Jual Mobil Bekas Perlu Perhatikan Poin-Poin Penting Ini

Jual Beli Mobil

Jual mobil bekas di Indonesia kini bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya dengan memanfaatkan situs jual beli online mobil bekas yang tepercaya. Anda tidak perlu repot lagi menjual mobil dengan cara yang konvensional.

Sebelum munculnya platform jual beli mobil bekas secara online, ada beberapa cara untuk menjual mobil bekas secara konvensional, seperti memasang stiker di kaca mobil, memasang iklan baris di koran, hingga menitipkan mobil yang akan dijual di bengkel langganan.

Jual Mobil Bekas

Cara-cara seperti itu dianggap sudah tidak efektif lagi saat ini. Beberapa kanal yang kini dianggap lebih efektif menjual mobil bekas adalah dengan memanfaatkan situs jual beli mobil bekas dan komunitas di media sosial.

Dengan memanfaatkan koneksi internet inilah Anda bisa jual mobil bekas dengan biaya promosi yang lebih murah tapi efektif, karena iklan Anda bisa dilihat oleh banyak orang langsung dari handphone mereka masing-masing.

Untuk menghitung harga jual mobil bekas pun kini sangat mudah. Anda bisa melakukan survei harga secara online.

Harga Jual Mobil Bekas

Harga Rata-Rata Penyewaan Mobil

Di samping itu, inilah beberapa faktor yang memengaruhi harga jual mobil bekas, yaitu:

  • Jenis mobil
  • Merek mobil
  • Harga dan ketersediaan suku cadang atau sparepart
  • Tinggi rendahnya kilometer
  • Warna mobil
  • Kondisi mesin
  • Kondisi interior dan eksterior mobil
  • Modifikasi

Jenis mobil

Jenis mobil yang paling banyak dicari oleh masyarakat adalah jenis mobil keluarga yang bisa memuat banyak penumpang. Harga jual kembalinya juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis mobil yang lainnya. Jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) atau kendaraan multi guna biasanya bisa menampung hingga 7 orang penumpang.

Merek mobil

Brand mobil juga sangat memengaruhi harga jual. Hal ini didukung dengan layanan purna jual yang baik, serta merata di seluruh Indonesia. Beberapa merek mobil paling laku di Indonesia tahun 2019 saat ini seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Daihatsu Sigra, Toyota Rush, Toyota Kijang Innova, dan lain sebagainya.

Harga dan ketersediaan suku cadang

Salah satu pertimbangan dalam membeli mobil adalah ketersediaan sparepart atau suku cadang, beserta harganya juga. Hal ini sangat berkaitan erat dengan layanan purna jual. Semakin baik layanannya, semakin murah harga sparepart-nya, akan membuat nilai jual mobil menjadi tinggi.

Tinggi atau rendahnya kilometer

Salah satu indikator mobil yang kondisinya masih baik adalah mobil yang jarang digunakan. Hal tersebut bisa dilihat dari kilometer mobilnya. Tak jarang demi mendapatkan untung tinggi, ada beberapa penjual nakal yang mengakali kilometer sehingga seperti tampak mobil yang jarang digunakan.

Warna mobil

Warna mobil memang sangat berpengaruh terhadap selera pemilik. Tetapi, warna mobil juga amat berpengaruh terhadap harga jual. Beberapa warna mobil yang paling diminati dan laris adalah warna abu-abu atau silver. Karena warna ini lebih relatif mudah perawatannya sehingga tidak membutuhkan penanganan ekstra.  

Kualitas dan kondisi mesin

Salah satu hal yang paling penting saat menjual mobil adalah memastikan kondisi mesin prima. Pembeli yang sudah paham mesin akan mengetahui dengan mudah kondisi mesin. Bagi yang awam, biasanya akan mengajak orang yang sudah berpengalaman dan mengerti soal kondisi mesin.

Kondisi interior dan eksterior

Pandangan pertama memang menjadi kunci untuk memikat pembeli. Oleh karena itu, kondisi eksterior yang baik tanpa gores, penyok atau dempul akan membuat harga jual mobil makin tinggi. Begitu juga dengan kondisi interior mobil. Semakin rapi kondisi interior, semakin tinggi pula daya tawarnya.

Masih standar atau sudah dimodifikasi

Sebisa mungkin, Anda mempertahankan kondisi mobil sesuai dengan kondisi pabrik. Perubahan atau modifikasi pada mobil belum tentu disukai oleh pengguna lain. Oleh karena itu, kembalikan kondisi mobil ke kondisi semula agar calon pembeli tertarik. Mobil yang sudah dimodifikasi justru akan membuat harganya menjadi jatuh atau lebih rendah daripada kondisi mobil yang masih orisinil.

Tips Jual Mobil Bekas

Tips Jual Mobil Bekas

Agar mobil bisa terjual dengan mudah, ada beberapa tips yang bisa Anda simak berikut ini:

  1. Pastikan kondisi mobil terawat baik mesin, interior, maupun eksterior.
  2. Siapkan kelengkapan dokumen seperti faktur pembelian, BPKB, dan STNK kendaraan.
  3. Pastikan sudah membayar pajak kendaraan.
  4. Transparan dengan kondisi mobil yang sesungguhnya.
  5. Tetapkan harga wajar sesuai dengan kondisi mobil bekas.
  6. Promosikan melalui media sosial atau platform jual beli mobil bekas online.
  7. Dampingi pembeli saat melakukan test drive.
  8. Ceritakan riwayat perawatan.
  9. Bawa saksi saat melakukan transaksi jual beli untuk menghindari penipuan.
  10. Disarankan untuk membayar dengan metode transfer agar lebih aman dari uang palsu.

Itulah informasi seputar jual mobil bekas di Indonesia. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk menarik minat pembeli. Pada umumnya, pembeli tidak akan banyak pertimbangan jika kondisi mobil bekas masih baik. Menjual mobil bekas akan semakin mudah jika aspek-aspek tersebut bisa mendapatkan perhatian lebih dari Anda.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →