Daftar Rekomendasi Mobil Bekas Taksi Murah dan Harganya

mobil bekas taksi

Membeli mobil bekas taksi adalah salah satu alternatif buat kamu yang pengin membeli mobil tapi minim budget. Karena, mobil bekas ini harganya jauh lebih murah bahkan dibandingkan mobil bekas lain.

Perusahaan-perusahaan taksi di Indonesia rutin melakukan peremajaan. Bagi mereka, mobil yang sudah berumur dan jumlah kilometernya melewati batas operasional taksi, bakal dijual.

Tentu mereka sadar kalau menjual ke masyarakat pasti banyak yang enggak mau juga. Itu alasannya kenapa mobil bekas taxi dijual dengan harga sangat murah. 

Strategi menurunkan harga semurah mungkin ternyata terbukti berhasil menarik minat masyarakat. Namun, selalu ada plus minusnya saat membeli mobil bekas taksi.

Rekomendasi mobil bekas taksi murah dan harganya

Mobil yang dipakai untuk taksi biasanya berasal dari jenis yang sama. Berikut ini daftar rekomendasi mobil bekas taksi murah yang masih dijual di pasaran. 

1. Honda Mobilio

mobil bekas taksi

Kalau kamu sering memperhatikan taksi di jalan raya, banyak di antaranya yang menggunakan Honda Mobilio. Mobil ini cocok dijadikan mobil keluarga karena bisa memuat 7 penumpang. 

Selain itu, Mobilio juga terkenal sebagai mobil MPV yang irit bahan bakar. Harga mobil bekas taksi Mobilio mulai dari Rp80 juta sampai dengan Rp110 juta. Cukup terjangkau, kan? 

2. Nissan Almera

mobil bekas taksi

Rekomendasi berikutnya adalah mobil Nissan Almera. Mobil ini tergolong sebagai mobil keluaran lama yang sudah digunakan sebagai mobil taksi dari dulu. 

Nama mobil ini mungkin jarak dikenal orang, karena memang tidak sepopuler Honda Mobilio. Tapi, kalau mencari mobil bekas yang harganya terjangkau, Nissan Almera bisa dijadikan pilihan.

Karena, ketika kamu membeli Nissan Almera bekas taksi, kamu cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp50 jutaan saja. 

3. Toyota Vios Limo

Merek mobil yang satu ini merupakan salah satu merek yang paling umum ditemukan pada taksi. Taksi-taksi yang kamu lihat di jalan raya banyak yang menggunakan Toyota Vios Limo.

Mobil ini berjenis mobil sedan dan sering dirujuk sebagai rekomendasi mobil bekas taksi murah terbaik. Jika mobil ini perlu perawatan, biaya perbaikannya tidak terlalu mahal dan spare part mobil penggantinya juga terjangkau.

Mobil Vios bekas bisa dibeli dengan harga sekitar Rp50 juta sampai dengan Rp70 juta. Harga ini berlaku untuk Vios Limo keluaran terbaru yaitu tahun 2013.

4. Mercedes-Benz E-Class

mobil bekas taksi

Tahukah kamu kalau mobil Mercedes-Benz E-Class juga sering digunakan sebagai mobil taksi? Secara khusus, mobil Mercy lama dipakai pada taksi premium yang tarif per kilometernya sedikit lebih mahal dari taksi biasa.

Mercedes-Benz E-Class adalah salah satu mobil bekas taksi blue bird. Tipe yang digunakan meliputi tipe C200 CGI dan E200 CGI. 

Karena merupakan mobil dengan merek mahal, meskipun mobil ini sudah digunakan jadi mobil taksi, harga jual bekasnya masih cukup tinggi, sekitar Rp100 juta sampai Rp400 juta. 

5. Toyota Etios

mobil bekas taksi

Nah, rekomendasi berikutnya adalah mobil bekas taksi 30 jutaan, yaitu Toyota Etios. Mobil sedan ini termasuk mobil yang harga jual bekasnya paling murah.

Kamu bisa mendapatkan Toyota Etios bekas taksi dari harga Rp35 juta saja. Tapi, kalau kondisinya masih sangat baik, ada juga yang dijual seharga Rp50 juta. 

6. Toyota Alphard

Toyota Alphard juga pernah digunakan sebagai mobil taksi. Biasanya, taksi dengan mobil ini memiliki tarif yang lebih tinggi dan pernah dipakai oleh Silver Bird.

Mobil Alphard dikenal sebagai mobil orang kaya. Harga terbarunya mungkin sangat mahal. Tapi, kalau kamu tertarik untuk memiliki Alphard, bisa membeli Alphard bekas taksi yang harganya mulai dari Rp 200 jutaan.

7. Toyota Camry

mobil bekas taksi

Dibandingkan dengan mobil bekas taksi lainnya, Toyota Camry memang termasuk sebagai mobil yang cukup mewah. Karena itu, harga bekasnya pun masih agak tinggi.

Jika kamu ingin punya Toyota Camry dengan harga terjangkau, varian bekasnya bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp110 juta. 

8. Hyundai Excel 3 

Mobil berkapasitas 1.400 cc ini juga ternyata sering digunakan untuk taksi. Hyundai Excel yang diluncurkan pada 2012 itu memang dimaksudkan untuk mengalahkan dominasi Toyota Limo. 

Secara bentuk sih Hyundai Excel lebih futuristik ketimbang Limo, karena memiliki lekukan-lekukan tegas di bodi kanan kirinya. Soal harga, Hyundai Excel 3 ini dijual bekas sekitar Rp 70-80 jutaan. 

Kenapa mobil bekas taksi murah?

Ketika suatu mobil dijadikan sebagai armada taksi, akan ada beberapa modifikasi yang dilakukan. Modifikasi berupa dihilangkannya beberapa fitur mobil dasar. 

Karena sebagian fitur sudah dicabut, otomatis harga mobilnya jadi lebih murah. Ditambah lagi, mobil sudah pernah dipakai sebagai armada taksi untuk mengantar penumpang ke berbagai macam lokasi. 

Penggunaan kilometernya sudah sangat besar, dan mesinnya mungkin mengalami penurunan kualitas karena pemakaian yang berat dan panjang. Ini juga memengaruhi harga jualnya, membuat harga jual mobil eks taksi semakin murah.

Kelebihan mobil bekas taksi

Ada beberapa kelebihan jika kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas ini. Berikut beberapa keuntungannya: 

1. Harganya murah 

Mobil yang sudah pernah digunakan sebagai taksi memiliki harga jual kembali yang sangat murah, bahkan bila dibandingkan dengan mobil bekas lainnya.

Hal ini karena pemakaian mobil yang sudah sangat lama dan juga beberapa fitur di mobil tersebut dihilangkan. 

2. Kondisi bodinya dijamin mulus 

Saat kamu membeli langsung ke perusahaan taksinya, kamu mendapatkan keuntungan bisa melakukan body repair dengan mengecat bodi mobil dengan warna kesukaanmu.

Artinya, unit mobil yang kamu bawa pulang dari segi kondisi fisik bakal mulus. Apalagi, karena digunakan sebagai taksi, maka kondisi bodinya juga masih sangat baik karena rutin dirawat.

3. Kondisinya masih mumpuni 

Perusahaan taksi tentu juga gak sembarangan menggunakan mobil untuk operasional mereka. Meski sudah berumur, kondisinya terus dipantau, demi menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang.

Mereka rutin mengganti spare part bermasalah dengan yang baru untuk mengembalikkan performanya. Saat mereka jual, tentu kondisinya masih layak mereka pakai. 

Beberapa perusahaan taksi bahkan ada yang memberikan penggantian spare part mobil gratis jika calon pembeli menemukan keluhan. 

Kekurangan membeli mobil bekas armada taksi

1. Kilometernya sudah tinggi 

Namanya taksi, mobilisasinya sehari-hari pastilah tinggi. Rata-rata mobil taksi, khususnya di Jakarta, bisa menempuh jarak sampai 400 kilometer per hari.

Jadi, bayangkan kalau mobil tersebut sudah berusia 5 tahun. Berapa kilometer yang telah ditempuhnya?

2. Fitur-fiturnya biasa saja

Berbeda dengan mobil keluarga mewah, kebanyakan mobil eks taksi ini tidak dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni. 

Misalnya, kamu mungkin bakal sulit menemukan mobil eks taksi yang memiliki power window, kemudian perangkat layar monitor, dan lain-lainnya. 

Hal ini wajar, karena memang fungsi taksi hanya untuk komuter dalam jarak pendek. Jadi mereka enggak memerlukan fitur-fitur yang canggih. 

3. Berpotensi mengalami gangguan dalam waktu dekat 

Meski spare part mobil terus dipantau oleh perusahaan, bukan berarti ada jaminan performanya bakal apik untuk waktu yang lama. Namanya mobil bekas dan dipakai kerja setiap hari, pasti ada saja keluhannya.

Masalah yang paling sering terjadi adalah di bagian kaki-kakinya. Mengingat taksi selalu bepergian ke berbagai macam medan, kadang ke jalanan besar, jalanan sempit, dan bahkan rusak. 

Masalah lainnya adalah ancaman korosi di bagian bawah mobil juga mengintai calon pembeli. Hal ini disebabkan karena jarang dibersihkannya bagian bawah mobil yang usai terkena cipratan air becekan. 

Cara membedakan mobil bekas taksi atau bukan 

Secara mesin dan bentuk, mobil bekas terlihat sama. Saking samanya, kamu jadi gak bisa bedain mana yang bekas pribadi dan mana bekas armada taksi. 

Meski secara tampilan dan fisik sama, sebenarnya ada perbedaan jelas antara dua jenis mobil bekas ini. Berikut ini ciri-ciri umum yang bisa dilihat di mobil eks taksi:

1. Kilometernya sampai ratusan ribu 

Idealnya mobil taksi umurnya hanya berkisar lima tahun. Artinya, ketika sudah mencapai umur tersebut, mobil bakal dijual. 

Dalam jangka waktu lima tahun, mobil bekas armada taksi bisa melaju sejauh ratusan ribu kilometer, sementara untuk mobil pribadi paling hanya puluhan ribu. 

2. Fiturnya standar 

Kemudian, dari sisi fitur, mobil armada taksi juga enggak memiliki fitur yang canggih, salah satunya enggak memiliki power window.

Selain itu, mereka juga gak memiliki panel pengaturan audio di setirnya. Hal lainnya yang menjadi ciri khasnya adalah kebanyakan tidak memiliki sistem airbag mobil.  

3. Perbedaan STNK pada mobil bekas taksi

Perbedaan mencolok lainnya bisa ditemukan pada STNK. Pada STNK mobil eks taksi, tercantum nama perusahaan taksi pada pemilik pertama.

3. BPKB lembar pertama atas nama perusahaan 

Paling mudah untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas taksi atau tidak adalah dari surat BPKB. Mobil eks taksi biasanya BPKB lembar pertamanya atas nama perusahaan taksi tersebut. 

Biaya cabut berkas mobil bekas taksi

Mobil yang digunakan sebagai taksi memiliki plat nomor kendaraan berwarna kuning. Warna plat nomor kendaraan ini melambangkan mobil yang digunakan sebagai angkutan umum.

Ketika kamu membeli mobil eks taksi, tentunya mobil tersebut tidak lagi dipergunakan untuk umum, melainkan untuk pribadi. Karena itu, kamu perlu mengubah berkas dan mengganti plat nomor mobil tersebut. 

Prosesnya tidaklah rumit. Untuk mengganti plat dari kuning ke hitam, kamu hanya perlu mempersiapkan dokumen berupa:

  • Surat rekomendasi dari Dinas Perhubungan tentang penghapusan plat kuning
  • KTP
  • STNK dan BPKB asli
  • Setelah itu, datangi loket STNK untuk mengajukan penggantian plat dengan melampirkan surat rekomendasi tersebut. 

    Untuk biaya cabut berkas mobil bekas taksi, harganya adalah 1 persen dari nilai jual kendaraan. Jadi, misalnya mobil yang kamu beli seharga Rp70 juta, artinya biaya ganti platnya adalah:

  • 1% x Rp70.000.000 = Rp700.000
  • Tips beli mobil bekas perusahaan taksi 

    Agar kamu gak salah pilih beli mobil bekas taksi, ada baiknya teliti terlebih dahulu sebelum memboyongnya.

    Ini tips yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa mobil tersebut performanya masih apik dan layak digunakan. 

    1. Cek mesinnya

    Gaya menyetir sopir taksi tentu berbeda-beda, ada yang halus, tapi ada juga kerap ugal-ugalan bawanya kasar, kebut-kebutan, ada jalanan rusak tetap ngebut.

    Nah, kamu perlu mewaspadai mobil bekas armada sopir yang ugal-ugalan. Pasalnya, mobil yang dikendarai secara kasar kemungkinan besar mengalami masalah di mesinnya. 

    2. Lakukan test drive untuk mengecek kondisi kaki-kaki

    Kaki-kaki yang bermasalah selalu mengintai mobil-mobil bekas, apalagi yang bekas armada taksi. 

    Oleh sebabnya, penting rasanya untuk melakukan test drive untuk mengetahui kondisi kaki-kakinya. Jika memang perlu, pertimbangkan juga biaya yang perlu dikeluarkan untuk service kaki kaki mobil.

    3. Cek kelengkapan suratnya 

    Jangan cepat terpincut sama harganya yang murah, tapi kamu juga harus mengecek kelengkapan surat-suratnya. Cek keaslian BPKB dan masa berlaku STNK.

    Setelah itu, jangan lupa juga untuk mengecek kesesuaian nomor rangka yang terdapat di kendaraan dengan surat-surat. 

    4. Bawa montir langganan pribadi 

    Supaya lebih puas dan meyakinkan, enggak ada salahnya kamu membawa montir langganan pribadimu yang sudah lebih kamu percaya.

    Hal ini untuk memastikan kondisinya mobil yang sesungguhnya, sekaligus menghindari penipuan-penipuan dilakukan oleh oknum penjual. 

    5. Kalau sudah test drive dan deal, langsung bawa pulang!

    Ketika kamu sudah selesai test drive, cek kondisi kendaraan secara keseluruhan dan semuanya tidak ada masalah, langsung sepakati dan bawa pulang mobilnya. Kalau ditinggal dulu, dikhawatirkan nanti onderdilnya ada yang diganti-ganti.

    Asuransi kendaraan untuk mobil bekas

    Meskipun kamu membeli mobil bekas, tetapi mobilmu tetap perlu diasuransikan. Mengapa demikian? Simak penjelasannya di video berikut ini.

    Jadi, bukan cuma mobil baru saja yang butuh asuransi kendaraan, tetapi mobil bekas juga. Malah, mobil bekas lebih rentan terhadap kerusakan berat, sehingga penting untuk punya asuransi.

    Dari jenis-jenis asuransi yang ada, asuransi mobil TLO (total loss only) paling direkomendasikan untuk mobil bekas. 

    Karena asuransi ini menanggung kerusakan yang sama dengan atau mencapai 75% dari nilai mobil sebelum mengalami kerugian.

    Jika masih bingung menentukan jenis asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, coba ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini.

    Pertanyaan seputar mobil bekas taksi

    Ada keuntungan dan kekurangan jika beli mobil eks taksi. Mobil yang pernah dipakai sebagai armada taksi mendapatkan perawatan rutin untuk memaksimalkan kenyamanan penumpang. Jadi, ketika kamu beli versi bekasnya, kondisi fisiknya masih bagus. 

    Tapi, di satu sisi mobil ini sudah dipakai untuk perjalanan panjang dengan jarak yang jauh, serta digunakan di berbagai kondisi jalan. Jadi, kualitas mesin di dalamnya mungkin sudah mengalami penurunan.

    Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil. Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.