8 Mobil Diesel Terbaik Beserta Spesifikasi dan Kelebihannya

mobil diesel terbaik

Banyak orang enggan memilih mobil diesel terbaik, karena karakter mesin yang berisik sehingga dianggap kurang nyaman untuk dikendarai.

Padahal, mobil diesel bisa menjadi alternatif selain kendaraan yang berbahan bakar bensin. Terlebih mobil diesel paling irit dibandingkan mesin bensin.

Kendaraan bermesin diesel biasanya menggunakan bahan bakar solar. Dengan diisi bahan bakar solar, menjadikan mobil diesel lebih tangguh dan performa mesin yang baik. Rata-rata mobil diesel berjenis sport utility vehicle (SUV).

Buat kamu yang sedang menimbang-nimbang untuk memiliki mobil diesel ini, yuk simak informasinya berikut ini. 

Rekomendasi mobil diesel terbaik di Indonesia

Adapun pilihan mobil solar di Indonesia tersedia dalam banyak merk. Berikut ini rekomendasi mobil diesel terbaik di Indonesia.

1. Mitsubishi Pajero Sport

mobil diesel terbaik - Mitsubishi Pajero Sport

Mobil berjenis SUV keluaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru-baru ini dirilis dalam versi terbarunya New Pajero Sport.

Dibekali mesin diesel 4N15 2,4L MIVEC dengan Turbocharged dan Intercooled ini mampu menghasilkan tenaga besar 181PS pada 3500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2500 rpm.

Pajero Sport terbilang ramah lingkungan dengan variable geometry turbo (VGT). Berkendara pun jadi lebih responsif dengan dilengkapi 8-Speed automatic transmission.

Dengan fitur ini menjadikan pengalaman berkendara menjadi lebih responsif, stabil, dan perpindahan gear yang lebih halus. 

Harga New Pajero Sport Juli 2021 dibanderol mulai dari Rp507,8 juta hingga Rp738,7 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

2. Toyota Fortuner

mobil diesel terbaik - Toyota Fortuner

Di kalangan pecinta mobil bahan bakar solar, Toyota Fortuner terkenal irit dan bandel. Pesaing Pajero Sport ini memiliki desain yang mewah dan tangguh di kelasnya. 

Fortuner yang dipasarkan di Indonesia dibekali mesin diesel berkapasitas 2,7L Dual VVT-I bensin dan 2.4L 2GD-FTV. Soal performa tak perlu diragukan lagi karena terbukti mampu mengeluarkan tenaga hingga 150 hp. 

Harga Fortuner mesin diesel terbaru dibanderol mulai dari Rp499 jutaan di Juni 2021. Bahkan, untuk unit sekennya,Toyota Fortuner diesel terbilang sulit didapat karena terkenal bandel.

Harga Toyota Fortuner diesel bekas masih terbilang tinggi. Misalnya, untuk keluaran tahun 2014 saja dijual seharga Rp300 jutaan. 

3. Hyundai All New Santa Fe

mobil diesel terbaik - Hyundai All New Santa Fe

Mobil diesel paling irit berikutnya dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yaitu New Santa Fe. Jenis ini memiliki beberapa varian. Hyundai New Santa Fe varian Style, Prime dan Signature yang disematkan mesin diesel 2.200 cc dengan transmisi otomatis DCT 8 percepatan.

Adapun harga mobil diesel terbaik untuk Hyundai All New Santa Fe tahun 2021 ini antara lain:

  • Harga Hyundai New Santa Fe varian Style: Rp629 juta
  • Harga Hyundai New Santa Fe varian Prime: Rp659 juta
  • Harga Hyundai New Santa Fe varian Signature: Rp729 juta

4. Kia Grand Sedona

mobil diesel terbaik - KIA Grand Sedona

Tak banyak yang tahu kalau Kia memiliki mobil bermesin diesel terbaik yang bisa diandalkan, yaitu Kia Grand Sedona.

Untuk varian Diesel, Kia Grand Sedona yang dijual di Indonesia memiliki kapasitas 2.199 cc, 4 silinder. Dengan kapasitas ini, Kia Grand Sedona mampu mengeluarkan tenaga hingga 200 hp.

Kemudian, mesin Turbo CRDi 2.2 Liter dengan transmisi otomatis 8 percepatan di dalam mobil ini juga menjadikan mesin Kia Grand Sedona lebih baik. Terkait harganya, mobil ini dibanderol Rp692,4 juta. 

5. Isuzu MU-X

mobil diesel terbaik - Isuzu MU-X

Mobil diesel paling irit selanjutnya yaitu Isuzu MU-X. Berbekal mesin 4JK1-TC hi power dengan 4 silinder serta commonrail diesel direct Injection, menjadikan mobil ini sangat tangguh untuk menghadapi berbagai rintangan di jalanan.

Selanjutnya fitur intercooled VGS (Variable Geometry System) turbo charger menjadikan mesin berbahan bakar diesel ini semakin hemat bahan bakar.

Meskipun memiliki tenaga yang maksimal, mesin Isuzu MU-X juga dirancang untuk menghasilkan efisiensi maksimal sehingga hemat bahan bakar. Harga Isuzu MUX tahun 2021 mulai dari Rp490 jutaan. 

6. Toyota Land Cruiser VX/VXR 80

mobil diesel terbaik - Toyota Land Cruiser VX/VXR 80

Toyota Land Cruiser dikenal sebagai mobil yang mampu melakukan aktivitas offroad yang tangguh dan mampu membuat penumpangnya tetap nyaman bepergian.

Mobil berjenis SUV ini  ditenagai oleh Mesin Diesel 4461 cc, Inline 8 Cylinder 4 Valve DOHC yang akan menawarkan kenyamanan dan performa terbaik di kelasnya.

Kelebihan mobil Land Cruiser 80 dilengkapi dengan rem anti-lock, SRS airbag dan mesin diesel turbo injeksi langsung. Meskipun menggunakan mesin berkapasitas besar, Land Cruiser VX80 bisa terbilang mobil irit bahan bakar.

Tak heran, kalau mobil ini memiliki harga masih terbilang tinggi, yaitu sekitar Rp2 miliar. 

7. Toyota New Kijang Innova Matic 2021

mobil diesel terbaik - Toyota New Kijang Innova Matic 2021

Buat kamu yang ingin membeli mobil diesel matic, maka Toyota New Kijang Innova bisa jadi pilihan menarik. Mobil ini memiliki tampilan yang elegan di kelasnya serta fitur-fitur unggulan yang kekinian.  

Soal performa tak perlu diragukan karena Toyota Innova berbahan bakar diesel versi terbaru memiliki tenaga mesin yang cukup besar.

Dilengkapi dengan dapur pacu 2GD-FTV 4-silinder 16-katup berteknologi DOHC VNT Intercooler dan berkapasitas 2.393 cc yang dijamin tangguh. Kamu bisa membawa pulang Toyota New Kijang Innova diesel ini dengan harga mulai dari Rp300 jutaan. 

8. Mitsubishi Triton

mobil diesel terbaik - Mitsubishi Triton

Mitsubishi Triton menjadi salah satu produk andalan dari Mitsubishi untuk segmen double cabin dengan mesin diesel. Mobil double atau kabin ganda memang tidak sepopuler MPV atau SUV, tetapi nyatanya tak pernah kehilangan penggemarnya. 

Tak perlu meragukan Mitsubishi Triton dalam hal kemampuannya dalam melibas jalanan yang sulit. Triton yang dibekali mesin 4N15 DI MIVEC DOHC 16 Valve in Line 4 silinder ini mengeluarkan tenaga 133 tk pada 3.500 rpm dan torsi 430 Nm pada 2.500 rpm. 

Dengan harga mulai dari Rp200 jutaan saja, mobil diesel murah ini menawarkan fitur lengkap dengan tombol mode berkendara off road yang dapat dipilih mulai dari kondisi lumpur, kerikil, hingga jalanan lumpur.

7 Mobil diesel terbaik paling irit

Jika kamu lebih mementingkan nilai ekonomis sebuah kendaraan diesel, berikut adalah beberapa mobil diesel paling irit di Indonesia versi Lifepal.

Mobil dalam daftar ini bisa kamu pertimbangkan sebagai mobil harianmu:

1. Toyota Kijang Diesel

Mulai dari Kijang kapsul tahun 1997, Toyota mulai menjual varian Kijang bermesin diesel. Varian diesel Toyota Kijang kapsul ini ternyata cukup diminati konsumen Indonesia.

Hal ini membuat Toyota meneruskan menjual varian diesel sampai generasi Kijang Innova terbaru.

Toyota terus menawarkan varian mesin diesel karena banyak konsumen yang merasa Kijang diesel lebih irit daripada Kijang varian bensin.

2. Isuzu Panther

Inilah mobil berjulukan “Si Raja Diesel”. Bahkan bisa jadi Isuzu Panther adalah mobil yang kamu pikirkan pertama kali ketika ingin berbicara soal mobil penumpang bermesin diesel. Karena Panther sudah wira-wiri di Indonesia selama puluhan tahun.

Pabrikan Jepang, Isuzu, selalu menghadirkan Panther dengan menggunakan mesin diesel tangguh dan irit bahan bakar. Bahkan Panther termasuk mobil diesel bekas paling irit dan termurah di Indonesia.

3. Chevrolet Spin Diesel

Chevrolet pernah menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi untuk Spin. Namun kemudian General Motors (GM) memutuskan untuk pergi dari Indonesia, sehingga popularitas Spin pun meredup.

Padahal Chevrolet Spin varian diesel, cukup diminati konsumen tanah air. Memiliki mesin diesel 1.300 cc dengan tenaga 73 Hp dan torsi 190 Nm, Spin diesel ini hanya mengkonsumsi bahan bakar solar sebanyak 20 km/l.

4. Renault Duster

Pabrikan mobil Prancis pun juga ikut menjual mobil varian diesel mereka di tanah air. Contohnya Renault, yang juga menjual SUV compact diesel yang irit bernama Duster.

Mesin diesel yang dipakai Renault Duster berkapasitas 1.500 cc, dan mobil ini pernah diklaim sebagai mobil SUV diesel paling irit tahun 2018 di Indonesia.

Renault Duster ini juga punya banderol yang cukup terjangkau daripada kompetitornya.

5. Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki Ertiga juga ditawarkan dalam varian diesel. Pabrikan Suzuki pernah juga menjual Ertiga Diesel Hybrid di pasar Indonesia. Mobil MPV ini menggunakan mesin diesel berkapasitas 1.300 cc dengan tenaga 89 PS dan torsi 200 Nm.

Ertiga Diesel Hybrid ini mampu mencatat konsumsi BBM 22,6 km/l saat pengujian. Namun populasi Ertiga Diesel Hybrid sangat sedikit, sehingga Suzuki tak melanjutkan model ini pada Ertiga generasi baru.

6. Ford Everest

Pabrikan asal Amerika ini juga memiliki produk diesel yang cukup irit di pasar Indonesia, yaitu Ford Everest.Mobil SUV diesel yang satu ini banyak diandalkan untuk menembus medan-medan sulit di kawasan pertambangan.

7. Chevrolet Captiva

Selain Spin, Chevrolet juga memiliki satu lagi produk diesel irit yang cukup diminati konsumen di pasar Indonesia. Termasuk jenis SUV, ini lah Chevrolet Captiva VCDi yang menggunakan mesin diesel irit. Saat ini, Captiva diesel memiliki harga yang setara mobil LCGC.

Keuntungan memilih mobil diesel terbaik

Ada banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memilih mobil diesel sebagai kendaraan pribadi. Dibandingkan mobil berbahan bakar bensin, mobil diesel ini punya beberapa keunggulan, antara lain:

  • Konsumsi bahan bakar yang lebih efisien jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Penyebabnya karena memiliki tekanan atau kompresi yang tinggi sehingga mampu menghasilkan panas yang lebih sedikit.
  • Solar sebagai bahan bakar mobil diesel lebih aman daripada bensin karena cenderung lebih tahan terhadap panas yang tinggi.
  • Mesin ini biasanya punya torsi besar pada rpm rendah, dibandingkan mesin bensin sehingga bisa diandalkan untuk menghadapi segala medan jalan.
  • Dari segi perawatan, ternyata mesin diesel jauh lebih mudah ketimbang mesin bensin.

Kekurangan mobil diesel 

Tak hanya kelebihannya, kekurangan mobil diesel juga perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih untuk memarkirkannya di garasi rumah. Adapun sejumlah kekurangannya antara lain:

  • Suara mesin diesel cenderung lebih bising, terutama saat baru pertama kali dinyalakan. Tapi, bisa pasang peredam sebagai solusi cara menghaluskan suara mesin mobil diesel.
  • Mesin diesel harganya lebih mahal karena mesin ini dibangun dengan dinding yang tebal dan kokoh agar bisa mampu menembus tekanan yang tinggi.
  • Sistem injeksi bahan bakarnya harus benar-benar presisi sehingga membutuhkan ketelitian yang tinggi saat merawatnya. Untuk lebih aman, maka mobil diesel harus dibawa ke tempat servis resmi. 
  • Mesin diesel ini membutuhkan tekanan yang besar, maka motor starter yang dibutuhkan pun lebih besar dari mesin bensin. Begitu juga dengan baterainya, harus berkapasitas tinggi. 
  • Biaya perawatan mobil diesel cukup menguras kantong dan harus dicek rutin tiap beberapa bulannya.

Tips dari Lifepal! Ada banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memilih mobil diesel termurah atau malah termahal sebagai kendaraan pribadi.

Dibandingkan mobil berbahan bakar bensin, mobil diesel ini punya beberapa keunggulan, seperti konsumsi bahan bakar yang lebih efisien jika dibandingkan dengan mobil bermesin bensin.

Kekurangan mobil diesel juga perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih untuk memarkirkannya di garasi rumah.

Adapun sejumlah kekurangannya antara lain suara mesin diesel cenderung lebih bising, terutama saat baru pertama kali dinyalakan. Lalu kamu juga harus waspada soal diesel runaway.

Namun apapun pilihanmu, pastikan untuk selalu melindungi mobil kesayanganmu selama 24 jam dengan asuransi mobil terbaik.

Pilihlah asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi mobil terbaik:

Lengkapi perlindungan mobil diesel dengan asuransi terbaik

Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayanganmu justru membebani pengeluaranmu.

Agar tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu besar untuk biaya perbaikan kendaraan, kamu perlu mengasuransikan mobil dengan asuransi.

Ada beberapa jenis premi asuransi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu asuransi all risk dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Jika kamu masih bingung memilih asuransi mobil yang tepat, ikuti kuis asuransi mobil terbaik dari Lifepal berikut ini.

Hitung sendiri berapa kisaran preminya dengan kalkulator premi asuransi mobil Lifepal berikut ini.

Kalau perlu, tambahan proteksi lainnya seperti asuransi kesehatan untuk menjaga dari risiko biaya berobat di rumah sakit yang mahal di tengah maraknya virus saat ini juga sangat diperlukan. 

Beli juga polis asuransi jiwa yang akan melindungi kamu dan keluargamu dari beban finansial saat tertanggung meninggal dunia. Seluruh produk asuransi terbaik bisa kamu dapatkan di Lifepal lebih hemat hingga 25%!

Untuk mendapatkan referensi selengkapnya tentang manfaat memiliki asuransi mobil, kamu bisa berkonsultasi dengan broker atau agen asuransi yang terpercaya.

Di Lifepal, kamu akan mendapatkan konsultasi gratis mengenai ulasan sekaligus rekomendasi produk asuransi terbaik di Indonesia. Daftarkan dirimu sekarang juga untuk berkesempatan dapat diskon premi asuransi mobil!

Itulah informasi seputar mobil diesel dan rekomendasi dari berbagai merk. Pokoknya jangan lupa untuk segera memproteksi kendaraan kesayanganmu dengan asuransi mobil hanya di Lifepal! 

Yuk, coba gunakan kalkulator menabung Lifepal!

Sudah tahu berapa yang harus kamu tabung untuk sesuatu setiap bulannya? Walaupun pemasukan kamu tidak besar, kamu harus berusaha memprioritaskan menabung. Sebab dana tabungan bisa kamu gunakan untuk uang darurat, modal, atau modal usaha.

Gunakanlah kalkulator menabung bulanan untuk bantu menghitung besarnya uang yang harus kamu tabung untuk tujuan kamu. Cobalah kalkulator menabung bulanan ini.

Gunakan pula kalkulator waktu menabung di bawah ini untuk menghitung waktu menabung yang dibutuhkan untuk mencapai target nilai akhir tabungan.

Berapa uang pertanggungan asuransi kamu?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yang akan cair jika terjadi risiko meninggal dunia. Produk asuransi umumnya akan memberikan uang pertanggungan asuransi (UP).

Nilai uang pertanggungan adalah hasil perhitungan Nilai Hidup Manusia. Jika kamu ingin mengetahui berapa besarannya, manfaatkan kalkulator nilai hidup manusia berikut ini untuk menghitungnya:

Perlu kamu ketahui, asuransi memiliki sejumlah risiko, terutama mengenai risiko kerugian investasi. Jika produk yang kamu pilih berbentuk unit link, maka ada risiko kerugian investasi di dalamnya.

Artinya, ada kemungkinan kamu perlu membayar premi lebih lama dari ketentuan awal jika terjadi risiko kerugian tersebut. Kalau kamu tidak mengisi ulang saldo unit link yang kosong, bisa-bisa polis kamu lapse.

Maka dari itu, pastikan sebelum memilih produknya kamu sudah membaca polisnya secara rinci. Mau cara yang lebih simple? Manfaatkan fitur perbandingan asuransi terbaik di Lifepal!

Simak video di bawah ini untuk mendapatkan tips memilih asuransi jiwa terbaik

Pertanyaan seputar mobil diesel terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi mobil diesel terbaik di Indonesia.

  • Mitsubishi Pajero Sport
  • Toyota Fortuner
  • Hyundai All New Santa Fe
  • KIA Grand Sedona
  • Isuzu MU-X
  • Toyota Land Cruiser VX/VXR 80
  • Toyota Kijang Innova
  • Mitsubishi Triton
Perlindungan finansial asuransi penting, agar tidak terbebani pengeluaran mendadak yang menguras tabungan. Pilih produk asuransi sesuai kebutuhan, yaitu asuransi kesehatan cashless, asuransi jiwa syariah, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi rumah, dan lainnya. Cari tahu di Lifepal.
Dapatkan Promo