9 Faktor Mobil Diesel Susah Distarter Saat Mesin Panas

mobil diesel susah distarter saat mesin panas

Umumnya, mobil bermesin diesel lebih mudah distarter saat kondisi mesin panas ketimbang kondisi mesin mobil dingin. Kendati demikian, ada juga beberapa kasus di mana mobil diesel susah distarter saat mesin panas.

Sewaktu kondisi mesin mobil diesel masih dingin, kamu perlu membiarkan mesin menyala setelah distarter selama kurang lebih 30 menit agar mesin mobil diesel panas. Kondisi ini akan terjadi di pagi hari di mana mobil diesel didiamkan semalaman.

Namun, bagaimana bila mobil diesel susah distarter saat mesin panas? Apa penyebab mesin diesel susah hidup saat panas tersebut dan cara mengatasi mesin diesel susah hidup tersebut?

Penyebab mobil diesel susah distarter saat mesin panas

Mobil bermesin diesel memiliki karakteristik yang berbeda dari mobil konvensional pada umumnya sehingga perlu mendapatkan perhatian yang lebih khusus dalam merawatnya. 

Masalah yang umum terjadi pada mesin diesel adalah mesin mobil sulit menyala saat kondisinya masih dingin, terlebih di pagi hari.

Namun, rupanya ada juga beberapa kasus di mana mobil diesel susah distarter saat mesin panas. Apa penyebab mobil susah distarter tersebut? 

1. Memasuki usia tak layak pakai

Layaknya komponen mobil lainnya, mesin diesel juga memiliki batas usia layak pakai. Saat sudah melalui batas maka mesin akan mengalami penurunan fungsi dan menjadi penyebab mesin diesel berat distarter saat kondisi panas.

Di saat mesin diesel sudah tak layak pakai akan muncul kerusakan pada sambungan klem kabel yang berpotensi kurangnya aliran listrik yang dibutuhkan mesin dan dinamo starter.

2. Beban arus listrik besar

Penyebab mesin diesel berat distarter karena terlalu besarnya beban arus listrik yang diakibatkan dari klem kabel kepala aki yang berkerak atau korosi. Kerak atau korosi ini yang membuat beban listrik antara klem positif dan klem negatif tidak seimbang.

Kerak dan korosi ini menahan aliran arus listrik pada satu sisi klem saja sehingga menciptakan beban arus listrik yang lebih besar di satu sisi klem lainnya.

3. Suhu koil yang terlalu panas

Koil berperan besar dalam meningkatkan jumlah tegangan listrik yang dibutuhkan aki mobil agar bisa menstarter mesin mobil. 

Biasanya arus listrik yang disalurkan hanya berkisar 12 volt. Kendati demikian, pada kondisi tertentu koil harus meningkatkan tegangan lebih besar sampai ribuan volt ke aki mobil.

Dikarenakan koil bekerja terlalu keras, maka timbullah percikan api. Sebelum hal ini terjadi, kamu bisa mengeceknya dengan memegang koil mobil apakah bersuhu panas atau tidak. 

Untuk mengatasinya kamu bisa mengganti koil dengan yang baru atau dengan platina kondensor koil.

4. Alternator rusak

Dinamo ampere atau yang biasa disebut juga alternator merupakan salah satu komponen kelistrikan mobil yang turut berperan dalam mengalirkan arus listrik yang dibutuhkan aki mobil. 

Apabila kamu baru saja mengganti aki mobil dengan yang baru tetapi mobil diesel susah distarter saat mesin panas, maka bisa jadi yang rusak bukan akinya melainkan alternatornya. 

Seharusnya, alternator tidak gampang rusak. Alternator rusak hanya karena sudah melebihi batas usia pakai yakni 8 tahun. Jika altenabtor rusak, bisa jadi ini penyebab mesin diesel tidak bisa hidup. 

Walaupun begitu, tetap saja tidak menutup kemungkinan potensi rusaknya alternator. Karenanya, saat hal tersebut terjadi segera lakukan perbaikan di bengkel mobil.

5. Menurunnya tekanan kompresi bahan bakar

Mobil bermesin diesel tidak memerlukan percikan api untuk mendukung proses pembakaran karena suhu udara saat terjadi pemadatan akan menghasilkan suhu yang lebih tinggi daripada titik bahan bakar solar itu sendiri.

Lain halnya terjadi bila ditemukan adanya percikan api atau tekanan kompresi menurun, secara otomatis suhu pemadatan pun ikut menurun dan menjadi penyebab mesin diesel berat distarter. Sejalan dengan itu, volume udara yang tertekan di dalam ruang silinder ikut berkurang.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu hal tersebut terjadi, di antaranya karena adanya kebocoran mesin, hambatan pada aliran bahan bakar yang terlalu rendah, dinding silinder yang keausan, katup yang tidak tertutup rapat, segel injektor yang rusak atau cincin kompresi aus.

6. Busi pijar bermasalah

Penyebab mobil diesel susah distarter saat mesin panas selanjutnya adalah karena adanya masalah pada busi. Untuk diketahui bahwa busi mobil, khususnya busi pijar (glow plug) berfungsi sebagai pengontrol agar mesin mobil diesel bisa dihidupkan. Busi pijar ini yang bertugas dalam memanaskan ruang pembakaran pada mobil bermesin diesel.

Saat busi mobil jarang dibersihkan, maka ada banyak kotoran yang menumpuk dan mengendap di sana. Bila hal tersebut sampai terjadi maka mobil diesel susah distarter saat mesin panas. 

Terlebih bila kamu sering menggunakan mobil tersebut untuk berkendara dalam jarak yang cukup jauh, maka potensi kerusakan busi ini semakin besar.

7. Ketidaklancaran sistem saluran bahan bakar

Ketidaklancaran sistem saluran bahan bakar atau biasa istilah yang akrab terdengar adalah mesin mobil masuk angin. Selain terjadi pada suhu mesin mobil yang dingin, rupanya kondisi ini juga bisa terjadi pada mobil diesel yang susah distarter saat mesin panas.

Aliran bahan bakar pada sistem saluran yang tidak terdistribusi dengan baik menuju ruang pembakaran karena adanya campuran udara pada tangki. 

Udara yang masuk akan bercampur dengan bahan bakar sehingga memicu percikan api pada sistem pembakaran.

8. Gangguan kerja pada water temperature sensor

Water temperature sensor atau WTS yang bermasalah akan berdampak pada sistem injeksi mobil yang tidak bisa bekerja dengan benar sehingga mobil diesel susah distarter saat mesin panas. 

Untuk diketahui bahwa WTS ini berfungsi sebagai pendeteksi suhu pada mobil.

9. Tenaga dinamo starter

Penyebab mesin diesel berat distarter selanjutnya adalah karena tenaga dinamo starter yang kurang efektif dalam menjalan perannya. Cara untuk mendeteksinya adalah dengan starter mesin mobil saat mesin dalam suhu dingin.

Jika mesin mobil berat distarter saat mesin masih dingin, maka itu merupakan gejala bahwa tenaga dinamo starter kurang efektif dalam memutar mesin mobil. Hal ini berlaku bila kondisi aki mobil diesel dalam kondisi bagus dan layak pakai.

Cara mengatasi mobil diesel susah distarter saat mesin panas

Setelah mendeteksi penyebab mesin diesel susah hidup saat panas, maka kamu bisa menentukan cara mengatasi mesin diesel susah hidup tersebut berdasarkan sumber masalahnya. 

Apabila sumber masalah terletak pada kabel klem di kepala aki mobil, maka kamu perlu memperhatikan kebersihan kabel positif dan negatifnya agar arus listrik tidak berat sebelah dan dapat mengalir dengan baik.

Untuk mengeceknya kamu bisa menggunakan clamp meter atau tang ampere untuk mengetahui besaran arus listrik menuju dinamo starter. Apakah sudah bervolume yang sesuai atau justru sebaliknya. 

Apabila ternyata bervolume kurang atau ada beban mesin lainnya maka kamu bisa mengantisipasinya dengan menambahkan sambungan klem kabel.

Sambungankan klem kabel tersebut dengan panjang kabel yang sama dengan ukuran kabel asli mobil kamu atau lebih. Tambahkan kabel klem di bagian positif maupun negatif. Cara mengatasi mesin diesel susah hidup yang terakhir adalah dengan mengecek dinamo starternya.

Sebaiknya melakukan pengecekan mobil diesel yang susah distarter saat mesin panas di bengkel mobil resmi. Sebab, bengkel mobil resmi telah dilengkapi dengan mekanika yang andal bersertifikat dan peralatan bengkel yang lengkap.

Jika terpaksa harus mengganti beberapa komponen mobil karena sudah tak layak pakai, maka di bengkel mobil resmi tersedia spare part original. Kendati demikian, biaya servis mobil di bengkel resmi yang terkenal selangit bikin kamu mengurungkan niat untuk melakukan servis mobil di sana.

Tips dari Lifepal! Untuk menekan biaya servis mobil, kamu bisa memilih bengkel mobil resmi yang menjadi rekanan asuransi mobil kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi sedikit beban biaya servis mobil.

Manfaatkan asuransi mobil untuk meng-cover biaya perbaikan di bengkel 

Memiliki mobil tentu sudah harus siap dengan berbagai biaya yang menyertainya. Yang biasanya paling menguras kantong adalah biaya perbaikan mobil di bengkel. 

Karena itu, agar keuangan kamu tidak terbebani karena mahalnya biaya servis mobil, gunakan asuransi mobil terbaik yang bisa meng-cover biaya kerusakan baik kecil maupun besar. 

Temukan asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu melalui kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini. 

Setelah itu, hitung biaya premi asuransi yang mesti kamu bayarkan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil yang sudah disesuaikan dengan aturan dari Otoritas Jasa Keuangan. 

Pertanyaan seputar mobil diesel susah distarter saat mesin panas 

Penyebab mobil diesel susah distarter saat mesin panas di antaranya karena memasuki usia tak layak pakai, suhu koil terlalu panas, busi pijar bermasalah, sampai gangguan kerja pada water temperature sensor atau WTS.
Asuransi mobil menanggung biaya perbaikan di bengkel akibat kerusakan yang terjadi karena kecelakaan, bencana alam maupun sebab lain yang tercantum dalam polis.

Asuransi TLO, salah satu satu jenis asuransi mobil bahkan dapat menanggung biaya kerusakan mobil yang rusak parah yang nilainya sama dengan atau lebih dari 75% dari nilai mobil sebelum kecelakaan