Biar Gak Kena Tipu, Ini Ciri-ciri Mobil Eks Taksi yang Dijual di Pasaran

mobil bekas taksi

Membeli mobil bekas taksi adalah salah satu alternatif buat kamu yang pengin membeli mobil, tapi minim budget. Hal ini karena mobil tersebut memiliki harga yang jauh lebih murah, bahkan dibandingkan dengan mobilmobil bekas lainnya. 

Perusahaan-perusahaan taksi di Indonesia rutin melakukan peremajaan. Bagi mereka, mobil yang sudah berumur dan jumlah kilometernya melewati batas operasional taksi, bakal dijual. Tentu mereka sadar kalau menjual ke masyarakat pasti banyak yang gak mau juga. Itu sebabnya, deretan mobil eks taksi dijual dengan harga sangat murah. 

Strategi menurunkan harga semurah mungkin ternyata terbukti berhasil menarik minat masyarakat. Tapi, selalu ada plus minusnya saat membeli mobil bekas taksi.

Sekadar pengingat, kamu yang membeli mobil second ini tetap harus memiliki asuransi mobil. Banyak perusahaan asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi untuk mobil kategori ini.

Sudah siap mau beli? Yuk, simak ulasannya.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Keuntungan membeli mobil bekas taksi 

mobil bekas taksi
Maraknya bekas armada taksi dijual bikin konsumen tergiur nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

1. Harganya murah 

Mobil bekas taksi harganya sangat murah. Hal ini karena pemakaian mobil yang sudah sangat lama dan juga beberapa fitur di mobil tersebut dihilangkan. Harganya sendiri bervariasi, tergantung jenis dan tahun, tapi rata-rata berkisar antara Rp 40 juta sampai Rp 60 jutaan untuk yang sedan standar. 

Kamu mungkin juga bisa menemukan mobil ex taksi 30 jutaan, tapi itu sudah dari tangan kedua, bukan lagi dari pihak perusahaan taksi. 

2. Kondisi bodinya dijamin mulus 

Saat kamu membeli mobil bekas taksi langsung ke perusahaan taksinya, kamu mendapatkan keuntungan bisa mengecat bodi mobil dengan warna kesukaanmu. Artinya, unit mobil yang kamu bawa pulang dari segi kondisi fisik bakal mulus. 

3. Kondisinya masih mumpuni 

Perusahaan taksi tentu juga gak sembarangan menggunakan mobil untuk operasional mereka, meski sudah berumur, kondisinya terus dipantau, demi menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang. Mereka rutin mengganti spare part bermasalah dengan yang baru untuk mengembalikkan performanya. Saat mereka jual, tentu kondisinya masih layak mereka pakai. 

Calon pembeli dipersilakan mengecek kondisi kendaraan sebelum memboyongnya. Beberapa perusahaan taksi bahkan ada yang memberikan penggantian spare part gratis bila calon pembeli menemukan keluhan. 

Baca juga: Jangan Mau Rugi, Ini 5 Cara Bedain Mobil Bekas Pribadi dan Eks-Taksi Online

Kerugiannya membeli mobil bekas armada taksi

mobil bekas taksi
Nah saat membeli mobil bekas armada taksi ada baiknya nih memikirkan kerugiannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

1. Kilometernya sudah tinggi 

Namanya taksi, mobilisasinya sehari-hari pastilah tinggi. Rata-rata mobil taksi khususnya di Jakarta bisa menempuh jarak sampai 400 kilometer per hari. Jadi bayangkan, kalau mobil tersebut sudah berusia 5 tahun, berapa kilometer yang telah ditempuhnya?

2. Fitur-fiturnya biasa saja

Berbeda dengan mobil keluarga, kebanyakan mobil bekas taksi tidak dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni. Misalnya, kamu mungkin bakal sulit menemukan mobil eks taksi yang memiliki power window, kemudian perangkat layar monitor, dan lain-lainnya. 

Hal ini wajar, karena memang fungsi taksi hanya untuk komuter dalam jarak pendek. Jadi mereka gak memerlukan fitur-fitur yang canggih. 

3. Berpotensi mengalami gangguan dalam waktu dekat 

Meski spare part mobil terus dipantau oleh perusahaan, tapi bukan jaminan performanya bakal apik untuk waktu yang lama. Namanya mobil bekas dan dipakai kerja setiap hari, pasti ada saja keluhannya. Masalah yang paling sering terjadi adalah di bagian kaki-kakinya. Mengingat taksi selalu bepergian ke berbagai macam medan, kadang ke jalanan besar, kadang ke jalanan sempit dan rusak. 

Masalah lainnya adalah ancaman korosi di bagian bawah mobil juga mengintai calon pembeli. Hal ini disebabkan karena jarang dibersihkannya bagian bawah mobil yang usai terkena cipratan air becekan. 

Baca juga: Pilihan Beda Jelang Mudik Lebaran, Segini Harga Mobil Vios Bekas Sekarang

Cara membedakan mobil bekas taksi atau bukan 

mobil bekas taksi
Mesti jeli lho saat membeli mobil bekas pribadi atau armada taksi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu mungkin pernah menemukan mobil eks taksi dengan merk Toyota Limo, itu memiliki kemiripan dengan Vios. Secara mesin dan bentuk memang keduanya sama, saking samanya, kamu jadi gak bisa bedain mana yang bekas pribadi, dan mana bekas armada taksi. 

Meski secara tampilan dan fisik sama, mobil bekas taksi dan bekas pemakaian pribadi tentu memiliki perbedaan yang jelas. Berikut ini ciri-ciri umum yang bisa dilihat di mobil eks taksi,

1. Kilometernya sampai ratusan ribu 

Idealnya mobil taksi umurnya hanya berkisar lima tahun. Artinya, ketika sudah mencapai umur tersebut, mobil bakal dijual. Dalam jangka waktu lima tahun, mobil bekas armada taksi bisa melaju sejauh ratusan ribu kilometer, sementara untuk mobil pribadi paling hanya puluhan ribu. 

2. Fiturnya standar 

Kemudian, dari sisi fitur, mobil bekas armada taksi juga gak memiliki fitur yang canggih, salah satunya gak memiliki power window. Selain itu, mereka juga gak memiliki panel pengaturan audio di setirnya. Hal lainnya yang menjadi ciri khas mobil eks taksi adalah kebanyakan tidak memiliki sistem airbag.  

3. BPKB lembar pertama atas nama perusahaan 

Paling mudah untuk mengetahui apakah mobil tersebut bekas taksi atau tidak adalah dari surat BPKB. Mobil eks taksi biasanya BPKB lembar pertamanya atas nama perusahaan taksi tersebut. 

Tips beli mobil bekas perusahaan taksi 

Agar kamu gak salah pilih beli mobil bekas taksi, ada baiknya teliti terlebih dahulu sebelum memboyongnya. Ini tips yang bisa kamu lakukan untuk memastikan bahwa mobil tersebut performanya masih apik dan layak digunakan. 

1. Cek mesinnya

Gaya menyetir sopir taksi tentu berbeda-beda, ada yang halus, tapi ada juga kerap ugal-ugalan bawanya kasar, kebut-kebutan, ada jalanan rusak tetap ngebut. Nah kamu perlu mewaspadai mobil bekas armada sopir yang ugal-ugalan. Pasalnya, mobil yang dikendarai secara kasar kemungkinan besar mengalami masalah di mesinnya. 

2. Lakukan test drive untuk mengecek kondisi kaki-kaki

Kaki-kaki yang bermasalah selalu mengintai mobil-mobil bekas, apalagi yang bekas armada taksi. Oleh sebabnya, penting rasanya untuk melakukan test drive untuk mengetahui kondisi kaki-kakinya. 

3. Cek kelengkapan suratnya 

Jangan cepat terpincut sama harganya yang murah, tapi kamu juga harus mengecek kelengkapan surat-suratnya. Cek keaslian BPKB, dan masa berlaku STNK. Setelah itu, jangan lupa juga untuk mengecek kesesuaian nomor rangka yang terdapat di kendaraan dengan surat-surat. 

4. Bawa montir langganan pribadi 

Supaya lebih puas dan meyakinkan, gak ada salahnya kamu membawa montir langganan pribadimu. Hal ini untuk memastikan kondisinya mobil yang sesungguhnya, sekaligus menghindari penipuan-penipuan dilakukan oleh oknum penjual. 

5. Kalau sudah test drive dan deal, langsung bawa pulang!

Tips selanjutnya juga bertujuan untuk menghindari tindakan oknum penjual yang curang. Ketika kamu sudah selesai test drive, mengecek secara keseluruhan dan semuanya tidak ada masalah, langsung sepakati dan bawa pulang mobilnya. Kalau ditinggal dulu, dikhawatirkan nanti onderdilnya ada yang diganti-ganti alias curang nih. 

Pilihan mobil bekas armada taksi yang paling laris di pasaran 

mobil bekas taksi
Ini nih deretan mobil bekas armada taksi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat ini ada beberapa pilihan mobil eks taksi yang laku keras di pasaran. Berikut ini beberapa merk mobilnya yang paling sering dijual oleh perusahaan taksi.

1. Toyota Limo

mobil bekas taksi
Toyota Limo bekas taksi bisa kamu pilih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Toyota Limo atau Vios Limo merupakan mobil andalan dari perusahaan Blue Bird dan juga Express. Kalau kamu lewat ke pool mereka, biasanya mobil yang dijual bakal dipajang di pintu gerbang, tapi kamu juga bisa melakukan pembelian di situs jual beli online. Vios Limo 2013 di pasaran kini sekitar Rp 50-60 jutaan. 

2. Hyundai Excel 3 

mobil bekas taksi
Pabrikan Hyundai juga buruan para konsumen nih buat membeli mobil bekas armada taksi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mobil berkapasitas 1.400 cc ini juga ternyata sering digunakan untuk taksi. Hyundai Excel yang diluncurkan pada tahun 2012 itu memang dimaksudkan untuk mengalahkan dominasi Toyota Limo. 

Secara bentuk sih Hyundai Excel lebih futuristik ketimbang Limo, karena memiliki lekukan-lekukan tegas di bodi kanan kirinya. Soal harga, Hyundai Excel 3 ini masih terbilang tinggi, sekitar Rp 70-80 jutaan. 

3. Nissan Latio 

mobil bekas taksi
Nissan Latio nih bisa jadi pilihan kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Beberapa perusahaan taksi menggunakan Nissan Latio untuk operasional mereka. Mobil ini memiliki mesin berkapasitas 1.600 cc, dengan harga pasaran masih di atas Rp 50 jutaan. 

Kalau dilihat di situs jual beli, harga Nissan Latio 2010 saja masih menyentuh angka Rp 60 jutaan. 

4. Nissan Almera 

mobil bekas taksi
Nissan Almera bisa jadi pilihan kamu nih kalau mau beli mobil, (Ilustrasi/Shutterstock).

Perusahaan Blue Bird dan GAMYA memiliki armada operasional bermerk Nissan, yaitu Nissan Almera. Mobil ini menjadi alternatif dari Limo karena memiliki desain yang lebih mewah. Harga Nissan Almera 2013 masih berada di atas Rp 60 jutaan. 

5. Mobilio 

mobil bekas taksi
Mobil bekas armada taksi Honda Mobilio bisa kamu pilih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Honda Mobilio bekas taksi Blue Bird dijual sangat murah dibandingkan Mobilio bekas pemakaian pribadi. Untuk tahun 2014 saja, bekas Blue Bird ini dijual seharga Rp 70 jutaan. 

Nah itu dia informasi singkat mengenai mobil bekas taksi, semoga bisa menjadi referensimu dalam memilih-milih mobil bekas armada taksi sebelum memboyongnya. Jadi gak ada masalah untuk membeli mobil eks operasional taksi, selama budgetnya sesuai dan gak mengorbankan anggaran kebutuhan pokokmu.

Buat kamu yang masih ragu dengan kesiapan bujet, konsultasikan aja terlebih dahulu dengan ahlinya. Di Tanya Lifepal, kamu bisa mengajukan pertanyaan kepada para ahli di bidangnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →