Cara Memilih Aki Mobil yang Bagus dan Rekomendasinya

aki mobil

Aki merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan. Sistem kelistrikan mobil, semua ditopang oleh aki. Namun, sudahkah kamu tahu cara memilih aki mobil yang bagus?

Tak cuma bahan bakar, aki juga menjadi jantung hidupnya semua fitur dalam kendaraan, terlebih yang menggunakan daya listrik.

Aki bekerja sejak awal, mulai dari menghidupkan kendaraan hingga memandu keselamatan pengendara lewat lampu-lampu depan hingga lampu sign. Layaknya sebuah baterai, aki tentunya harus terus dicek dan diganti jika dayanya sudah habis.

Agar awet dan tak sering gonta-ganti, sebaiknya kalian menggunakan aki terbaik di kelasnya.

Sehingga kendaraan yang digunakan setiap hari pun ikut terawat dengan adanya aki yang prima serta tangguh. Berikut beberapa aki mobil yang beredar di pasaran.

Cara memilih aki mobil yang bagus

Aki mobil terbaik banyak beredar di beberapa toko aki mobil terdekat atau di bengkel kesayangan kalian.

Jika kamu tinggal di Jakarta, kamu juga bisa mengecek toko aki mobil terdekat di Jakarta.

Namun, jika kalian masih awam atau baru membeli mobil, ada baiknya kalian memahami dahulu cara memilih aki mobil terbaik.

Ada beberapa jenis aki mobil yang cocok dengan beberapa merk mobil, seperti aki mobil Avanza, termasuk jenis aki yang biasa digunakan untuk mesin tertentu.

Berikut Lifepal bantu cara memilih aki mobil yang bagus untuk mobil kamu.

1. Penjual Terpercaya

Untuk mendapatkan aki terbaik, tentunya harus dibeli di toko atau bengkel aki mobil terpercaya. Selain kalian akan mendapatkan aki terbaik, biasanya toko aki yang terpercaya akan memberi kalian rekomendasi aki untuk mobil kalian.

Jika tidak menemukan toko aki mobil yang menurut kalian terbaik. Kalian bisa juga membeli aki di bengkel resmi sesuai merk mobil tersebut. Selain resmi, barang yang dijual pun biasanya mendapat garansi dan sudah pasti merupakan kualitas terbaik.

2. Sesuaikan Spesifikasi Mobil

Kebutuhan aki mobil tentu dipengaruhi mobil yang kalian punya. Aki mobil yang baik, harus sesuai dengan jenis mesin mobil, jenis mobil bahkan merk juga termasuk.

Kecocokan ini harus terjadi agar daya yang dikeluarkan aki mobil dan yang dibutuhkan mobil sesuai.

Terlebih jika mobil yang kalian full modifikasi, ada penambahan lampu, sound system dan lain sebagainya. Tentu aki yang dibutuhkan juga berbeda dengan mobil standar. 

Pastinya kita ingin menghindari aki mobil soak ketika sedang dalam perjalanan. Oleh karena itu, perlu dikonsultasikan juga kepada toko aki atau bengkel tentang kesesuain aki yang dibutuhkan.

3. Pilih yang Terbaik

Seperti halnya kita sayang terhadap barang, alangkah baiknya jika pilihlah aki terbaik di kelasnya.

Kini jenis aki sudah banyak sekali, tinggal kalian pilih merk terbaik untuk merawat mobil kesayangan kalian. Jika sudah memilih yang terbaik, sesuaikan juga dengan budget.

Sebagai tambahan, pilihlah juga aki mobil dengan tegangan yang jauh lebih kecil dari standar mobil kalian. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada komponen listrik dalam mobil, jika menggunakan aki dengan tegangan lebih besar.

Kemudian, hindarilah membeli aki mobil bekas atau rekondisi. Aki mobil rekondisi atau bekas, akan memberi dampak buruk bagi mobil kesayangan kalian. Jadi pilihlah aki mobil terbaik, yang baru dan sesuai kebutuhan mobil kalian.

Cek juga harga aki mobil terbaru untuk semua merek di Lifepal!

Rekomendasi merk aki mobil terbaik

Berikut ini rekomendasi merk aki mobil yang bagus yang sudah Lifepal rangkum untuk kamu.

1. GS Astra, salah satu aki mobil terbaik

GS Astra sangat umum dikenal sebagai aki mobil yang paling sering digunakan para pengendara. Aki mobil buatan Astra Group ini sudah tersohor kualitas dan ketangguhannya untuk berbagai jenis mobil.

Selain itu juga GS Astra dikenal tahan lama dan awet sehingga GS Astra jadi jagoannya aki terbaik di Indonesia.

GS Astra juga memiliki banyak varian yang bisa kalian pilih di rentan harganya yang berkisar Rp 600 ribuan hingga Rp 900 ribu.

2. G Force

G Force adalah aki lain yang tersohor selain GS Astra, dan juga dikenal menjadi aki yang bagus dan kuat.

Aki ini biasa digunakan khusus pada mobil-mobil pengangkut barang berat, mulai dari truk besar, pickup, hingga bus dengan penumpang banyak.

Ya, G Force menjadi duet sejoli dengan mobil bermesin diesel. Bicara lebih dalam lagi, aki merk ini memiliki kandungan timah murni pada bagian plat. Formula khusus tersebut membuat  performa mesin mobil jadi kuat tahan lama namun tetap efisien.

Selain itu, aki merk ini juga dibuat dengan bahan lead alloy. Dan memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu kisaran Rp 548 ribu untuk yang standar dan yang paling bagus bisa dibanderol dengan mahar sekitar Rp 2 juta.

3. Yuasa, merek aki mobil populer

Merk aki ini juga sangat dikenal di masyarakat, karena selain menjual aki mobil, para pengendara motor juga sering menggunakan aki Yuasa. Bukan sembarangan, Yuasa dikenal banyak orang memang karena kualitasnya yang terjamin bagus.

Aki ini memiliki harga di kisaran Rp 700-800 ribu, sebuah harga yang cukup terjangkau untuk kualitas sebaik ini.

Aki Yuasa dijual dengan 3 varian berbeda, mulai dari Maintenance Free AMB, New Pafecta, dan DIN Type yang biasa digunakan mobil produksi Eropa.

Ditambah dengan plat pada aki ini mempunyai sambungan yang presisi, sehingga aman bagi kendaraan kalian.

4. Massiv

Aki bagus dan murah tentunya Massiv bisa jadi pilihan kalian. Aki merk ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang mau mengganti aki lamanya yang rusak. Selain karena kualitasnya yang baik, sekali lagi aki massiv sangat nyaman di kantong.

Harga aki massiv kisaran Rp 600 ribu, dengan beragam jenis pilihan yang bisa kalian beli.

5. Global Battery

Aki selanjutnya adalah aki Global Battery. Aki ini bertipe kering, sehingga tidak perlu mengisinya dengan air lagi, bisa langsung digunakan.

Karena itulah aki merek ini mempunyai keunggulan dari segi perawatan yang tergolong mudah.

Global Battery juga punya power yang kuat, dengan daya listrik yang besar sehingga stater mobil pun cepat sekali.

Dengan segala kekuatan dan kemudahannya dalam hal perawatan, wajar jika Global Battery memiliki harga yang cukup di atas harga pesaingnya yaitu sekitar Rp 1,5 juta.

6. Odyssey PC680

Aki terbaik di urutan 6 ada Odyssey PC680. Aki ini biasa digunakan untuk beberapa mobil-mobil MPV. Hal ini karena MPV banyak fitur-fitur kenyamanan keluarga, seperti LCD Tv, dan fitur hiburan lainnya.

Hal ini membuat MPV membutuhkan kelistrikan yang besar dan Odyssey PC680 paling cocok dengan mobil jenis ini. Untuk harga aki dengan power yang besar dan kualitas yang baik ini, Odyssey PC680 dibanderol di harga kisaran Rp 1,8 juta

7. Nagoya NS 40

Jika sebelumnya adalah aki untuk MPV, aki Nagoya NS 40 ini biasa direkomendasikan untuk SUV. Mobil seperti Avanza, Rush hingga Suzuki Carry cocok dengan aki ini.

Nagoya NS 40 ini memiliki ukuran 215 x 141 x 257 mm. Dengan segala ketangguhannya, aki ini ternyata masih aman di kantong karena memiliki harga berkisar Rp 500 ribuan.

8. Aki Delkor

Aki selanjutnya merupakan aki delkor yang terkenal tahan lama dan awet. Delkor dikenal tangguh dan memiliki umur yang panjang, sehingga jenis aki ini tidak mudah rusak atau soak.

Aki Delkor bisa kalian dapatkan dengan harga mulai dari Rp 600 ribuan hingga Rp 3 juta rupiah, semua tergantung kebutuhan kendaraan kalian.

9. Motolite DIN 55530

Bagi kalian pengguna merek mobil yang jarang dimiliki orang seperti Chevrolet dan Kia, aki Motolite DIN 55530 sangat direkomendasikan untuk kendaraan kalian.

Aki dengan harganya yang terjangkau disertai kekuatan yang maksimal ini, membuat aki ini pilihan terbaik untuk kendaraan kalian.

Motolite DIN 55530 ini memiliki keunggulan lain berupa kapasitas yang dimilikinya sebesar 12v 55ah, dan sudah bergaransi hingga 6 bulan. Untuk hasil yang dihasilkan, aki Motolite DIN 55530 dibanderol dengan harga Rp 1,2 juta.

10. XS Power D6500

Terakhir adalah aki mobil XS Power D6500. Aki jenis ini menawarkan banyak sekali keunggulan, yaitu perawatan aki yang awet ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan.

Sehingga bagi kalian yang sibuk dan tidak punya waktu untuk ke bengkel, aki ini sangat cocok. Karena aki ini sangat awet dan kuat. Dengan segala keunggulan, wajar aki ini dihargai tinggi dibanding aki lain yaitu sekitar Rp 4,4 juta.

Charger aki mobil terbaik

Tak lengkap rasanya jika hanya memiliki aki mobil terbaik dalam kendaraan tanpa charger aki mobil. Hal ini karena aki bukanlah tipe baterai yang ketika sudah habis dayanya, langsung dibuang.

Namun aki bisa digunakan kembali meskipun sudah habis tenaganya yaitu dengan charger. Untuk itu Lifepal coba merekomendasikan beberapa charger aki mobil yang bagus untuk kendaraan kesayangan kalian.

1. Super Fast Charger

Bagi kalian yang senang akan segala hal yang instan dan serba cepat. Charger aki super fast ini sangat cocok untuk kendaraan kalian.

Diberi nama Super Fast tentunya bukan sembarang, karena untuk charger satu buah aki, alat ini hanya membutuhkan waktu kisaran 10 menit saja dengan pengisian daya aki antara 5 hingga 100 ampere.

Charger aki ini bukanlah barang mewah, biasanya setiap bengkel menggunakan alat charger jenis ini. Untuk dayanya, tegangan yang diciptakan dari chargeran ini sebesar 12 volt, dan angka ini masih dalam kadar hemat energy.

Untuk harga, Super Fast Charger ini dijual di kisaran harga Rp 560 ribu untuk satu unitnya. Cukup terjangkau bagi kalian yang, ingin mencoba mengisi daya aki sendiri di garasi.

2. Motobatt MBCBABY Baby Boy

Peringkat kedua ada Moto MBCBABY Baby Boy. Meski dinamai dengan nama yang cukup cute, charger aki ini memiliki daya yang besar.

Mulai dari 6 volt hingga 12 volt, dan tidak lagi diperlukan stabilizer aki.

Dengan daya sebesar itu, aki kalian juga bisa mempunyai umur panjang. So, isi tenaga, sekaligus merawat aki itu sendiri.

Hal ini karena Motobatt MBCBABY Baby Boy memiliki algoritma 2 angka dan tingkat keasaman yang tinggi, sehingga daya ledak yang ditimbulkan charger ini rendah.

Untuk harga, charger aki ini jauh lebih murah dari produk sebelumnya. Motobatt MBCBABY Baby Boy kualitas terbaik bisa kalian miliki hanya dengan harga sekitar Rp 275 ribu hingga Rp 340 ribu. 

3. NOCO G7200 EU Genius

Selanjutnya adalah NOCO G7200 EU Genius sebagai charger aki terbaik ini sudah dilengkapi dengan teknologi super canggih.

Charger aki ini sudah anti percikan dan memiliki pelindung polaritas yang tinggi. Ditambah mampu mengisi daya dua kali lebih cepat dari charger aki lainnya.

NOCO G7200 EU juga sudah berkapasitas 230 Ah dan makin aman karena sudah dilengkapi dengan garansi resmi dari PT Karsten Lautan Berat.

Untuk kualitas sebaik ini, wajar jika charger aki satu ini memiliki harga di atas pesaingnya yaitu sekitar Rp950 ribuan.

4. Voz Quick Battery Charger

Setelah menengok charger aki yang lumayan mahal, kini di posisi 4 Lifepal merekomendasikan charger aki terbaik dengan harga terjangkau.

Voz Quick Battery Charger dengan daya input sebesar AC 220 volt, dan dapat dipakai mengisi daya aki tegangan mencapai 6 Volt dan 12 Volt.

Memiliki dimensi sebesar 110 x 100 x 75 dan berat 1,1 kg, charger aki ini dapat memudahkan kamu dalam melakukan pengisian daya.

Kapasitas pengisian aki juga mencapai 30 Ah. Harganya hanya sekitar Rp 200 ribuan sehingga ramah di kantong.

5. Mega Pengisi Daya Aki Mobil

Namanya memang sedikit lebay, namun Mega Pengisi Daya Aki Mobil secara mengejutkan memiliki sistem smart 3 phase.

Teknologi yang membuat charger aki ini bisa otomatis cut off atau berhenti mengisi daya, jika daya sudah penuh saat pengisian.

Teknologi tentunya sangat hemat, dan membantu menjaga usia aki agar tahan lebih lama. Memiliki kapasitas hingga 20 ampere dan mampu mengisi daya gede hingga 12 volt 100 Ah.

Dengan berbagai keunggulan di atas, harga yang ditawarkan untuk charger aki ini hanya Rp 375 ribu.

Itulah semua jenis hingga cara memilih aki mobil terbaik. Semoga artikel ini semakin memudahkan kalian untuk memilih aki dan juga perlengkapan lainnya.

Yuk, cek lagi kondisi aki kendaraan kalian, sudah cocok belum dengan merk kendaraan kalian.

Bagaimana cara menentukan kualitas aki mobil?

Untuk mengetahaui kualitas aki mobil apakah bagus atau tidak, kita bisa menggunakan beberapa cara.

Cara pertama yakni bisa dengan memeriksa indikator aki mobil. Apabila warna indikator tidak berubah, artinya aki mobil masih dalam keadaan bagus.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek tegangan aki. Caranya bisa menggunakan mulitester atau voltmeter.

Aki yang berkualitas akan menunjukkan angka 13,4 volt sampai 14,7 volt saat dihidupkan. Jika, angka rendah, maka dipastikan aki mobil kamu mungkin bermasalah.

Agar lebih yakin, kamu bisa melakukan pengecekan kualitas aki mobil di bengkel aki terdekat, ya.

Berapa lama ideal ganti aki mobil?

Ganti aki mobil yang ideal adalah sekitar 2-5 tahun masa pemakaian. Namun, hal ini tentunya disesuaikan dengan penggunaan mobil kamu.

Jika kamu sering menggunakan mobil dan memasang banyak aksesoris mobil, bisa jadi aki mobil kamu lebih cepat habis dan harus diganti dalam waktu kurang dari 2 tahun.

Selain itu, masa pemakaian aki mobil juga ditentukan dengan kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca panas, maka bisa membuat aki mobil cepat menguap dan habis.

Tips dari Lifepal! Saat akan membeli aki mobil, pastikan kamu membelinya di tempat terpercaya, seperti bengkel resmi atau toko aki mobil resmi.

Meskipun memang bisa-bisa saja kamu membelinya di tempat yang non-resmi. Tapi, tetap dilakukan pengecekan secara detail, ya. Jangan sampai karena tergiur harga murah, aki mobil yang kamu beli adalah aki rekondisi yang kualitasnya tidak bagus.

Pentingnya memiliki asuransi mobil 

Mobil adalah salah satu aset berharga yang tidak boleh main-main dalam perawatannya. Pemilik harus senantiasa mengecek keadaan mesin dan aki, membersihkan body dan interior, serta memastikan keamanan komponen. 

Namun adakalanya kita tidak bisa menghindari risiko yang bisa menimpa mobil, misalnya tergores, tertabrak, hingga kecelakaan parah. Bayangkan kalau tergores sedikit saja, biaya yang harus dikeluarkan untuk cat ulang kendaraan bisa ratusan ribu untuk satu panel. Tidak murah, kan? 

Nah, supaya tetap aman dan tenang, jangan lupa asuransikan kendaraan dengan pilihan asuransi mobil terbaik

Untuk mengetahui berapa premi asuransi mobil yang harus kamu bayarkan tiap bulannya, kamu bisa nih memanfaatkan kalkulator ini dari Lifepal.

Sebagai panduan, premi asuransi dihitung berdasarkan jenis asuransinya (all risk dan TLO), dan wilayah serta harga mobil.

Untuk beberapa kasus, jaminan perluasan juga dapat mempengaruhi harga premi asuransi mobil.

Simak pula ulasan mengenai alat penghemat bensin mobil di artikel Lifepal lainnya!

Pertanyaan terkait aki mobil

Untuk mendapatkan aki terbaik, tentunya harus dibeli di toko atau bengkel aki mobil terpercaya. Kemudian, aki mobil yang baik harus sesuai dengan jenis mesin dan mobil. Lalu, pilih merk aki terbaik sesuai dengan budget. Klik di sini untuk tahu lebih banyak tentang aki mobil terbaik.
Perlindungan finansial dari asuransi penting untuk dimiliki agar kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabunganmu. Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan sebagainya. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, cari tahu di Lifepal.
Dapatkan Promo