Mengenal Supra Mobil Sport Toyota

supra mobil

Supra mobil sudah seperti kendaraan impian para penggemar mobil kencang buatan Jepang. Supra menjadi sebuah ikon paling unik sekaligus legit dari sebuah pabrikan Toyota.

Ya, pabrikan mobil asal Jepang yang terkenal sebagai pencipta mobil keluarga di Indonesia, punya masterpiece kendaraan yang diberi nama Supra.

Ikoniknya supra mobil sport juga karena kendaraan roda empat ini dibuat dengan teknik tinggi di dunia. Bagi beberapa penggemar mobil Japanese Domestic Market (JDM) supra mobil sport merupakan kendaraan wajib yang harus dimiliki.

Di Indonesia sendiri, Toyota Supra mobil masih jarang terlihat di jalan raya, meski beberapa crazy rich yang juga seorang gearhead lokal memiliki salah satu unit supra.

Lalu bagaimanakah sejarah Supra dari awal hingga kini menjadi sport car ikonik dunia?

Sejarah Supra mobil

Supra pertama kali muncul pada 1978. Supra mobil sport ini ketika pertama kali diluncurkan, masih menggunakan model dasar Toyota Celica. Cirinya sudah jelas, pada Supra memiliki bagian belakang yang lebih besar.

Hal tersebut guna membuat mobil kencang ini jadi lebih praktis. Kemudian pada ruang mesin juga diperbesar sehingga mampu menampung mesin enam silinder inline 2000GT.

Dahulu Supra masih diberi nama Celica XX, sebuah Toyota Celica yang bertenaga dan dibangun bersama Lotus.

Oleh karena itu ada beberapa komponen Lotus juga pada Supra keluaran pertama tersebut.

Lalu meskipun berjiwa Celica, namun agar membedakan maka supra didesain pop-up headlights, sehingga ketampanannya ini memukau para penggemar coupe.

Supra terus beregenerasi dari tahun ke tahun. Bahkan mobil klasik terdahulu pernah turun ke lintasan balap.

Supra terus berkembang hingga kini sudah tercipta 4 generasi yang sudah mendunia, dan bersaing dengan mobil bertenaga buatan Eropa.

Supra juga semakin jadi pujaan para pecinta mobil sport usai muncul di franchise film Fast and Furious dan ada juga di salah satu game balap ternama “GranTurismo”.

Generasi Toyota Supra

Toyota Supra adalah salah satu mobil sport produksi Jepang paling legendaris. Tidak hanya sampai di situ, Supra juga mengalami evolusi yang dari awal pembangunan hingga kini. Bahkan evolusi yang terjadi pada Supra dibagi atas 4 generasi.

1. Generasi I

Generasi pertama supra mobil adalah di rentang tahun 1978 sampai 1981. DI tahun tersebut Supra mobil seperti dijelaskan sebelumnya dikenal dengan nama Celica XX.

Kendaraan roda empat super cepat ini sudah menggunakan mesin 6 silinder dan tersedia dalam 3 tipe, yaitu M 2000cc, 4M 2600cc, dan 5M 2800cc.

2. Generasi II

Kemudian pada rentang tahun 1982 hingga 1986, masuk fase generasi kedua Toyota Supra. Konsepnya masih sama seperti generasi pertama, hanya saja pada bagian wheelbase generasi kedua ini lebih panjang ketimbang generasi sebelumnya.

Kemudian, pada bagian depan Supra generasi kedua menggunakan lampu fully retractable.

Lalu pada sisi mesin sendiri Supra generasi kedua masih menggunakan mesin 6 silinder dengan dua pilihan, yaitu 1G 2000cc dan 5M-GE 2800cc.

3. Gen. III

Pada generasi ketiga, Supra mulai terlihat kemajuan dan evolusi yang lumayan banyak. Generasi ketiga ini terjadi pada rentang tahun 1986 hingga 1992.

Tampilan body dan desain Supra generasi ketiga jauh lebih sporty dan beda jauh dengan Celica.

Untuk dapur pacu, Supra Gen III ini menggunakan 3 pilihan mesin, yaitu 2000cc, 2500cc, dan 3000cc. Lalu, pada mesin 2000cc dan 3000cc tersedia dua pilihan mesin yaitu mesin standar dan mesin turbo.

4. Gen. IV

Generasi keempat berada di tahun 1993 hingga 2002. Di rentang 9 tahun tersebut, Supra mulai menggunakan desain dan tampilan yang modern. Bahkan mesin yag ditanamkan juga jauh lebih modern.

Masih sama seperti generasi sebelumya, pada Supra Gen IV juga tersedia dua pilihan mesin standar dan turbo dengan kapasitas 3000cc.

Mesin tersebut ditopang dengan transmisi 6 percepatan dan performa mesin Toyota Supra ini mencapai 270 km/jam.

5. Supra 2020

Pada 2008, Toyota sempat mengobati rasa rindu penggemar Supra dengan meluncurkan sebuah mobil prototype. Toyota Supra prototype ini diberi nama Toyota FT-HS. Namun itu baru sebatas prototype, belum jelas kapan akan direalisasikan.

Beberapa tahun kemudian, pada 2020 Toyota memutuskan untuk melahirkan supra mobil generasi terbaru. Setelah vakum selama 18 tahun, pada 2020 Toyota Supra meluncurkan mobil terbarunya yang mirip dengan BMW Z4.

Supra ini dibuat oleh Toyota dan Gazoo Racing. Ada beberapa perubahan selain desain dan body, ada pula pengembangan di bagian sasis. Supra 2020 ini digadang lahir sebagai saingan Porsche 718 Cayman.

Supra 2020 memiliki kekuatan 335 hp, melalui mesin enam silinder turbocharged. Akselerasinya sebesar 0-100 km/jam diselesaikan dalam 4,1 detik, membuatnya lebih cepat dari saudara kandungnya, BMW Z4.

Kemudian pada eksterior, Supra 2020 muncul dengan tiga air intake besar dan lampu LED ramping. Terlihat splitter depan dan canard. Bergerak ke bagian belakang, nampak lubang ventilasi fender depan dan kaca depan gagah.

Supra 2020 juga dilengkapi bagian samping yang aerodinamis, dan velg ringan dengan sistem pengereman berkinerja tinggi.

Lampu belakangnya sudah ramping, dengan bumper belakang yang agresif dengan diffuser terintegrasi dan lampu rem sentral yang terinspirasi F1.

Jenis-jenis Mobil Supra

1. Supra A40 (1978-1981)

Pada Supra generasi pertama pada April tahun 1978, Toyota Supra langsung merilis dua jenis mobil berdasarkan mesinnya.

Pertama adalah Supra dengan kode sasis MA 45 memiliki mesin 2.0L 12-valve, SOHC, Inline 6-engine. Mesin ini menghasilkan tenaga 123 hp dengan torsi 184 Nm.

Kemudian yang kedua adalah Supra yang berkode sasis MA46 dan memiliki mesin 2.6L 12-valve, SOHC, Inline 6-engine yang mampu menghasilkan tenaga 138 hp dengan torsi 184 Nm.

Kedua mobil ini bahkan juga tersedia dalam dua jenis transmisi, yaitu 5-speed W50 manual dan 4-speed A40D automatic.

Supra dengan sasis MA45 ini dinamakan Supra A40. Pada supra A40, mobil sudah canggih di masa itu dengan adanya fitur stereo radio 4-speaker, jam analog, dan tachometer di bagian dashboard.

Beberapa fitur yang hanya dimiliki mobil mewah di era 70-an.

Kemudian juga ada fitur cruise control, lampu kecil untuk penerangan dalam mobil, dan sandaran tangan penyimpanan barang. Lalu pada pertengahan 1979, Toyota melakukan beberapa pembaruan pada Supra edisi Amerika.

Pembaruan tersebut ada pada bagian interior meliputi head unit. jam digital, dan sentuhan kulit pada bagian kursi. Bagian eksterior juga ada perubahan pada kaca spion

Setahun kemudian, atau pada Agustus 1980 Supra A40 di-upgrade dan mendapat pembaruan mesin.

Saat itu Supra dengan nomor sasis MA47 itu ditanam mesin 5M-E 2.8L, 12-valve, SOHC, dan mampu bertenaga hingga 116 hp dengan torsi 197 Nm.

Ketika di tes performa, mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 10,24 detik dan top speednya 125 km/jam dalam 17,5 detik.

2. Supra A60 (1982-1986)

Supra A60 hadir pada generasi kedua dan masih bersama Celica. Kali ini dibuat dalam varian trim L-Series dan Performance.

Generasi kedua, A60 Supra Celica, menerima peningkatan performa mesin dan suspensi, sementara jenis transmisi yang tersedia tetap sama.

Mesinnya 2.8L dual overhead cam yang mampu menghasilkan tenaga 145 hp. Hingga kemudian pada 1986, Celica “berpisah” dengan Supra.

Celica berubah menjadi hatchback dengan mesin empat silinder yang lebih kecil dan penggerak roda depan.

Sedangkan, Supra masih mempertahankan penggerak roda belakang tetapi memasang mesin baru yang disalurkan secara alami. Mesinnya berupa 5M-GE 2.L 5-speed atau automatic memiliki tenaga 161 hp dengan torsi 229 Nm.

Mesin itu membuat mobil ini mencapai kecepatan 0-100 km/jam dalam 8,4 detik dan top speednya 137 km/jam dalam 16,1 detik.

3. Supra A70 (1986-1993)

Resmi berpisah dengan Celica, namun supra mobil masih mengambil tampilan yang sama yaitu gaya hatchback dengan desain yang lebih lembut.

Pada generasi ketiga ini, supra mobil diberi nama supra A70 dengan mesin  baru 3.0L inline-6 ​​silinder menghasilkan tenaga 200 hp dan torsi 266 Nm.

Supra A70 mengaspal sejak 1986-1993, dan merupakan Supra pertama yang menggunakan fitur anti-lock brake system (ABS).

Selain itu pada supra generasi ketiga ini juga Supra menggunakan power boost dengan menambahkan turbocharger pada mesin mobil Supra A70.

Supra mobil sport mendapat manfaat dari turbocharger meliputi peningkatan performa tenaga mencapai 232 hp dan torsi 344 Nm. Sehingga Supra A70 memiliki akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,4 detik.

4. Supra A80 (1993-1998)

Supra A80 debut di generasi keempat Supra mobil sport. Banyak kalangan menilai bahwa Supra A80 memiliki tampilan yang paling bagus dan juga mengklaim Supra ini sebagai mobil sport yang sesungguhnya.

Dengan harga Supra generasi empat yang jauh lebih mahal daripada generasi lainnya. Supra ini memiliki desain bumper belakang yang memiliki spoiler ramping.

Mesinnya pun semakin powerful, yaitu mesin 3.0L 2JZ-GE yang menghasilkan tenaga 220 hp dan torsi 284 Nm.

Hampir serupa dengan pendahulunya, Supra A80 tersedia dalam dua jenis transmisi yaitu manual 5-speed dan automatic 4-speed.

Supra A80 menjadi suksesor generasi Supra karena laris di Jepang. Sayangnya, Toyota membatalkan penjualan Supra A80 di negara kawasan Amerika Selatan.

Sehingga untuk menjual mobil sport Jepang ini, beberapa orang mengambil dari pasar Kanada pada tahun 1996 dan AS pada tahun 1998. Hal ini karena Supra A80 membatasi target pasarnya dan akhirnya menghentikan penjualan pada tahun 1998.

Kemudian dari model sasis A80, Toyota juga membangun mobil Supra MK4. Mobil Supra MK4 ini menjadi buruan para pecinta otomotif. Hal ini karena pada Supra MK4 banyak sekali pembaharuan dan kelebihan daripada Supra sebelumnya.

Salah satunya adalah mesin standart milik mobil Supra MK4 yang sangat buas dan bisa menghasilkan ratusan tenaga kuda. Lalu mobil Supra MK4 semakin popular lagi ketika muncul di film Fast and Furious (2001) saat aktor Paul Walker memodifikasi MK IV.

Sakin viralnya, bahkan mobil Supra MK4 1997 ini, dilelang dengan harga $176.000 atau setara Rp 2,5 miliar pada 2019.

Setelah mobil Supra MK4 1997 yang booming, satu dekade kemudian atau pada 2007, Toyota merilis mobil konsep Supra FT-HS di North American International Auto Show 2007. 

Toyota mengklaim Supra hybrid bensin-listrik ini dapat berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 4,6 detik. Mobil prototype yang memiliki nama FT-HS memiliki mesin 3.5L V-6 yang menghasilkan tenaga 400 hp.

5. Mobil Supra GTR (2019-sekarang)

Tujuh tahun setelah kemunculan mobil prototype FT-HS. Bukannya merilis mobil sesungguhnya, Toyota malah kembali mamerkan Supra Prototype lainnya dengan nama Supra FT-1.

Supra FT-1 mengadaptasi dari banyak mobil terdahulu mulai dari 2000GT, Supra, MR-2, dan bahkan mobil konsep FT-HS 2007.

Bahkan satu dekade kemudian, Supra kembali memunculkan mobil prototype Supra FT-1, Supra kembali muncul dan masih membawa mobil konsep Gazoo Racing (GR) di Geneva Motor Show 2018. 

Mobil balap prototype ini berkolaborasi dengan BMW dan mengadaptasi mobil konsep FT-1 2014. Supra GR memiliki gaya yang tajam dengan konstruksi yang ringan.

Mobil Supra GR balap ini memakai paket aerodinamis buatan Toyota Gazoo Racing.

Baru di generasi kelima, mobil Supra GTR resmi meluncur. Mobil Supra GTR menggunakan mesin BMW 3.0L inline-6 ​​silinder yang mampu bertenaga 382 hp.

Supra GTR terbaru bahkan menggunakan mesin B58 Turbocharged 3.0L 6-cylinder Inline, 24-valve DOHC.

Mobil balap ini mampu bertenaga hingga 335 hp pada 5.800-6.500 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.800-5.000 rpm. Mobil supra GTR ini menjadi reinkarnasi sempurna bagi mobil super cepat pabrikan Jepang.

Pada bagian lampu depan,mobil Supra GTR ini memakai LED dengan 6 lens auto leveling. Keenam LED itu terbagi menjadi 3 low beam dan 3 high beam.

Sehingga intensitas cahaya pada malam hari akan cukup baik saat lampunya menyala. Di bagian bawah lampu terdapat DRL berwarna putih.

Masuk ke kursi pengemudi dan penumpang yang pengaturannya secara elektronik dengan pengaturan 8 arah.

Di balik setir tentunya terdapat paddle shift, mengingat ini adalah mobil sport sejati. Pada layar instrumen, Supra GR memiliki MID dengan layar digital.

Kemudian driver juga dapat mengatur tilt dan teleskopik setir ini secara elektrik. Belum selesai sampai di situ, ada juga fitur front and rear defogger, AC dual zone, dan alarm anti maling.

Untuk harganya di tahun 2021, Toyota Supra GR dibanderol Rp 2.211 milyar 

Kelebihan Supra Mobil

Sebagai salah satu mobil sport Jepang yang memiliki banyak penggemar, tentu Toyota Supra punya beberapa kelebihan. Berikut beberapa kelebihan Supra:

  • Desain sporty dan modern
  • Desain atap double bubble roof, mempermudah akselerasi
  • Lampu LED, pencahayaan lebih maksimal
  • Memiliki fitur daytime running light
  • Manuver makin presisi
  • Interior berdesain sporty
  • Kabin luas dan nyaman
  • Jok mobil elektrik dengan fitur memory seats, lebih fleksibel
  • Penempatan tombol driver oriented, akses mudah bagi pengemudi
  • Fitur infotainment mumpuni
  • Sarat teknologi canggih
  • Bahan bakar cukup irit
  • Performa mesin andal
  • Kekurangan Supra Mobil

    Namun sama seperti mobil-mobil lainnya, Toyota Supra juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan Supra

  • Supra belum memiliki fog lamp
  • Ruang bagasi kecil
  • Harganya yang sangat mahal
  • Lindungi mobilmu dengan asuransi kendaraan 

    Biaya perbaikan dan perawatan mobil tentu tidak murah. Jangan sampai biaya perbaikan mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

    Manfaatkan asuransi mobil all risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian.

    Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan Kalkulator Lifepal berikut ini.

    Pertanyaan seputar supra mobil

    Untuk harganya di tahun 2021, Toyota Supra GR dibanderol Rp 2,211 milyar. Klik di sini untuk info Toyota Supra mobil lebih lanjut.
    Asuransi mobil memberikan pertanggungan atas risiko seperti tabrakan, benturan, tergelincir, kebakaran, hingga kehilangan. Daripada risiko tersebut menguras tabunganmu, lebih baik manfaatkan asuransi mobil untuk mengantisipasinya. Cari tahu rekomendasinya di Lifepal.
    Artikel Terkait Lainnya
    Artikel terkait tidak ditemukan