Apa Itu Kompresor AC Mobil? Kenali Di Sini

kompresor ac mobil

Kompresor AC mobil berisik seperti dalam angkutan umum biasanya sering terjadi juga di mobil pribadi. Masalah bisa saja terjadi pada oli kompresor AC mobil atau komponen lainnya dalam kompresor AC mobil.

Gawatnya, jika kompresor AC sudah rusak perjalanan akan terasa sangat panas dan pengap. Terlebih jika mobil memuat banyak, jika kompresor AC rusak maka akan terasa seperti mandi sauna.

Ciri kompresor AC mobil rusak lainnya adalah bukannya mendinginkan malah tidak mengeluarkan angin. Kompresor AC mobil berisik saja seperti bekerja keras mengeluarkan angin sejuk.

Namun apa daya malah udara panas yang keluar dari kompresor AC tersebut.

Pengertian kompresor AC mobil

Kompresor AC merupakan komponen vital dalam sistem pendingin mobil. Tanpa kompresor AC mobil, sirkulasi udara dan pendingin dalam ruang pengemudi dan penumpang akan nihil.

Kompresor AC pada umumnya bisa bertahan lama, oleh karena itu jika kompresor AC mobil berisik atau rusak sebelum umurnya, maka ada yang salah. Harga unit pendingin biasanya tidak mura, bahkan unit kompresor AC mobil Avanza juga lumayan harganya.

Avanza diambil karena mobil ini paling banyak digunakan oleh beberapa masyarakat. Maka bisa jadi kompresor AC mobil Avanza jadi barang yang paling laris. Atau bisa juga kompresor AC mobil Avanza ganti baru.

Perlu diperhatikan bahwa kompresor AC rusak kebanyakan tidak bisa diperbaiki. Untuk itu perlu membeli kompresor AC mobil baru. Sebagai saran, dengan masalah yang sering terjadi maka hindari membeli kompresor AC mobil bekas.

Selain karena kompresor AC bekas belum jelas daya tahan dan kinerjanya. Biaya yang diperlukan untuk mengganti tiap kali bermasalah akan jauh lebih besar dari harga beli kompresor AC mobil bekas tersebut.

Jadi akan jauh lebih baik membeli yang baru ketimbang, membeli kompresor AC bekas yang tidak awet.

Ciri kompresor AC mobil rusak

Ciri kompresor AC rusak diawali dengan gejala seperti hembusan udara yang dikeluarkan jadi panas. Padahal saat itu mobil tengah dalam kecepatan rendah. Kemudian ciri kompresor AC rusak lainnya adalah timbul suara-suara aneh.

Namun ada banyak hal lain yang bisa menjadi ciri kompresor AC rusak. Berikut beberapa ciri kompresor AC rusak yang perlu kalian ketahui.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri awal yang harus kita waspadai agar kompresor AC kita bisa segera mendapatkan penanganan dan tidak merembet ke masalah-masalah lain yang bisa membuat kita mengeluarkan biaya ekstra untuk harga kompresor yang tidak murah:

1. Munculnya suara kasar ketika kesejukan AC dinaikan

Misalnya mau dipindah ke level 1, 2, dan 3 tapi kompresor AC mobil berisik dan makin keras. Maka itu tandanya ada masalah di kompresor AC kalian.

2. Suhu makin panas

Ciri kompresor AC rusak selanjutnya adalah suhu yang makin lama semakin berkurang. Pada awalnya mungkin terasa dingin, ketika rpm mesin dalam keadaan rendah. Namun ketika mesin dalam rpm tinggi atau kecepatan tertentu, hembusan AC mulai hilang kesejukannya.

kompresor ac mobil 1

3. Freon bocor

Kebocoran pada freon juga bisa menjadi salah satu ciri kompresor AC rusak. Layaknya pendingin udara di rumah, AC pada mobil juga rawan bocor jika freon habis. Biasanya, freon mulai habis ketika sudah 6 minggu digunakan.

4. Gangguan kopling magnet

Terakhir adalah biasanya ada masalah pada magnetic clutch atau kopling magnet. Biasanya ketika tengah dalam kemacetan, atau tengah padat merayap, tiba-tiba AC tidak dingin kembali.

Jika ini terjadi kalian akan merestart AC mobil, dan biasanya hidup. Namun selanjutnya jika rpm mobil yang tinggi AC akan mati kembali. Maka bisa jadi ini ciri kompresor rusak karena kopling magnetnya.

Penyebab kompresor AC mobil rusak

Kompresor AC biasanya karena ada masalah di dalamnya yang tersembunyi. Kurang memperhatikan kondisi AC mobil, jadi salah satu penyebabnya.

Terlebih bagi kalian yang memilih kompresor AC mobil bekas, tentu akan mendapat masalah yang sama.

Kompresor AC baru saja masih suka rusak jika umurnya sudah habis. Begitupun dengan kompresor AC mobil bekas, yang bisa jadi usianya sudah tinggal sebentar.

Atau saat membeli kompresor AC bekas, kalian tidak tahu bahwa itu adalah barang rusak yang direkondisi.

Jadinya kalian harus membeli kompresor AC mobil baru dan biayanya pun bisa sangat tinggi dibanding membetulkan. Untuk itu perlu pendeteksian dini terkait masalah yang terjadi.

Sehingga ketika masalahnya sudah terdeteksi, kalian akan mencegah kegagalan pada kompresor AC.

Jadi pahami masalah dan kebiasaan kalian terhadap AC mobil. Karena meskipun AC mobil terus diganti baru, namun kalau masalahnya ada di kebiasaan kalian dalam menggunakan AC mobil.

Maka akan terus-terusan ganti kompresor AC yang baru terus. Berikut masalah-masalah yang terjadi pada kompresor AC rusak:

1. Kipas mati

Pada AC mobil, ketika fan/kipas atau fan radiator mati maka akan membuat freon pada jalur high press meningkat atau overheat. Hal ini otomatis akan membuat kompresor menjadi panas berlebihan.

Dampak jangka pendeknya akan berpotensi membuat kompresor AC berisik, bocor hingga rusak total.

2.  Freon terlalu sedikit

Perhatikan juga kabel atau selang pada AC mobil, pastikan selang freon tidak ada retakan atau lubang. Hal itu akan berdampak pada kondisi AC mobil yang akan mengalami kebocoran freon.

Kemudian level freon jadi semakin rendah, sehingga membuat kompresor harus bekerja lebih keras untuk memompa freon. Ketegangan ini akhirnya akan menyebabkan kondisi kompresor AC rusak.

3. Freon terlalu banyak

Mengisi freon terlalu banyak juga salah, hal ini bisa merusak kompresor AC kalian. Biasanya ini terjadi karena teknisi yang memasang AC mobil kurang handal. Dan juga bisa jadi karena kalian menggunakan tipe freon yang salah.

4. Sirkulasi buntu

Sistem kerja AC mobil adalah sirkulasi freon secara terus-menerus di dalam sistem. Lalu apabila aliran sirkulasi yang terhambat, maka akan berdampak kompresor terus bekerja. Namun aliran sirkulasi tidak normal dan mengakibatkan kompresor jebol.

5. Oli pelumas yang tidak cukup

Masalah selanjutnya adalah oli kompresor AC. Meskipun hanya pendingin udara, ketahuilah bahwa di dalamnya juga ada oli kompresor AC. Oli kompresor AC berguna seperti darah di tubuh manusia.

Jika oli kompresor AC tidak cukup atau kurang di dalam sistem, maka kompresor AC juga tidak akan bekerja dengan benar. Jadi perhatikan lagi kebutuhan oli kompresor AC, minta teknisi untuk mengecek ketersediaan oli kompresor AC mobil di dalam.

6. Daya tahan

Kompresor AC juga memiliki umur. Untuk itu selalu rutin merawatnya dan gunakan AC mobil dengan sesuai. Hal itu akan memperpanjang usia komponen komponen dalam AC mobil.

Cara memperbaiki kompresor AC bermasalah

Jika suhu dalam kabin mobil kalian, misalnya Avanza sudah dingin. Maka cek lah kondisi kompresor AC mobil Avanza kalian. Tentu kalian harus mencari tahu mengenai kompresor AC mobil Avanza.

Hal ini karena kompresor AC berbeda setiap merk-nya. Selain merk, mengatasi masalah pada AC mobil juga harus diketahui dahulu kerusakannya. Mengetahui masalah pada AC mobil berguna untuk persiapan dana saat ke bengkel.

Sehingga kalian tahu akar masalahnya dan tahu apa yang harus dibetulkan atau diganti serta biayanya. Mengetahui masalah pada AC mobil juga berguna bagi kalian untuk menggantinya sendiri. Tak perlu repot ke bengkel dan tidak perlu keluar dana berlebih.

Berikut masalah yang terjadi pada AC mobil dan cara mengatasinya.

1. Kompresor AC mobil tidak berputar

Jika kompresor AC mobil rusak, atau kompresor AC mobil tidak berputar, karena macet atau karat. Biasanya itu dikarenakan shaft kompresor dengan bearing tidak bisa berputar.

Untuk itu sebenarnya kalian tidak perlu menggantinya dengan yang baru, namun cukup menghilangkan saja karatnya.

Caranya bongkar dahulu kompresor AC, lalu bersihkan bagian karatnya dengan cairan anti karat. Kemudian jika sudah, gosok dengan amplas halus. Jika sudah jangan lupa untuk mengganti oli kompresor AC dengan oli yang baru.

Sebelum dipasang kembali, pastikan tidak terdapat cacat pada kompresor seperti piston, dinding silinder, atau klep yang patah. Jika itu terjadi maka kalian harus mengganti keseluruhan kompresor AC dengan yang baru.

2. Kompresor AC mobil berisik

Jika kompresor berisik saat mobil berjalan, maka perhatikan dulu oli kompresor AC kalian. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya pelumas sehingga gesekan mesin kasar dan berisik.

Lalu cek juga bagian pistonnya, apakah telah aus. Kebanyakan terjadi pada mobil tua yang AC mobilnya biasanya kurang perawatan. Jika piston aus, kompresor AC berisik saat menyala. Untuk itu perlu kompresor AC yang baru.

Kemudian, cek juga komponen thrust bearing. Cek apakah trush bearing longgar atau tidak. Karena jika longgar karena salah saat pemasangan maka lakukan pembongkaran, karena longgarnya thrust bearing membuat kompresor AC berisik.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang kompresor AC. Jika merasa kabin dalam kendaraan sudah tak sedingin sebelumnya, kalian tahu penyebabnya dan penyelesaiannya.

Sebelum itu terjadi, sebaiknya kalian merawat kompresor AC kalian dengan rutin dan baik.

Simak pula ulasan mengenai bagian AC mobil di artikel Lifepal lainnya!

Lindungi mobilmu dengan asuransi kendaraan 

Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Cek kuis mobil terbaik

Untuk kamu yang masih galau membeli mobil model apa, kamu bisa loh mengikuti kuis mobil terbaik berikut ini untuk menentukan mobil apa yang memang cocok dengan kepribadianmu. 

Pertanyaan seputar kompresor AC mobil

Jika kompresor AC rusak karena macet atau karat, biasanya karena shaft kompresor dengan bearing tidak bisa berputar. Untuk itu sebenarnya kalian tidak perlu menggantinya dengan yang baru, namun cukup menghilangkan saja karatnya. Klik disini untuk tahu info lebih lanjut seputar kompresor AC.
Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan sebagainya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.
Dapatkan Promo