Penyebab Kaki Kaki Mobil Bunyi Kletek dan Cara Mengatasinya

kaki kaki mobil bunyi

Mungkin kamu penasaran, apa sih penyebab kaki kaki mobil bunyi kletek kletek atau kaki kaki mobil berbunyi gluduk. 

Sekalipun bunyi kaki kaki mobil tidak terlalu keras, namun, tetap saja harus diperiksa untuk mengetahui penyebabnya. Dikhawatirkan hal ini berhubungan dengan komponen mobil yang lain dan berbahaya.

Biasanya kaki-kaki mobil bunyi krek atau gluduk gluduk bersumber dari bagian depan mobil ataupun bagian belakang. Kaki kaki mobil mengeluarkan bunyi saat melintasi jalan rusak atau medan jalan yang bergelombang.

Penyebab kaki kaki mobil berbunyi gluduk gluduk bisa jadi karena adanya gangguan pada mesin mobil. Misalnya saja gangguan pada ball joint, shockbreaker, wheel bearing dan masih banyak lagi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan lengkap tentang penyebab kaki kaki mobil berbunyi gluduk gluduk, cara mengatasinya, dan estimasi biaya perbaikan.

Penyebab kaki kaki mobil bunyi klethek

Kaki kaki mobil yang bunyi biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini rangkumannya untuk kamu.

1. Ball joint

Penyebab pertama kaki kaki depan mobil bunyi gluduk gluduk adalah adanya gangguan pada sistem ball joint. 

Ball joint merupakan salah satu komponen mobil yang paling sering menjadi penyebab mobil mengeluarkan bunyi kletek kletek.

Ball joint pada lower arm ini berfungsi sebagai engsel untuk roda saat akan bermanuver atau berbelok dan sering kali menjadi penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil

Bila saat berbelok atau bermanuver kamu mendengar suara yang tidak enak didengar yang berasal dari kaki kaki mobil maka sebaiknya berjalan lurus saja dan melewati medan jalan yang rata.

2. Karet bushing arm

Karet bushing arm merupakan komponen yang memiliki peran untuk menahan getaran ban mobil dan mesin mobil. 

Biasanya di setiap mobil dilengkapi juga dengan bushing arm sebagai delapan buah dengan pembagian empat bushing arm di bagian depan dan sisanya di bagian belakang. Berbentuk seperti botol yang terbuat dari pipa besi yang dilapisi karet di bagian dalam.

Menipisnya karet lapisan pada bushing arm ini rupanya bisa menjadi penyebab kaki kaki depan atau belakang mobil berbunyi gluduk gluduk. 

Bila tak segera diatasi maka akan merembet dan merusak bushing arm sehingga lapisan karetnya akan benar-benar habis.

Solusi terjitunya adalah dengan segera mengganti karet bushing arm dengan yang baru.

3. Shockbreaker

Penyebab kaki kaki mobil bunyi saat melintasi jalan rusak selanjutnya adalah adanya kerusakan pada shockbreaker

Kamu bisa melakukan pengecekan pada shock breaker dengan cara quick check atau merasakan ayunan shockbreaker.

Coba untuk melintasi medan jalan yang sedikit bergelombang dan tidak rata lalu rasakan ayunan shock breaker. 

Jika kamu merasa naik-turun saat melintasi medan yang tidak rata tersebut maka sudah dipastikan bahwa sumber masalah terletak pada shockbreaker yang rusak.

Masalah ini menjadi salah satu masalah paling umum pada kaki-kaki mobil, termasuk juga masalah kaki-kaki Pajero Sport yang disebabkan oleh kerusakan shockbreaker.

4. Shock absorber

Berbeda dengan shockbreaker, shock absorber berperan sebagai peredam saat mobil sedang melintas di jalan raya. Jika ada kerusakan pada shock absorber maka hal pertama yang akan terjadi adalah kaki-kaki mobil mengeluarkan bunyi krek.

Salah satu komponen pada mobil yang berbentuk seperti tabung ini diletakkan di dalam pegas spiral roda depan sedangkan di bagian belakang memiliki desain yang terpisah dengan pegas.

Umumnya, gangguan pada shock absorber yang sering ditemui adalah adanya kebocoran sehingga menghilangkan sistem ketahanannya. 

Performa kerja suspensi akan berlebih dan menyebabkan kaki kaki mobil mengeluarkan bunyi kletek kletek saat melintasi jalan rusak.

Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaran. Manfaatkan asuransi mobil all risk untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan mobil secara menyeluruh di bengkel terbaik.

5. Karet support shockbreaker

Bukan hanya karet pada bushing arm saja yang bisa menipis hingga menimbulkan kaki mobil berbunyi, melainkan juga karet yang terletak tepat di atas komponen shockbreaker dan terkoneksi langsung dengan body mobil juga bisa menjadi penyebabnya.

Saat karet tersebut rusak atau haus maka tugasnya untuk meredam getaran menjadi sulit untuk terlaksana sehingga kamu akan mendengar kaki-kaki mobil berbunyi.  

Cara mengatasinya ada dengan mengganti karet support shockbreaker tersebut atau menyetel ulang baut pengikat di antara shockbreaker dan karet support tersebut.

6. Stabilizer bar dan bushing stabilizer

Stabilizer berperan dalam menjaga stabilitas dan ketinggian antara roda kanan dan kiri saat mobil bermanuver atau mendapatkan gaya suspensi pada sistem mesinnya. 

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Letaknya berada di bagian roda depan atau kiri dengan bentuk seperti batang yang dilengkapi dua buah ball joint di tiap-tiap ujungnya. 

Saat rusak, biasanya stabilizer akan mengeluarkan bunyi-bunyian yang tidak nyaman di telinga apalagi saat mobil akan berbelok.

Selain itu, bushing stabilizer yang terpasang sedikit longgar juga bisa menjadi penyebab kaki kaki mobil mengeluarkan bunyi gluduk gluduk. 

Bushing stabilizer yang menahan getaran yang berasal dari link stabilizer ini agar tidak merambat ke chasis mobil ini dalam keadaan terpasang longgar, atau tipis atau bahkan rusak karena usia pemakaian.

Bushing stabilizer menahannya dengan isolator berbahan karet karenanya tak heran bila karet tersebut bisa saja haus hingga longgar. 

Selain itu, pemasangan bushing yang longgar ini juga bisa disebabkan karena baut pengikat yang terpasang kurang kencang.

7. Tie rod

Tie rod adalah salah satu komponen mobil yang bertugas untuk meneruskan pergerakkan dari setir menuju ban mobil. Tie rod juga berperan sebagai pengikat roda dan penerus gaya saat mobil bermanuver.

Saat tie rod mengalami gangguan sistem kerja makan kamu akan merasa setir mobil terasa kosong dan ruang gerak setir jadi sulit untuk dikendalikan. 

Terakhir, bila kaki kaki mobil terdengar bunyi kletek kletek maka tak heran karena adanya gangguan pada tie rod.

8. Long tie rod

Penyebab kaki kaki mobil bunyi gluduk gluduk selanjutnya adalah kerusakan pada long tie rod. Bila ball joint, rack end dan tie rod mengalami gangguan atau salah satunya mengalami gangguan sistem kerja maka bukan tidak mungkin komponen tersebut akan cepat haus hingga longgar.

Longgarnya long tie rod ini juga bisa menyebabkan setir mobil terasa berat. Hal demikian bisa terjadi lantaran pengemudi kurang bisa berkendara saat melintasi jalan yang tidak rata atau bergelombang. 

Misalnya saja bila kamu tetap memaksakan kecepatan tinggi saat melintasi medan jalan yang bergelombang, maka long tie rod akan menerima beban begitu berat hingga saling bertabrakan dan haus.

9. Wheel bearing

Penyebab terakhir kaki kaki mobil mengeluarkan bunyi gluduk gluduk adalah wheel bearing, khususnya sebagai penyebab kaki kaki depan mobil berbunyi gluduk gluduk. 

Bunyi gluduk gluduk tersebut terdengar seperti suara logam. Cara mengatasinya adalah dengan mendongkrak mobil sampai roda mobil menggantung. 

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

Lalu putar roda mobil sekencang mungkin untuk mengetahui apakah benar ada kerusakan di bagian wheel bearing. 

Kamu bisa mendengarkan dengan saksama apakah ada suara gemuruh yang terdengar. Apabila terdengar suara gemuruh, maka kamu harus segera menggantinya dengan yang baru.

10. Boot axle

Penyebab kaki kaki depan mobil berbunyi gluduk gluduk lainnya adalah karena boot axle yang terbuat dari karet rentan untuk mengalami kehausan sehingga menipis. 

Tugas boot axle sebagai penutup joint di bagian axle shaft dan menjaga agar pelumas tidak bocor.

Karena salah satu sisinya terbuat dari karet maka tak heran bila boot axle rentan terhadap sobek atau kering. Oleh karena itu, rutin untuk memperhatikan performa boot axle disarankan.

Estimasi biaya perbaikan kaki mobil yang bunyi

Dikutip dari moladin.com, estimasi biaya perbaikan kaki mobil di bengkel cukup terjangkau. Misalnya saja di salah satu bengkel di daerah Joglo, Jakarta Barat. 

Mereka mematok biaya servis shockbreaker rekondisi mulai dari Rp275 ribu sampai dengan Rp500 ribu per pasang.

Akan tetapi, bila mobil kamu menggunakan sistem suspensi hidrolik maka biaya minimal yang dibutuhkan mulai dari Rp2 jutaan untuk setiap shock breaker. 

Misalnya saja pada Toyota Harrier dibutuhkan Rp1,5 jutaan sampai Rp2 jutaan.

Penting memiliki asuransi mobil 

Ada banyak penyebab kaki kaki mobil mengeluarkan bunyi gluduk gluduk sehingga sulit untuk benar-benar memastikan mana komponen mobil yang harus diperbaiki. 

Agar beban finansial kamu tidak terlalu berat untuk memperbaiki kaki kaki mobil yang bermasalah, sebaiknya kamu punya asuransi mobil.

Asuransi mobil akan menanggung biaya perbaikan mobil kamu, dari kerusakan ringan hingga kerusakan yang berat.

Beli asuransi mobil di Lifepal dan dapatkan diskon hingga 25%! Cek biaya premi asuransi mobil kamu di sini.

Tips dari Lifepal! Kaki kaki mobil adalah komponen yang penting. Jika bermasalah atau menimbulkan bunyi, sebaiknya segera perbaiki kaki kaki mobil ke bengkel terdekat, ya.

Simak pula ulasan mengenai ganti per mobil tinggi sebelah, dan juga cara cek bearing roda belakang mobil di artikel Lifepal lainnya!

Agar biayanya tidak membebani finansial kamu, pilih produk asuransi mobil yang tepat yang bisa mengcover biaya-biaya tersebut.

FAQ seputar kaki kaki mobil bunyi

Apa saja penyebab kaki kaki mobil mengeluarkan bunyi kletek kletek?

Ball joint, karet bushing arm, shock breaker, shock absorber, tie rod, hingga long tie rod.

Cara mengatasinya ada dengan mengganti karet support shockbreake tersebut atau menyetel ulang baut pengikat di antara shockbreaker dan karet support tersebut.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki kaki kaki mobil?

Mulai dari Rp200 ribu hingga jutaan rupiah. Agar biayanya tidak membebani finansial kamu, pilih produk asuransi mobil yang tepat yang bisa mengcover biaya-biaya tersebut.

Ball joint, karet bushing arm, shock breaker, shock absorber, tie rod, hingga long tie rod.

Cara mengatasinya ada dengan mengganti karet support shockbreake tersebut atau menyetel ulang baut pengikat di antara shockbreaker dan karet support tersebut.

Mulai dari Rp200 ribu hingga jutaan rupiah. Agar biayanya tidak membebani finansial kamu, pilih produk asuransi mobil yang tepat yang bisa mengcover biaya-biaya tersebut.