Tips Beli Mobil Murah Bekas dan Baru + Situs Jual Beli Mobil

Mobil murah baru atau bekas

Sekarang beli mobil murah sudah bukanlah hal yang sulit. Pasalnya, sudah banyak merek otomotif yang mengeluarkan mobil dengan harga Rp100 jutaan. 

Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah membeli mobil bekas secara online. Di samping praktis, mencari mobil bekas secara online juga bisa bantu kamu buat membandingkan harga. 

Terlepas dari harga mobil yang murah, jangan lupa buat mengasuransikan mobil kamu dengan produk asuransi mobil terbaik dari Lifepal! Supaya kalau ada kerusakan mendadak, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp300 ribu buat ke bengkel, untuk jenis kerusakan separah apapun!

Nah, untuk mencapai impian kamu dalam beli mobil murah, ada beberapa tips yang sudah kami susun. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Tips beli mobil murah impian

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan mobil murah impian kamu.

Pastikan bayar tunai

Beli mobil tentu saja jauh lebih murah dengan membayar tunai. Pasalnya, untuk mengajukan kredit mobil, kamu pasti perlu mengeluarkan biaya lebih untuk bunga. Umumnya, bunga kredit mobil adalah 5 persen per tahun jika menyicil selama 5 tahun. Lumayan banget, kan?

Hindari langsung beli mobil setelah rilis

Tentu saja mobil memiliki harga tertinggi ketika baru rilis. Oleh sebab itu, kamu bisa mengakalinya dengan membeli mobil beberapa bulan atau beberapa tahun setelah rilis agar bisa beli mobil murah. 

Pertimbangkan beli mobil bekas

Membeli mobil bekas bisa jadi opsi jika ingin beli mobil murah. Dengan nominal yang sama, kamu bisa mendapatkan tipe mobil yang lebih bagus jika bekas. 

Bandingkan harga di situs jual beli mobil

Dengan berselancar di internet dan banyak membandingkan harga mobil yang dipasarkan online. Lakukan riset di beberapa situs jual beli mobil dan cari harga yang paling terjangkau.

Pilih dealer sesuai lokasi

Harga mobil juga dipengaruhi oleh lokasi dealer tempat kamu membelinya. Pasalnya, semakin tinggi permintaan barang di suatu daerah maka semakin tinggi juga harganya. Oleh sebab itu, lakukan riset terlebih dahulu, ya!

Gunakan kalkulator menabung

Untuk mencapai impian beli mobil murah, tentu kamu membutuhkan sejumlah uang. Apalagi kalau kamu memutuskan buat membayar tunai. Nah untuk membantu kamu memperkirakan berapa uang yang harus disisihkan tiap bulannya, yuk manfaatkan Kalkulator Menabung Bulanan berikut ini!

Perhatikan tips keuangan ini sebelum membeli mobil

Mobil adalah barang konsumsi yang harganya cenderung turun dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli mobil, yaitu:

Perhatikan rasio utang dan DP

Jika ingin menyicil mobil, pastikan total cicilan mobil dan cicilan lainnya gak melebihi 35 persen dari pendapatan bulanan kamu. Jika kamu memutuskan untuk membeli mobil secara kredit. Pastikan kamu telah memiliki uang DP sebesar 30 persen dari harga keseluruhan mobil. Jika uang yang kamu pegang saat ini kurang dari jumlah tersebut, ada baiknya kamu mengumpulkannya terlebih dahulu hingga mencukupi. Jangan lupa untuk menghitung angka inflasi tiap tahun. 

Pertimbangkan biaya perawatan mobil

Saat kamu memiliki sebuah mobil, kamu pun perlu memperhitungkan biaya operasional dan perawatan kendaraan yang biasanya berkisar kurang lebih 10% dari penghasilan kamu. Biaya ini diantaranya untuk membeli bensin, membayar uang parkir dan membayar uang tol. Besarnya uang cicilan yang kamu bayarkan tiap bulannya untuk mobil jangan sampai melebihi 30% dari pendapatan kamu tiap bulannya.

Pastikan memang membutuhkan mobil

Bagi kamu yang masih berstatus lajang, evaluasi kembali apakah kamu benar-benar membutuhkan kendaraan pribadi. Hal ini bisa kamu kaji dari jenis pekerjaan kamu sehari-hari. Jika pekerjaan kamu sifatnya lebih banyak di satu tempat, misalnya datang pagi kemudian pulang sore, memiliki kendaraan pribadi tidak begitu mendesak sifatnya. Namun jika pekerjaan kamu menuntut mobilitas tinggi, misalnya kamu bekerja sebagai staf marketing, dokter yang praktik di beberapa tempat atau dosen yang mengajar di beberapa instansi kebutuhan akan kendaraan pribadi seperti mobil dapat dipahami.

Tunai atau kredit

Perlu diingat, jika kamu membeli mobil secara kredit ada biaya-biaya yang perlu kamu bayar diantaranya premi asuransi mobil kamu, cicilan pertama, biaya administrasi dan bunga yang biasanya berkisar antara 6-7 persen tiap tahunnya. Jumlah ini ternyata setelah dihitung-hitung untuk mobil yang berharga 100 juta bisa mencapai angka 10-15 juta. Selisih angka inilah yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan apakah kamu akan membeli mobil secara tunai atau kredit. 

Kapan idealnya beli mobil murah?

Jika kamu memiliki uang tunai yang cukup untuk melunasi mobil idaman kamu dan kamu masih memiliki pendapatan tetap serta tabungan untuk biaya kehidupan sehari-hari, maka kamu berada dalam kondisi yang ideal untuk membeli mobil tersebut.

Punya pertanyaan seputar keuangan? Yuk tanyakan langsung pada ahlinya lewat fitur Tanya Lifepal!

Situs jual beli mobil murah bekas dan baru

Tertarik berbelanja online? Kamu bisa beli mobil murah secara online karena ada banyak situs yang menyediakan lapak mobil murah bekas maupun baru. Berikut beberapa di antaranya:

Mobil123

Mobil123 adalah salah satu marketplace mobil paling besar yang memiliki ratusan ribu produk terdaftar. Situs ini dikelola oleh iCar Asia, perusahaan asal Malaysia yang memiliki jaringan otomotif di wilayah ASEAN.

OLX

OLX adalah marketplace yang dikenal sebagai tempat untuk berjualan barang bekas, salah satunya mobil. Kamu bisa menemukan banyak listingan mobil murah pada situs ini,

Carmudi

Carmudi merupakan marketplace untuk mencari mobil bekas maupun mobil baru. Marketplace yang sudah beroperasi di Pakistan, Bangladesh, Myanmar, dan Filipina ini bekerja sama dengan dealer lokal dan showroom mobil bekas dalam memasarkan mobil.

Daftar tipe mobil murah 2021

Penasaran apa saja sih tipe mobil murah yang baru di tahun 2021? Ini dia daftarnya:

  • Honda Brio Satya: Rp149 – 173 juta.
  • Toyota Agya: Rp143 – 169 juta.
  • Toyota Calya: Rp148 – 166 juta.
  • Daihatsu Ayla: Rp102 – 160 juta.
  • Daihatsu Sigra: Rp120 – 162 juta.
  • Suzuki Karimun Wagon R: Rp122 – 152 juta.
  • Suzuki Karimun 50th Anniversary Edition: Rp150 – 159 juta.
  • Suzuki Carry: Rp152 – Rp 162 juta
  • Datsun GO: Rp112 – Rp160 juta
  • Renault KWID: Rp150 – Rp 159 juta.
  • Suzuki Ignis: Rp175 – Rp 204 juta

Proteksi mobil barumu dengan asuransi mobil!

Setelah beli mobil murah baru, tentu saja kamu bakal senang membawanya ke sana dan ke sini. Namun, jangan lupa bahwa risiko kecelakaan bakal selalu ada di manapun. 

Jika sudah rusak, biaya perbaikan mobil bisa sampai ratusan juta, lho! Tenang, kalau kamu punya asuransi kendaraan, kamu hanya perlu bayar Rp300 ribu saja untuk perbaikan mobil yang rusak parah sekalipun. Hemat banget, kan!

Preminya juga terjangkau, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan untuk proteksi satu tahun. Besarnya ini tergantung sama lokasi dan jenis mobil kamu. 

Jenis asuransi yang kamu pilih juga mempengaruhi premi, lho! Perlu kamu tahu bahwa ada dua jenis asuransi kendaraan, yaitu asuransi all risk dan asuransi TLO. Bedanya, keduanya menanggung rusak parah, sementara itu  asuransi TLO gak bakal nanggung kerusakan kecil seperti lecet dan baret.

Buat menentukan produk yang kamu perlukan, yuk ikutan Kuis Jenis Asuransi Mobil berikut:

Demikian informasi seputar beli mobil murah. Semoga bermanfaat, ya!

Tanya jawab seputar beli mobil murah

Bagaimana cara beli mobil murah?

Untuk membeli mobil murah, kamu sebaiknya membayar tunai jika ingin beli baru atau membeli mobil bekas dengan cara membandingkannya secara online.

Apakah beli mobil lebih baik kredit atau tunai?

Supaya bisa beli mobil murah, disarankan untuk membelinya dengan uang tunai alih-alih tunai. Pasalnya, jika membeli secara kredit, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar bunga kredit.

Di mana bisa membeli mobil secara online?

Beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk membeli mobil murah di antaranya Mobil 123, Carmudi, atau OLX.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →