Mewujudkan Impian Membeli Mobil Murah

Belakangan ini merebak kabar bahwa akan segera diluncurkan mobil-mobil murah dengan harga di bawah 100 juta. Banyak yang tergiur dengan tawaran ini, bahkan beberapa perusahaan mobil asing yang sebelumnya tidak terdengar gaung namanya siap meramaikan pasar mobil murah di Indonesia. Masyarakat mulai berhitung mengenai jumlah uang yang perlu mereka siapkan untuk mewujudkan keinginan memiliki kendaraan mobil.

Perlu diingat bahwa berbeda dengan tanah yang bersifat sebagai investasi dan harganya cenderung naik dari waktu ke waktu, mobil merupakan asek konsumsi yang harganya cenderung turun setelah dipakai beberapa lama. Terdapat beberapa syarat yang sebaiknya dipenuhi sebelum sebuah keluarga memutuskan untuk membeli mobil. Pertama mereka sudah memiliki rumah atau hunian yang merupakan asset konsumsi paling pertama. Bagi sebuah keluarga tempat tinggal ialah salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi sebelum jenis kebutuhan yang lain. Kedua, mereka harus terbebas dari segala jenis hutang atau cicilan, termasuk cicilan rumah atau cicilan kartu kredit.

Bagi Anda yang masih berstatus lajang, evaluasi kembali apakah Anda benar-benar membutuhkan kendaraan pribadi. Hal ini bisa Anda kaji dari jenis pekerjaan Anda sehari-hari. Jika pekerjaan Anda sifatnya lebih banyak di satu tempat, misalnya datang pagi kemudian pulang sore, memiliki kendaraan pribadi tidak begitu mendesak sifatnya. Namunjika pekerjaan Anda menuntut mobilitas tinggi, misalnya Anda bekerja sebagai staf marketing, dokter yang praktik di beberapa tempat atau dosen yang mengajar di beberapa instansi kebutuhan akan kendaraan pribadi seperti mobil dapat dipahami.

Perlu diingat, jika Anda membeli mobil secara kredit ada biaya-biaya yang perlu Anda bayar diantaranya premi asuransi mobil Anda, cicilan pertama, biaya administrasi dan bunga yang biasanya berkisar angtara 6-7% tiap tahunnya. Jumlah ini ternyata setelah dihitung-hitung untuk mobil yang berharga 100 juta bisa mencapai angka 10-15 juta. Selisih angka inilah yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan apakah Anda akan membeli mobil secara tunai atau kredit. Jika Anda memiliki uang tunai yang cukup untuk melunasi mobil idaman Anda dan Anda masih memiliki pendapatan tetap serta tabungan untuk biaya kehidupan sehari-hari, maka Anda berada dalam kondisi yang ideal untuk membeli mobil tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil secara kredit. Pastikan Anda telah memiliki uang DP sebesar 30% dari harga keseluruhan mobil. Jika uang yang Anda pegang saat ini kurang dari jumlah tersebut, ada baiknya Anda mengumpulkannya terlebih dahulu hingga mencukupi. Jangan lupa untuk menghitung angka inflasi tiap tahun. Saat Anda memiliki sebuah mobil, Anda pun perlu memperhitungkan biaya operasional dan perawatan kendaraan yang biasanya berkisar kurang lebih 10% dari penghasilan Anda. Biaya ini diantaranya untuk membeli bensin, membayar uang parkir dan membayar uang tol. Besarnya uang cicilan yang Anda bayarkan tiap bulannya untuk mobil jangan sampai melebihi 30% dari pendapatan Anda tiap bulannya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →