Beranda
Media
Kijang Super – Harga, Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangannya

Kijang Super – Harga, Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangannya

harga mobil kijang super

Toyota Kijang Super masih sangat diminati di pasar mobil bekas karena harganya yang murah. Harga Kijang Super yang berkisar mulai dari Rp20 jutaan dapat kalian pertimbangkan sebagai mobil keluarga pilihan.

Untuk membantu mengetahui lebih jauh semua hal tentang mobil ini, simak ulasan lengkap mengenai estimasi harga Kijang Super bekas, spesifikasi, maupun kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Spesifikasi Toyota Kijang Super

Selain harganya yang murah, mobil ini menjadi pilihan karena spesifikasinya yang masih mumpuni untuk diajak berkendara hingga saat ini. Berikut ini adalah spesifikasi Kijang Super yang telah dirangkum Lifepal untuk memudahkan kalian mengetahui lebih detail tentang mobil minibus MPV ini.

1. Performa mesin

Secara umum, spesifikasi mobil ini dibekali mesin yang tangguh tipe 5K dengan kapasitas 1.486 cc, 4 silinder, SOHC, Advance Super Response Engine, OHV.  Mesin ini mampu mengeluarkan 61,5 tenaga kuda pada 5.600 rpm, serta torsi maksimal hingga 110,8 Nm pada 2.800 rpm.

Spesifikasi mesin Kijang Super ini mampu memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara karena dapat membuatnya berjalan dengan halus pada jalan bebas hambatan dan tetap bertenaga di tanjakan meski mengangkut beban yang cukup banyak. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan menjadi mobil Kijang pertama yang menggunakan transmisi ini. 

Suspensi Double Wishbone di bagian depan serta Leaf Spring pada bagian belakang juga semakin menambah keandalan mobil ini.

2. Desain interior

Sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), mobil ini selalu mengalami perbaikan untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara. Pada bagian interior, minibus ini memberikan sentuhan berkelas dan memiliki kapasitas yang luas untuk penumpang maupun ketika mengangkut barang.

Interior Kijang Super telah dilengkapi dasbor berbahan plastik berwarna coklat yang dilengkapi dengan laci penutup. Pada bagian kursi depan, kedua kursinya telah dilengkapi dengan mekanisme sliding dan reclining. Kedua kursi bagian depan juga dapat digeser sehingga dapat membantu memudahkan akses ke bangku bagian tengah dengan mudah.

Kursi bagian tengah mobil ini telah memiliki ruang yang cukup luas dan dapat dilipat untuk memberikan ruang bagi bagasi. Namun, sayangnya kursi bagian tengah hanya dapat dilipat ke depan dan tidak bisa diatur kerebahan sandarannya.

Sementara, bagian kursi belakang mobil ini memiliki posisi saling berhadapan pada sisi kanan dan kiri dan menjadi satu dengan tempat bagasi. Meski dapat memuat banyak orang, tetapi kursi belakang memiliki akses yang cukup sulit dan membuat terbatasnya ruang untuk menaruh barang.

3. Desain eksterior

Kijang Super memiliki desain eksterior yang mudah dikenali, terlebih karena bentuknya yang berbeda dibanding mobil lainnya. Meski demikian, eksterior mobil ini terus mengalami perkembangan dari yang sebelumnya berbentuk boxy menjadi lebih menarik dengan kesan yang tidak terlalu kaku.

Kijang Super memiliki dimensi panjang 4.290 mm dengan lebar 1.620 mm dan tinggi 1.775 mm. Mobil ini memiliki ground clearance yang cukup tinggi yaitu 165 mm, serta nilai Coefficient of Drag (CD) turun menjadi 0,45 dari segi aerodinamika kendaraan.

Pada bagian samping, mobil generasi terbaru telah memiliki tampilan garis-garis bodi yang menyambung dari depan hingga belakang. Sementara, sasis pada Kijang Super KF 50 memiliki bodi lebih panjang 20 cm dibanding dengan Kijang Super KF 40.

Di bagian belakang, Kijang Super mengusung pintu dengan model swing atau membuka ke samping. Pintu ini memiliki ukuran cukup besar atau tiga per empat mobil tersebut. Meski demikian, pintu model swing ini memiliki kekurangannya sendiri, karena tidak memiliki akses masuk dan keluar yang terbatas akibat ukurannya yang terlalu lebar.

4. Fitur

Meski memiliki perkembangan di bidang interior dan eksterior yang cukup baik, sayangnya Kijang Super belum mempunyai banyak fitur bawaan untuk menambah kenyamanan berkendara. Salah satu fitur seperti AC belum terpasang secara bawaan pada Kijang Super. AC dapat dipasang secara opsional oleh dealer sesuai dengan permintaan konsumen dengan posisi blower utama pada bagian bawah dasbor mobil.

Sejumlah posisi pada bagian Kijang Super juga telah disesuaikan dengan sehingga memiliki distribusi bobot yang lebih baik. Salah satu bagian yang disesuaikan adalah tangki bahan bakar yang kini berada pada bagian belakang dan diapit oleh kedua suspensi.

Pada bagian depan, mobil ini telah dilengkapi dengan fitur keselamatan standar berupa sabuk pengaman pada kursi depan. Di bawah bangku penumpang bagian kiri juga menjadi tempat untuk menaruh ban serep pada mobil ini. Sebagai mobil yang telah diproduksi selama lebih dari tiga dekade, sayangnya fitur Multi Information Display (MID) tidak memiliki fungsi canggih.

Fitur MID pada bagian dasbor hanya dilengkapi panel instrumen dasar bagi pengemudi, seperti odometer dan speedometer dengan lampu latar berwarna kuning.

Harga Toyota Kijang Super bekas

Meski Toyota Kijang masih terus berkembang, generasi Kijang satu ini dan tipe-tipe lainnya masih banyak dijual di showroom mobil bekas.  Bagi kalian yang sedang mencari Toyota Kijang Super, berikut ini adalah pasaran harga Kijang Super yang per  Januari 2022.

Varian Mobil KijangTahunHarga
Kijang Super 1.51991Rp23 juta – Rp40 juta
Kijang Super 1.5 KF50 LSX1992Rp30 juta – Rp45 juta
Kijang Super 1.5 KF40 SSX1993Rp28 juta – Rp45 juta
Kijang Grand Extra 1.5 LGX1994Rp47 juta – Rp49 juta
Kijang Super G 1.81995Rp34 juta – Rp52 juta
Kijang Grand Extra 1.8 SGX1996Rp45 juta – Rp63 juta

Harga mobil Toyota Kijang di atas merupakan estimasi. Harga di pasaran tergantung kondisi, daerah, dan pertimbangan masing-masing penjual. Meski harganya cukup murah, kalian tetap perlu untuk melakukan pengecekan setiap fitur yang ada sehingga dapat dilihat apakah performa mesin dan kelengkapan lainnya dalam kondisi baik.

Sebelum memutuskan membeli mobil sebaiknya kalian tetap mempertimbangkan tahun produksi mobil meskipun harus merogoh kantong sedikit lebih dalam. Harga Kijang Super 95 yakni G 1.8 yang berkisar antara Rp34 juta hingga Rp52 juta dapat menjadi pilihan untuk kalian agar tetap mendapatkan performa maksimal kendaraan.

Selain itu, bagi yang telah berkeluarga juga sebaiknya mempertimbangkan untuk membeli Kijang seri ini dengan bodi yang lebih panjang.  Harga Kijang Super G 1994, yakni Kijang Grand Extra 1.5 LGX dapat menjadi pilihan karena dengan harga sekitar Rp47 jutaan kalian dapat berkendara dengan nyaman bersama keluarga.

Sejarah Mobil Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super diluncurkan di Indonesia pada tahun 1986 hingga 1996, sebelum akhirnya digantikan oleh mobil Kijang Kapsul pada 1997. Kijang Super sendiri merupakan generasi ketiga dari seri Toyota Kijang yang pertama kali diproduksi pada tahun 1975.

Mobil ini sendiri sering kali dianggap sebagai titik balik perubahan konsep Kijang. Hal tersebut karena pada generasi pertama mobil ini membuat pergeseran dari Toyota Kijang yang merupakan kendaraan niaga menjadi kendaraan penumpang. 

Di tahun 1992, mobil ini mengalami perkembangan melalui tipe Grand Extra dengan berbekal teknologi Toyota Original Body sehingga menjadikannya minibus pertama dengan kualitas bodi yang setara sedan. Kemudian, generasi ketiga mobil ini mulai memperkenalkan model short wheelbase melalui Kijang Super KF 40 Series dan long wheelbase pada Kijang Super KF 50 Series.

Meski telah berumur, minibus yang telah hadir lebih dari tiga dekade ini masih menjadi primadona. 

Perbedaan Toyota Kijang Super dengan Grand Extra

Dalam kurun waktu 1986 hingga 1996, Kijang generasi ketiga terbagi menjadi dua varian utama: Toyota Kijang Super (1986-1992) dan Toyota Kijang Grand Extra (1992-1996). Kita bisa melihat jenis jenis mobil kijang, terutama pada dua varian ini dari jenis bodi kendaraannya. 

Jenis mobil Kijang Super mengadopsi Full Pressed Body (FPB), sebuah teknologi pembuatan panel bodi mobil menggunakan proses stamping (mesin pres) dan spot welding. Di sisi lain, Toyota Kijang Grand Extra mengusung Toyota Original Body (TOB), yang menawarkan proses pembuatan bodi dengan teknik pengelasan yang lebih canggih.

Perubahan signifikan terjadi pada tahun 1992 ketika PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan major change pada Toyota Kijang Super. Selain memperkenalkan inovasi TOB, perusahaan juga meluncurkan varian Grand Extra untuk konsumen yang menginginkan Kijang dengan fitur lebih lengkap dan desain yang lebih mewah. 

Varian Grand Extra ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu SGX (Short Grand Extra) dan LGX (Long Grand Extra), dengan harga awal masing-masing mencapai Rp 31.500.000 dan Rp 30.700.000 (off-the-road). Pada tahun 1995, Grand Extra juga mengalami pembaruan mesin dengan memperkenalkan seri 7K berkapasitas 1.800 cc.

Kelebihan dan Kekurangan Kijang Super

Untuk mobil yang telah diproduksi cukup lama dari generasi mobil tua, Kijang Super tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri dibandingkan dengan mobil-mobil lainnya.  Sebelum kalian memutuskan untuk membeli mobil ini, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Kelebihan

  • Irit bahan bakar
  • Ruang kabin yang luas
  • Mesin responsif pada putaran bawah
  • Tampilan interior dan eksterior menarik
  • Dilengkapi panel instrumen informatif
  • Harga yang terjangkau

Kekurangan

  • Tidak memiliki AC bawaan
  • Suara mesin yang cukup bising
  • Fitur keselamatan standar hanya seatbelt
  • Peredam kabin cukup buruk

Tips dari Lifepal! Meski telah berhenti diproduksi, kalian masih bisa membeli Kijang satu ini dengan harga terjangkau sesuai kondisi, tipe, dan tahun pembuatan. Mesin yang bandel dan kabin yang cukup luas pada Kijang satu ini juga membuanya masih dapat diandalkan dan menjadi pilihan untuk bepergian bersama keluarga.

Gunakan Perlindungan dari Asuransi Mobil

Berkendara di jalanan bukannya tanpa resiko, kejadian seperti tabrakan atau terserempet pengendara lain bisa terjadi kapanpun. Tentunya, selain keselamatan kerugian finansial juga tidak bisa dihindari.  Karena itu, kamu perlu memberikan perlindungan finansial dengan asuransi mobil yang dapat mengcover biaya perbaikan akibat kecelakaan.

Asuransi mobil dapat memberikan penggantian biaya servis di bengkel akibat kerusakan kecil maupun besar. Cari tahu di Lifepal rekomendasi asuransi mobil terbaik dan bandingkan sendiri manfaat pertanggungan yang ditawarkan. Dapatkan diskon hingga 25% dan layanan gratis untuk klaim.

Secara umum terdapat 2 jenis asuransi kendaraan, yaitu asuransi All Risk dan asuransi TLO. All risk memberikan pertanggungan untuk berbagai kerusakan, sedangkan TLO memberikan pertanggungan untuk kerusakan total atau kehilangan.

Bila kamu masih bingung dalam menentukan asuransi kendaraan yang tepat, isi formulir di bawah ini untuk berkonsultasi dengan agen asuransi kami. 

Pertanyaan Seputar Kijang Super

Harga mobil bekas Kijang Super berkisar antara Rp23 juta hingga Rp63 juta tergantung tipe dan tahun pembuatan. Fitur-fitur Kijang satu ini antara lain:

  • Mesin 5K dengan kapasitas 1.486 cc, 4 silinder, SOHC, Advance Super Response Engine, OHV.
  • Ground clearance tinggi.
  • Nilai Coefficient of Drag (CD) minimal.
  • Suspensi Double Wishbone dan Leaf Spring.
Innova Reborn merujuk pada hasil revolusi total Toyota Kijang Innova, yang merupakan generasi baru setelah perubahan pada akhir tahun 2015. Transformasi ini menghasilkan mobil yang lebih mewah dan canggih, memberikan sentuhan modern pada legenda otomotif Toyota, Kijang Innova.
Beberapa penyakit umum pada Kijang Super termasuk putaran atas mesin yang lemah, kurangnya fitur pengamanan, bantingan mobil yang keras, keausan banyak komponen, dan fitur peredaman kabin yang kurang memadai. Penting untuk melakukan perawatan rutin dan pemeliharaan agar dapat mengatasi atau mencegah munculnya masalah-masalah ini.
Harga modifikasi dashboard Kijang Super dapat bervariasi, namun, di marketplace, terdapat penjualan dashboard Toyota Kijang Super Grand original dengan harga sekitar Rp1.975.000. Pastikan untuk mempertimbangkan kualitas dan ketepatan model sebelum melakukan pembelian.