Tanda Kampas Rem Kendaraan Perlu Diganti, Jenis, Fungsi, dll

kampas rem

Kampas rem merupakan komponen vital dalam sebuah mobil. Kampas rem berguna untuk membantu mobil saat melakukan pengereman. Tugas kampas rem mobil juga dibedakan lagi atas dua jenis rem.

Pertama, pada sistem rem tromol mobil, kampas rem berada di sepatu rem. Bentuk kampas remnya mirip seperti lingkaran yang memiliki dua buah sepatu berbentuk setengah lingkaran.

Pada rem tromol, ketika pedal rem diinjak maka kampas menekan keluar sehingga kampas pun terbuka lebar, lalu bergesekan dengan mangkuk rumah tromol. Gesekan inilah yang membantu mobil berhenti.

Sedangkan yang kedua adalah sistem rem cakram. Pada sistem ini, kampas menekan piringan cakram guna memberikan gaya gesek. Gesekan itulah yang membuat mobil berhenti melaju.

Ciri Kampas Rem Bermasalah

Perannya yang vital bagi mobil membuat kampas rem harus selalu diganti secara berkala. Jika kalian sering menggunakan mobil di jalur ekstrem maka harus lebih sering mengecek kondisi kampas.

Begitupun dengan mobil yang hanya dipakai di jalan raya, tetap juga harus diketahui kondisi kampasnya. Karena di jalan raya akan banyak sekali mobil melintas, akan sangat berbahaya jika mobil melaju dengan rem yang bermasalah.

Untuk lebih memahami kondisi kampas rem, berikut ciri-ciri kampas yang bermasalah.

1. Rem bergetar

Tanda paling bisa dirasa saat kampas rem telah habis adalah munculnya getaran saat pengereman. Getaran ini juga bisa terjadi saat mobil melaju kencang.

Getaran tersebut terjadi karena kampas sudah sangat tipis atau bahkan sudah habis sehingga ketika menginjak rem, cakram tidak memiliki permukaan yang rata.

Jika getaran sudah sampai dirasakan di setir mobil, itu berarti kampas rem sudah habis dan harus segera diganti segera.

2. Bunyi saat pengereman

Selain munculnya getaran, ciri kampas habis yang lainnya adalah terdengarnya suara rem mobil bunyi berdecit saat menginjak rem.

Ini karena adanya gesekan besi dengan besi saat pengereman. Jika suaranya semakin nyaring maka segeralah ganti kampas rem mobil kalian.

3. Injak pedal sangat dalam

Terakhir yang menjadi ciri khas kampas rem sudah habis adalah ketika menginjak rem pedal harus ditekan sampai bawah sekali atau bisa dikatakan rem sudah tidak pakem. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan kalian.

Biasanya setengah injakan pedal saja sudah berhenti total, ini harus menekan lebih dalam. Hal seperti ini tentunya tidak bisa diandalkan lagi, kalian harus segera mengganti kampas agar berkendara bisa lebih aman dan nyaman.

Fungsi Kampas Rem

Selain disebutkan sebelumnya, kampas rem juga memiliki fungsi lainnya yang membantu mobil saat berhenti.

Untuk itulah kampas selalu berada di dekat roda. Meskipun letaknya tersembunyi dan dekat kaki-kaki, kampas memiliki fungsi yang vital untuk mobil.

1. Pengereman lebih mudah

Jelas bahwa kampas rem mobil berfungsi untuk mempermudah sistem pengereman. Terlebih jika terjadi pengereman secara mendadak.

Kampas rem mobil akan menekan disc brake dan membuat ban mobil melambatkan lajunya secara berangsur. Hal ini tergantung tingkat tekanan pada pedal rem, jika ditekan perlahan maka akan melambat perlahan.

Namun jika ditekan penuh maka mobil ban mobil akan berhenti seketika. Gesekan inilah yang membuat kampas sering sekali menipis dan harus diganti demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

2. Mempermudah pengaturan laju

Kampas rem mobil juga berfungsi untuk mengatur laju ban. Saat melaju dengan cepat, lapisan amplas pada kampas berguna untuk mengatur laju kecepatan perputaran roda.

Terlebih jika mobil ingin melakukan manuver, baik untuk berbelok atau berhenti pastinya melibatkan pengereman juga dan kampas bekerja.

Dengan adanya kampas ini, laju roda bisa diatur, sehingga mobil dapat dikendalikan secara penuh dan tidak menimbulkan masalah berarti.

3. Membantu di medan sulit

Di jalur yang sulit dilibas oleh mobil, kampas rem juga bisa membantu melewatinya. Baik jalanan menanjak atau turunan tajam, pasti mengandalkan pedal rem untuk menahan laju.

Maka di saat itulah kampas rem mengambil peran dengan menahan laju mobil ketika turunan terjal atau ketika tengah di jalanan yang banyak sekali kendaraanya. Pengereman ini membantu kalian agar tidak kebablasan.

Kampas rem berperan sangat penting sehingga kondisinya harus dipastikan prima sebelum diajak jalan. Sehingga perjalanan kalian bisa tetap nyaman dan aman.

Jenis-Jenis Kampas Rem

Ternyata ada berbagai jenis kampas rem yang berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Semi-metallic

Jenis yang pertama adalah kampas semi-metalik. Jenis ini merupakan kampas dengan bahan yang bagus, awet serta memiliki daya tahan panas yang baik.

Hal ini karena kampas semi metalik terbuat dari bahan dasar sintesis organik yang dicampur dengan olahan campuran metal.

Sayangnya, kampas semi metalik ini sangat boros dan cepat sekali aus sehingga akan sering menggantinya dengan yang baru.

2. Non-asbes organik

Seperti namanya, kampas rem non-asbes organik terbuat dari bahan yang tidak menggunakan asbestos. Hal ini karena asbestos disinyalir menjadi penyebab kanker paru-paru bagi pengemudi.

Sebagai gantinya, material kampas ini menggunakan kombinasi karet, kaca, karbon, resin, dan lain-lain. Jenis ini memiliki keunggulan yaitu saat mengerem kalian tidak akan mendengar bunyi decit yang mengganggu.

Namun, kampas jenis ini juga dinilai boros. Kampasnya cepat habis sehingga kalian harus sering-sering melakukan pengecekan rutin.

3. Non-asbes organik bermetal rendah

Sama seperti kampas sebelumnya, jenis non-asbes organik bermetal rendah  juga meniadakan material asbestos. Namun jauh lebih baik dari kampas bermaterial metal tinggi.

Sayangnya, kampas non-asbes bermetal rendah ini memiliki kekurangan yaitu masih berisik. Setiap kali melakukan pengereman selalu keluar bunyi decit yang mengganggu.

4. Keramik

Mungkin ini jenis kampas terbaik yang pernah ada. Kampas ini terbuat dari material keramik sehingga tidak meninggalkan ampas residu. Dan juga tidak menimbulkan suara mengganggu serta tidak merusak rotor mobil.

Dengan kualitas dan kenyamanan yang dibawanya, kelemahan kampas keramik adalah harganya yang lebih mahal dari kampas rem lainnya.

Mengapa Kampas Depan Lebih Dulu Tipis?

Mengapa kampas rem depan lebih dulu tipis ketimbang kampas belakang? Hal ini biasanya terjadi karena kampas rem mobil terletak di rem cakram dan untuk mobil penumpang biasanya rem cakram berada di roda depan, sedangkan dan tromol di belakang.

Sehingga kampas cakram rem depan lebih banyak bekerja ketimbang rem belakang. Namun, ada juga mobil yang menggunakan rem cakram di ban belakang.

Ditambah lagi, dalam keseharian rem belakang tidak hanya bertugas melakukan pengereman, tapi juga bertugas jadi rem parkir sedangkan rem depan hanya untuk pengereman saja.

Namun, kampas rem depan tetap lebih cepat aus dibanding kampas pengereman belakang. Hal ini karena distribusi rem depan jauh lebih besar dari rem belakang. Rem depan mendapatkan beban yang lebih besar dari rem belakang.

Oleh karena itu kampas depan lebih cepat aus dibandingkan kampas belakang.

Rekomendasi Merk Kampas Rem Mobil

Untuk memilih kampas rem mobil yang terbaik, berikut beberapa merk yang mempunyai kualitas terbaik untuk menjaga rem mobil kalian.

1. Bosch 

Kita mulai dengan kampas rem mobil di harga paling tinggi yaitu Bosch yang berharga sekitar Rp 300 ribuan. Kampas merek ini memiliki banyak jenis dan ukuran.

Makanya Bosch banyak digunakan untuk mobil SUV dan mobil berpenumpang yang dipakai komersial seperti taksi.

Bosch dinilai mampu memberikan keseimbangan ideal, dengan karakteristik utamanya adalah untuk meminimalisir gesekan dari pengereman. Bahkan dalam keadaan kecepatan tinggi, hujan deras, hingga perubahan suhu yang ekstrem.

Terbuat dari bahan non-asbestos, kampas ini bisa jadi pilihan terbaik untuk mobil kesayangan kalian.

2. Bendix 

Rekomendasi kampas rem berikutnya berasal dari Amerika Serikat, yaitu Bendix. Merk ini sudah cukup lama malang melintang di industri otomotif Tanah Air. Dijual dengan harga sekitar Rp300 ribuan, kampas ini memiliki banyak keunggulan.

Mulai dari material Bendix yang terbuat dari keramik dengan hybrid fusion technology. Lalu diklaim lebih pakem 30 persen dibanding produk serupa lainya. Serta tahan terhadap suhu panas yang tinggi sehingga umur kampas ini cukup panjang.

3. MK Kashiyama 

Berikutnya adalah produk buatan negeri Sakura, yaitu merk MK Kashiyama. Merk ini sudah terkenal dengan “Brake Technologies” lebih dari 80 tahun. Di Indonesia sendiri, MK Kashiyama sudah mendapat sertifikasi ISO 9001-2008.

Kampas MK Kashiyama dinilai tahan lama, dan tidak akan merusak cakram saat pengereman. Produk ini dijual dengan harga Rp 250 ribu di pasaran.

4. Akebono brake 

Akebono brake merupakan kampas rem mobil yang diproduksi Supplier OEM (Original Equipment Manufacturing Quality) PT Akebono Brake Astra Indonesia.

Keunggulan yang ditawarkan adalah ultra quite yang mana tidak menghasilkan suara saat mengerem. 

Kemudian ada low dusting yang tidak menghasilkan debu kampas serta smooth braking atau kestabilan saat pengereman. Harga kampas Akebono brake dibanderol mulai dari Rp240 ribuan. 

5. Birkens 

Birkens merupakan kampas rem cakram impor yang memiliki kualitas terbaik dengan material yang unggul. Kampas Birkens dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp200 ribuan.

Kampas ini meredam suara yang dikeluarkan saat pengereman sehingga tidak mengganggu kabin. Selain itu juga minim getaran saat melakukan pengereman dan juga tahan panas. 

Rem Motor

Semua kendaraan beroda tak hanya mobil, memiliki kampas rem. Bahkan yang tak bermesin pun ada, seperti kampas rem sepeda. Namun kali ini bukan membahas kampas rem sepeda namun kampas rem motor.

Kampas rem motor mungkin mengeluarkan biaya tidak semahal kampas untuk mobil. Hal ini karena jumlah kampas tersebut hanya sepasang, di roda depan dan belakang.

Dan posisi cakram pada motor biasanya selalu di depan dan hanya beberapa yang cakram depan belakang.

Terlebih pada motor-motor jenis baru yang kebanyakan adalah motor matic. Seperti kampas rem vario 125, yang dicari biasanya sepasang yaitu kampas rem depan vario 150 dan kampas rem belakang vario 150.

Begitupun motor matic besar, seperti Yamaha Nmax, ada kampas rem depan Nmax dan kampas belakang Nmax.

Meskipun hanya dua, namun untuk kampas rem motor sebaiknya jangan langsung diganti berbarengan. Hal ini karena kampas rem baru biasanya permukaannya masih data sehingga belum bisa mencengkram dan belum pakem.

Jadi apabila kampas rem depan Beat dan kampas rem belakang Beat kalian habis, gantilah yang paling tipis dahulu. Jika sudah beberapa lama baru gentian kampas rem satunya diganti.

Ciri Kampas Rem Motor Bermasalah

Kampas rem motor dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tromo dan cakram. Keduanya memiliki ciri yang berbeda ketika kampas rem sudah mulai menipis atau bahkan habis.

Kampas rem tromol

Baik motor matic seperti kampas rem motor vario 150 dan motor gigi seperti kampas motor belakang supra x 125, punya ciri berbeda. Untuk itu berikut penjelasan untuk kampas rem tromol:

1. Tarikan terasa dalam

Tanda pertama kampas tromol motor mau habis adalah, tarikan motor jadi terasa dalam. Ketika rem diinjak atau ditarik, harus sangat dalam. Itu menjadi indikasi kampas mulai menipis bahkan habis.

2. Terdengar suara gesekan

Sama seperti mobil, kampas rem motor yang sudah habis atau menipis biasanya terdengar suara gesekan besi dengan besi. Gesekan rem dengan roda tersebut terjadi langsung ketika kampas menipis. Dampaknya kedua komponen baik rem maupun roda bisa rusak.

3. Bau hangus

Sama seperti kampas kopling, jika kampas re motor habis biasanya muncul bau hangus. Hal ini terjadi ketika motor tengah melaju, sehingga perlu diperhatikan lagi kondisi kampas sebelum dikendarai.

Kampas rem cakram

Sedangkan berikut ini adalah ciri-ciri kampas rem motor jenis cakram saat bermasalah:

1. Cakram tidak mengkilap

Kampas rem yang habis pada motor cakram, biasanya terlihat dari permukaan cakram yang sudah tidak mengkilap. Jika kondisinya demikian, coba digosok cakram tersebut, jika memang permukaan setelah digosok tidak mengkilap lagi berarti kampas sudah harus diganti.

2. Cakram tidak mencekram

Pengereman jadi kurang maksimal karena jepitan rem tidak terasa maksimal. Kondisi rem cakram yang menipis dan licin membuat cengkraman menghilang. Sehingga bisa berbahaya bagi pengereman motor.

Harga Kampas Rem Motor

Berikut adalah beberapa rekomendasi harga kampas rem motor sesuai mereknya. Hal ini karena kebutuhan kampas biasanya tergantung bahan baku dan tipe motor. Berikut pilihannya:

1. Harga kampas rem motor Beat

Harga kampas rem beat bervariatif, tergantung bahan bakunya. Namun secara umum harga kampas rem depan beat kisaran Rp 35 ribu-Rp 70 ribu. Dan untuk  harga kampas rem belakang beat dijual di kisaran Rp 65 ribu.

Jika kalian tengah mencari kampas rem depan beat dan kampas belakang beat, harus menyiapkan bujet segitu untuk mengganti kampas rem.

2. Harga kampas rem motor Vario

Meskipun sama-sama pabrikan Honda, namun motor vario dinilai memiliki kampas rem cakram yang lebih kuat. Sehingga harga kampas rem depan vario 125 beda dengan kampas rem belakang beat.

Begitupun dengan harga kampas rem belakang vario 125 juga beda dengan kampas rem belakang beat.

Untuk kampas rem depan vario 125 dibanderol dengan harga Rp100 ribu-Rp130 ribu. Sedangkan untuk kampas rem belakang vario 125, harganya berkisar Rp 65.000.

Itulah beberapa hal yang kalian harus tahu dari kampas rem. Komponen ini nyatanya memiliki fungsi yang krusial sehingga penting menjaga kondisinya agar tetap prima. Supaya berkendara juga lebih aman dan nyaman.

Tips dari Lifepal! Kampas rem merupakan komponen vital dalam sebuah mobil. Kampas rem berguna untuk membantu mobil saat melakukan pengereman. Tugas kampas rem mobil juga dibedakan lagi atas dua jenis rem.

Pertama, pada sistem rem tromol mobil, kampas rem berada di sepatu rem. Bentuk kampas rem-nya mirip seperti lingkaran yang memiliki dua buah sepatu berbentuk setengah lingkaran.

Pada rem tromol, ketika pedal rem diinjak maka kampas menekan keluar. Sehingga kampas pun terbuka lebar, lalu bergesekan dengan mangkuk rumah tromol. Gesekan inilah yang membantu mobil berhenti.

Sedangkan yang kedua adalah sistem rem cakram. Pada sistem ini, kampas menekan piringan cakram guna memberikan gaya gesek. Gesekan itulah yang membuat mobil berhenti melaju.

Perannya yang vital bagi mobil membuat kampas rem harus selalu diganti secara berkala. Jika kalian sering menggunakan mobil di jalur ekstrem maka harus lebih sering mengecek kondisi kampas.

Begitupun dengan mobil yang hanya dipakai di jalan raya, tetap juga harus diketahui kondisi kampasnya. Karena di jalan raya akan banyak sekali mobil melintas, akan sangat berbahaya jika mobil melaju dengan kampas rem yang bermasalah.

Lindungi Mobilmu dengan Asuransi Kendaraan 

Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

 

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan biaya kerusakan mobil di bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

Pertanyaan Seputar Kampas Rem

Salah satu tanda yang paling bisa dirasa saat kampas pengereman telah habis adalah munculnya getaran saat pengereman. Getaran ini juga bisa terjadi saat mobil melaju kencang. Getaran tersebut terjadi karena kampas pengereman sudah sangat tipis atau bahkan sudah habis. Klik di sini untuk info seputar kampas rem.
Risiko seperti kecelakaan hingga kehilangan akibat pencurian bisa menimpa siapa saja. Jangan sampai hal ini terjadi pada mobilmu dan menimbulkan kerugian finansial. Manfaat asuransi mobil yang memberikan pertanggungan atas berbagai maca risiko tersebut. Cari tahu penawarannya di Lifepal.