Kenali Kelemahan Chevrolet Captiva dan Kelebihannya Sebelum Beli

Kelemahan chevrolet captiva | lifepal.co.id

Sebelum membeli mobil Amerika Serikat ini, ada baiknya kamu cari tahu dulu apa saja kelebihan dan kelemahan Chevrolet Captiva ini. Pasalnya, harga mobil jenis SUV yang satu ini terbilang cukup mahal sehingga kamu bisa mempertimbangkan kembali keinginan untuk membeli mobil ini.

Mobil yang menjadi saingan Honda CR-V, Nissan X-Trail serta Suzuki Grand Vitara ini, diproduksi oleh Chevrolet yang merupakan perusahaan otomotif terkemuka di Amerika Serikat yang berada di bawah naungan besar General Motors.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2007 dengan varian mesin bensin 2.400 cc. 

Meskipun sudah diperkenalkan sejak lama, tetapi mobil ini masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sebab, performa yang dimiliki Chevrolet Captiva ini sangat baik, terutama di jalanan yang menanjak dan berbatu-batu.

Kelemahan Chevrolet Captiva

Setiap mobil memiliki kelemahannya tersendiri, tak terkecuali Chevrolet yang satu ini ini. Berikut beberapa kelemahan Chevrolet Captiva yang perlu kamu ketahui seperti dilansir Autofun. 

1. Suspensi yang keras

Suspensi Chevrolet Captiva yang keras membuat pengemudi merasa kurang nyaman. Apalagi saat melewati jalanan yang sedikit berkontur.

Masalah ini disebabkan oleh jenis sistem suspensi yang digunakan mobil Chevrolet Captiva, yaitu MacPherson Strut with Coil Spring di bagian depan, serta Independent 4 Link with Coil Spring and Self Levelizer di roda belakang yang tidak dapat meredam guncangan dengan baik. 

Namun, bagi sebagian pengemudi, kelemahan Chevrolet Captiva yang satu ini masih bisa dimaklumi. Sebab, hampir setiap kendaraan SUV memiliki suspensi yang keras.

Pada dasarnya, tujuan suspensi pada mobil SUV ini dibuat keras adalah agar bagian bawah mobil tidak mudah berbenturan dengan objek yang berada di luar saat melewati jalanan berbatu ataupun ekstrim. 

2. Kualitas material interior yang terlalu standard

Meskipun sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti LCD screen yang dapat digunakan untuk menonton film saat perjalanan panjang,  audio berkualitas 3D, hingga fitur keamanan Anti-lock Brake System/ABS, tetapi material yang digunakan menyusun bagian interior mobil Captiva ini masih terbilang terlalu standard atau biasa saja. 

Apalagi kalau dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail serta Suzuki Grand Vitara. 

3. Kurang ramah lingkungan

Kelemahan Chevrolet Captiva selanjutnya adalah kurang ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan, mobil jenis SUV ini menggunakan teknologi Common Rail Direct Injection pada mesin dieselnya yang tidak cocok menggunakan biosolar atau solar berkualitas rendah.

Apabila terus menerus menggunakan solar berkualitas rendah, mobil akan mengeluarkan asap hitam pekat yang dapat mencemari lingkungan.

Itulah mengapa, Chevrolet Captiva varian mesin diesel dianggap kurang ramah lingkungan, terutama bila digunakan di jalanan kota dengan aktivitas industri yang tinggi. 

Selain itu, dampak dari penggunaan solar berkualitas rendah pada Chevrolet Captiva juga dapat membuat umur injektor pada mesin tidak dapat bertahan lama. Alhasil, kamu harus mengeluarkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. 

4. Pengereman yang kurang baik

Sistem pengereman yang dianggap kurang baik juga menjadi salah satu kekurangan Chevrolet Captiva. Padahal, mobil ini sudah menggunakan fitur keselamatan berupa rem ABS dan EBD. 

Salah satu faktor penyebab pengereman Chevrolet Captiva kurang baik ini adalah karena tidak seimbangnya antara bobot dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil. Hal inilah yang sering dikeluhkan oleh pengemudi mobil. 

5. Harga sparepart yang mahal dan langka

Meskipun layanan bengkel resmi Chevrolet tersedia di Indonesia, tapi ketersediaan sparepart mobil ini terbilang langka. Belum lagi harga mobil Chevrolet Captiva yang ditawarkan relatif lebih mahal dibandingkan mobil keluaran Jepang

Ini juga yang menjadi pertimbangan sebagian orang bila ingin membeli Chevrolet Captiva. Ketika ada sparepart yang rusak, harus siap-siap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menggantinya.

Kelebihan Chevrolet Captiva

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, tapi mobil asal Amerika Serikat ini juga memiliki sejumlah kelebihan yang membuat beberapa orang tertarik untuk membelinya.

Berikut kelebihan Chevrolet Captiva yang perlu kamu ketahui. 

1. Mesin yang responsif dan bertenaga

Untuk pasar Indonesia, Chevrolet Captiva menawarkan dua varian mesin mobil, yaitu 2.0L Turbodiesel dan 2.4L Naturally Aspirated (NA) bensin.

Chevrolet Captiva diesel dilengkapi dengan teknologi DOHC, DBW, with Variable Geometry yang minim getaran dengan tenaga maksimal sebesar 152 Hp atau setara dengan 4.000 rpm.

Chevrolet Captiva varian mesin diesel ini juga dilengkapi dengan torsi 310 Nm setara dengan putaran mesin bertenaga 2.000 rpm.

Sementara, varian bensin dilengkapi dengan teknologi DOHC, ECOTEC DBW, with Dual Continuous Variable Cam Phasing yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 141 Hp setara dengan 5.000 rpm. 

Untuk torsi maksimal, varian bensin ini mampu menghasilkan torsi hingga 212 Nm atau setara dengan putaran mesin sebesar 2.200 rpm.

Selain itu, kelebihan Chevrolet Captiva lainnya adalah mobil ini tersedia dalam dua pilihan transmisi yang berfungsi untuk mengatur laju kendaraan, yaitu manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan. 

Tak sampa di situ saja, dilansir dari Motory, Chevrolet Captiva baik varian diesel maupun bensin terkenal irit meski dibawa untuk perjalanan jauh sekalipun.

Alhasil, kamu tidak perlu terlalu sering mengeluarkan biaya untuk mengisi bahan bakar. 

2. Desain Interior dan Eksterior yang mewah dan sporty

Material penyusun interior Chevrolet Captiva memang terkesan biasa saja, tapi dari segi desainnya mobil ini menawarkan desain yang khas mobil mewah dan sporty.

Mobil ini dilengkapi dengan tiga baris kursi yang luas sehingga dapat menampung sekitar 7 – 8 penumpang. 

Bagian leg room atau pijakan kaki di baris keduanya pun luas sehingga penumpang di baris kedua bisa merasa nyaman selama perjalanan.

Sementara itu, desain eksterior Chevrolet Captiva yang terkesan sporty dan gagah, dilengkapi dengan foglamp berukuran besar serta headlamp tipe halogen semakin menambah kesan mahal pada mobil ini. 

Jika kamu senang bergaya simple dan stylish, mobil ini akan sangat cocok untuk kamu. 

3. Fitur yang lengkap

Kelebihan Chevrolet Captiva lainnya adalah fitur mobil yang lengkap. Mobil ini dilengkapi dengan LCD touchscreen, Air Conditioner (AC), dan radio. 

Untuk fitur keselamatan, Chevrolet Captiva memiliki dual airbag di bagian pengemudi dan penumpang depan.

Sementara untuk memberikan kemudahan pada pengemudi saat berkendara di jalanan yang menanjak dan terjal, Chevrolet melengkapi mobil keluarannya ini dengan fitur descent control dan hill start assist.

Lebih lanjut, bagian pengereman mobil sudah dilengkapi dengan teknologi tipe ABS dan EBD sehingga pengereman mobil jadi lebih optimal.

Kamu juga tidak perlu khawatir ketika harus melakukan pengereman mendadak karena teknologi pada mobil ini dapat meminimalisir penguncian ban. 

4. Ruang penyimpanan yang luas

Chevrolet Captiva juga memiliki kelebihan dari segi ruang penyimpanannya yang relatif luas.

Jika dibandingkan mobil SUV jenis lainnya, mobil ini memiliki ruang penyimpanan yang luas dan banyak sehingga kamu bisa menyimpan barang-barang pribadi yang berharga, seperti dompet, barang elektronik, maupun belanjaan dengan aman. 

5. Daya Tampung Penumpang yang Besar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa mobil ini memiliki tiga baris kursi yang luas sehingga dapat menampung 7 hingga 8 penumpang dalam satu mobil.

Maka dari itu, mobil ini sangat cocok untuk kamu yang sudah berkeluarga.

Tips dari Lifepal! Itu dia plus minus Chevrolet Captiva yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya.

Setiap mobil pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal ini seharusnya tidak menjadi masalah dan membuat kamu semakin bingung dalam memilih kendaraan.

Hal yang penting dilakukan adalah memilih kendaraan sesuai dengan kebutuhanmu dan memastikan fungsinya terlebih dulu daripada faktor lainnya.

Manfaatkan asuransi mobil untuk mengcover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya perbaikan mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa mengcover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Dapatkan asuransi mobil dengan premi termurah dan juga potongan diskon hingga 25% hanya di Lifepal!