Kelebihan Asuransi Zurich dan Manfaat Produknya

kelebihan asuransi zurich

Asuransi Zurich merupakan salah satu asuransi yang bagus di Indonesia dengan produk yang lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan. Namun, sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan Asuransi Zurich serta beberapa jenis produknya.

Asuransi Zurich memiliki banyak produk unggulan, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi bisnis, asuransi penyakit kritis, asuransi perjalanan, hingga asuransi kecelakaan diri.

Berikut ini Lifepal jabarkan ulasan terkait asuransi Zurich, kelebihan, kekurangan, serta produk-produknya yang perlu kamu tahu. 

Kelebihan asuransi Zurich

Selain memiliki manfaat yang luas, berikut ini beberapa keunggulan dari asuransi Zurich yang bisa kamu jadikan pertambangan.

1. Memiliki rekanan yang luas

Salah satu keunggulan Asuransi Kesehatan Zurich yakni memiliki jaringan rekanan rumah sakit yang luas di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Sementara itu untuk asuransi kendaraan bermotor, jaringan bengkellnya pun juga luas. 

Rumah sakit dan bengkel yang bekerja sama dengan asuransi Zurich ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Jadi, akan memudahkan kamu ketika akan melakukan klaim asuransi. 

2. Produk asuransi beragam

Selain memiliki asuransi kesehatan dan asuransi mobil, asuransi Zurich juga menawarkan produk asuransi lainnya yang beragam, seperti asuransi untuk bisnis kamu, asuransi perjalanan, asuransi untuk hewan kesayangan, asuransi motor, hingga asuransi untuk sepeda. 

3. Manfaat pertanggungan lengkap

Keunggulan Zurich insurance yang cukup menguntungkan kamu yakni memiliki manfaat pertanggungan yang lengkap. 

Contohnya, untuk asuransi mobil, Zurich memiliki pilihan untuk pertanggungan total loss only (TLO) atau All Risk  dengan pertanggungan yang menyeluruh serta adanya manfaat tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu. 

4. Bisa menanggung usia mobil tua

Khusus untuk asuransi mobil, asuransi Zurich bisa menanggung usia mobil tua hingga usianya 8 tahun, loh! Sebab, rata-rata asuransi mobil All Risk, hanya menanggung usia mobil selama 5-6 tahun saja. 

Pada asuransi Zurich, ada juga polis Mikro Mobilite yang bisa menanggung usia mobil tua, yakni hingga 15 tahun.

Selain keunggulan di atas, asuransi Zurich juga memberikan keuntungan berupa ada jaminan pengembalian premi sampai 108%.

Selain itu, keuangan Zurich juga cukup stabil, sehingga kamu tidak perlu khawatir karena klaim kamu akan dibayarkan dengan proses yang mudah. 

Kekurangan asuransi Zurich

Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, ada juga beberapa kekurangan dari asuransi Zurich, di antaranya tidak menjamin terkait hasil investasi untuk produk Unit Link, sebab investasi ini nilainya fluktuatif.

Selain itu, Asuransi Zurich juga tidak bekerja sama dengan bank ternama untuk produk Bancassurance. Jadi, nasabah pun kesulitan dalam mendapatkan produk Bancassurance yang sesuai.

Profil Zurich Insurance

Zurich merupakan perusahaan asuransi yang menjadi bagian dari Zurich Group, yakni perusahaan asuransi yang asalnya dari Swiss. 

Zurich Group sendiri sudah berdiri sejak tahun 1872. Namun, untuk di Indonesia, asuransi Zurich baru beroperasi pada tahun 1991 dengan produk unggulan asuransi umum. 

Pada tahun 2021, Zurich mengakuisisi Adira Insurance dan berubah nama menjadi Zurich Asuransi Indonesia.  

Zurich Insurance Indonesia sudah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-542/NB.11/2021 dan sudah bergabung dengan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Asuransi Zurich Indonesia juga memiliki rasio solvabilitas di atas standar OJK, yakni sebesar 474 persen. Sehingga, bisa dikatakan keuangan Zurich cukup bagus dan tidak ada masalah dalam pembayaran klaim asuransi. 

Jenis Produk asuransi Zurich

Ada banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh asuransi Zurich. Selain asuransi kesehatan, asuransi Zurich juga menawarkan asuransi unit link hingga Bancassurance. Berikut ini rinciannya untukmu. 

1. Asuransi kesehatan

Seperti asuransi kesehatan pada umumnya, Asuransi Kesehatan Zurich juga memiliki manfaat memberikan jaminan untuk biaya perawatan, baik rawat jalan maupun rawat inap. 

Pertanggungan yang diberikan cukup lengkap, bahkan bisa kamu gunakan untuk berobat di seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat. 

Beberapa produk untuk asuransi kesehatan Zurich di antaranya:

  • Zurich Optimal Health Assurance: limit hingga Rp40 miliar dan masa perlindungan hingga usia 100 tahun. 
  • Asuransi Santunan Rawat Inap (Hospital Cash Plan): memberikan santunan biaya rawat inap untuk penyakit tipes, demam berdarah dengue, meningitis, difteri, dan pneumonia. 
  • Asuransi Kesehatan – Mikro – Asuransi Tipus: memberikan santunan rawat inap untuk penyakit tipes. 
  • Asuransi Kesehatan – Mikro – Asuransi Demam Berdarah: memberikan manfaat santunan rawat inap apabila terkena DBD.
  • 2. Asuransi mobil

    Jenis produk unggulan asuransi Zurich lainnya yakni asuransi mobil. Asuransi ini akan memberikan jaminan ganti rugi untuk biaya kerusakan mobil kamu serta pihak ketiga. 

  • Asuransi Mobil Zurich Autocillin: memberikan jaminan perlindungan dengan pilihan TLO, comprehensive (all risk), dan comprehensive plus. 
  • Asuransi Mesin: memberikan jaminan perlindungan untuk mesin mobil agar performanya tetap bagus dan optimal. 
  • Asuransi Mobil – Mobilite: merupakan polis asuransi mikro yang memberikan manfaat perlindungan dalam satu produk, yakni manfaat untuk kendaraan dan pengendara dengan santunan. 
  • 3. Bancassurance

    Asuransi Zurich juga memiliki produk Bancassurance, yakni produk asuransi yang bekerja sama dengan bank. Selain asuransi, pada produk ini, Zurich juga menawarkan investasi. 

    Melalui Zurich Topas Life, bank yang bekerja sama yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan PT Bank Mayapada Internasional Tbk. 

    4. Asuransi penyakit kritis

    Zurich juga memiliki produk asuransi kritis yakni Asuransi Critical Illness yang bisa menanggung hingga 36 risiko penyakit kritis, termasuk alzheimer. 

    Selain itu, manfaat asuransi ini yakni memberikan santunan harian rawat inap hingga santunan pembedahan. 

    5. Asuransi bisnis

    Zurich juga terkenal dengan asuransi umumnya, seperti asuransi bisnis. Asuransi bisnis Zurich ini memberikan jaminan perlindungan untuk alat-alat bisnis dan juga barang-barang bisnis atas risiko rusak atau hilang. 

    Berikut ini beberapa produknya:

  • Asuransi Alat Berat: memberikan perlindungan komprehensif atas risiko kerugian total karena alat berat untuk bisnis rusak. Alat berat yang ditanggung seperti bulldozer, excavator, crane, dan tractor.
  • Asuransi Harta Benda: memberikan jaminan perlindungan pada keuangan bisnis atau harta benda atas risiko bencana alam atau hal-hal yang menyebabkan aset bisnis rusak. 
  • Asuransi Pengangkutan: memberikan jaminan perlindungan untuk barang yang sedang dikirim melalui transportasi darat, udara, dan laut. 
  • Asuransi Business Guard: memberikan jaminan perlindungan atas risiko yang bisa menyebabkan kerugian pada beberapa usaha, seperti toko, penginapan, restoran, kantor, hingga saran pendidikan.
  • Proteku Maxi: memberikan jaminan perlindungan atas risiko-risiko yang bisa merugikan usaha kamu, seperti bencana alam atau hal-hal yang diakibatkan kelalaian. 
  • Asuransi SME Package: memberikan jaminan perlindungan pada usaha atas risiko kerugian dan kehilangan.
  • Asuransi Rekayasa: memberikan jaminan perlindungan atas risiko kerusakan barang sekaligus dengan tanggung jawab pihak ketiga
  • 6. Asuransi perjalanan

    Zurich juga memiliki produk asuransi perjalanan yakni Zurich Travel Insurance. Produk asuransi ini akan memberikan jaminan ganti rugi atas risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan kamu, baik untuk di dalam negeri maupun luar negeri. 

    Santunan kecelakaan yang diberikan hingga Rp1,5 miliar dan pertanggungan biaya medis hingga Rp2,5 miliar. Ada juga manfaat lain-lain dengan pertanggungan hingga Rp2,5 miliar. 

    Di masa pandemi ini juga ada manfaat tambahan untuk Covid-19 serta olahraga musim dingin. 

    Wilayah pertanggungannya juga cukup luas. Bahkan kamu bisa menggunakannya di Amerika Serikat, Kanada, dan juga negara-negara Schengen lainnya. 

    Melalui asuransi perjalanan Zurich, kamu juga akan mendapatkan biaya ganti rugi untuk pembatalan dan keterlambatan. 

    Tips dari Lifepal! Asuransi Zurich merupakan salah satu asuransi yang bagus di Indonesia dengan produk yang lengkap yang bisa kamu jadikan pilihan.

    Namun, sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui kelebihan Asuransi Zurich serta beberapa jenis produknya.

    Asuransi Zurich memiliki banyak produk unggulan, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi bisnis, asuransi penyakit kritis, asuransi perjalanan, hingga asuransi kecelakaan diri.

    Simak pula ulasan mengenai asuransi mobil Zurich, dan juga Zurich Topas Life di artikel Lifepal lainnya!

    Lindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik. Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

    Apa penting memiliki asuransi mobil?

    Seperti yang diketahui, asuransi sendiri memiliki fungsi sebagai perlindungan. Utamanya yakni melindungi finansial kita hal-hal yang tidak terduga. 

    Dengan memiliki asuransi, tentunya kamu akan merasa tenang karena tidak perlu lagi memikirkan kerugian yang dialami. Semuanya akan ditanggung pihak asuransi sesuai dengan polis. Jadi, tabungan kamu pun akan tetap aman. 

    Ada banyak pilihan produk asuransi yang bisa kamu pilih, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi mobil, hingga asuransi untuk bisnis.

    Kamu tidak perlu kok memiliki semua jenis asuransi. Kamu bisa memilih produk asuransi sesuai kebutuhan saja. Sebagai contoh jika kamu memiliki mobil, kamu sebaiknya memiliki asuransi all risk atau asuransi TLO. 

    Sebab biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

    Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

    Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

    Setelah menemukan besaran premi asuransi mobil, pilihlah asuransi mobil yang cocok dengan bantuan kuis asuransi mobil terbaik Lifepal di bawah ini.

    Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

    Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

    Pertanyaan seputar kelebihan asuransi Zurich

    Ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan, di antaranya bisa memberikan jaminan perlindungan untuk biaya rawat jalan, rawat inap. Jika kamu menggunakan asuransi mobil Zurich, kamu juga bisa mendapatkan jaminan ganti rugi apabila mobil kamu rusak.
    Ya, Zurich Insurance telah berhasil mengakuisisi Adira Finance pada tahun 2019. Saat ini, polis Asuransi Mobil Autocillin berada di bawah naungan PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk.