Cari Mobil Diesel Murah? 4 Mobil Ini Harganya Rp 100 – Rp 200 Jutaan

Mobil diesel emang rata-rata berjenis sport utility vehicle (SUV) yang mesinnya besar dan harganya di atas Rp 300 jutaan. Udah gitu, pajaknya pun gak murah karena mesinnya aja udah di atas 2.000 cc.

Meski demikian, gak usah khawatir jika emang kamu pengin membeli mobil diesel dengan kapasitas mesin kecil. Di Indonesia ada kok mobil seperti itu. Tapi desainnya mungkin gak segagah SUV yang ber-cc besar ya.

Selain harganya murah, pajaknya juga gak bakal semahal SUV diesel 2.400 cc ke atas. Udah gitu, konsumsi solarnya juga jauh lebih irit, belum lagi perawatannya juga gak ribet.

Penasaran dengan mobil-mobil bermesin diesel yang harganya Rp 200 jutaan? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Walaupun mobil ini udah gak lagi diproduksi oleh Suzuki lantaran mereka udah fokus ke All New Suzuki Ertiga, kamu masih bisa kok menjumpai mobil diesel ini di situs jual beli online.

Buat yang buatan tahun 2017 umumnya mobil ini dibanderol Rp 180 jutaan.

Ertiga Diesel Hybrid menggunakan mesin D13A 1.248 cc DDiS DOHC bertenaga maksimal 89 Tk dan torsi 200 Nm. Tenaga ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual lima percepatan.

Sistem hibrida (hybrid) pada Ertiga Diesel dikembangkan melalui teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Sistem ini terdiri dari tiga komponen utama, yakni mesin diesel, aki berkapasitas besar (70 Ah), dan teknologi Integrated Starter Generator (ISG).

Ketika dalam kondisi berhenti dan kamu gak menginjak pedal kopling, fitur start stop system bakal bekerja dan bikin mesin mati. Aki bakal mengambil alih buat menggantikan sumber tenaga sehingga memungkinkan fungsi kelistrikan tetap berjalan normal.

Walaupun terkesan seperti mobil listrik, tapi sebetulnya diesel masih mendominasi dalam struktur mesinnya.

2. Renault Duster 4×2

Renault Duster. (Wikimedia Commons)
Renault Duster. (Wikimedia Commons)

Mobil diesel yang satu ini hadir dalam dua varian umum. Pertama adalah yang 4×2 dan yang terakhir tentu aja 4×4 atau yang memiliki penggerak empat roda.

Mobil ini bermesin 1.500 cc turbo diesel yang memiliki empat silinder common rail. Tenaga maksimalnya bisa mencapai 110 Tk. Sementara torsi puncaknya adalah 240 Nm.

Suspensi Renault yang satu ini terbilang cukup empuk dan gak rigid. Asal kamu tahu nih, keempukan suspensinya sama sekali gak mengorbankan pengendalian saat mobil ini harus bermanuver. Tetap nyaman gitu jadinya.

Selain punya tampang gagah, SUV bermesin turbo diesel ini juga gak pasaran. Gak heran kalau kamu bakal jadi pusat perhatian ketika berkendara dengan mobil ini di jalan raya.

Harga baru mobil ini Rp 275 juta, sementara itu buat bekasnya yang buatan 2015 dijual Rp 130 jutaan. Kok anjlok banget ya?

Iya, hal itu disebabkan karena mobil ini gak umum di Indonesia. Penggemarnya juga gak banyak. Kalau emang kamu tertarik buat beli, disarankan beli bekasnya aja deh dan jangan dijual dalam waktu singkat.

3. Isuzu Panther

Isuzu Panther LS. (Wikimedia Commons)
Isuzu Panther LS. (Wikimedia Commons)

Siapa yang gak kenal sama mobil diesel ini. Panther punya tiga varian yang harganya di bawah Rp 300 juta, varian itu adalah Panther Smart, LS, dan LV.

Meskipun harganya Rp 259 juta, Panther Smart alias yang termurah punya kapasitas mesin yang cukup besar, yaitu 2.499 cc. Dengan mesin sebesar itu, Panther mampu menyemburkan tenaga maksimal 78 tk dan torsinya yaitu 191 nm.

Semua udah tahu bahwa mobil ini memiliki kapasitas maksimal tujuh orang. So, gak heran kan kalau Panther jadi mobil keluarga pilihan terbaik. Gak sedikit juga yang kerap memanfaatkan mobil ini buat mudik.

Belum lagi, sparepart Panther itu di mana-mana guys. Gak usah khawatir akan kelangkaan sparepart deh selagi kamu masih tinggal di Jakarta.

Jika kamu pengin mobil diesel dengan resale value atau harga jual yang stabil di kemudian hari, maka Panther-lah pilihannya.  

Sayangnya transmisi mobil ini manual. Jadi mungkin bakal berasa pegel kalau harus mengendarai mobil ini saat macet.

4. Chevrolet Spin Diesel

Chevrolet Spin Diesel. (Wikimedia Commons)
Chevrolet Spin Diesel. (Wikimedia Commons)

Chevrolet Spin sempat jadi tulang punggung General Motors Indonesia.Mobil ini adalah MPV dengan kapasitas tujuh penumpang lho ya, asyik deh buat jalan-jalan.

Namun produksi Spin udah berhenti pada tahun 2015 lalu.

Mirip seperti Ertiga, mobil ini dihadirkan dalam dua variasi: bensin dan diesel. Yang diesel berkapasitas 1.3 L.

Mengingat statusnya udah gak diproduksi lagi, berarti kamu cuma bisa membeli Spin Diesel bekas. Buat yang buatan 2015, harganya kurang lebih Rp 130 jutaan.

Mobil ini emang terlihat kayak mobil low MPV terjangkau pada umumnya, namun Spin itu beda lho. Mesin diesel milik Spin merupakan diesel common rail dan turbo charger.

Selain mesinnya yang tangguh dan irit bensin, Chevrolet Spin Diesel juga cukup baik dalam sisi keamanan. Beberapa fitur keamanan Spin Diesel adalah: Rem ABS (anti brake lock system), rem EBD (Electronic Brakeforce distribution), struktur rangka body yang didesain melindungi anak, Dual SRS airbags (bagian depan), Speed sinsing auto door lock (mengunci otomatis pada kecepatan tertentu), dan memiliki Immobilizer buat menyalakan mesin.

Itulah empat mobil diesel yang bisa kamu pilih dengan bujet Rp 100 hingga Rp 200 jutaan aja.

Kira-kira, adakah salah satu di antara mobil diesel ini yang udah jadi incaranmu?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →