanya dipakai untuk mengangkat mobil-mobil offroad (perjalanan di jalan berlumpur, tanah, pasir, bebatuan, sungai, atau kondisi alam yang ekstrim) dan jenis trailer (truk). 

    Kamu harus hati-hati menggunakannya karena footplate-nya cukup kecil dan goyah. Biasanya, dongkrak ini hanya digunakan di bengkel mobil oleh bantuan profesional. 

    Jenis jenis dongkrak ini bisa mengangkat beban berat hingga kapasitas 20 ton. Harga dongkrak kereta mulai dari 850 ribuan rupiah. 

    6. Kombinasi dongkrak botol dan buaya 

    Gabungan dari dongkrak botol dan buaya untuk mengangkat mobil dengan kapasitas lebih besar. Dongkrak botol memiliki daya angkat kuat namun tidak bisa digeser-geser, sementara dongkrak buaya mudah digeser atau dipindahkan namun daya angkatnya tidak terlalu kuat. 

    Jadi, dongkrak botol buaya adalah solusi jenis dongkrak dengan daya angkat kuat dan penggunaannya juga mudah.  Harga paling murah dimulai dari 250 ribuan hingga jutaan rupiah. 

    Itulah jenis jenis dongkrak yang berfungsi untuk memudahkan mengangkat mobil. Kesimpulannya, dongkrak gunting dan dongkrak kereta adalah tipe dongkrak mekanik. Sementara dongkrak botol dan dongkrak buaya adalah tipe dongkrak hidrolik. 

    Jenis dongkrak apa yang harus kamu punya?

    Para pemilik mobil atau pecinta otomotif disarankan memiliki dongkrak sendiri untuk memudahkan bila harus mengangkat mobil untuk ganti ban atau mengecek komponen mobil dari bagian bawah. 

    Ini saran pilihan dongkrak mana yang harus kamu miliki:

  • Dongkrak Gunting. Bila memiliki mobil kecil. Dapat membantu mengangkat mobil dengan berat kurang dari 2 ton.
  • Dongkrak Buaya. Cocok digunakan pada mobil sport, mobil mewah, atau mobil besar.
  • Dongkrak Botol. Harus ada di garasi pecinta mobil. Mudah digunakan dan tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar. 
  • Dongkrak Kereta. Bila tidak suka off-reading, tidak perlu punya jenis dongkrak ini di garasi kamu. Bila punya mobil off-reading, pertimbangkan untuk membelinya.
  • Dongkrak Botol Buaya. Mudah digunakan dan memiliki daya angkat maksimal. Bisa digunakan untuk banyak jenis mobil. 
  • Tips dari Lifepal! Beberapa orang juga lebih memilih dongkrak buaya dan dongkrak gunting untuk penggunaan setiap saat karena mudah digunakan dan berfungsi baik. 

    Namun, pertimbangkan juga untuk membeli posisi dongkrak mobil yang benar dongkrak mobil tipe hidrolik karena cara kerjanya lebih cepat dan kamu tidak perlu butuh tenaga besar untuk menggunakannya. 

    Simak pula ulasan mengenai harga dongkrak mobil di artikel Lifepal lainnya!

    Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

    Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

    Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

    Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis dari Lifepal berikut ini. Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

    Pertanyaan seputar jenis jenis dongkrak mobil

    Harga dongkrak mobil berbeda tergantung jenis dongkrak mobilnya. Untuk harga dongkrak mobil gunting berkisar Rp100 ribuan, sementara untuk harga dongkrak kereta harganya mencapai Rp850 ribuan. Dongkrak kereta biasanya dipakai untuk mengangkat mobil yang butuh daya angkat tinggi.
    Asuransi all risk adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi atas kerusakan fisik mobil pada skala ringan hingga berat. Utamanya, produk asuransi ini sangat berguna untuk memproteksi mobil baru.

    Meski begitu, bagi kamu pemilik mobil lama atau mobil bekas dapat memanfaatkannya juga jika butuh perlindungan secara menyeluruh atau komprehensif. 

    Melalui manfaat tambahan, nasabah asuransi all risk juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi unit baru andai mengalami musibah kehilangan mobil akibat tindakan sabotase atau pencurian.

    Terdapat berbagai perusahaan asuransi mobil all risk terbaik di Indonesia yang menawarkan produk dan polis yang bermacam macam. Meski begitu, biaya atau premi tahunan asuransi mobil sudah ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah domisili nasabah sesuai ketentuan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

    Jika kamu tertarik untuk menjadi nasabah asuransi mobil all risk tapi masih ragu mengenai polis mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan anggaran, kamu bisa temukan referensi kepada berbagai perusahaan asuransi mobil terbaik sekaligus berkonsultasi secara gratis di Lifepal.

    Artikel Terkait Lainnya
    Artikel terkait tidak ditemukan