Cara Tahu Mobil Boros Bensin, Penyebab dan Tips Mengatasinya

mobil boros bensin

Bensin atau bahan bakar mobil (BBM) merupakan salah satu komponen penting agar mobil dapat bergerak untuk mengantar benda atau manusia ke suatu tujuan. Ada sejumlah mobil yang termasuk dalam kategori mobil boros bensin yang merepotkan pemiliknya.

Beberapa pemilik mobil, baik mobil keluaran terbaru yang sudah menggunakan teknologi mesin injeksi maupun mobil lama, tak sedikit mengeluhkan adanya masalah boros BBM pada kendaraannya. Faktanya, ada sederet alasan kenapa mobil bisa boros bensin.

Dalam artikel ini, Lifepal membahas beberapa alasan atau penyebab mobil boros bensin, ciri-ciri mobil boros bensin dan apa sih merek mobil yang cukup menguras kantong pemiliknya karena boros bahan bakar.

Berbagai penyebab mobil boros BBM

Ada sejumlah penyebab mengapa mobil sangat boros dalam penggunaan bahan bakar. Berikut adalah beberapa penyebab umum suatu kendaraan mengalami boros bahan bakar.

1. Berkendara dalam kecepatan tinggi

Tanpa disadari, tingginya laju kecepatan mobil bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi 25% lebih banyak. Dalam artian, berkendara dengan kecepatan terlalu tinggi bisa menyebabkan bensin boros karena bisa meningkatkan hambatan udara.

2. Penggunaan bahan bakar yang tidak tepat

Umumnya, mobil direkomendasikan untuk menggunakan bahan bakar dengan RON (research octane number) tinggi, yaitu minimal 90 atau 92, seperti Pertalite dan Pertamax.

Namun, beberapa pemilik mobil malah menggunakan bahan bakar dengan RON rendah sehingga menyebabkan pemborosan bahan bakar.

3. Filter udara & bensin kotor

Filter udara yang kotor akan membuat piston bekerja dengan berat, sehingga kamu harus menginjak pedal gas lebih dalam yang menyebabkan pemborosan.

Sama halnya dengan filter bensin yang kotor, kotoran yang masuk ke ruang bakar akan menimbulkan kerusakan dan pemborosan. Sebaiknya ganti filter bensin mobil kamu setiap 30.000 km sampai 40.000 km, ya.

Mengganti filter bahan bakar penting untuk memastikan bahwa bahan bakar yang masuk ke ruang bakar adalah bahan bakar yang bersih. Selain hemat, filter bahan bakar yang bersih juga mencegah kerusakan pada komponen mobil lainnya.

Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dengan jaminan finansial dari asuransi mobil, dana tabungan dan investasimu jadi aman.

4. Ban mobil bermasalah

Masalah pada ban mobil sendiri cukup beragam, khususnya yang menjadi penyebab mobil boros bensin. Berikut beberapa diantaranya.

Promo May Lifepal Dekstop
Promo May Lifepal Mobile
  • Menggunakan ban mobil yang ukurannya tidak standar sehingga gaya gesek dan berat ban bertambah. Hal ini justru akan membuat akselerasi mobil menjadi lebih berat dan bahan bakar jadi lebih boros.
  • Penyebab bensin boros pada mobil lainnya adalah ban yang kempis, atau botak. Keduanya dapat meningkatkan gesekan dengan aspal sehingga terjadi pemborosan.
  • Mobil jarang atau hampir tidak pernah dilakukan spooring dan balancing. Selain berfungsi memperpanjang usia komponen, spooring juga berguna untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

5. Penyetelan AC yang terlalu dingin

Semakin dingin AC mobilmu disetel, maka bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak. Pasalnya, kekuatan mesin akan terkuras lebih tinggi dan kompresor AC akan bekerja lebih keras.

Bisa jadi, inilah salah satu penyebab bensin mobil boros.

6. Usia mobil yang tua

Penyebab mobil boros bahan bakar juga bisa berasal dari usia mobil yang tua atau mobil lama. Hal ini dikarenakan kebanyakan mobil lama belum dilengkapi sistem injeksi yang lebih canggih dan fitur penghemat bahan bakar lainnya. 

7. Telat ganti oli

Rata-rata oli mobil harus diganti jika sudah terpakai sejauh 5.000 km. Bila sudah melewati batas tersebut, dan kamu tidak ganti oli bisa mengakibatkan penurunan kualitas pada oli. Alhasil, kinerja mesin berkurang dan menyebabkan pemborosan BBM.

8. Knalpot bermasalah

Penyebab mobil boros bensin lainnya adalah knalpot yang bermasalah atau bocor. Dalam artian, adanya kebocoran pembuangan gas melalui knalpot bisa mengonsumsi bensin yang lebih besar.

9. Rem macet 

Kerusakan pada rem akan membuat piston di area rem tidak bekerja dengan baik atau macet. Hal ini dapat menyebabkan rem sulit untuk kembali ke posisi sebelumnya usai diinjak. Dari sinilah ada potensi pemborosan bahan bakar.

10. Mobil jarang dipakai dan dipanaskan (Idling)

Efek mobil jarang dipakai dan dipanaskan ternyata juga bisa menyebabkan bahan bakar boros, loh. Pasalnya, mesin mobil akan berada dalam keadaan yang dingin terlalu lama sehingga butuh bahan bakar ekstra saat menyalakan mobil.

Ciri-ciri mobil boros bensin

Satu-satunya cara mengetahui ciri mobil boros bensin adalah dengan mengecek odometer dan menghitungnya dengan rumus (B – A) : F. Dalam hal ini, kamu perlu mencatat angka pengeluaran bahan bakar dan kilometer kendaraanmu.

Perlu diketahui bahwa B menandakan kilometer akhir yang dikurangi dengan A sebagai kilometer awal, lalu dibagi dengan F sebagai konsumsi bahan bakarnya.

Sebagai gambaran, bila kilometer pemakaian awalnya (A) adalah 2.000 km dan kilometer akhirnya (B) adalah 2.300, lalu bensin yang terpakai adalah 30 liter, maka rumusnya adalah (2.300 – 2.000) : 30 = 10 km/liter.

Hal ini menunjukkan bahwa pemakaian bahan bakarnya yaitu 10 km/liter. Yang berarti, mobil tersebut menghabiskan BBM sebanyak 30 liter dalam jarak 300 kilometer.

Agar hasilnya benar-benar akurat, kamu mungkin harus mengulang penghitungan sebanyak dua sampai tiga kali. Bila hasilnya berbeda-beda, ada kemungkinan kendaraan kamu mengalami masalah boros bahan bakar.

Bukan cuma menghitung dari odometer, sebenarnya ada juga cara cek konsumsi BBM mobil lain yang bisa dicoba. Salah satunya dengan mengecek indikator bensin di dasbor mobil.

Kalau indikator sudah menunjukkan ke huruf E, biasanya bensin belum benar-benar habis, namun tinggal tersisa sekitar 5 liter saja.

Promo 15 Tahun Desktop
Promo 15 Tahun Mobile

Cara mengatasi pemborosan bahan bakar pada mobil

Setelah mengetahui hal-hal di atas, sudahkah kamu mengidentifikasi penyebab dari pemborosan bahan bakar pada kendaraanmu? Yuk, ikuti beberapa cara mengatasi mobil boros BBM berikut ini. 

1. Berkendara dalam kecepatan yang konstan

Tak ada salahnya untuk mencoba mengatur kembali kecepatan mengemudi kamu. Intinya, tetap jaga laju kendaraan konstan atau tidak berubah drastis untuk menghemat bahan bakar. Hal ini pun akan membantu kamu lebih aman berkendara di jalan.

2. Ganti bahan bakar yang tepat

Untuk menghindari penyebab BBM boros pada mobil injeksi lainnya adalah dengan mengikuti rekomendasi produsen mobil untuk menggunakan bahan bakar dengan RON minimal 90 (Pertalite) atau 92 (Pertamax). Beberapa mobil bahkan ada yang disyaratkan untuk menggunakan bensin dengan minimum RON 95, sebaiknya kamu ikuti rekomendasi ini.

3. Bersihkan filter udara dan bensin secara berkala

Pastikan untuk membersihkan filter udara dan bensin secara rutin. Perlu diketahui bahwa filter bensin harus dibersihkan dan harus diganti di jarak 30.000 km sampai 40.000 km. Hal ini dilakukan untuk membuat penyaluran bensin ke ruang bakar selalu bersih.

Jangan sampai biaya perawatan mobil justru menguras tabungan. Gunakan asuransi mobil syariah agar terhindar dari mahalnya tagihan perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah juga memberi jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

4. Periksa keadaan ban sebelum berkendara

Sebelum berkendara, pastikan juga untuk melihat tekanan angin ban. Jika tekanannya rendah atau ban kempis, segera isi angin. Namun, bila terjadi kebocoran jangan ragu untuk segera mengganti ban. Sama halnya pada ban mobil yang botak, sebaiknya kamu tidak menunggu terlalu lama untuk menggantinya dengan yang baru.

5. Setel AC di suhu yang tepat

Penyebab BBM boros pada mobil injeksi meliputi setelan AC yang terlalu dingin. Maka dari itu, nyalakan AC pada kisaran 24-27 derajat celcius. Selain itu, saat kamu memarkir dan meninggalkan mobil di cuaca terik, pilih tempat teduh agar AC tak perlu dinyalakan dengan suhu yang terlalu rendah saat menyalakan mobil.

6. Merawat mobil lama yang belum dilengkapi mesin injeksi canggih dengan tepat

Mobil tua atau mobil lama tak selalu berarti bahwa kendaraan ini tidak bisa hemat bahan bakar. Kendaraan satu ini tetap bisa irit bahan bakar apabila kamu rajin merawat mesinnya agar tetap sehat. Namun, bila sudah dirasa terlalu boros, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli mobil baru dengan teknologi injeksi yang lebih baik.

7. Ganti oli saat sudah waktunya

Hindari penyebab mobil boros bensin dengan rutin mengganti oli pada jarak rata-rata 5.000 km. Apalagi bagi pengguna kendaraan yang rutin menggunakan mobil setiap hari perlu mengecek jarak yang telah ditempuh setiap harinya.

8. Periksa knalpot yang bermasalah

Pastikan untuk memperhatikan tanda-tanda knalpot bocor pada mobil. Salah satu tandanya adalah munculnya suara bising pada knalpot. Bila terbukti mengalami kebocoran, segera atasi hal tersebut dengan berkonsultasi pada mekanik profesional.

9. Pastikan rem bekerja dengan baik

Salah satu komponen penting dari mobil yang perlu dicek secara rutin adalah rem. Jika rem terasa macet atau sulit dioperasikan, jangan sungkan untuk mengunjungi bengkel mobil terdekat untuk dilakukan pemeriksaan rem secara menyeluruh.

10. Panaskan mobil walau sedang tidak digunakan

Kebanyakan mobil tidak memerlukan waktu lebih dari 30 detik untuk dipanaskan setiap pagi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu rutin memanaskan mobil yang terparkir dalam waktu lama setidaknya tiap dua hari sekali.

Daftar mobil paling boros BBM di dunia

Sejumlah mobil diketahui paling boros dalam hal mengkonsumsi bahan bakar. Kebanyakan dari mobil ini adalah supercar yang memang didesain agar mampu menghasilkan tenaga luar biasa. 

Tentu saja masalah bahan bakar ini tidak jadi soal karena pembelinya pastilah orang kaya karena harga mobil-mobil mahalnya selangit. 

Apa saja merek mobil paling boros bahan bakar tersebut? Berikut ulasannya. 

Promo Car Brand Lifepal Desktop
Promo Car Brand Lifepal Mobile

1. Bugatti Chiron

Daftar mobil paling boros selanjutnya adalah Bugatti Chiron yang harganya mencapai Rp90 miliar. Mesin mobil Bugatti Chiron boleh dikatakan sebagai sebuah mahakarya yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 1.479 hp dan torsi maksimal 1.180 lb-ft.

Sayangnya, dalam hal konsumsi bahan bakar, mobil ini sangat payah karena hanya mampu mendapatkan 3,8 Km/liter untuk rute dalam kota dan 5,9 km / liter untuk rute dalam toll. 

Jelas bukan mobil yang bisa dipakai sehari-hari. 

2. Aston Martin Vantage S

Aston Martin Vantage S adalah mobil convertible 2 seater  yang bukan saja harganya sangat mahal tapi konsumsi bahan bakarnya luar biasa boros. 

Dengan konfigurasi V12 6.0 liter, mobil yang dibanderol sekitar Rp5,2 miliar tersebut hanya mendapatkan sekitar 5,1 Km/ liter untuk rute dalam kota dan 7,6 liter untuk rute dalam toll. 

3. Lamborghini Aventador

Deretan mobil paling boros lainnya adalah Lamborghini Aventador yang di Indonesia dijual dengan harga sekitar Rp6 miliar sampai Rp8 miliar. Supercar asal Italia tersebut memiliki konfigurasi mesin V12 6,5 liter dengan transmisi single clutch. 

Performanya memang tidak main-main dan karena itulah mobil ini sangat boros bahan bakar. Lamborghini Aventador hanya mendapatkan 4,6 Km/liter dalam kota dan 7,6 Km/liter jika digunakan di jalan tol. 

4. Ferrari 812 Super Fast 

All-new 812 Superfast memang memiliki tenaga yang sangat kuat mencapai 789 hp karena dibekali dengan mesin V12 6,5 liter. Sayangnya, mobil ini termasuk dalam jenis mobil paling boros BBM.

Bayangkan saja, per liternya Ferrari hanya mampu mencapai 5,1 km untuk rute dalam kota dan 6,9 km untuk rute dalam tol. 

Selain All-new 812 Superfast, varian mobil Ferrari lainnya juga sangat boros seperti GTC4Lusso yang hanya mampu mencapai 5,1 Km/liter di jalan raya dan 7,3 untuk rute dalam toll. 

5. Bentley Mulsanne

Dibekali dengan mesin V8 twin-turbo berkapasitas 6,75 liter, Bentley Mulsanne ini mampu menghasilkan tenaga 530 hp torsi maksimal 812 lb-ft. Dengan mesin sekuat itu, mobil ini menjadi sangat boros bahan bakar. 

Bentley Mulsanne hanya mendapatkan 4,6 Km/Liter dan 7,2 Km/ liter untuk konsumsi di jalan toll.

Tips dari Lifepal! Pada prinsipnya, pastikan kamu rutin melakukan pemeriksaan pada mobil jika sudah melihat tanda-tanda pemborosan bahan bakar. Servis mobil secara rutin merupakan hal yang penting dilakukan untuk menjaga performa mobil tetap bagus dan lancar, serta bisa mencegah risiko pemborosan bahan bakar.

Semoga dengan memahami penyebab kenapa mobil boros bensin dan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa mencegah pemborosan bensin pada kendaraanmu!

Simak pula ulasan mengenai cara meningkatkan performa mesin mobil bensin, alat penghemat bensin mobil dan daftar mobil hemat bensin di artikel Lifepal lainnya!

Kunjungi bengkel untuk mengurangi pemborosan bahan bakar pada mobil

Apabila kamu belum bisa menentukan penyebab dari borosnya penggunaan bensin pada kendaraanmu, kamu bisa memilih untuk berkunjung ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan menyeluruh yang bisa mencegah pemborosan bahan bakar terjadi pada mobil di masa mendatang.

Untuk mengurangi pengeluaran selama mobil berada di bengkel, kamu mungkin tertarik untuk menggunakan asuransi mobil yang akan menjamin segala kerusakan. 

Lifepal menawarkan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik agar kamu bisa mendapatkan benefit yang maksimal dengan premi terjangkau. Ikuti Kuis Asuransi Mobil di bawah ini untuk menemukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Setelah kamu menemukan produk asuransi mobil yang sesuai, coba hitung perkiraan premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil dari Lifepal berikut ini.

Pertanyaan seputar mobil boros bensin

Apakah mematikan AC mobil berpengaruh pada bensin?

Betul sekali. AC mobil yang dimatikan selama perjalanan bisa mempengaruhi konsumsi BBM pada kendaraanmu. Hal tersebut terjadi karena AC yang aktif bekerja akan menambah beban mesin sehingga bisa menjadi penyebab mobil boros bensin.

Bagaimana cara menghemat bahan bakar?

Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu.

Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Kamu bisa cek, dapatkan, dan bandingkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal. Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.

 

Betul sekali. AC mobil yang dimatikan selama perjalanan bisa mempengaruhi konsumsi BBM pada kendaraanmu. Hal tersebut terjadi karena AC yang aktif bekerja akan menambah beban mesin sehingga bisa menjadi penyebab mobil boros bensin.
Asuransi mobil merupakan produk pengelolaan keuangan karena membantu kamu mengurangi risiko finansial dengan menjamin biaya-biaya pengeluaran mendadak yang muncul akibat risiko kecelakaan atau penyebab tertentu.

Pilihan produk asuransi bervariasi sesuai kebutuhan keuanganmu, yaitu All Risk/Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Kamu bisa cek, dapatkan, dan bandingkan referensi produk asuransi terlengkap di Lifepal. Bagi kamu yang tertarik dengan produk keuangan berbasis syariah, kamu bisa memilih asuransi mobil syariah sebagai pilihan produk pengelolaan finansial yang tepat.