Salah Merawat, Bakal Berakibat Fatal! Segini Kisaran Biaya Perbaikan Transmisi Matik Honda Jazz

Bagi pembeli mobil bekas, Honda Jazz menjadi salah satu mobil yang cukup diincar. Selain memiliki desain yang modern dan sporty, kendaraan ini dinilai mampu merepresentasikan gaya hidup. Selain itu, mobil hatchback Honda ini juga dinilai memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup oke untuk dijadikan kendaraan harian. Tapi sayang, ada beberapa orang yang takut meminang mobil ini lantaran biaya perbaikan transmisi matik cukup mahal. 

Kerusakan transmisi Honda Jazz dinilai menjadi salah satu momok menakutkan bagi sebagian orang yang malas pergi ke bengkel. Honda Jazz sendiri memang ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual dan matik. 

Mengutip laman Carmudi Indoensia, para pembeli mobil baru maupun bekas lebih mengincar Honda Jazz versi transmisi matik. Tapi jangan khawatir, disini, akan mencoba membeberkan sedikit hal mengenai biaya perbaikan transmisi matik Honda Jazz. Bagi kamu yang ingin meminang, jangan takut dengan masalah ini ya.

Transmisi Honda Jazz

Perbaikan Transmisi Matik
Honda Jazz (Carmudi Indonesia)

Honda Jazz memiliki transmisi dengan model CVT, dan memang beberapa kali kerap dikeluhkan oleh para pemiliknya. Salah satu bengkel yang kerap dijadikan dokter perbaikan transmisi matik Honda Jazz adalah Iwan Motor, berlokasi di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan. 

Ia mengatakan jika sebenarnya transmisi matik Honda Jazz tergolong kuat dan tidak mudah rusak. Akan tetapi, para pemilik mobil ini sering tidak merawat transmisinya dengan baik dan benar. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan memilih oli transmisi.

“Biasanya sih Honda Jazz sama Honda City yang paling sering banget dikeluhkan soal transmisi matiknya. Transmisi matik Honda Jazz dan City ini biasanya salah perawatan dari pemiliknya. Kasusnya banyak, mulai dari salah pakai oli transmisi sampai cara pakai si pengendaranya itu sendiri,” kata Iwan mengutip laman Carmudi Indonesia.

Ia pun mengatakan jika oli transmisi matik Honda Jazz yang direkomendasikan adalah jenis CVTF. Salah satu kesalahan yang dilakukan oleh para pemilik Honda Jazz adalah dengan memakai oli transmisi berjenis ATF biasa.

Efek Kesalahan Memilih Oli Transmisi Honda Jazz

Perbaikan Transmisi Matik
Transmisi mobil (Carmudi Indonesia)

Salah satu gejala yang dapat dirasakan secara langsung jika salah melakukan pengisian atau penggantian oli transmisi adalah mudah ‘jedag’ atau tidak halus.

“Gejalanya gampang banget dirasakan. Begitu girboks masuk ke posisi D, biasanya itu ada getaran dari matiknya. Dan begitu jalan, kopling dari girboksnya ini terasa agak selip,” sambungnya.

Jika sudah terasa beberapa gejala seperti ini, apakah harus di overhaul atau perbaikan total? Tidak kok, Iwan mengatakan jika pemilik masih bisa melakukan penggantian oli transmisi yang sesuai dan benar.

Caranya adalah dengan mengganti oli transmisi dengan cara di-flushing. Flush atau buang oli transmisi yang ada di dalam transmisi matic Honda Jazz dengan yang baru. Kemudian pemilik Honda Jazz dapat mengganti oli transmisi matik dengan menggunakan jenis CVTF. 

Jika sudah di-flushing dan dimasukkan oli transmisi yang baru, pihak bengkel merekomendasikan untuk menyetel ulang settingan transmisi matik Honda Jazz. Cara ini dinilai menjadi cara yang paling efektif dalam menjaga keawetan transmisi matik Honda Jazz.

Estimasi Biaya Perbaikan Transmisi Matik Honda Jazz

Perbaikan Transmisi Matik
Ganti Oli (Carmudi Indonesia)

Lalu bagaimana jika dalam kasus transmisi matik nya Honda Jazz itu sudah rusak? Jika sudah rusak, maka mau tidak mau sang pemilik mobil harus melakukan perbaikan. 

Pemilik bengkel tersebut mengatakan jika kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan transmisi matik Honda Jazz kisaran Rp 3 jutaan hingga Rp 20 jutaan.

“Biayanya kalau sudah rusak? Wah, itu cukup lumayan juga sebenarnya. Kalau masih bisa diperbaiki yang ringan-ringan saja sih sekitar Rp 5 jutaan. Tapi kalau sudah parah sekali, itu biasanya harus diturunkan dulu transmisinya, bisa sampai Rp 20 jutaan,” kata Iwan.

Biaya tersebut bukanlah biaya yang harus dikeluarkan oleh para pemilik Honda Jazz. Namun itu adalah biaya perkiraan soal perbaikan transmisi matik Honda Jazz. Para pemilik mobil matik diusahakan untuk lebih menyayangi mobilnya, terutama melakukan penggantian oli transmisi secara rutin.

Biaya Perawatan Transmisi Matik Honda Jazz

Perbaikan Transmisi Matik
Mesin transmisi (Carmudi Indonesia)

Tak hanya perbaikan dan perawatan pada mesin saja yang bisa dilakukan tune up, transmisi matik pun juga bisa di-tune up. Kira-kira berapa ya kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan tune up transmisi matik Honda Jazz? 

Sekadar gambaran, untuk kisaran biaya tune up yang ada di bengkel itu bisa berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp4 jutaan. Tune up yang dilakukan oleh setiap bengkel pun tentunya berbeda-beda caranya. Namun, sebagian besar bengkel menawarkan tune up seperti injector cleaning hingga penurunan transmisi.

Biaya Penggantian Transmisi Matik

Perbaikan Transmisi Matik
Perbaikan transmisi matik (Carmudi Indonesia)

Jika sudah rusak parah, beberapa pemakai mobil matic kerap kali melakukan penggantian total transmisi matic atau karib disebut swap girboks atau transmisi. Penggantian ini dirasa menjadi salah satu alternatif perbaikan yang dilakukan. 

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan penggantian transmisi secara ‘gelundungan’? Penggantian transmisi matic ini cukup bervariasi. Mulai dari Rp10 jutaan hingga Rp 20 jutaan tergantung kerusakan dan biaya yang dipatok oleh bengkel tempat pengerjaan. Namun ada beberapa hal yang wajib kamu ingat sebelum melakukan penggantian transmisi secara utuh.

Perhatikan Transmisi yang Akan Dibeli

Perbaikan Transmisi Matik
Memperbaiki transmisi kendaraan (Carmudi Indonesia)

Kamu harus benar-benar pintar dan jeli dalam memilih transmisi copotan. Karena yang namanya copotan, ini berarti dilepas dari mobil yang tidak terpakai lagi. 

Sehingga kamu wajib benar-benar melihat dan mengecek secara detil mengenai kondisi transmisi matik yang akan kamu beli. Jangan sampai asal membeli, tetapi kamu membeli transmisi matik yang sudah rusak. 

Jika membeli transmisi copotan yang kondisinya buruk, bukan tidak mungkin perbaikan yang dilakukan akan menelan biaya banyak.

Kisaran Harga

Untuk kisaran harganya sendiri, transmisi matik Honda Jazz berkisar antara Rp 8-15 jutaan. Transmisi ini merupakan transmisi copotan yang barangnya biasanya didapatkan dari Singapura karena disana banyak sekali komponen mobil yang tidak terpakai padahal kondisinya masih sangat baik. Tetapi harus ingat, jangan tertipu dengan tampilan luar, yang terpenting adalah bagian dalam dari transmisi yang masih tetap baik.

Penggantian Merembet ke Bagian Lain

Sebelum memfokuskan diri terhadap biaya perbaikan transmisi matik Honda Jazz, ada baiknya kamu juga memfokuskan diri kepada hal tak terduga. Bisa saja dalam perbaikan atau penggantian transmisi matik Honda Jazz ini kamu juga diharuskan mengganti komponen lain. 

Misalnya mounting transmisi matik yang sudah mulai rusak, penggantian valve di dalam transmisi, atau sekadar mengganti seal-seal transmisi. Memang, semua itu tidak bisa diprediksi berapa biaya yang harus dikeluarkan sebelum mengetahui parts apa saja yang akan diganti.

Biaya perbaikan transmisi matik Honda Jazz memang cukup mahal jika mengalami kerusakan yang parah. Maka dari itu, usahakan untuk rutin memeriksa, mengecek dan mengganti oli transmisi. Dan pastikan gunakan oli transmisi matik yang sesuai dengan anjuran rekomendasi pabrik. Jangan terpengaruh dengan merek-merek oli, karena jika tidak sesuai tetap akan menimbulkan efek buruk. (Editor: Winda Destiana Putri).